Sunday

10 Penampakan Mengerikan dan Keren Ketika Gunung Berapi Mengamuk

10 Penampakan Mengerikan dan Keren Ketika Gunung Berapi Mengamuk
One web id — Tak dapat dipungkiri jika aktivitas alam memang merupakan hal yang sangat luar biasa. Entah itu mengerikan atau mempesona, yang akhirnya membuat banyak orang begitu tertarik. Salah satunya ialah pada saat gunung berapi Puyehue-Cordón Caulle di Chile sedang meletus pada 4 Juni 2011 lalu.

Ada seorang fotografer Chile professional yang bernama Fransisco Negroni telah sukses mengabadikan ketika Puyehue-Cordón Caulle memuntahkan isi perut bumi. Amukannya tampak begitu mengerikan, namun juga luar biasa indah. Dilansir boredpanda.com, berikut beberapa di antaranya yang membuat kamu bisa terpesona saat melihatnya.

1. Tampak Tenang Namun Mengerikan
boredpanda.com
Inilah penampakan dari jauh awan panas yang keluar dari gunung Puyehue-Cordón Caulle. Memang sangat mengerikan ketika alam itu mengamuk. Akan tetapi yang pasti keindahannya masih bisa terlihat. Sangat mengerikan, namun begitu luar biasa juga tentunya.

2. Cuaca Yang Teramat Mengerikan
likeder.blogspot.com
Apakah pada saat awan panas muncul akan dapat mengakibatkan pusaran angin tornado? Jawabannya adalah bisa. Sebab angin tornado terbentuk ketika dua buah udara dengan beda suhu yang cukup tinggi bertemu sehingga membentuk pusaran angin kuat yang teramat mengerikan.

3. Udara Panas Membumbung Tinggi
i-love-nasa.blogspot.com
Warna merah yang muncul karena awan panas ini membawa material abu vulkanis dari kawah gunung Puyehue-Cordón Caulle. Tentunya ribuan kubik materi panas itu akan menimbulkan uap mengerikan dan berkumpul di udara menjadi gumpalan awan panas yang dapat bergerak mencapai ratusan kilometer perjam dan menyapu bersih semua yang dia dilewatinya.

4. Petir Yang Menyambar Dengan Ganas
rastationclub.blogspot.com
Pada saat lava sudah semakin menyentuh bibir kawah dan siap untuk meluncur turun, maka hal itu biasanya sering kali dibarengi dengan yang namanya awan panas. Bahkan awan panas di Puyehue-Cordón Caulle terlihat jauh lebih mengerikan dengan kilatan petir yang luar biasa 'mengamuk'. 

5. Menyambar Apapun Yang Ada Didekatnya
boredpanda.com
Lihatlah, awan panas dengan petir ini seolah-olah menjadi sebuah peringatan kematian. Sebab mereka pasti tak akan memberikan ampunan pada benda apapun yang dilewati. Suhu ribuan derajat celcius dapat membuat gosong semua benda yang terkena awan panas mengerikan ini.

6. Munculnya Udara dan Debu Panas
madridista23.blogspot.com
Sebetulnya sudah menjadi hal yang wajar ketika gunung meletus, maka akan ada awan panas yang mengelilingi bagian mulut kawah. Hal itu disebabkan oleh naiknya lava super panas membuat munculnya awan uap panas yang membumbung tinggi dan tak jarang mengandung zat beracun untuk dihirup. 

7. Petir Menyambar Awan Panas
madridista23.blogspot.com
Sungguh sangat mengerikan bentuk-bentuk awan panas di gunung ini. Berarak tinggi ke langit dengan warna gelap karena membawa material vulkanik. Ditambah lagi petir yang menyambar seakan-akan membuktikan bahwa Tuhan itu begitu Maha Kuasa.

8. Badai Petir Api
boredpanda.com
Terlihat dengan jelas, sebuah kilat menyambar di bagian atas gunung Puyehue-Cordón Caulle saat dia meletus. Bagaimana bisa petir-petir itu menyambar? Tentu saja pemandangan luar biasa itu semakin mengerikan, namun tetap indah. Seolah-olah langit ikut bergejolak karenanya. 

9. Terbentuknya Tornado Panas
boredpanda.com
Seperti inilah bentuk pusaran tornado yang terbentuk saat gunung Puyehue-Cordón Caulle meletus. Pastinya ini bukanlah tornado biasa. Sebab tornado ini akan membawa material benda panas yang ada di dalam kawah Puyehue-Cordón Caulle. Tidak hanya merusak apa yang dia lewati, tapi kilatan petir membuat pusaran angin ini dapat membakar apapun termasuk pepohonan.

10. Jutaan kubik Lava Yang Dimuntahkan
madridista23.blogspot.com
Pada saat meletus, gunung Puyehue-Cordón Caulle tampak begitu mengerikan. Jutaan kubik lava pijar dan berbagai material panas dimuntahkan dari bagian kawah. Tak heran aliran lava yang begitu besar mengeluarkan lidah-lidah api pijar yang tentunya membakar apapun yang dia lintasi. Hampir sama seperti detik-detik meletusnya gunung berapi di film DANTE'S PEAK ya? 

No comments:

Post a Comment