Tuesday

Geger, Pasangan ini Lenyap Secara Misterius

Geger, Pasangan ini Lenyap Secara Misterius
Apakah kamu pernah mendengar ada sebuah ide romantis yang mengatakan bahwa jika pasangan kekasih menghilang bersama-sama itu terdengar manis? Akan tetapi seandainya hal ini benar-benar terjadi, mungkin akan menyeramkan ya.

Kenapa bisa demikian, karena di dunia ini ada beberapa kisah mengenai pasangan kekasih yang menghilang secara misterius dan hingga saat ini tidak ada yang tahu apa penyebabnya. Jika tak percaya, seperti dilansir Listverse, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. William dan Margaret Patterson (1957)
Tepatnya Malam hari yaitu pada 5 Maret 1957, William Patterson (52) dan istrinya Margaret (42) dikabarkan menghilang dari rumah mereka di kawasan Texas. Mereka lenyap meninggalkan mobil, kucing, serta rumah yang kacau. Pada awalnya tetangga berpikir bahwa mereka sedang berlibur ke Florida. Surat misterius kemudian muncul secara tiba-tiba yang menyatakan bahwa bisnis dan properti Patterson diberikan kepada 3 karyawannya. Akan tetapi rumah itu kemudian dibiarkan begitu saja dengan tidak jelasnya keberadaan pasangan Patterson itu. 

2. Mitchel Weiser dan Bonita Bickwit
Pada 27 Juli 1973 silam, kala itu Mitchel Weiser (16) dan kekasihnya yang bernama Bonita Bickwit (15) berencana menonton konser di Warkins Glen. Mereka lalu menyewa truk dan melakukan perjalanan melewati Rute 97. Akan tetapi setelah itu keberadaan mereka justru menghilang secara tiba-tiba. Sementara ada saksi mata menyebutkan jika mereka berdua berenang di sungai namun Bickwit hampir tenggelam dan Weiser berusaha menyelamatkannya. Tapi setelah diselidiki spekulasi itu justru nihil dan pasangan muda tersebut hingga kini tetap dinyatakan hilang entah kemana.

3. Danielle Imbo dan Richard Petrone (2005)
Sebetulnya Danielle Imbo dan Richard Petrone ini merupakan pasangan kekasih dari Philadelphia. Malam harinya yaitu pada tanggal 19 Februari 2005, mereka minum bersama teman-temannya. Kemudian pada pukul 23.30, mereka berdua pergi meninggalkan lokasi dan semenjak saat itu mereka telah menghilang dari muka bumi. Lebih anehnya lagi, bahkan tak ada aktivitas apapun dari rekening tabungan atau ponsel mereka. Diduga kuat pasangan itu mengalami kecelakaan dan jatuh ke dekat sungai Delaware. Sudah 8 tahun berlalu, tak ada yang tahu mereka hilang ke mana. 

4. Christopher Mittendorf dan Kristina Branum (2006)
Pada 27 Juli 2006, Christopher Mittendorf (21) pergi berbelanja dengan tunangannya Kristina Branum (17). Akan tetapi keesokan harinya ibu Mittendorf hanya menemukan tumpukan baju mereka berdua di ranjang tanpa keberadaan pasangan kekasih itu. Lima hari berlalu, mobil Mittendorf ditemukan ditinggalkan di pedesaan sekitar 50-60 mil dari tempat tinggal mereka. Anehnya kedua pasangan itu tidak ditemukan sampai saat ini. 

5. Glen dan Bessie Hyde (1928)
Glen dan Bessie Hyde ini merupakan pasangan pengantin baru dari Twin Falls, Idaho yang berbulan madu di area rafting sungai Green dan Colorado pada Oktober 1928. Tanggal 15 November, mereka singgah di rumah seorang fotografer bernama Emory Kolb. Tapi tak lama setelah meninggalkan rumah Kolb, pasangan Hyde ini menghilang. Tim penyelamat menemukan perahu Hyde tertinggal begitu saja. Spekulasi menyebutkan bahwa pasangan Hyde itu tenggelam atau meninggal di hutan. Akan tetapi hingga saat ini tetap saja tak ada seorang pun yang tahu mengenai nasib mereka.

6. Camden Sylvia dan Michael Sullivan (1997)
Pada 7 November 1997, Michael Sullivan (54) dan kekasihnya yang bernama Camden Sylvia (36) tinggal di sebuah loteng di Manhattan. Awal kisahnya, kala itu mereka melakukan jogging di malam hari. Beberapa hari kemudian, ibu Sylvia datang dan tidak menemukan Sullivan serta putrinya di sana. Kecurigaan pun jatuh kepada Robert Rodriguez si pemilik tempat tinggal Sullivan dan Sylvia yang menaikkan harga sewa. Akan tetapi Rodriguez justru membantah hal itu, dan sampai saat ini tak ada yang tahu ke mana hilangnya Sullivan dan Sylvia.

7. Edward dan Stephania Andrews (1970)
Kejadiannya berawal pada malam hari yaitu tanggal 15 Mei 1970. Waktu itu, Edward dan Stephania Andrews yang berusia 60-an menghadiri sebuah pesta di hotel Sheraton, Chicago. Tidak diketahui alasannya, secara tiba-tiba pasangan Andrews meninggalkan lokasi pesta dengan mobil mereka. Saksi mata melihat Edward mengemudikan mobil dengan berbahaya di dekat jembatan Michigan dan kemudian keesokan harinya keberadaan pasangan Andrews itu tidak diketahui. Kala itu petugas berpikir bahwa mobil mereka tenggelam ke sungai, tetapi sia-sia saja sebab tak ada mobil Edward atau mayat mereka berdua. 

