Friday

10 Desain Bangunan Berkubah yang Paling Menakjubkan di Dunia

10 Desain Bangunan Berkubah yang Paling Menakjubkan di Dunia
One web id — Jika diartikan, kubah merupakan struktur bangunan yang berbentuk setengah bulatan atau lingkaran dengan ujung menyerupai kerucut yang lazimnya diletakkan di bagian atas atap. Umumnya, struktur semacam ini banyak dijumpai pada tempat-tempat peribadatan umat Islam atau pada bangunan-bangunan kremlin di Rusia. Namun rupanya negara-negara lain di dunia juga memiliki bangunan berkubah yang megah. Beberapa dari bangunan berkubah tersebut di antaranya memiliki nilai sejarah dan menjadi daya tarik bagi para wisatawan dalam dan luar negeri. Dilansir Touropia, dari seluruh belahan dunia ini sedikitnya ada sepuluh desain bangunan berkubah terkenal yang begitu menakjubkan.

1. Basilika Santo Petrus, Vatikan
View of saint Peter basilica from a roof
By Alberto Luccaroni User:Luccaro, via Wikimedia Commons
Basilika St Petrus merupakan gereja terbesar di dunia, bangunan dengan arsitektur Renaissance ini menjadi tempat peribadatan utama bagi umat Katolik di seluruh penjuru dunia. Bangunannya memiliki tinggi 138 meter dan didirikan pada tahun 1506. Michaelangelo dan Raphael, dua seniman terkenal dalam sejarah tercatat sebagai arsitek gereja tersebut. Di basilika ini bersemayam jasad Santo Petrus. Karena itulah namanya diabadikan sebagai nama gereja tersebut.

2. Eden Project, Inggris
Eden project
By A1personage at en.wikipedia [Public domain], via Wikimedia Commons
Eden project yang terletak di Cornwall, Inggris sebenarnya adalah sebuah rumah kaca raksasa. Kubahnya terbuat dari ratusan sel plastik berbentuk segi lima dan segi enam yang disangga oleh rangka baja. Kubah geodesi terbesar di dunia ini berfungsi sebagai biosfer buatan. Di dalamnya hidup ratusan jenis tumbuhan tropis dan barat yang dipelihara secara terpisah.

3. Stupa Agung Sanchi, India
Great stupa of Sanchi
Great Stupa at Sanchi, By Nagarjun, via Wikimedia Commons
Great Stupa at Sanchi atau yang disebut juga sebagai Stupa Agung yang berlokasi di kota Sanchi, Distrik Raisen, adalah bangunan batu yang tertua di India. Stupa ini didirikan atas perintah raja Ashoka pada abad 3 SM. Kubahnya yang menyerupai payung terbuka disebut chatra, melambangkan derajat tinggi dan keagungan. Sekitarnya dikelilingi pagar langkan dan empat gerbang berukir.

4. United States Capitol, Amerika Serikat
US Capitol South
US Capitol, See page for author, via Wikimedia Commons
United States Capitol merupakan salah satu bangunan terkenal di Washington DC, Amerika Serikat. Gedung ini menjadi lokasi pertemuan KOngres Amerika Serikat sejak tahun 1800. Kubahnya menjulang setinggi 88 meter dengan diameter 29 meter. Banyak yang mengira kalau kubah ini terbuat dari batu dan semen. Padahal sebenarnya kubah tersebut terbuat dari besi yang dicat menyerupai batu berwarna putih.

5. Katedral St. Basil, Rusia
Russia-Moscow-Saint Basil's Cathedral-2
Cathedral St. Basil, By Alex Zelenko, via Wikimedia Commons
Katedral Vasily Yang Diberkati atau lebih dikenal dengan nama Katedral St. Basil berlokasi di Moskow, Rusia. Gereja katedral yang sekarang sudah dialihfungsikan menjadi museum ini dirancang menyerupai nyala api unggun yang berkobar dalam nuansa warna merah yang begitu mencolok. Selain itu di atapnya menjulang sembilan buah kubah dalam berbagai warna.

6. Reichstag, Jerman
BERLIN REICHSTAG FOSTER
Thomas.mies at the German language Wikipedia, via Wikimedia Commons
Gedung parlemen Jerman ini memiliki kubah raksasa terbuat dari kaca yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan kota Berlin dari setiap sudut. Sementara di bagian dalamnya terdapat kerucut terbalik yang memanjang dari bagian langit-langit kubah. Awalnya, kubah kaca ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Norman Foster yang dimaksudkan supaya hemat energi dan lebih ramah lingkungan.

7. Hagia Sophia, Turki
Hagia Sophia Mars 2013
Hagia Sophia , By Arild Vågen, via Wikimedia Commons
Dulunya, Hagia Sophia yang terletak di kota Istambul merupakan gereja katedral Konstantinopel. Akan tetapi semenjak Ottoman menguasai kota ini pada abad 15, gereja ini beralih fungsi menjadi masjid. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu bangunan gereja di dunia yang berubah menjadi masjid. Sekarang bangunan yang memiliki kubah dari bata dan semen berdiameter 31 meter ini dijadikan museum.

8. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran
Sheikh Lotfallah Esfahan
By Nicolas Hadjisavvas (University of The Aegean), via Wikimedia Commons
Masjid Sheikh Lotfollah terletak di Isfahan, Iran. Bangunan yang juga dikenal dengan nama masjid berkubah ini merupakan salah satu dari empat monumen megah yang berada di kawasan Naqsh-e Jahan Square. Awalnya, didirikan atas perintah raja Shah Abbas untuk menghormati ayah mertuanya, Sheikh Lotfollah. Kubahnya berdiameter 13 meter dan terbuat dari. Sementara interiornya terbuat dari marmer dengan motif mosaik tujuh warna dan dipenuhi kaligrafi. Apabila dilihat dalam pencahayaan yang berbeda, maka warna pada kubahnya dapat berubah-ubah dari coklat muda menjadi warna merah muda.

