Thursday

7 Masjid Paling Tertua di Berbagai Penjuru Dunia

One web id — Masjid ataupun yang kadang-kadang disebut mesjid merupakan rumah tempat ibadah bagi yang beragama islam. Masjid bermakna tempat sujud, biasanya masjid yang ukurannya lebih kecil disebut sebagai musholla, langgar ataupun surau. Selain sebagai sarana untuk tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Biasanya, berbagai kegiatan seperti perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Tak tanggung-tanggung, bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan penting dalam aktivitas sosial kemasyarakatan sampai kemiliteran.
7 Masjid Paling Tertua di Berbagai Penjuru Dunia
Masjid Kuba, Masjid tertua di dunia
Diantara sekian banyaknya masjid-masjid yang tersebar di berbagai penjuru dunia, sedikitnya ada tujuh masjid yang merupakan paling tertua. Masjid apa sajakah itu? Mari kita delik bersama-sama yang berikut ini.

1. Mosque of Uqba, Tunisia
Diperkirakan pertama dibangun pada tahun 670. Salah satu dari masjid tertua ini berlokasi di Kairouan, Tunisia, Masjid uqba, juga dikenal sebagai masjid agung kairouan, merupakan salah satu masjid paling penting di tunisia, terletak di kota warisan dunia UNESCO kairouan.

2. Great Mosque of Kufa, Iraq 
Awalnya, dibangun pada tahun 639, masjid ini berada di Kufah, Irak. Masjid agung kufah, atau masjid al-kufah, ataupun masjid-al-azam, merupakan salah satu masjid paling awal dalam islam. Dibangun pada abad ke-7, berisi sisa-sisa muslim ibn 'aqil - sepupu pertama dari husain bin' ali, rekan hani nya ibn 'urwa, dan mukhtar al-thaqafÄ« revolusioner. 

3. Masjid al-Haram, Saudi Arabia 
Masjid tertua yang berlokasi di Mekkah, Arab saudi ini pertama dibangun pada tahun 638. Selain dianggap salah satu dari masjid paling tua di Arab Saudi, Al-masjid al-haram merupakan salah satu masjid terbesar di dunia. Ini adalah masjid yang mengelilingi ka'bah, tempat yang gilirannya umat islam di seluruh dunia untuk sementara menawarkan doa-doa sehari-hari dan merupakan tempat suci islam. Selain itu, masjid ini juga dikenal sebagai masjid agung.

4. Jawatha Mosque, Saudi Arabia 
Diperkirakan, masjid ini pertama dibangun pada tahun 629, masjid ini berlokasi di Al kilabiyah, Arab saudi. Jawatha mosque (juga salah dieja al-jawana) terletak di desa al-kilabiyah, sekitar 12 kilometer timur laut hofuf, al-ahsa, arab saudi. Itu adalah awal masjid yang dibangun di arabia timur dan sebagian besar struktur asli di reruntuhan. Hingga detik-detik ini, Jawatha Mosque masih digunakan untuk doa.

5. Masjid al-Qiblatain, Saudi Arabia 
Salah satu masjid tertua yang ada di Arab Saudi ini pertama dibangun pada tahun 623. Masjid al-qiblatain (biasa disebut masjid dua qiblas) adalah sebuah masjid di madinah yang secara historis penting bagi umat islam sebagai tempat dimana nabi muhammad, memimpin doa, dikatakan telah diperintahkan untuk mengubah arah shalat (kiblat) dari Yerusalem ke Mekah. Jadi unik yang terdapat relung doa dua (mihrabs). Baru-baru ini masjid tersebut direnovasi, menghapus niche doa tua menghadap ke Yerusalem dan meninggalkan satu yang menghadap ke Mekah.

6. Al-Masjid al-Nabawi, Saudi Arabia
Satu lagi masjid tertua yang berlokasi di Madinah, diperkirakan pertama dibangun pada 622. Al-masjid al nabawi, yang sering disebut masjid nabi adalah sebuah masjid yang terletak di kota madinah. Sebagai tempat peristirahatan terakhir islam nabi muhammad, itu dianggap tempat paling suci kedua dalam islam oleh umat islam (yang pertama adalah masjid al-haram di Mekah). Masjid ini berada di bawah kendali penjaga dua masjid suci. 

7. Masjid Kuba, Madinah
Masjid paling tua ini pertama dibangun pada tahun 622. Masjid Kuba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw. pada tahun 1 Hijriyah di Quba, sekitar 5 kilometer di sebelah tenggara kota Madinah. Dalam Al Qur'an disebutkan bahwa masjid Quba adalah mesjid yang dibangun atas dasar takwa (Surat At Taubah:108). Masjid Kuba atau Quba Mosque terletak di lingkungan terpencil madinah di Arab Saudi, merupakan masjid tertua di dunia. Batu pertamanya yang diposisikan oleh nabi islam muhammad pada emigrasi dari kota Mekah ke Madinah dan masjid ini selesai dengan temannya. Nabi Muhammad menghabiskan lebih dari 20 malam di masjid (setelah bermigrasi) berdoa qasr (sebuah doa pendek) sambil menunggu Ali yang rumahnya di belakang masjid Kuba. Masjid ini adalah masjid paling tua yang pernah dibangun.

No comments:

Post a Comment