8. Claude dan Martha Sue Shelton (1971)
Claude Shelton (37) dan istrinya Martha Sue (27) hidup bersama tiga anak di kawasan Kentucky. Pada malam hari tanggal 21 Mei 1971, pasangan itu meninggalkan anak-anak yang sedang tidur dan pergi dengan mobil. Salah satu anak mereka bersaksi bahwa Shelton mengajak Sue untuk pergi ke daerah King's Truck Stop. Tapi saat dicari di sana sampai saat ini, baik Shelton atau Sue tak ada yang mengetahui keberadaannya.

9. Hue Pham dan Hue Tran (2005)
Pada bulan Mei 2005, Hue Pham dan Hue Tran merupakan pasangan Vietnam-Amerika yang sudah hidup bersama selama 49 tahun. Waktu itu, mereka lalu mengikuti pelayaran kapal pesiar di kawasan Karibia bersama sang anak Sharon dan cucu mereka. Tetapi pada dini harinya tanggal 8 Mei, pasangan Hue itu lenyap secara tiba-tiba. FBI yang menyelidiki berpikir bahwa pasangan Hue itu bunuh diri ke laut, tapi hingga saat ini jenazah mereka tidak pernah ditemukan.

10. Conor dan Sheila Dwyer (1991)
Salah satu kasus menggemparkan mengenai orang hilang dalam sejarah Irlandia terjadi pada 1991. Pada saat pasangan tua yang bernama Conor dan Sheila Dwyer menghilang begitu saja di kota Fermoy. Sementara laporan terakhir mengatakan bahwa pasangan Dwyer itu menghadiri misa gereja pada 30 April. Petugas yang bertugas mencari tidak menemukan ada tanda perampokan atau pembunuhan di rumah. Bahkan paspor dan tabungan mereka tetap tersimpan di rumah. Setelah 20 tahun berlalu, keberadaan mereka masih tetap menjadi misteri.

Surga Dunia yang Keberadaannya Tersembunyi

Surga Dunia yang Keberadaannya Tersembunyi
Bumi yang menjadi tempat tinggal kita ini begitu luas. Saat ini, dengan kemajuan teknologi yang ada, manusia dapat menjelajah tempat atau lokasi yang sebelumnya tak tersentuh. Beberapa dari tempat tersebut punya keunikan (keindahan) yang tak dapat ditemukan di tempat-tempat biasa. Ketika melihatnya, orang bakal merasa seperti di surga.

Maka tak ada salahnya jika tempat-tempat ini disebut surga dunia, sebab tempat tersebut layaknya sebuah lukisan indah yang diwujudkan dalam panorama yang mempesona. Rasa-rasanya tak perlu menunggu lama untuk bisa menikmati surga di beberapa tempat berikut ini.

1. Biara Ki, India
listverse.com
Biara Ki dihuni oleh para biksu Buddha Tibet dan terletak di sebuah bukit tepat di atas sebuah desa kecil Kibar di India. Ketinggian biara ini dipercaya sebagai yang tertinggi di India, yang mencapai 13.668 kaki di atas permukaan laut. Biara yang ditemukan di abad ke-11 ini punya sejarah yang sangat kelam. Berkali-kali tempat ini diserang oleh tentara Mongol. Biara Ki dulunya pernah juga rusak karena dibakar atau pun karena gempa.

2. Quinta de Regaleira, Portugal
By Concierge.2C, via Wikimedia Commons
Sumur berukuran raksasa yang disebut sebagai Sumur Inisiasi ini terletak di Quinta da Regaleira, Portugal. Salah satu bangunan atraktif di sana adalah tangga melingkar menuruni sumur super besar yang membawamu entah ke mana. Sumur ini dipercaya sebagai tempat ritual inisiasi kelompok Mason. Tepat di dasar sumur ada sebuah kompas yang terletak di salib ksatria templar.

3. Gua Krubera, Georgia
listverse.com
Keberadaan Gua Krubera ini terletak di Arabika Massif, Abkhazia, Georgia. Gua Krubera  dianggap sebagai gua terdalam di dunia. Bayangkan saja kedalamannya mencapai 2.191 meter dari permukaan gua. Dulunya, gua ini pernah dinamai “Voronya Cave” yang berarti gua gagak karena tadinya digunakan sebagai sarang ratusan gagak.

4. Danau Plitvice, Kroasia
listverse.com
Jika anda ingin melihat hamparan air biru dan juga air terjun yang tak terkatakan keindahannya, ada baiknya anda mengunjungi taman nasional Danau Plivitice di Kroasia. Kekontrasan warna dari biru danau sampai hijaunya tumbuhan menjadi kekuatan utama tempat ini. Penduduk setempat pun mengungkap bahwa tempat ini makin indah di musim dingin.

5. Batu Tenda Kasha-Katuwe, Meksiko
listverse.com
Sebetulnya, batu tenda Kasha-Katuwe yang berada di Meksiko terbentuk sekitar tujuh juta tahun lalu sebagai tumpukan debu dari awan panas gunung berapi. Dengan tempaan erosi dan juga cuaca bertahun-tahun lamanya, maka terbentuklah formasi bebatuan yang menarik dan indah. Batu-batu yang dianggap penduduk sekitarnya sebagai batu "kemaluan" ini lantas diberi nama resmi Kasha Katuwe yang berarti "tebing putih".  Batu-batu yang ada disini pun punya ukuran yang beragam dari yang tingginya beberapa meter hingga puluhan meter.