9. Basilika di Santa Maria del Fiore, Italia
Il Duomo Florence Italy
Basilika di Santa Maria del Fiore, By MarcusObal, via Wikimedia Commons
Basilica of Saint Mary of the Flower atau Basilika di Santa Maria del Fiore merupakan gereja katedral terbesar di Florence, provinsi Firenze, Italia. Dibangun sejak tahun 1296 oleh Arnolfo di Cambio, sementara penyelesaiannya pada tahun 1436. Kubahnya yang berbentuk segi delapan dirancang oleh Filippo Brunelleschi. Terbuat dari sekitar empat juta batu bata dengan tinggi mencapai 72 kaki.

10. Taj Mahal, India
Taj mahal 2011
Taj Mahal, By Arjun B, via Wikimedia Commons
Makam yang telah dibangun oleh raja Shah Jehan dari Dinasti Mughal untuk istrinya, Mumtaz Mahal ini berada di Agra, Uttar Pradesh, India yaitu pada tahun 1632 hingga 1653. Bangunan ini terbuat dari marmer putih, begitu pula dengan kubahnya yang membutuhkan waktu pembuatan selama bertahun-tahun. Sebetulnya, kubah setinggi 44 meter ini terdiri dari dua kubah. Pada bagian dalamnya berbentuk setengah lingkaran sempurna, sementara kubah bagian luar yang terlihat dari luar bangunan berbentuk menyerupai kerucut. 

10 Manfaat Mengejutkan Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda

One web id — Alpukat atau yang disebut juga sebagai Persea americana merupakan jenis tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Usut punya usut, tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
10 Manfaat Mengejutkan Buah Alpukat untuk Kesehatan Anda

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 meter dengan daun sepanjang 12 hingga 25 sentimeter. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram, biji yang besar bisa mencapai 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buah alpukat memang memiliki sejuta manfaat bagi manusia, dari mulai manfaat kesehatan, manfaat kecantikan dan manfaatnya sebagai makanan. Alpukat sendiri mempunyai nama latin Persea americana dan termasuk dalam keluarga Lauraceae. Tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah.

Ternyata selain enak dimakan dan dibuat jus, buah alpukat juga mengandung senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan tidak hanya buahnya saja, sebab biji dan daun alpukat juga memiliki khasiat yang sama dan sering dijadikan obat tradisional.

Buah alpukat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak heran jika sejak dulu buah ini merupakan buah yang sangat populer. bukan cuma karena rasanya, tapi juga karena khasiatnya. Berikut ini ada beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan yang patut Anda ketahui diantaranya:

1. Menangkal Radikal Bebas
Kandungan minyak alpukat dapat menembus ke dalam mitokondria, bagian penting dari fungsi sel tubuh yang mengubah makanan menjadi energi. Kandungan anti-oksidan dalam buah-buahan dan sayuran seperti wortel atau tomat juga mampu memblokir radikal bebas, tetapi tidak mampu menembus ke dalam mitokondria.

2. Menjaga Tekanan Darah
Khasiat buah alpukat dapat membantu menjaga tekanan darah, ini karena buah alpukat mengandung potassium yang dapat menstabilkan tekanan darah, terutama dapat mencegah agar tidak terkena serangan darah tinggi. Serangan darah tinggi pun menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit stroke, penyakit yang membuat tubuh tidak dapat bergerak separuhnya. Tetapi dengan adanya kandungan potassium dalam buah alpukat, serangan darah tinggi, stroke ataupun penyakit penyumbat sirkulasi darah lainnya dapat diminimalisir.

3. Mencegah Stroke
Sebagaimana yang telah dijelaskan, memakan satu buah alpukat setiap hari dapat menghindarkan seseorang dari penyakit stroke. Hal ini dipengaruhi oleh adanya asam folat dalam buah alpukat yang cukup besar.

4. Menurunkan kolesterol
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat meningkatkan HDL. Selain itu, alpukat juga mengandung betasitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Kombinasi betasitosterol dan lemak tak jenuh tunggal membuat alpukat merupakan makanan yang baik untuk memecah kolesterol. 

5. Mengatasi Sakit Maag
Sakit maag memang sangat menyebalkan, jika Anda salah satu pengidap penyakit ini sebaiknya mulai sekarang konsumsilah buah alpukat secara teratur.

6. Mengontrol gula darah
Alpukat juga mengandung lemak tak jenuh yang mampu mengembalikan resistensi insulin, sehingga membantu tubuh untuk mengatur gula darah secara teratur. Selain itu, serat makanan di dalamnya juga membantu mempertahankan tingkat gula darah. 

7. Kesehatan jantung
Kandungan lemak pada alpukat sering dianggap dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan. Padahal, lemak ini justru sangat baik untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam oleat dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung. Asam oleat merupakan asam lemak utama dalam alpukat. 

8. Kesehatan Mata
Tinggalkan krim mahal dan beralih ke alpukat. Masker alpukat adalah ramuan paling mujarab untuk mengurangi kantung mata. Cukup oleskan masker alpukat di sekitar mata dan diamkan selama 20 menit.

9. Mencegah kanker
Ekstrak alpukat dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel prakanker yang dapat memicu kanker mulut. Tapi ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terjadap jenis kanker yang lainnya. Khasiat buah alpukat yang satu ini menurut beberapa peneliti dihasilkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E serta Antioksidan.

10. Anti-inflamasi
Efek kombinasi dari nutrisi yang terkandung dalam alpukat menawarkan manfaat besar sebagai anti-inflamasi (anti-peradangan). Kombinasi unik dari buah alpukat seperti Vitamin C dan E, karotenoid, selenium, seng, pitosterol dan omega-3 asam lemak membantu mencegah peradangan. Hal ini menunjukkan bahwa alpukat dapat membantu mencegah atau mengurangi risiko penyakit osteoarthritis dan rematik.

Wah, lumayan banyak juga ya manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Oleh karenanya Anda tak perlu ragu lagi untuk menikmati buah kaya manfaat ini. 

