Monday

Ini Fakta Tersembunyi dari Bulan yang Belum Anda Ketahui

One web id — Bulan ialah satu-satunya satelit alami Bumi dan sekaligus sebagai bulan terbesar kelima dalam Tata Surya. Selain itu, bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya. Di antara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, yaitu satelitnya planet Yupiter. Meski Bulan tampak sangat putih dan terang benderang, tapi permukaan Bulan sebenarnya gelap, dengan tingkat kecerahan yang sedikit lebih tinggi dari aspal cair.
Ini Fakta Tersembunyi dari Bulan yang Belum Anda Ketahui

Terkadang meskipun benda langit yang satu ini sangat dekat sekali dengan Bumi, ternyata terdapat banyak rahasia yang dipegangnya. Rahasia terbesar apa yang dipegang benda langit yang mengorbit Bumi ini? ‘Dekat’ di sini tentunya memiliki konteks relatif. Bulatan putih abu-abu di langit Bumi ini berjarak 362 ribu kilometer dari Bumi.

Untuk melakukan misi menuju bulan tentunya tak mudah, terutama pada misi berawak. Tak ada manusia yang menginjakkan kaki ke bulan sebelum 1972. Setelah itu, banyak negara di seluruh dunia mulai melakukan riset pada satelit Bumi ini. Misi masa depan oleh robot dan manusia akan membantu memecahkan beberapa teka-teki utama Bulan. Termasuk beberapa diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Kunci keberadaan manusia

Pada seperempat diameter dan lebih dari 1 persen massa Bumi, bulan menjadi satelit alami terbesar kelima dalam tata surya kita. Massa bulan yang cukup dan gravitasinya menstabilkan ‘goyangan’ di sumbu Bumi. Selain itu, bulan menyebabkan pasang laut di Bumi yang mungkin membantu ‘mengaduk sup purba,’ lanjut Comins lagi. Singkatnya, para astronom bertanya-tanya apakah dunia seperti Bumi butuh bulan besar agar kehidupan bisa berkembang. Adapun jawaban dari pertanyaan itu mungkin berada di planet tetangga, Mars. Planet Merah itu memiliki dua bulan kecil. “Saat manusia ke Mars dan menentukan apakah dan bagaimana kehidupan disana berevolusi. Hal itu akan membantu lebih memahami cara kehidupan terbentuk tanpa bulan,” tutup Comins.

2. Bulan biru
Terbukti, bahwa banyak air berada di luar maupun didalam bulan. Sehingga hal ini membuat para peneliti mencapai satu kesimpulan. “Makin diperiksa, makin banyak air ditemukan di tempat dan kedalaman yang berbeda,” ujar profesor fisika Neil Comins di University of Maine. Adapun hasil studi menunjukkan bahwa, interior bulan jauh lebih basah dari seharusnya. Pemeriksaan kembali terbaru pada sampel batuan yang dibawa ke Bumi pun memiliki tanda air. “Sebuah pertanyaan terbuka mengenai asal dan distribusi air di bulan,” kata Comins.

3. Terkunci Bumi
Bulan ‘terkunci’ Bumi. Maksudnya, hanya ada satu belahan yang dihadapi bumi. Sisi disebut maria, atau ‘laut,’ magma dingin. Anehnya, maria hampir tak ditemui di sisi belakang bulan, seperti yang diungkap data dari satelit, jika dilihat langsung astronot Apollo 8. Belahan dingin ini diketahui memiliki kerak yang tebal sekitar 15 kilometer dibanding belahan lain. Hal ini membuat belahan di sisi lain lebih mudah retak akibat serangan meteorit yang melepas pembentuk maria magma kedalaman bulan, kata Comins. Akan tetapi, kerak asimetri ini sendiri masih merupakan teka-teki. Model yang lebih besar pada interior bulan dan pemahaman yang lebih baik pada kerusakan yang timbul akibat tabrakan bisa membantu menjelaskan ‘dua wajah’ aneh ini.

4. Cara bulan sampai di posisinya sekarang
Para ilmuwan mengaku memiliki ide apa yang sebenarnya terjadi. Banyak garis bukti menunjukkan yaitu berupa inti kecil bulan, unsur tertentu yang saling melengkapi dan simulasi komputer putaran orbital bulan selama ribuan tahun yang diperkirakan bulan lahir dari tabrakan raksasa. Menurut teori ini, sekitar 4,5 miliar tahun silam, benda seukuran Mars menghantam Bumi yang masih muda dan cair. Materi hasil tabrakan itu pun bergabung menjadi bulan.