6. Menara dan Gua Es Gunung Erebus, Antartika
listverse.com
Seperti yang kita tau, Gunung Erebus merupakan gunung berapi terbesar kedua yang ada di Antartika dan telah dijadikan bahan penelitian sejak tahun 1972. Di atas gunungnya terdapat beberapa menara es yang terbentuk dari letupan uap gunung berapi. Banyak dari menara tersebut secara konstan mengeluarkan uap sampai membentuk cerobong di atasnya. Sebagai pelengkap dari menara-menara es ini, rupanya di Gunung Erebus juga terdapat berbagai macam gua berwarna biru yang terbentuk pula dari aktivitas gunung berapi. 

7. Lembah bunga, India
tangled-up-in-blues.blogspot.com
Tahukah anda, lembah yang dipenuhi bunga beraneka warna ini adalah taman nasional yang terletak di India. Tak ada yang bisa mengalahkan indahnya lembah yang menjulang ke awan dan dipenuhi bunga unik dan tumbuhan hijau lainnya. Selain menjadi pemuas mata setiap orang yang mengunjunginya, tempat ini juga menjadi rumah bagi beberapa binatang langka yang hampir punah. Binatang tersebut antara lain Beruang Hitam Asia, leopard salju, beruang coklat, dan domba biru. 

8. Gua Lechuguilla, Meksiko
listverse.com
Selain Batu Tenda Kasha-Katuwe, Meksiko juga menyimpan surga lainnya, Gua Lechuguilla adalah diantaranya. Gua ini adalah gua terpanjang ketujuh yang pernah dijelajahi di dunia, panjangnya 134,6 mil. Yang khas dari gua ini adalah formasi kristal yang terbentuk dari gipsum dan aragonite di dalamnya. Sebelum ditemukan tahun 1986, gua ini diyakini tak pernah tersentuh tangan manusia.

9. Glen Coe, Skotlandia
Glen Coe, Skotlandia
listverse.com
Keberadaan Glen Coe terletak di ujung utara Skotlandia. Ngarai ini dipercaya sebagai ngarai terindah di Skotlandia dan banyak dijadikan sebagai lokasi hunting foto para fotografer profesional. Tumbuhan yang hidup di sana pun unik dan didukung dengan kumpulan awan yang selalu memayunginya. Akan tetapi, itu semua masih kalah dengan sungai yang airnya sejernih kristal membelah tempat tersebut. 

10. Wulingyuan, Hunan - Cina
Wulingyuan, Hunan - Cina
Wulingyuan merupakan rumah lebih dari tiga ribu pilar batu seperti gambar di atas. Beberapa dari pilar tersebut terlihat menjulang setinggi 200 meter. WOOW. Dengan karakteristiknya tersebut, lokasi ini menjadi sebuah keajaiban tersendiri. Pilar-pilar tersebut terbuat dari campuran kuarsa dan batu yang membentuk formasi karst. Wulingyuan terletak 170 mil di timur laut Changsha dan telah ditetapkan UNESCO sebagai situs World Heritage tahun 1992 lalu. Meskipun begitu, sebetulnya tempat ini belum banyak diketahui oleh masyarakat dunia. 

Monday

Alasan Terkonyol Yang Menyebabkan Orang ini Terpaksa Didepak dari Pesawat

Alasan Terkonyol Yang Menyebabkan Orang ini Terpaksa Didepak dari Pesawat
Saat ini, salah satu alat transportasi paling terfavorit adalah pesawat. Meskipun harga yang dipatok sedikit mahal, tapi dengan menggunakan pesawat pasti kamu dapat bepergian dengan cepat.

Akan tetapi sudah tahukah kamu kalau pesawat memang memiliki peraturan yang jauh lebih ketat daripada moda transportasi lainnya. Apabila melanggar, biasanya mereka tak segan mengusir penumpang yang tidak menepati aturan. Jadi, mungkin karena hal itu akhirnya orang-orang ini diusir dari pesawat ya? Akan tetapi mengapa alasannya konyol? Mau tahu, delik yang berikut ini! 

1. Bau Yang Tak Sedap
oddee.com
Ketika Air Canada Jazz pada bulan Februari 2010, akan terbang dari Charlottetown ke pulau Pangeran Edward dan siap untuk penerbangan ke Montreal ketika penumpang melaporkan ada penumpang lain yang mengeluarkan bau tak sedap. Singkat cerita, jadi oleh karena merasa terganggu sehingga pria yang bau itu akhirnya ditolak untuk ikut naik pesawat. 

2. Karena Bernyanyi
oddee.com
Pesawat yang terbang dari Los Angeles ke New York, yaitu pada Mei 2013, harus berhenti darurat setelah salah satu penumpang menolak berhenti menyanyikan lagu Whitney Houston yang berjudul I Will Always Love You. Penumpang itu terus bernyanyi dan dianggap menganggu penumpang lain sehingga memaksa pilot mengubah arah dan membuat American Airlines enggan mengangkut perempuan itu terbang ke tujuan.

3. Berkata Kotor Sebanyak Dua Kali
oddee.com
Seorang pria berusia 37 tahun asal Brooklyn yang bernama Robert Sayegh, pada bulan Juni 2011, terpaksa diusir dari pesawat karena mengucapkan kata-kata kasar (f**k) sebanyak dua kali. Setelah delay 45 menit di Detroit, pria itu berkata kasar ke teman samping duduknya dan sial baginya, sebab ucapannya ini didengar oleh seorang pramugari dan membuatnya dikawal keluar. Menurut pengakuannya, Sayegh membantah jika mabuk namun hanya pusing.