10 Ekspresi Paling Lucu yang Bikin Ngakak Ketika Orang Menaiki Roller Coaster

10 Ekspresi Paling Lucu yang Bikin Ngakak Ketika Orang Menaiki Roller Coaster
One web id  Selama ini apakah kamu pernah menaik roller coaster? Ya, memang tak semua orang memiliki keberanian untuk naik roller coaster. Selain membuat pusing, salah satu yang alasan terbesar adalah karena takut. Pasalnya, memang permainan roller coaster menuntut seseorang rela untuk dibalik, diputar, melaju kencang saat roller coaster mulai berjalan.

Oleh karenanya, tatkala kita melihat ekspresi orang-orang yang sedang naik roller coaster itu pasti sangat lucu sekali. Mereka terlihat tampak konyol dan begitu memasang wajah-wajah yang komikal. Dilansir oddee.com, berikut ini beberapa ekspresi lucu yang pasti akan membuatmu tertawa ngakak.

1. Malah Muntah
curiousphotos.blogspot.com
Sungguh, mungkin pria ini tak akan pernah lagi mau mengajak temannya naik roller coaster atau duduk di sampingnya. Bagaimana tidak, dia mendapatkan pengalaman yang amat sangat buruk saat naik roller coaster bersama yaitu muntah dan muntah itu ke arah temannya. Benar-benar. Serba salah pastinya mau marah tapi roller coaster melaju, jadi lebih baik duduk diam saja di tempat duduk.

2. Wajah Yang Sangat Konyol
curiousphotos.blogspot.com
Besar kemungkinan pria ini tak akan pernah melupakan ekspresinya saat duduk di roller coaster yang melaju turun. Jika orang-orang lain tampak menampilkan wajah yang tenang dan tertawa ceria. Dia justru memberikan ekspresi konyol apa adanya. Apakah dia tahu kalau akan difoto? Tapi sepertinya ekspresi wajahnya benar-benar bernilai sekali ya. 

3. Tiba-Tiba Berdiri
curiousphotos.blogspot.com
Mungkin, pria ini termasuk orang-orang yang tak ingin tampil biasa. Sebab, jika semua orang pada umumnya memilih berpegangan erat pada kursi pengaman roller coaster, dia malah bersikap berbeda yakni berdiri dengan kaos yang dilepas dan pamer tubuhnya. Mengapa dia harus begitu? Apakah dia berharap ada seorang wanita yang kagum pada tubuhnya? Kan seram kalau dia terjatuh karena tidak duduk ya. 

4. Mereka Tak Lagi Cantik
mechodownload.com
Tampaknya, wanita-wanita ini sudah memilih tampil begitu maksimal saat berkunjung ke taman bermain. Dengan gaun, kalung dan rambut yang ditata sedemikian rupa, mereka terlihat sangat cantik. Tapi lihatlah, mereka justru memilih naik roller coaster yang langsung membuat seluruh penampilan mereka berantakan termasuk wajahnya. Apa tetap cantik?

5. Tahan Dulu
lolercoasters.com
Beda usia, beda pula ekspresi penikmat Roller Coaster ini. Bocah di sebelah kiri sepertinya tak sanggup menahan 'kengeriannya' sehingga ia menunduk dan berpegangan erat. Sementara pria gempal di sebelahnya tampak menjaga gengsinya dengan 'stay cool' walau terlihat jelas ia menahan rasa ngeri dan takut yang sama.

6. Tak Berani Melihat
curiousphotos.blogspot.com
Entah apa yang akan terjadi di depan mata mereka, ketiga penumpang roller coaster ini malah tak seorang pun yang berani melihat. Ada-ada saja tingkah lucu penumpang roller coaster :D

7. Mencekik Temannya
What did I do?
oleh justadrumer, di Flickr
Pria ini mungkin harus memilih tempat lain untuk duduk saat naik roller coaster dengan teman perempuannya. Lihat saja, alih-alih ingin memegang tangannya, si teman perempuan malah seakan mencekik lehernya. Waduh, kalau saking takutnya dan dicekik betulan sungguh kasihan si pria ini.

8. Menutup Mata dan Memegangi Dada
masalatime.com
Aduh, sejujurnya tak ada yang tahu mengapa pria ini justru bertingkah aneh seperti ini. Umumnya orang akan berpegangan pada besi pengaman tempat duduk roller coaster, tetapi dia malah membuka kaosnya untuk menutup mata dan memegangi kedua bagian dadanya. Apakah dia takut dadanya akan jatuh ke tanah? Tidak ada yang tahu. Orang memang lucu-lucu kalau berekspresi. 

9. Wajahnya Berubah Menjadi Aneh
curiousphotos.blogspot.com
Dapat dipastikan bahwa semua orang akan merasakan sensasi mengejutkan di perut tatkala menaiki roller coaster yang sedang melaju dan menukik turun. Rasanya seperti jantungmu direnggut dan ditarik naik turun lalu dihempaskan jatuh ke bawah. Karena sensasi itu, maka tak heran apabila banyak orang yang memperlihatkan ekspresi kaget dan ketakutan yang sungguh lucu sekali.

10. Upps Tenang Nak, Ibumu Tak Takut
mynameisideal.blogspot.com
Pada awalnya mungkin si ibu bilang, 'Nak, tenanglah tak usah takut naik roller coaster. Ibu akan selalu ada di sampingmu, memegang dirimu, dan ibu tak akan takut'. Akan tetapi apa yang terjadi? Si ibu justru menutup matanya meskipun masih memegang anaknya. Jadi tak ada salahnya kalau si anak ketakutan hingga matanya melotot seperti ini.