8 Makanan Lokal Berkarbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi

One web id — Biasanya jika kita belum makan nasi maka rasanya belum terasa kenyang. Faktanya, begitulah kebiasaan perut kebanyakan orang Indonesia. Sudah makan roti tapi masih juga makan nasi. Teman makan nasinya pun mie goreng. Sehatkah pola makan begini? Beras atau nasi putih memiliki indeks glikemik (glycemic index/GI) yang cukup tinggi. GI adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah. Bisa dipastikan jika semakin tinggi GI suatu makanan, maka akan semakin cepat pula dampaknya terhadap kenaikan gula darah. Sebetulnya, GI suatu bahan makanan dikatakan cukup tinggi jika nilainya ≥ 70, GI sedang antara 56 hingga 69 dan GI rendah ≤ 55. Diperkirakan nilai GI pada nasi mencapai 88 hingga 89. Hal ini bermakna, jika semakin banyak Anda makan nasi putih, maka kadar gula darah Anda pun akan semakin tinggi karena karbohidrat dalam nasi langsung diubah menjadi gula dalam tubuh. 
8 Makanan Lokal Berkarbohidrat yang Lebih Sehat dari Nasi

Itu artinya mengkonsumsi terlalu banyak nasi putih berisiko menderita berbagai penyakit berat. Mulai dari diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas. Solusinya adalah mulai mengurangi konsumsi nasi putih atau menggantinya dengan sumber karbohidrat lain yang memiliki nilai GI lebih rendah adalah cara paling jitu untuk mencegah gangguan kesehatan dan penyakit tersebut. Tak bisa dipungkiri, ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras atau nasi putih memang masih sangat tinggi karena selama ini dianggap makanan pokok bagi rakyat Indonesia. Pandangan itu menyebabkan seolah-olah beras atau nasi putih adalah sumber karbohidrat yang tidak tergantikan. Padahal ketersediaan beras di dalam negeri semakin dan tidak seimbang dengan jumlah permintaan. Akibatnya, Indonesia menjadi negara pengimpor beras terbesar di dunia karena 25 persen dari 8 juta ton beras di pasar internasional diimpor ke Indonesia. Sementara ada banyak pangan lokal yang bisa menjadi alternatif yang lebih sehat sebagai sumber karbohidrat yang kaya nutrisi. Apa saja sumber-sumber karbohidrat lokal yang jauh lebih sehat dari nasi dan mampu mencukupi kebutuhan energi untuk Anda? Penasaran, ini beberapa diantaranya yang patut Anda ketahui. Mari kita simak sejenak.

1. Jagung Pengganti Nasi

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Sebagai sumber karbohidrat utama di Amerika Tengah dan Selatan, jagung juga menjadi alternatif sumber pangan di Amerika Serikat. Popularitas jagung sebagai sumber makanan hampir sama dengan kentang. Namun sama halnya  kentang, sebagai sumber karbohidrat jagung belum sepenuhnya dipilih sebagai pengganti nasi.  Jagung lebih banyak dikonsumsi sebagai makanan selingan dalam bentuk berbagai jenis makanan. Rasa manis jagung berasal dari fruktosa, sejenis gula buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes sekalipun. Fruktosa merupakan gula kompleks yang tidak langsung dicerna tapi harus diolah lebih dahulu menjadi gula sederhana.  Sebelum fruktosa tercerna, biasanya sudah terbuang bersama urin, sehingga tidak terserap tubuh. Pigmen warna jagung juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata dan pelindung paru-paru. Kadar GI jagung  sendiri termasuk rendah antara 55-60.  Selain kaya kalori, jagung juga kaya antioksidan dan sumber vitamin B, serat dan mineral.  Dalam 100 gram jagung mengandung kalori 255 kkal, protein 9.2 gram, lemak 3.9 gram, karbohidrat 73.7 gram, kalsium 10 miligram, fosfor 256 miligram, besi 2.4 miligram, air 12 gram, vitamin B1 0.39 gram, Vitamin A 510 SI. Untuk mengkonsumsi jagung disarankan sebaiknya dikukus atau direbus, dibakar atau diolah menjadi nasi jagung.