4. Batuk
Alasan Terkonyol Yang Menyebabkan Orang ini Terpaksa Didepak dari Pesawat
oddee.com
Pada bulan Maret 2007, Rachel Collier seorang gadis berusia 16 tahun yang berasal dari Hawaii diturunkan saat melakukan penerbangan usai rekreasi sekolah ke New York karena terus batuk tanpa kontrol. Pramugari pesawat itu memberikan Collier minum dan bahkan dokter memberikan ijin Collier untuk terbang selama 10 jam. Tapi sang kapten pesawat tetap menolak Collier bergabung lantaran dianggap mengganggu penumpang lain. 

5. Selalu Mengucapkan Kata 'BOM' Hingga Ratusan Kali
oddee.com
Belum lama ini yaitu pada April 2013, Michael Doyle mengalami sindrom Tourette yang membuatnya diusir dari pesawat. Tourette sendiri membuat Doyle dirinya mengalami gangguan syaraf yang menyebabkan bicara tanpa terkendali. Sial baginya, kala itu Doyle mengucapkan kata 'bom' sampai ratusan kali saat proses check in pesawat sehingga membuatnya ia didepak dari penerbangan karena dianggap telah mengancam keamanan.

6. Memakai Celana Yang Melorot
oddee.com
Tepatnya pada bulan Juni 2012, seorang mahasiswa bernama Deshon Marman yang berusia 20 tahun dari Universitas New Mexico ditolak terbang sebab dianggap berpakaian tak layak. Kala itu Marman memakai celana yang melorot di bawah pantat dan di atas lutut sehingga boxer yang dia kenakan terlihat bebas. Polisi meminta Marman membetulkan celananya namun dia malah enggan, sehingga akhirnya diusir dari pesawat. 

7. Terus-Menerus Mengucapkan 'Bye Bye'
oddee.com
Pada Juli 2007 yang lalu, Kate Penland yang berasal dari kawasan pinggiran Atlanta dan bayi kecilnya yang baru berusia 19 bulan, Garren terbang dari Atlanta ke Oklahoma dengan Continental Express. Akan tetapi Garren terus-menerus berbicara 'Bye, bye pesawat'. Sehingga pramugari meminta supaya Penland menghentikan ulah putranya. Oleh karena ditolak, akhirnya Penland dan Garren diturunkan dari pesawat.

8. Akibat Menangis
oddee.com
Ricci Wheatley dan saudara perempuannya pada Juli 2011, terbang untuk mengunjungi ayahnya yang sakit jantung, akan tetapi tiba-tiba Wheatley menangis karena takut terbang. Sehingga Wheatley meminta segelas anggur dari pramugari, tapi sang pramugari justru menyarakan dia untuk turun dan akhirnya ia diusir.

9. Memfoto Karyawan Secara Kasar
oddee.com
Pada bulan Juli 2011 yang lalu, seorang fotografer bernama Sandy DeWitt terbang dari Miami ke Philadelphia dan dia melihat seorang karyawan bersikap kasar terhadap beberapa penumpang di boarding area, lalu DeWitt mengabadikan tindakan itu. Akan tetapi karyawan bernama Tonialla G itu memintanya untuk menghapus foto. Namun DeWitt menolaknya, sehingga membuat dirinya diturunkan dari pesawat yang hendak terbang. 

10. Tubuhnya Terlalu Tinggi
oddee.com
Dalam penerbangan dari Portland, Oregon ke Ontario pada bulan Maret 2011, seorang penumpang dengan tinggi 206 sentimeter diusir, sebab dianggap terlalu tinggi untuk bisa masuk ke pesawat sehingga nantinya hanya akan membuat pramugari kerepotan. Oleh karena suasana di dalam pesawat menjadi kacau, pria tinggi nan malang itu akhirnya diusir dari pesawat. 

7 Kota Paling Seram dan Mencekam yang Ada di Berbagai Lokasi di Dunia

7 Kota Paling Seram dan Mencekam yang Ada di Berbagai Lokasi di Dunia
Dapat dibayangkan apabila sebuah kota ditinggalkan oleh penduduknya selama bertahun-tahun, pasti suasananya akan berubah menjadi mencekam. Bangunan-bangunan yang masih berdiri pun hancur berantakan. Namun sisa-sisa kehidupan masih terasa, sebab banyak barang yang ditinggalkan.

Lantas bagaimana seandainya kota tersebut akhirnya dihuni oleh keluarga hantu? Apakah masih ada orang yang berani untuk datang ke sana? Kota apa saja yang kini jadi tempat yang seram? Simak penjelasan lengkapnya seperti berikut ini.

1. Kolmanskop, Namibia
Kolmanskop, Namibia
indianaspeedy.blogspot.com
Di sebelah selatan Namibia, beberapa kilometer dari pelabuhan Luderitz terdapatlah kota bernama Kolmanskop. Pada 1908 Luderitz yang demam berlian, menuju ke padang pasir Namib bersama pasukannya untuk mendapatkan kekayaan dengan mudah. Dalam waktu dua tahun terciptalah sebuah kota megah, lengkap dengan kasino, sekolah, rumah sakit, juga dengan bangunan tempat tinggal yang eksklusif, yang berdiri di lahan yang dulunya tandus dan merupakan padang pasir.

Setelah perang dunia pertama, jual beli berlian terhenti. Inilah awal kehancuran. Sepanjang 1950 kota itu mulai ditinggalkan, bangunan kokoh roboh, kebun yang cantik dan jalanan yang rapi pun terkubur dibawah pasir. Jendela dan pintu berderit-derit pada setiap engselnya, kaca-kaca jendela pecah seperti menunjukan kehancuran pada hamparan pasir yang menjulang. Sebuah kota mati baru telah dilahirkan.