7 Kasus Pembunuhan Berantai yang tak Pernah Terpecahkan

7 Kasus Pembunuhan Berantai yang tak Pernah Terpecahkan
One web id — Pembunuhan selalu menyisakan kesedihan yang mendalam bagi para keluarga sang korban. Dari berbagai penjuru dunia, ada kisah pembunuhan berantai yang belum terjawab. Tak diketahui pasti apa yang telah merasuki jiwa dan pikiran para pembunuh ini saat mencari dan menghabisi korbannya. Semua aksinya berjalan dengan rapi dan tak terendus, seolah-olah dia adalah hantu. Hingga saat ini Kasusnya tak pernah terungkap dan masih menjadi misteri yang tak pernah terpecahkan. Meski samar-samar, si pelaku pun terungkap cukup lama. Ada yang bertahun-tahun, satu dekade, bahkan ada pula yang justru tidak tertangkap. Berikut kisah pembunuhan berantai yang masih menjadi teka teki hingga kini.

1. Pengumpul Tulang
Pada bulan februari 2009 yang lalu, West mesa of Albuquerque, New Mexico digemparkan dengan penemuan tulang manusia. Hasil penelitian di lokasi sangat mengejutkan sebab menemukan banyak sekali tulang, dari pembunuhan yang tak terindentifikasi.

Setelah diselidiki ternyata ada 11 wanita. Dari hasil penyelidikan tidak ditemukan dibunuh dengan senjata, ataupun pembunuhan dengan motif tertentu yang bisa ditemukan. Para wanita yang bekerja di situ masih diliputi ketakutan. Polisi mencoba menyelidiki para tamu ataupun pelanggan yang sering ke situ yang bisa saja mereka merupakan pelaku. Hingga kini identitas pembunuh masih misteri yang tak terpecahkan. 

2. Pencekik Dari Boston
Pada Juli 1962 silam, Boston digemparkan dengan berita 'Pencekik Gila Bunuh 4 Wanita di Boston'. Alhasil, berita ini tentu saja membuat panik semua orang dan diliputi rasa ketakutan. Di antara tahun 1962 dan 1964, 13 wanita dengan usia dari 19 hingga 85 tahun telah dibunuh. Semua korban mati dicekik dengan stoking. Sementara dari hasil penyelidikan tidak ada tanda-tanda pendobrakan di rumahnya.

Seorang pria bernama Albert DeSalvo pun tertangkap. Dari penangkapan tersebut, DeSalvo mengaku bahwa dia adalah pelaku dari pencekikan 13 wanita tersebut. Namun polisi menemukan kejanggalan dari pemeriksaan, dan menduga DeSalvo tidak mungkin melakukan pembunuhan. Mereka yakin pembunuh sebenarnya belum tertangkap. 

3. Pembunuhan 9 Februari
Pada 9 Februari seorang wanita keturunan latin diserang dan dibunuh di pinggiran Salt lake City, Amerika. Korban tengah sendiri di apartemennya dan tak ada yang tahu kejadian tersebut. Namun kejadian ini terulang lagi pada tanggal yang sama di tahun 2006 dan 2008 dengan motif yang sama. Setelah melakukan penyelidikan ternyata pelaku sama dengan kejadian di tahun sebelumnya. Akan tetapi kepolisian kesulitan untuk menemukan sang pelaku. Bukti yang mereka dapat sangat sedikit hingga kini pelaku tak pernah tertangkap. 

4. Pembunuh Highway of Tears
Sebaiknya berhati-hatilah jika menumpang kendaraan umum, sebab bisa jadi orang yang anda tumpangi seorang pembunuh. Di jalan raya di Kanada ini lebih dari 40 orang wanita muda menghilang dan tak pernah ditemukan saat mencari tumpangan.

Jalan raya yang sepi dan terisolasi dari apapun dan tak akan ada seorangpun yang dapat mendengar teriakan tatkala terjadi hal yang buruk. Rata-rata korban yang menghilang adalah Inuit bukan berkulit putih dan beberapa orang mengatakan jika penyelidikan dimulai ketika orang kulit putih menjadi korban dan tewas pada tahun 2002. Sebetulnya beberapa tersangka telah dicurigai terkait dalam pembunuhan ini, namun tak satupun yang terbukti bersalah.

5. Pembunuh Alfabet
Di awal tahun 1970-an, New York digemparkan dengan berita pembunuhan brutal yang terjadi di area Rochester. Kala itu semua korban adalah wanita muda. Uniknya, dalam motif pembunuhan ini pelaku hanya membunuh korban dengan nama depan dan belakang dengan huruf yang sama seperti Carmen Colon, Wanda Walkowicz dan lain sebagainya.

Banyak orang mempertanyakan pembunuh yang dijuluki Alphabet Murders ini. Hingga akhirnya dugaan ditujukan kepada Kenneth Bianchi yang telah lama dicurigai. Dia dan keponakannya melakukan pembunuhan dikaitkan dengan Hillside pencekik, dan sementara Bianchi tidak pernah secara resmi telah dibersihkan dari pembunuhan Rochester, dia juga tidak pernah dituntut, dan masih mempertahankan dia tidak bersalah. 

6. The Axeman of New Orleans
Axeman of New Orleans merupakan sebuah sebutan yang diberikan terhadap sebuah kasus pembunuhan berantai secara misterius, yang pernah terjadi di Dravidian New Orleans pada Mei 1918 hingga Oktober 1919. Ini adalah sebuah peristiwa hitam yang pernah tercatat dalam sejarah kejahatan Amerika Serikat. Aksi pembunuh tersebut menggunakan kapak untuk membunuh orang-orang yang ditemuinya. Uniknya, tidak semua korban yang diserang harus mati dan tampaknya tidak memiliki pola pemilihan korban tertentu. Pasalnya, ia melakukannya secara acak dan dilakukan pada malam hari, ketika ia mengendap ke dalam rumah melalui jendela atau pintu yang tidak terkunci. Akan tetapi, pada suatu peristiwa pernah juga dia menerobos secara paksa.

