Monday

10 Jenis Ulat Cantik Namun Teramat Berbahaya Bagi Manusia

10 Jenis Ulat Cantik Namun Teramat Berbahaya Bagi Manusia
One web id — Ulat adalah salah satu hewan yang tidak semua orang menyukainya. Adapun alasannya, karena ulat memiliki bulu-bulu yang membuat kulit gatal jika bersentuhan. Meski memang dianggap hewan yang menyebalkan, tahukah kamu kalau ulat-ulat yang akan berubah menjadi kupu-kupu ini memiliki banyak sekali bentuk yang luar biasa cantik dan indah.

Penasaran seperti apa indahnya ulat? Berikut ini ada 10 jenis ulat yang sangat cantik namun ternyata teramat berbahaya. Sebaiknya berhati-hati dan jangan sampai dipegang ya!

1. Ulat Karnivora (Carnivore Caterpillar)
aranyosfodorka.blogspot.com
Meskipun ulat bulu ini tidak akan memakanmu, namun dia rupanya memakan sesama serangga dan beda dengan kebanyakan ulat yang biasanya vegetarian pemakan daun. Ulat ini cukup menyeramkan karena memiliki bentuk mulut berduri dan terbuka yang membuat serangga enggan mendekatinya. Apa kamu mau menyentuhnya?

2. Ulat Hickory Tussock (Hickory Tussock Caterpillar)
beginningtobird.blogspot.com
Ulat ini mungkin tampak seperti seseorang yang memakai pakaian musim dingin tebal dan norak. Karena memang bulunya yang tebal dan rupanya tidak terlalu berbahaya. Yang berbahaya justru adalah empat lembar rambut panjang, dua di depan dan dua di belakang. Menyentuh ulat ini bisa menimbulkan ruam dan masalah medis serius serta yang menyeramkan adalah dia bisa menggigit.

3. Ulat Bag Shelter (Bag Shelter Caterpillar)
tempo11.blogspot.com
Ulat Bag Shelter banyak ditemukan di kantong-kantong ulat sutra dan keluar di malam hari. Ulat ini dianggap cukup berbahaya bagi kesehatan di kawasan Amerika Selatan. Racun yang berasal dari mereka adalah dari bulu anti-koagulan yang bisa mengakibatkan pendarahan hebat saat luka.

4. Ulat Ek Berduri (Spinny Oak Slug Caterpillar)
bluejaybarrens.blogspot.com
Ulat ini mungkin tak terlalu beracun bagi manusia, meski akan menimbulkan ruam jika kamu terkena bulu-bulu gatalnya. Ulat ini memiliki tiga pasang duri seperti tanduk besar di bagian depan dan dua pasang di bagian belakang. Disebut ulat ek berduri karena memang ada semacang tonjolan berduri di sepanjang punggung. Sebenarnya ulat ini memiliki warna yang beragam, mulai dari hijau, merah, dan coklat.

5. Ulat Saddleback (Saddleback Moth Caterpillar)
Saddleback moth caterpillar
By thatredhead4 (Flickr: Saddleback moth caterpillar), via Wikimedia Commons
Ulat Saddleback adalah larva dari spesies ngengat asli Amerika Utara. Kamu dengan mudah bisa mengenali ulat saddleback karena warnanya yang konyol dan terang. Ulat ini memiliki bentuk tanduk berdaging menonjol di tubuhnya yang ditutupi bulu beracun. Saat menyentuh kulitmu, maka kamu bisa mengalami nyeri seperti sengatan lebah dan menimbulkan bengkak, mual, dan ruam.

6. Ulat Kucing (Puss caterpillar)
kutalkutil.blogspot.com
Ulat kucing atau Puss caterpillar (biasa juga disebut ulat flanel menyengat) adalah ulat yang paling beracun di Amerika Serikat. racun tersebut terdapat di duri yang tersembunyi di antara rambut-nya. ulat berbulu ini dapat ditemukan di negara-negara selatan bagian Amerika, mulai dari sebagian besar Texas utara ke Maryland dan Missouri. makan pada pohon peneduh seperti elm, oak, dan sycamore. Ukuran ulat ini bervariasi dari 1.2 inci (32 mm) sampai 1,4 inci (36 mm).

Ulat jenis ini memiliki rambut-rambut halus oleh karena itu disebut ulat kucing, karena bulu-bulunya menyerupai kucing persia. Ulat ini merupakan hewan beracun, sebaiknya jangan sekali-kali memegangnya dengan tangan kosong, beberapa jenis keracunan dapat ditimbulkan oleh ulat ini. antara lain pembengkakan, mati rasa, bercak merah pada kulit, mual, muntah, demam, sakit kepala, kejang otot, dan masih banyak gejala keracunan lainnya.

7. Ulat Sengat Mawar (Stinging Rose Caterpillar)
Stinging Rose caterpillars, Megan McCarty65
By Meganmccarty (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons
Ulat sengat mawar memiliki bentuk yang fantastis dan ditemukan di kawasan hutan timur Amerika. Ulat ini memiliki warna kuning merah dan bentuk menonjol di sebagian tubuhnya. Warnanya yang mencolok merupakan pengingat bahwa ulat ini adalah ulat beracun. Jika kamu tak sengaja menyentuh duri hitamnya, kamu bisa mengalami iritasi kulit. Namun meski beracun, ulat ini rupanya penting bagi ekosistem saat sudah bermetamorfosis menjadi ngengat.

8. Ulat Cinnibar (Cinnabar moth)
Tyria jacobaeae qtl1
Per Quartl (Treball propi), via la Wikimedia Commons
Ulat cinnibar ini memiliki racun yang rupanya didapatkan dari bagian tanaman yang emreka makan yakni tumbuhan ragwort beracun. Bulu-bulu ulat cinnibar ini bisa menyebabkan ruam dan jika kamu sensitif pada ulat bulu, bisa menimbulkan asma sampai gagal ginjal karena diakibatkan oleh ragwort itu sendiri.

9. Ulat Ngengat Io (Io Moth Caterpillar)
Io moth caterpillar
By Michael Holroyd [Public domain], via Wikimedia Commons
Mulai sepanjang kawasan Kanada sampai Florida, ulat ngengat io bisa kamu temukan. Ulat ini berbentuk seperti gumpalan lucu berwarna hijau dengan tanduk-tanduk seperti paku yang menonjol. Mungkin cukup menyenangkan untuk dilihat, namun tidak untuk disentuh karena bisa menyebabkan gatal-gatal menyakitkan di tubuhmu.

Ada dua jenis racun yang dilepaskan dari punggung ulat jenis ini mengakibatkan rasa terbakar dan peradangan. Mereka memakan banyak pohon dan semak-semak termasuk willow, mapel, elm, oak, holly, aspen, belalang, ceri, pir dan sassafras. Spesies ini dapat ditemukan di alam terbuka, padang rumput hutan dan ladang jagung dari Februari hingga September.

10. Ulat Cedar Putih (White Cedar Moth)
Leptocneria reducta caterpillar (White Cedar Moth)
By Bidgee (Own work), via Wikimedia Commons
Ulat Cedar Putih adalah ngengat dari keluarga Lymantriidae. Ulat jenis ini dapat ditemukan di seluruh Australia, kecuali Tasmania. Tentunya ulat yang satu ini harus kamu hindari, terutama bentuknya yang seperti kaktus kecil dan bisa merangkak. Sebab ulat cedar putih ini bisa menimbulkan reaksi gatal saat disentuh. Seramnya, ulat ini suka mengeroyok satu pohon sekaligus bersama-sama sampai tak ada daun yang tertinggal.



No comments:

Mobile version