Namun disana masih tampak sepasang bangunan yang berdiri dan juga terdapat gedung seperti sebuah teater yang masih dalam kondisi sangat baik. Sisanya, rumah-rumah hancur digerus pasir dan menjadi deretan rumah hantu.

2. Craco, Italia
Craco, Italia
tunni29.blogspot.com
Craco berada di daerah Basilicata, provinsi Matera, sekitar 25 mil dari teluk Taranto. Areanya khas, dipenuhi bukit berombak-ombak, dan hamparan pertanian gandum serta tanaman pertanian lainnya. Pada 1060 silam kepemilikan lahan Craco dipegang oleh uskup Arnaldo, pimpinan keuskupan Tricarico. Hubungan yang berjalan lama dengan gereja membawa pengaruh besar pada seluruh penduduk.

Di tahun 1891 populasi penduduk di sana diperkirakan lebih dari 2000 orang. Mereka banyak mendapat masalah sosial dan kemiskinan, yang membuat mereka putus asa. Sekitar 1892 dan 1922, burang lebih 1300 orang pun pindah ke Amerika Utara. Akibat kondisi pertanian yang buruk, bencana alam, gempa bumi, tanah longsor, serta peperangan, sehingga menyebabkan mereka bermigrasi secara massal. 

Dan di antara tahun 1959 dan 1972, kota ini kembali diguncang gempa dan tanah longsor. Kemudian pada 1963 sisa penduduk dipindahkan ke suatu lembah dekat Craco Peschiera. Kota yang asli masih tertinggal dalam keadaan hancur dan menyisakan kebusukan sisa-sisa peninggalan penduduknya.

3. Gunkan Jima, Jepang
Gunkan Jima, Jepang
chrisarogersproductions.blogspot.com
Pulau ini merupakan salah satu dari 500 lebih pulau tak berpenghuni di Nagasaki, Jepang. Letaknya sekitar 15 kilometer dari Nagasaki. Pulau ini juga dikenal sebagai Gunkan Jima, atau pulau kapal perang. Pada 1890 silam, sebuah perusahaan membeli pulau tersebut dan memulai proyek untuk mendapatkan batubara dari dasar laut di sekitar pulau tersebut. Di tahun 1916 mereka membangun sebuah blok apartemen untuk para pekerja, dan berfungsi melindungi dari angin topan.

Kemudian, di 1959, populasi penduduk di sana membengkak. Kepadatan penduduk saat itu mencapai 835 orang per hektar untuk keseluruhan pulau, sebuah populasi penduduk terpadat yang pernah terjadi di seluruh dunia. Ketika minyak tanah menggantikan batubara pada 1960, tambang batubara mulai ditutup, termasuk di Gunkan Jima. 

Akhirnya pada 1974, perusahaan secara resmi mengumumkan penutupan tambang, dan akhirnya mengosongkan pulau tersebut. Pada tahun 2003 pulau ini dipakai sebagai lokasi film Battle Royal II, dan menjadi inspirasi sebuah game popular yaitu Killer7.

4. Fatehpur Sikri, India
Fatehpur Sikri, India
historicaltimeofindia.blogspot.com
Fatehpur Sikri merupakan sebuah kota yang sudah ada sejak abad ke-16. Kota ini menjadi ibukota Kekaisaran Mugha dan terlihat sangat elok. Namun rupanya, ternyata kota cantik ini tak memiliki akses air!

Namun apa daya, kota ini hanya bertahan selama 10 tahun saja. Semenjak saat itulah penduduk mulai meninggalkan kota tersebut dan hingga kini menjadi kota mati tanpa penduduk. Fatehpur Sikri telah menjadi kota mati selama 500 tahun lebih!

5. Stasiun Central Michigan, AS
Stasiun Central Michigan, AS
writtenradioshow.blogspot.com
Stasiun Central Michigan di Detroit, AS mulanya adalah transportasi utama di wilayah Detroit. Stasiun itu tak pernah sepi dari lalu-lalang masyarakat. Namun, itu dulu! Sejak tahun 1988 silam, Stasiun Central Michigan sudah tidak beroperasi. Hal tersebut disebabkan karena pembangunan jalan raya yang mulai berkembang dan penerbangan lintas kota mulai digemari. Saat ini, Stasiun Central Michigan hanya sebagai gedung tua besar yang sepi dan mencekam.

6. Oradour Sul Glane, Perancis
Oradour Sul Glane, Perancis
viajar-con-autocaravana.blogspot.com
Perkampungan Oradour Sul Glane di Perancis kondisinya sangat mengerikan. Selama perang dunia II, 642 penduduk dibantai oleh tentara Jerman sebagai pembalasan atas perlakuan Prancis pada saat itu. Jerman yang kala itu hanya berniat menyerang daerah di dekat Oradour Sul Glane, akhirnya menyerang perkampungan kecil itu juga. 

Menurut pengakuan saksi, penduduk pria dimasukkan dalam gudang ditembaki kakinya hingga akhirnya mati perlahan. Wanita dan anak-anak yang dimasukan dalam gereja, dan akhirnya semua mati tertembak saat berusaha keluar dari dalam sana. Kampung tersebut benar-benar dihancurkan tentara Jerman waktu itu.

7. Pripyat, Ukraina
Pripyat, Ukraina
desertedplaces.blogspot.com
Pripyat merupakan satu diantara kota mati yang terletak di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Chernobyl, Oblast Kiev, Ukraina bagian utara, tidak jauh dari perbatasan dengan Belarus. Dulunya, kota ini memiliki status khusus sebagai kota yang berada di bawah pengawasan langsung Oblast Kiev walaupun sebenarnya masih dalam cakupan wilayah Raion Ivankiv. Kota ini juga diawasi oleh Kementerian Keadaan Darurat Ukraina sebagai bagian dari wilayah yang terletak dalam zona alienasi.