Beberapa korbannya adalah perempuan yang sedang hamil dan bahkan ketika sedang menggendong bayinya. Tampaknya, si pembunuh berkapak mengikuti jejak herb penjagal legendaris ''Jack the Ripper''. Tak tanggung-tanggung, bahkan si pembunuh menyurati pihak surat kabar lokal yang berisikan petunjuk dan teka-teki mengenai calon korban, ia juga mengatakan kalau dirinya adalah jelmaan sosok iblis dari neraka. Anehnya gelombang pembunuhannya berakhir begitu saja, sehingga menyisakan misteri tak terpecahkan, meski ada yang menyebutkan bahwa Josef Womfre sebagai pelakunya. Pasalnya, Momfre tewas ditembak pada Desember 1920 silam di Los Angeles.

7. Jack The Ripper
Sepanjang tahun ini, genaplah tempo 119 tahun tragedi terjadinya salah satu kasus pembunuhan berantai paling mengerikan dalam sejarah yang dilakukan oleh seorang ''devil' yang dijuluki ''Jack The Ripper'' di bagian Timur London, England. Di sepanjang satu abad, misteri yang menyelubungi kasus pembunuhan brutal itu masih menjadi sebuah tanda tanya yang belum berhasil terjawab. Ada beberapa sebab yang menjadikan ''Jack The Ripper'' dijuluki sebagai legenda kejahatan dalam sejarah, yaitu selain sang pelakunya yang masih misterius hingga saat ini, corak kejahatan yang dilakukannya juga sangat mengerikan dan brutal! Korbannya disembelih, ditikam, tubuh di belah dan organ-organnya dikeluarkan.

Sebenarnya, mangsa Jack The Ripper yang sering juga dijuluki ''Pembunuh Whitechapel'' hanyalah lima orang wanita, meski ada pendapat yang mengatakan jumlahnya bisa lebih dari itu. Dan semua kegiatannya itu ia lakukan hanya dalam jangka waktu 3 bulan saja. Tapi, bagaimanapun juga kekejaman dan misteri pembunuhnya menjadikan kasus pembunuhan berantai ini sangat popular hingga saat kini. Banyak pertanyaan bermunculan dari kasus ini.

Thursday

5 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

One web id — Pare atau yang disebut juga sebagai peria merupakan salah satu dari tumbuhan merambat yang berasal dari wilayah Asia Tropis, terutama daerah India bagian barat, yaitu Assam dan Burma. Pare adalah anggota dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae yang biasanya dibudidayakan untuk dimanfaatkan sebagai sayuran maupun bahan pengobatan. 
5 Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

Nama Momordica yang melekat pada nama binomialnya berarti "gigitan" yang menunjukkan pemerian tepi daunnya yang bergerigi menyerupai bekas gigitan. Sudah tahukah anda, buah pare menjadi salah satu sayuran yang mempunyai sedikit penggemar. Penyebab utamanya adalah rasa pahit yang ada di dalam sayuran ini yang membuat banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya. 

Tapi pada kenyataanya seperti dilansir dari boldsky.com, pare rupanya menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh Anda terutama bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. 

1. Meningkatkan metabolisme tubuh
Salah satu alasan pare sangat bermanfaat untuk program diet Anda adalah karena pare bermanfaat untuk kesehatan sistem metabolisme Anda sehingga dapat mempercepat program penurunan berat badan.

2. Mengontrol kolesterol
Rasa pahit yang ada di dalam buah pare bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Buah ini juga bermanfaat untuk program penurunan berat badan sebab dapat membantu Anda untuk mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

3. Menyehatkan liver
Pare akan membantu mengeluarkan racun dan lemak dari dalam liver sehingga tubuh Anda akan menjadi lebih sehat. 

4. Membuang racun
Pare juga bermanfaat untuk membuang racun di dalam tubuh. Sehingga tidak hanya berat badan Anda saja yang turun, namun juga dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Menyeimbangkan kadar insulin dalam tubuh
Selain dapat digunakan untuk mengontrol kolesterol, rasa pahit yang ada di dalam pare juga bermanfaat untuk menstabilkan tingkat insulin di dalam tubuh Anda. Tingginya kadar insulin dapat menyebabkan Anda selalu merasa lapar sehingga membuat Anda cenderung untuk mengkonsumsi banyak makanan.

Pare adalah sayuran yang terbagi dalam 2 jenis yaitu pare yang berwarna hijau tua dan hijau muda yang tergantung pada tempat di mana mereka tumbuh. Ada berbagai cara untuk menikmati pare seperti di kukus ataupun dijadikan tumisan. Bagi Anda para penggemar pare memang tak perlu kecewa dengan buah ini, pasalnya buah pare juga kaya akan manfaat. 

10 Jenis Makanan Lokal Paling Berbahaya di Dunia

10 Jenis Makanan Lokal Paling Berbahaya di Dunia
One web id — Jika sedang lapar, kamu pasti akan membutuhkan makanan. Dan tahukah kamu kalau makanan di berbagai negara di dunia ini tidak ada yang sama satu dengan yang lain. Selain itu, ada pula jenis-jenis makanan yang ternyata dibuat dari bahan cukup berbahaya.
Sebagai contohnya, makanan yang dibuat dari ikan beracun atau keju yang telah membusuk. Tapi anehnya, makanan seperti itu tetap saja ada orang yang mau memakannya dan harus dengan berhati-hati. Walau dianggap ilegal, namun makanan berbahaya itu tetap saja ada. Apa sajakah makanan-makanan berbahaya yang dimaksud? Sebagaimana dilansir listverse.com, ini dia diantaranya.

1. Daun Teh Urushi (Jepang)

Dalam tradisi Sokushinbutsu di Jepang, ada sebuah daun teh beracun yang dipakai. Daun beracun itu memakai daun dari pohon Urushi yang sebenarnya mengandung sejumlah racun mematikan. Yang terpenting adalah cara pembuatannya yang harus berhati-hati karena jika salah, racun dari daun Urushi bisa membuat manusia kehilangan banyak cairan dan mengakibatkan kematian.

2. Antimony (Eropa)

Antimony merupakan jenis logam berat beracun yang dapat menyebabkan peradangan, gangguan jantung, kejang, kegagalan organ besar hingga kematian. Di Eropa abad pertengahan, orang sengaja mengelan Antimony dalam jumlah kecil sebagai pil kontrasepsi untuk mengendalikan proses kelahiran. Hanya saja untuk memakannya, nyawa akan menjadi taruhannya. 