2. Singkong Sebagai Pengganti Nasi
Ketela pohon, ubi kayu, atau singkong adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Tanaman ini sering dianggap makanan kelas bawah, singkong merupakan sumber kabohidrat kompleks dengan nilai GI rendah yaitu di bawah 55. Dalam 100 gram singkong terkandung kalori 121 kkal, air 62.5 gram, Fosfor 40 gram, Karbohidrat 34 gram, Kalsium 33 miligram, Vitamin C 30 miligram, Protein 1.2 gram, Besi 0.7 miligram, Lemak 0.3 gram lemak dan  Vitamin B1 0.01 miligram. Kandungan seratnya yang tinggi, membuat singkong dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Untuk mengkonsumsi singkong disarankan sebaiknya direbus atau dikukus, dibakar, dibuat tepung atau beras singkong.

3. Gembili Pengganti Nasi

Gembili merupakan tanaman umbi-umbian yang sekarang sudah sulit dijumpai di pasar. Seperti halnya talas, gembili juga kurang populer bahkan sering terlupakan. Padahal dagingnya yang berwarna putih dengan tekstur mirip ubi rambat ini memiliki rasa yang lebih manis daripada ubi madu. Sumbangan terbesar dari gembili adalah kandungan inulin yang berfungsi membantu meningkatkan kerjas usus dalam membuang sisa makanan, produksi vitamin B dan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Dalam 100 gram gembili mengandung Kalori 95 kkal, protein 1.5 gram, lemak 0.1 gram, karbohidrat 2.4 gram, kalsium 14 miligram, fosfor 49 miligram, zat besi 1 miligram, Vitamin b1 0.05 miligram, dan vitamin C 4 miligram. Untuk mengkonsumsi gembili disarankan sebaiknya dikukus atau direbus, gembili juga dapat diolah menjadi tepung sebagai bahan pengganti pembuatan mie.

4. Kentang Pengganti Nasi

Kentang adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut "kentang" pula. Bahan makanan ini tentu saja cukup populer dibanding beberapa  tanaman di atas. Kentang memang sudah sering dikonsumsi sebagai bahan makanan namun belum sepenuhnya difungsikan sebagai pengganti nasi. Bahkan banyak yang mengkonsumsinya justru dengan cara yang kurang sehat, seperti digoreng. Proses penggorengan membuat kentang mengandung lemak, apalagi jika ditambah garam bisa memicu kegemukan dan hipertensi. Cara mengolah yang salah dapat membuat kandungan gizi kentang menjadi tidak optimal bahkan berbalik menjadi kolesterol jahat. Kandungan GI kentang juga cukup tinggi, sehingga perlu mengkonsumsinya dengan cara yang lebih sehat. Konsumsi kentang paling sehat adalah dengan cara direbus. Namun dibanding nasi, kentang lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Kentang juga mengandung vitamin C yang cukup baik. Dalam 100 gram kentang mengandung Kalori 70 kkal, karbohidrat 15.9 gram, protein 1,89 gram, lemak 0.1 gram, kalsium 10 miligram, besi 0.73 miligram, vitamin K 2.9 mcg dan vitamin C 11.49 miligram. Untuk mengkonsumsi kentang disarankan sebaiknya dikukus atau direbus, dimasak dan dimakan beserta kulitnya akan memberi manfaat serat dan vitamin yang lebih tinggi.

5. Talas Pengganti Nasi

Talas atau talas bogor merupakan tumbuhan penghasil umbi, populer ditanam terutama di wilayah Indonesia bagian barat. Meski kurang tenar, tanaman ini bisa menjadi sumber karbohidrat murah pengganti nasi yang kaya akan nutrisi dan rendah GI yakni 54. Kandungan terbesar dalam talas adalah karbohidrat dan protein. Komponen karbohidrat di dalam talas berupa pati yang kandungannya mencapai 77.9 persen dan memiliki sifat yang mudah dicerna. Sementara kandungan protein talas lebih tinggi dibanding singkong dan ubi jalar. Kandungan serat dalam talas juga tinggi mencapai 5,3 gram atau 20,5 persen memenuhi kebutuhan serat sehari. Dalam 100 gram talas mengandung kalori 142 kkal, protein 1.9 gram, lemak 0.75 gram, Kalsium  28 miligram, Fosfor 61 miligram, zat besi 1 miligram, vitamin A 20 IU, vitamin B1 0.13 miligram dan vitamin C 2 miligram. Konsumsi talas dapat mencegah risiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi. Untuk mengkonsumsi talas disarankan sebaiknya direbus tanpa tambahan apapun bebas dari kolesterol.