Pripyat didirikan pada tahun 1970 sebagai tempat tinggal bagi karyawan PLTN Chernobyl. Kota ini diresmikan pada tahun 1979, tetapi ditinggalkan penghuninya pada tahun 1986 pasca bencana Chernobyl. Pada masanya, Pripyat merupakan kota nuklir kesembilan di Uni Soviet dan memiliki populasi kira-kira 50.000 jiwa sebelum terjadi bencana.


Stasiun Yanov (bagian dari jalur kereta api Chernigov-Ovruch) terletak kurang dari 1 km dari pusat kota. Selain itu, kota itu juga dilintasi aliran Sungai Pripyat yang dapat dilayari. Daerah ini mati sejak terjadinya bencana nuklir Chernobyl yang menelan hingga 50 ribu jiwa. Pasca kejadian tersebut, lokasi ini jadi seperti museum, yang merupakan bagian dari sejarah Soviet. Apartement yang belum sempat ditempati, kolam renang, rumah sakit, dan banyak bangunan yang lain, hancur.

Isi bangunan tersebut pun dibiarkan tetap di dalamnya. Arsip-arsip, televisi, mainan anak-anak, meubel, barang berharga, pakaian dan lain-lain, semua milik keluarga-keluarga pada umumnya. Penduduk yang berkunjung ke sana hanya diperbolehkan mengambil dokumen penting, buku, dan pakaian yang tidak terkontaminasi nuklir. Akan tetapi sejak abad ke 21, justru tak lagi ada barang yang tersisa. Semua habis dibawa para penjarah.

Akibatnya bangunan tak lagi terawat, atap-atap bocor, bagian dalam bangunan pun tergenang air di musim hujan. Kota ini pun benar-benar menjadi kota mati. Ada pohon yang tumbuh di atap rumah, atau di dalam rumah. 

Sunday

7 Jenis Gangguan Tidur Paling Langka yang Menggemparkan Dunia

7 Jenis Gangguan Tidur Paling Langka yang Menggemparkan Dunia
Dapat dipastikan bahwa kita tak akan pernah sadar bahwa gangguan tidur bukan hanya terjadi berupa sleepwalking saja. Akan tetapi di berbagai penjuru dunia banyak hal-hal aneh dan tak wajar yang terjadi saat kita dalam keadaan tak sadarkan diri. Sebagai contohnya, mulai dari makan hingga meninggal dunia dapat terjadi saat seseorang sedang tertidur. Sulit dipercaya bukan?

Sebagaimana yang dilansir oddee.com berikut ini ada beberapa orang di ketahui memiliki gangguan aneh saat tertidur. Beberapa keadaan memang tak ditemukan penyebab maupun obatnya. Kira-kira seperti apa ya kisah gangguan tidur yang menggemparkan ini? Yuk, kita simak bersama! 

1. Mengalami Lumpuh Saat Tidur
Mengalami Lumpuh Saat Tidur
oddee.com
Bisa jadi beberapa dari Anda tentu tahu dan pernah merasakan yang namanya kelumpuhan saat tertidur. Ya, saat tertidur seseorang kerap mengalami kelumpuhan yang membuatnya tak bisa menggerakkan tubuh sedikitpun. 

Namun lebih buruk lagi, ternyata kelumpuhan tidur sering bertepatan dengan halusinasi tingkat tinggi. Pada studi di tahun 1999, 75 persen mahasiswa mengalami halusinasi yang datang bersamaan tatkala sedang lumpuh saat tertidur. Mereka seolah terbangun dan melakukan atau melihat banyak aktivitas, namun tetap sadar bahwa tubuh mereka tak bisa digerakkan. 

Meski masih belum diketahui jelas apa penyebab dari penyakit ini. Akan tetapi sebagian rakyat China justru mempercayai hal ini sebagai kedatangan hantu yang menekan tubuh Anda untuk tak mampu bergerak.

2. Tertidur Ketika Sedang Beraktivitas
Tertidur Ketika Sedang Beraktivitas
ayzapunyastory.blogspot.com
Ada kemungkinan ini merupakan gangguan tidur paling aneh dan juga yang pernah dikenal. Ya, Narkolepsi merupakan gangguan di mana orang-orang akan tertidur secara tiba-tiba bahkan sebelumnya mereka senang beraktivitas. Kegiatan yang mereka lakukan bahkan merupakan kegiatan sehari-hari seperti jogging, mengemudi dan juga mencuci piring.

Sebetulnya Narkolepsi adalah gangguan tidur neurologis yang umumnya terjadi pada waktu random atau tak tentu. Penyebab penyakit ini masih belum diketahui hingga kini. Namun dalam mengobatinya, ada baiknya untuk mengonsumsi stimulan atau bahkan anti depresi dan juga obat hipnotik seperti Xyrem.

3. Meninggal Dunia Ketika Sedang Tidur
Meninggal Dunia Ketika Sedang Tidur
oddee.com
Mungkin Anda tak akan pernah percaya dengan kondisi aneh yang juga merupakan gangguan tidur ini. Ya pasalnya, gangguan yang Sudden Unexpected Nocturnal Death Syndrome ini sangat tak masuk akal. Penyakit tidur yang terjadi lebih banyak pada pria ini dapat membuat seseorang tertidur dan bahkan tak membuka mata untuk selama-lamanya.