3. Lutefisk (Skandinavia)

Apabila berkunjung ke Skandinavia kamu bisa menikmati Lutefisk, yaitu suatu hidangan laut dari bahan ikan yang berbahaya. Adapun cara membuatnya, ikan direndam dalam larutan basa selama berhari-hari. Mengapa dianggap berbahaya? Pasalnya, jika terendam lama merendamnya maka lemak ikan akan berubah menjadi sabun. Tak tanggung-tanggung bahkan kadar keasamannya bisa mencapai pH 12 dan sangat membahayakan pencernaan manusia. Jangankan pencernaanmu, panci, piring, dan sendok bisa mengalami korosi.

4. Casu Marzu (Italia)

Di pulau Sardinia, Italia adalah sebuah keju lokal yang dilarang dengan alasan kebersihan bernama Casu Marzu. Keju ini dibuat dari susu domba dan sengaja disuntikan dengan larva lalat khusus. Larva yang tumbuh di keju berubah menjadi belatung dan cairan pencernaan mereka membuat keju lebih cepat berfermentasi sampai mulai membusuk. Saat kamu mau makan, bahkan akan masih ada belatung berlarian di dalamnya. Mau?

5. Datura (Amerika)

Salah satu suku Indian di Amerika menggunakan buah tanaman terompet Datura ini untuk menentukan apakah seorang anak laki-laki siap untuk menjadi seorang pria. Buah Datura ini mengandung racun yang bisa menyebabkan delirium kuat, demam, denyut jantung cepat, sampai amnesia permanen. Di mana anak laki-laki itu memakan buah Datura lalu dikurung beberapa minggu dan jika selamat maka dia sudah menjadi pria dewasa.

6. Cabe Naga Jolokia (India)

Buku rekor dunia mencatat bahwa cabe Naga Jolokia adalah cabe terpedas yang pernah ada di dunia. Cabe ini tumbuh di Nagaland, India. Beberapa kawasan lain di India seperti Assam dan Manipur juga menjadi tempat yang banyak ditemukan Naga Jolokia. Bahkan saking pedasnya, saat kamu mengkonsumsi 4 kilogram Naga Jolokia, kamu bisa meninggal dunia.

7. Buncis Calabar (Afrika)

Di kawasan tropis Afrika tumbuh sebuah kacang polong Kaliber yang bisa kamu temukan di Calabar. Penjelasan mengenai bahan makanan berbahaya sangat jelas untuk Kaliber. Karena kacang polong ini memiliki kandungan racun tinggi. Nekat mencoba? Maka kamu harus siap-siap mengalami kerusakan saraf, kejang otot, kerusakan sistem pernafasan dan pencernaan bahkan sampai kematian. 

8. Sannakji (Korea Selatan)

Gurita merupakan makhluk yang menarik. Mereka memiliki banyak kaki tentakel yang dapat mengarah secara berbeda. Apabila kamu berkunjung ke Korea Selatan, kamu harus berhati-hati ketika makan Sannakji, gurita hidup! Cara makannya adalah gurita dipotong lalu ditaburi saus soya atau minyak wijen dan siap untuk dimakan. Hanya saja karena belum sepenuhnya mati, bisa-bisa kaki tentakel gurita bergerak ditenggorokanmu sampai bisa memanjat ke rongga hidung.

9. St. Elmo Steak House’s Shrimp Cocktail (Amerika Serikat)

listverse.com
Sebuah restoran kecil di kawasan Indiana, Amerika Serikat menjual hidangan khusus yang dirancang untuk para pecinta pedas. Bernama St Elmo Steak House, pada dasarnya makanan ini adalah koktail udang yang pedasnya berasal dari 9 kilogram mustard parutan lobak yang mengandung minyak. Berani makan masakan super pedas ini, maka kamu harus siap merasakan sensasi seperti tersetrum listrik!

10. Kanibalisme (Papua Nugini)
golemp.blogspot.com
Meskipun sangat mengerikan, tapi ternyata di dunia ini masih ada beberapa suku pedalaman yang memakai budaya memakan manusia sebagai cara untuk bertahan hidup. Kanibalisme bahkan disebut mirip dengan penyakit sapi gila yang tak bisa dicegah. Suku Fore di pedalaman Papua Nugini menderita kanibalisme sampai tahun 50-an. Mereka memotong mayat kerabatnya sebagai ritual pemakaman sehingga mereka menganggap orang mati sebagai sumber makanan. 

Wednesday

Pengobatan Ampuh dan Sederhana Menggunakan Pepaya

One web id — Apabila ingin diartikan, pepaya adalah tanaman buah berupa herba dari famili Caricaceae yang awalnya berasal dari Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah, dan Hindia Barat bahkan kawasan Kosta Rika. Beberapa pendapat mengatakan pepaya pertama kali dibudidayakan di Meksiko. Tumbuhan ini banyak tumbuh di dataran rendah hingga 1.000 meter di atas permukaan laut, terutama di daerah yang subur.
Pengobatan Ampuh dan Sederhana Menggunakan Pepaya

Di dunia ini, tak jarang banyak orang yang menggunakan pepaya sebagai tanaman obat. Berikut ini ada beberapa cara pengobatan sederhana yang sangat ampuh menggunakan pepaya yang patut Anda ketahui diantaranya:

Mengobati sakit gigi dan kutil
  • Untuk mengobati sakit gigi, getah pepaya muda diteteskan ke gigi yang sakit dengan bantuan kapas. Sementara untuk menghilangkan kutil, sebaiknya oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali.
Luka kecil dan luka bakar
  • Untuk luka kecil, oleskan getah pepaya pada kutil setiap 3 jam sekali. Sementara untuk penyembuhan luka bakar, buah pepaya muda dicuci kemudian gores-gores agar getahnya keluar. Setelah itu oleskan getahnya pada luka.
Mengobati hipertensi
  • Haluskan buah pepaya muda dengan cara diparut, peras. Minum airnya 2 kali sehari. Sebaiknya lakukan selama 3 hari.
Digigit serangga berbisa
  • 5 potong akar pepaya dicuci, lumatkan. Lalu tempelkan pada bagian yang sakit, balut dan perban.
Digigit ular berbisa
  • 5 jari akar pepaya, dicuci, tumbuk hingga halus, tempelkan pada bagian yang terkena, dan balut. Ganti 2 kali sehari.
Keputihan
  • Satu helai daun pepaya dicuci, lalu diiris halus, tambahkan 50 gram akar alang-alang yang bersih, dan pulasari, kemudian rebus dengan 1,5 liter air, didihkan, saring. Minum satu gelas sehari.
Tumit pecah-pecah
  • Getah pepaya muda digosokkan ke tumit yang pecah-pecah, biarkan selama 1/4 jam, lalu dicuci. Sebaiknya lakukan sekali sehari.
Melancarkan haid
  • 2 helai daun pepaya dicuci kemudian ditumbuk hingga halus dan tambahkan 1/4 gelas air, peras, beri garam. Minum sekaligus 1 kali sehari.
Mengobati jerawat
  • Jemur 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua, lumatkan sambil diberi air, peras. Kemudian oleskan sarinya pada jerawat.
Meredakan diare
  • Satu genggam biji pepaya dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Seduh seperti menyeduh teh. Minum 3 kali sehari tiap 1 gelas. 
Buang air besar tidak teratur, Maag, Sariawan, dan sembelit
  • Makan buah pepaya segar 3 kali sehari.
Mengobati flu
  • Cuci 2 atau 3 helai daun pepaya muda, lumatkan, peras, beri garam. Untuk anak-anak minum 2 kali, dan 4 kali sehari untuk orang dewasa.
Menambah nafsu makan
  • Satu helai daun pepaya dicuci, lumatkan, beri sedikit garam dan air sebanyak 1/4 gelas, kemudian diperas. Minum airnya sekaligus.
Mengobati penyakit malaria dan demam
  • Tumbuk daun pepaya muda hingga menjadi 1/2 gelas, tambahkan air 3/4 gelas dan garam, peras, saring. Minum 3 kali sehari, lakukan selama 5 hari berturut-turut.
Mencegah demam nifas
  • Satu helai daun pepaya muda dicuci, diiris halus, kemudian rebus dengan gula aren dan segelas air hingga airnya tinggal 1/2. Minum sekaligus setelah melahirkan selama 2 hari berturut-turut.
Mengeluarkan pecahan kaca
  • Beberapa helai daun pepaya dicuci, lumatkan, beri sedikit garam. Kemudian oleskan pada kulit yang terkena pecahan kaca, balut. Pecahan kaca akan keluar dan luka akan mengering.
Melancarkan air seni dan mengeluarkan batu ginjal
  • 3 jari akar pepaya dipotong-potong, rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah, dinginkan dan saring. Minum 3 kali sehari tiap 3/4 gelas. Boleh juga tambahkan satu sendok madu.
Mengobati kulit melepuh karena panas
  • Sayat kulit buah pepaya, tampung getahnya dan oleskan, diamkan sehari semalam. Jika bagian yang melepuh agak luas, sebaiknya parut pepaya dan daging buahnya ditempelkan.
Uban
  • Gongseng 30 biji pepaya, tumbuk hingga halus, kemudian campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa, gosokkan pada kulit kepala yang beruban. Atau jemur 2 sendok makan biji pepaya sampai kering, sangrai sampai hangus, tumbuk sampai halus, campurkan sedikit minyak kelapa, aduk hingga rata. Oleskan pada kulit kepala yang telah dikeramas. Sebaiknya lakukan sebelum tidur.
Membasmi cacing gelang
  • 2 sendok makan biji pepaya, giling halus, seduh dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, minum panas-panas. Atau 2 sendok biji pepaya, lumatkan, seduh dengan 1/2 gelas air, beri 1 sendok makan madu. Minum selagi hangat sekali dalam 1 hari.
Susah buang air kecil karena terlalu banyak makan jengkol
  • Setengah tangkai daun pepaya, 10 lembar daun kacang panjang dan 6 tangkai daun singkong dicuci, tumbuk hingga halus, kemudian tambahkan 1/2 cangkir air masak, remas, tambahkan 1 sendok madu, peras, saring. Minum 1-2 kali sehari. Atau 1/2 tangkai daun pepaya, 10 helai daun kacang panjang, 6 tangkai daun singkong dicuci, lumatkan, beri 1/2 gelas air matang, peras. Beri 1 sendok makan madu sebelum diminum. Minum 2 kali sehari.
Jadi itulah ulasan singkat tentang cara pengobatan menggunakan pepaya yang patut Anda coba. Semoga dapat memberi manfaat!

7 Misteri Terbesar Dalam Sejarah Dunia yang Akhirnya Terpecahkan

7 Misteri Terbesar Dalam Sejarah Dunia yang Akhirnya Terpecahkan
One web id — Dunia yang kita tinggali ini memang dipenuhi dengan beragam hal yang tak mudah untuk dijelaskan. Akan tetapi dengan ilmu pengetahuan yang didukung oleh kesabaran, beberapa misteri misteri besar dunia akhirnya terpecahkan. Penemuan dan identifikasi jenazah tokoh sejarah adalah salah satu misteri yang pemecahannya memberi kontribusi signifikan dalam ilmu pengetahuan. 