6. Sukun Pengganti Nasi

Sukun adalah nama sejenis pohon yang berbuah. Buah sukun tidak berbiji dan memiliki bagian yang empuk, yang mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Karena itu, orang-orang Eropa mengenalnya sebagai "buah roti". Tanaman ini termasuk dalam jenis buah-buahan, namun sangat  potensial untuk digunakan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.  Dibanding ubi jalar maupun kentang, sukun memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang lebih tinggi. Bahkan dibanding beras, kandungan karbohidrat sukun bisa dibilang setara, namun tingkat kalorinya lebih rendah sehingga cocok untuk diet. Selain bergizi tinggi, sukun  mengandung senyawa flavonoid yang baik untuk kesehatan jantung dan ginjal.  Sukun memiliki komposisi nutrisi yang lengkap dan merupakan bahan pangan dengan GI rendah sehingga dapat berperan membantu mengendalikan kadar gula darah pada tingkat yang aman. Dalam 100 gram sukun karbohidrat 27.12 gram, kalori 103 kkal, magnesium 17 miligram, lemak 0.2 gram, vitamin C 29 miligram, vitamin C 29 miligram, sodium 2 miligram, kalsium 17 miligram, fosfor 30 miligram dan kalium 490 miligram. Untuk mengkonsumsi sukun disarankan sebaiknya direbus ataupun dikukus.

7. Ubi Jalar Pengganti Nasi

Ubi jalar atau ketela rambat adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Oleh Asosiasi Nutrisionis Amerika Serikat, ubi jalar (sweet potato) dinobatkan sebagai juaranya nutrisi dalam kelompok sayur-sayuran. Ada 3 jenis ubi jalar, yakni ubi putih, ubi kuning/merah dan ubi ungu. Karbohidrat dalam ubi jalar lebih lamban meningkatkan gula darah karena memiliki kadar GI rendah yakni 54. Kandungan vitamin A-nya hampir dua kali lipat dari yang disarankan dikonsumsi setiap hari. Sementara kandungan vitamin C-nya dapat mencukupi 60 persen kebutuhan harian  tubuh akan vitamin C. Dan warna ungu pada ubi jalar ungu merupakan sumber zat antioksidan paling komplit. Dalam 100 gram ubi jalar terkandung kalori 123 kkal, air 62.24 gram, Karbohidrat 27.9 gram, Lemak 0.7 gram, Protein 1.8 gram, Kalisum 30 miligram, Fosfor 49 miligram, 1 miligram, zat besi 1 miligram, Betakaroten 260 mkg, vitamin A 60 IU, vitamin B1 0.09 miligram, dan vitamin C 22 miligram. Ubi mudah dicerna dan kandungan seratnya yang tinggi dapat mencegah sembelit dan cocok untuk menjaga berat badan. Untuk mengkonsumsi ubi jalar disarankan sebaiknya direbus atau dikukus, dibakar, bila dimasak beserta kulitnya mengandung lebih banyak serat dibanding oatmeal.

8. Ganyong Pengganti Nasi

Ganyong adalah sejenis tumbuhan penghasil umbi yang cukup populer namun kelestariannya semakin terancam karena tidak banyak orang yang menanam dan mengonsumsinya. Umbi ganyong mengandung pati, meskipun tidak sebanyak ubi jalar. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, tanaman ini memang cukup asing. Bahkan beberapa orang menganggapnya sebagai tumbuhan liar. Padahal tanaman ini bisa menjadi bahan makanan pengganti nasi yang cukup sehat dengan kadar GI sedang yakni 65. Sumbangan terbesar dari ganyong adalah kandungan kalsium dan fosfor sehingga ganyong bisa digunakan untuk mengatasi masalah gizi buruk pada balita. Dalam 100 gram ganyong  mengandung Kalori 95 kkal, karbohidrat  22.60 gram, protein 1.07 gram, lemak 0.1 gram, air 75 gram, kalsium 21 gram,  fosfor 70 gram, zat besi 20 miligram, vitamin B1 0,1 miligram, dan vitamin C 10 miligram. Dengan rasanya yang manis dan bersifat sejuk ganyong juga memiliki banyak khasiat untuk mengatasi beberapa penyakit. Di antaranya pereda demam, peluruh kencing, penenang dan menurunkan tekanan darah. Untuk mengkonsumsi ganyonh disarankan sebaiknya direbus atau dikukus ataupun bisa juga diolah menjadi tepung.