Hingga saat ini penyakit tersebut masih tak diketahui penyebab dan pengobatannya. Seseorang yang sehat bugar, tiba-tiba saja kehilangan nyawa tatkala tertidur. Dan hal ini banyak terjadi di daerah Asia Tenggara. Juga dipercaya oleh masyarakat Laos sebagai rasa haus roh jahat terhadap nyawa manusia, terutama pria.

4. Sleeping Beauty
Sleeping Beauty
oddee.com
Disaat gadis berusia 15 tahun bernama Louisa Ball ini tidur siang, maka ia akan tidur dalam jangka waktu yang lama. Dan ketika ia tidur, tak akan ada seorang pun yang dapat membangunkannya atau bahkan membuatnya bergerak sedikitpun. Kondisi yang dialami oleh gadis Inggris ini merupakan kondisi langka yang disebut dengan Sleeping Beauty, namun tentu tak ada pangeran yang akan membangunkannya.

Akan tetapi setelah diperiksakan, justru tak ada satu pun dokter yang mengetahui obat yang tepat untuk penyakit itu. Bahkan, menurut pengalaman, penyakit yang diderita Louisa ini hanya akan terjadi pada gadis seusia 8 hingga 12 tahun. Yang lebih mengejutkannya lagi, Lousia bahkan pernah tertidur selama 13 hari berturut-turut! Dan masih tak diketahui apa penyebab dan jalan keluar penyakit ini.

5. Makan Ketika Sedang Tidur
Makan Ketika Sedang Tidur
el-gadyd.blogspot.com
Nocturnal Sleep-Related Eating Disorder (NSRED) merupakan gangguan makan dan tidur yang terjadi pada seseorang. Yakni kondisi di mana seseorang kerap kali mengonsumsi banyak makanan tatkala dirinya sedang dalam keadaan tidur dan tak sadarkan diri.

Lesley Cusack adalah seorang ibu rumah tangga berusia 55 tahun yang sama sekali tak menyadari saat ia sedang terbangun tengah malam untuk makan. Lebih parahnya lagi, Lesley juga mampu memasak dalam keadaan tak sadarkan diri. Namun ia juga tak menapik jika ia sadar telah melakukan hal tersebut saat dirinya terbangun dan melihat dapur yang sudah berantakan.

6. Somnambulistic Eating
Somnambulistic Eating
apakabardunia.com
Seorang wanita bernama Anna Ryan tidak pernah tahu mengapa berat badannya bisa tiba-tiba bertambah 27 kilogram. Ia mulai menyadari dan memeriksa ke dokter setelah merasa lelah berkepanjangan (plus kekenyangan pastinya) setiap bangun tidur. Padahal, ia merasa kualitas tidur malamnya sudah bagus.

Kemudian setelah dokter Scott Eveloff memeriksa kondisinya, barulah diketahui bahwa ia menderita NSRED (Nocturnal Sleep-Related Eating Disorder) atau disebut juga SRED (Sleep Related Eating Disorder). Yaitu suatu kondisi makan banyak saat tidur tanpa menyadarinya.

Sebetulnya penderita NSRED bisa menguras kulkas dan menghabiskan makanan walau masih dalam keadaan tidur nyenyak. Namun selain NSRED, ada pula yang disebut NES (Night Eating Syndrome). Akan tetapi, penderita NES menyadari kalau sedang makan sehingga bisa bangun dari tidurnya dan merasa aneh, mengapa tiba-tiba ada makanan dalam mulutnya.

7. Tertidur Setiap Kali Tertawa
Tertidur Setiap Kali Tertawa
oddee.com
Sementara Claire Scott justru memiliki kelainan langka yang membuat ia harus tertidur setiap dirinya tertawa. Tak tanggung-tanggung, bahkan ibu ini memiliki dua kondisi langka pada dirinya sekaligus loh. Yakni saat dirinya tertawa, ia akan tertidur, dan bahkan saat ia mulai cekikikan, ia akan terjatuh pingsan.

Adapun gangguan yang bernama Cataplexy ini merupakan penyakit yang terjadi pada 5 dari 10 ribu orang di dunia. Dan yang lebih mengejutkan, Claire mengatakan bahwa ia sadar tatkala akan jatuh pingsan saat sedang tertawa cekikikan. Tapi sayang, ia malah tak pernah bisa mengontrol keinginannya untuk terjatuh tak sadarkan diri.

Saturday

Inilah Ritual Kematian Terunik dari Seluruh Penjuru Dunia

Inilah Ritual Kematian Terunik dari Seluruh Penjuru Dunia
Menurut berbagai kepercayaan, kematian merupakan sebuah tahapan di mana makhluk hidup meninggalkan tubuh mereka dengan jiwa yang siap untuk dibangkitkan di Hari Akhir. Biasanya kematian juga dilakukan dengan sebuah tangisan perpisahan dari orang yang disayangi.

Akan tetapi apakah kamu tau, seperti dilansir toptenz.net, rupanya di seluruh penjuru dunia ini ada beberapa ritual kematian terunik yang digelar dengan berbagai alasan. Kita sebagai warga Indonesia harusnya bersukur, karena ritual Tana Toraja dianggap sebagai salah satu yang terunik. Lantas seperti apa sajakah kisah ritual kematian yang terunik itu? Delik daftarnya berikut ini ya! 

1. Tana Toraja, Indonesia
kelamkalut.blogspot.com
Sebetulnya pemakaman adat Tana Toraja di Sulawesi Selatan ini memang dianggap salah satu yang unik, karena menjadi ritual budaya besar. Ritual kematian di Tana Toraja mengharuskan keluarga mengeluarkan dana sangat besar untuk perayaan bersama masyarakat. Sebelum dana terkumpul, jenazah dibiarkan di dalam rumah sampai akhirnya siap dimakamkan di kuburan, gua, atau digantung di tebing. 