Akan tetapi tak banyak yang tahu bahwa penemuan itu sempat melalui fase super panjang yang bisa dibilang 'mengerikan'. Selain misteri di atas, ada pula misteri lainnya yang telah terjawab. Lantas, bagaimanakah proses pemecahan misteri tersebut hingga sampai kepada kita dalam bentuk informasi yang akurat? Penasaran, mari kita simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Komputer Berusia 2000 Tahun
The Antikythera Mechanism (3209887483)
By Tilemahos Efthimiadis from Athens, Greece, via Wikimedia Commons
Apabila ada yang mengatakan bahwa komputer baru ditemukan baru-baru ini, maka kalian salah besar. Sebab, teknologi canggih ini rupanya telah digunakan sejak 2000 tahun yang silam di Yunani. Semua berawal tatkala para nelayan Yunani menemukan peninggalan di dasar lautan. Bentuknya yang mirip jam beker, akan tetapi dengan usianya sangat tua akhirnya menarik perhatian ilmuwan. Setelah dilakukan penelitian, ternyata penemuan itu adalah perangkat astrologi super canggih. Selain dapat meramalkan masa depan seseorang berdasarkan posisi astronomi, benda tersebut juga bisa memprediksi pergerakan bulan, matahari dan benda langit lainnya.

2. Haeroglif Suku Maya
ufologie.oldiblog.com
Siapa orangnya yang belum pernah mendengar nama suku Maya. Salah satu suku tertua dunia ini sempat membuat gempar dunia dengan ramalan yang disimpulkan para ahli sebagai akhir dunia. Akan tetapi siapa sangka bahwa pembacaan tulisan maya membutuhkan proses yang panjang dan cukup sulit. Perlu kesabaran dan ketelatenan untuk dapat membaca tulisan yang bahkan sudah punah ratusan tahun lalu.

3. Kematian Pasien
nonsolobiografie.it
Pada pertengahan tahun 1800-an, tingkat kematian ibu yang melahirkan di rumah sakit Wina, Hungaria sangat tinggi. Hal itu juga terjadi dalam proses pembedahan dan tindakan medis lainnya. Hasilnya, seorang dokter bernama Ignaz Semmelweiz, setelah melakukan penelitian yang cukup lama akhirnya dia menyimpulkan bahwa kematian itu disebabkan oleh kuman yang menginfeksi pasien. Dan dari sinilah Semmelweiz kemudian menyarankan semua dokter dan tim medis untuk rajin mencuci tangan.

Namun sangat disayangkan, pasalnya teori ini dianggap tidak masuk akal bagi beberapa orang. Sang dokter pun sempat dibully, hingga akhirnya mengalami depresi dan meninggal akibat demensia. Sepeninggal Semmelweiz, teori ini dilanjutkan oleh Louis Pasteur yang makin memperkuat keberadaan kuman sebagai sumber penyakit. Akan tetapi sebelum meninggal, ilmuwan ini juga sempat meragukan teorinya sendiri.

4. Mayat Yang Tidak Membusuk
santa bernadeta (st bernadette)
Santa bernadeta (st bernadette) oleh Adi Asus di Flickr
Mayat abadi adalah mayat yang telah “diawetkan tanpa pembalseman atau sarana buatan lainnya". Yang paling terkenal adalah St Bernadette Soubirous (di atas), yang meninggal pada tahun 1879 silam. Wajah dan tangannya terbuat dari lilin. Lilin telah ditambahkan karena wajahnya menjadi lebih kurus sejak ia pertama kali digali. Mayat lain mengeluarkan bau yang manis, mirip dengan cairan pembalseman. Lainnya masih disebabkan oleh cara mereka dikuburkan,bisa di tanah alkali, yang kekurangan oksigen sehingga tidak ada bakteri dan cacing.

5. Batu Ica
itogi.ru
Batu Ica merupakan batu yang ditemukan di sebuah gua di Peru. Gua tempat penemuan tidak pernah diidentifikasi. Batu itu telah diukir dengan ukiran orang-orang Aztec melawan dinosaurus, ikan punah, operasi jantung terbuka dan hal-hal lainnya yang menunjukkan peradaban maju. Seorang petani ditangkap karena menjual batu-batu (yang diklaim bersejarah) untuk wisatawan, namun kemudian ia mengakui mereka membuatnya sendiri. 

Untuk mendapatkan kesan kuno, ia mengatakan ia meninggalkan batu-batu di kandang ayam, dan membiarkan ayam melakukan efek-efek korosi dan perubahan alam lainnya, banyak orang lain yang juga telah membuat dan menjual Ica Stones. Tidak ada bukti dari sebuah peradaban di daerah itu, tidak ada puing-puing, tulang atau apapun.

6. Tulang Raksasa
Tulang Raksasa
Pada tahun 1676 silam, kerangka dengan ukuran super besar telah ditemukan di sebuah tambang batu kapur. Oleh karena minimnya pengetahuan tentang identifikasi dan rekonstruksi tulang, maka sebagian ilmuwan akhirnya menyimpulkan bahwa itu adalah tulang raksasa. Akan tetapi pada abad ke-19, penemuan besar akhirnya muncul. Gereja Inggris akhirnya berusaha merekonstruksi ulang tulang belulang yang diberi nama Scrotum Humanum tersebut potongan demi potongan. Akhirnya, terlihat bahwa tulang itu adalah milik hewan raksasa berusia ribuan tahun yang kemudian dinamakan Dinosaurus.

7. Tengkorak Raja Inggris
Richard III
huffingtonpost.co.uk
Richard III merupakan Raja Inggris yang hanya dua tahun memerintah Inggris dalam jangka waktu 1483 - 1485. Pemerintahannya berakhir setelah dia meninggal dunia dalam Pertempuran Bosworth, akan tetapi jenazahnya dinyatakan hilang selama lebih dari 500 tahun. Namun pada Mei 2013, akhirnya ditemukan tulang belulang di bawah parkiran kawasan Leicester. 

Penelitian pun akhirnya dilakukan untuk mengidentifikasi jenazah tersebut, hingga pada akhirnya diumumkan bahwa itu adalah jenazah Richard III. Ironisnya, jenazah yang mengalami luka parah di sekujur tubuh itu dikuburkan dalam liang sempit. Pemakaman yang dilakukan terkesan terburu-buru, dan bahkan jenazah dalam keadaan terikat.