2. Jadi Mumi, Jepang
r2000.blogspot.com
Di negara Jepang, beberapa biksu Buddha yang dijuluki Sokushinbutsu ini memilih 'bunuh diri' dengan cara yang dianggap elegan yaitu menjadikan diri mereka mumi. Seperti apakah caranya? Mereka memulai diet dengan hanya makan kacang dan buah sambil melakukan aktivitas berat. Lemak mereka akan mulai hilang dan dilanjutkan dengan mengkonsumsi beberapa zat beracun. Biarawan ini lalu melakukan meditasi dan diam di sebuah pemakaman sampai akhirnya meninggal.

3. Cincin 'Jenazah', Amerika Serikat
thequeenofgems.blogspot.com
Seperti yang kita tau, cincin merupakan sebuah tanda setia pasangan. Hal itu yang membuat sebuah perusahaan perhiasan Amerika bernama LifeGem menawarkan ide untuk mengubah seseorang tercinta yang meninggal menjadi berlian sintesis. Adapun proses ini dimulai dengan jenazah dikremasi yang kemudian dibentuk menjadi grafit dan dimasukkan dalam sebuah cetak berlian dengan kristal bersinar. Sementara harga untuk cincin 'jenazah' ini antara USD 3.500 - USD 20.000 (Rp 34 juta - Rp 195 juta). 

4. Exposure, Iran
BombayTempleOfSilenceEngraving
By Cornelius Brown [Public domain], via Wikimedia Commons
Zoroastrianisme merupakan sebuah agama dan ajaran filosofi yang didasari oleh ajaran Zarathustra yang dalam bahasa Yunani disebut Zoroaster. Zoroastrianisme dahulu kala adalah sebuah agama yang berasal dari daerah Persia Kuno atau kini dikenal dengan Iran. Di Iran, Zoroastrianisme dikenal dengan sebutan Mazdayasna yaitu kepercayaan yang menyembah kepada Ahura Mazda atau "Tuhan yang bijaksana".

Kaum Zoroastrianisme percaya bahwa setelah kematian tubuh menjadi pusat segala hal buruk. Maka apabila ada orang yang meninggal, maka jenazah akan dibawa ke sebuah bangunan tinggi yang bernama Menara Keheningan dan ditinggal di sana untuk menjadi santapan burung bangkai. Sebenarnya ritual ini masih dipraktekkan beberapa orang di India dan justru berakhir mengerikan karena semakin banyak tumpukan mayat yang membusuk. 

5. Menari Dengan Mayat, Madagaskar
toptenz.net
Percaya atau tidak, kawasan Malagasi di Madagaskar justru mengambil jenazah dari kuburan dan mengajaknya menari bersama. Ritual unik ini bernama Famadihana, masyarakat setempat percaya bahwa semangat almarhum akan bergabung dengan nenek moyang meski tubuhnya membusuk. Tiap tujuh tahun sekali, mayat diangkat, dibungkus ulang, lalu dimasukkan kembali ke liang lahat bersama pesta besar-besaran. Perayaan ini melibatkan keluarga si jenazah.

6. Makan Bersama Mayat, Italia
Roma di masa lalu punya tradisi aneh. Yakni, menikmati hidangan bersama mayat orang-orang yang mereka cintai. Pipa-pipa dilekatkan pada organ-organ mayat. Kemudian, menuangkan makanan, madu dan anggur ke dalam pipa.

7. Endo Kanibalisme, Amerika Serikat dan Australia
toptenz.net
Bisa jadi ini adalah ritual kematian terburuk. Endo kanibalisme merupakan praktek di mana keluarga memakan salah satu anggotanya yang meninggal. Kebiasaan mengerikan ini dimaksudkan agar sifat almarhum yang baik bisa abadi dikenang. Beberapa suku pedalaman Amerika Serikat dan Australia melakukan ritual ini. Sebagai contoh, komunitas Yanomamo di Amerika Selatan tetap memakan abu dan tulang kremasi jenazah. 

8. Peti Mati Lucu, Ghana
amazingthingsoftheworlds.blogspot.com
Seandainya Elvis Presley meninggal di kawasan Teshi - Ghana, ada kemungkinan peti matinya akan berbentuk gitar. Sebab, warga di pinggiran Accran ini memilih peti mati dengan bentuk unik sebagai tempat mendiang istirahat untuk selamanya. Hal ini dianggap unik karena bentuk peti mati tak biasa seperti botol minuman raksasa, buah-buahan atau bahkan gadget menjadi pilihan.

9. Puasa Untuk Mati, India
cuke.com
Seorang perempuan asal India bernama Vimla Devi yang meninggal pada tahun 2006 karena kanker. Setelah diselidiki, kematiannya bukan karena kanker namun karena puasa 13 hari bernama Santhara. Kematian secara sukarela dengan puasa ini dilakukan oleh Jain, sebuah komunitas yang percaya bahwa semua makhluk tak boleh bersikap kasar. 

10. Pemakaman Langit, Tibet
wordsbyayush.blogspot.com
Akibat iklim di kawasan Tibet yang begitu keras ditambah lagi dengan kondisi tanahnya yang berbatu, sehingga membuat ritual pemakaman normal adalah hal yang hampir mustahil. Akibatnya umat Buddha di Tibet memutuskan untuk meletakkan jenazah di sebuah dataran tinggi dan membiarkan tubuhnya dicincang oleh burung pemakan bangkai. Sebab mereka percaya bahwa yang abadi dari manusia adalah jiwa.