7 Macam Gangguan Tidur Paling Menakutkan di Dunia

One web id — Tidur merupakan keadaan istirahat alami pada berbagai makhluk hidup, tidur penting untuk kesehatan. Seharusnya tidur menjadi waktu yang damai dan rileks. Namun bagi sebagian orang yang mengalami gangguan tidur, tidur bisa menjadi hal yang sangat menakutkan.
7 Macam Gangguan Tidur Paling Menakutkan di Dunia

Apa dan bagaimana saja gangguan-gangguan tidur yang menakutkan? Berikut ada tujuh macam gangguan tidur yang paling menakutkan di dunia. Mari kita simak bersama-sama.

1. Sindrom Kepala Meledak
Exploding Head Syndrome atau sindrom kepala meledak (EHS) adalah bentuk halusinasi pendengaran hypnagogic dan merupakan peristiwa parasomnia langka dan relatif tidak berdokumen di mana subjek mengalami ledakan keras di kepala mereka mirip dengan bom meledak, pistol pergi, benturan simbal, dering, gempa bumi, atau bentuk lain dari keras, kebisingan terbaca yang tampaknya berasal dari dalam kepala. Biasanya kebisingan ini terjadi pada awal tidur atau setelah satu atau dua jam tertidur, tetapi belum tentu hasil dari mimpi. Meskipun suara yang terdengar dianggap sangat keras, biasanya tidak disertai nyeri. Serangan terlihat berubah dalam jumlah dari waktu ke waktu, dengan beberapa serangan yang terjadi di ruang hari atau minggu, diikuti dengan bulan remisi.

Penderita sering merasakan rasa takut dan kecemasan sebelum dan setelah serangan, disertai dengan denyut jantung. Serangan juga dapat disertai dengan kilatan cahaya yang dirasakan (bila dirasakan sendiri, yang dikenal sebagai "awal tidur visual") atau kesulitan bernafas. Kondisi ini juga dikenal sebagai "pendengaran awal tidur". Gejala yang terkait bervariasi, tetapi sifat jinak kondisi ditekankan dan tidak penyelidikan mendalam atau pengobatan diindikasikan. Bisa jadi pula kalau penderitanya mengalami ketidakmampuan untuk menyuarakan suara, atau bentuk ringan dari kelumpuhan tidur selama serangan. Hingga saat ini, belum diketahui cara pengobatannya.

2. Tidur Sambil Berjalan
Kadang-kadang sekitar 15 persen orang dewasa terbangun dan berjalan seenaknya di sekitar rumah dalam kondisi tertidur. Pada anak-anak, jumlahnya bahkan lebih tinggi. Sleepwalking bisa dipicu oleh stres, tidur tidak nyenyak, dan genetika. Orang yang tidur sambil berjalan dapat melakukan apa saja. Mereka mengerti arah, dapat memindahkan perabot atau membuka pintu. Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2003 dalam jurnal Molecular Psychiatry, menemukan bahwa 19 persen orang dewasa yang berjalan dalam tidur terluka saat melakukan serangan malam mereka. Jatuh merupakan bahaya terbesar, jadi jika Anda punya kebiasaan mengigau dan berjalan saat tidur, para ahli menyarankan Anda memindahkan kabel listrik dan jauhkan tempat tidur dari tangga

3. Teror Malam
Beberapa gejala orang yang mengalami teror malam dicirikan berupa berteriak, meronta-ronta, panik, dan mondar-mandir. Tidak seperti mimpi buruk yang terjadi selama tidur, sebab biasanya teror malam terjadi di awal malam. Hal ini lumrah terjadi pada anak-anak. Orang yang mengalami teror malam tiba-tiba akan duduk tegak, mata terbuka, meskipun sebenarnya mereka tak melakukan pandangan. Penyebab pastinya belum diketahui. Tapi demam, tidur tidak teratur dan stres dapat memicu teror malam. Untungnya menurutnya ASA, teror malam akan berkurang seiring usia.

4. Kelumpuhan Tidur
Kelumpuhan tidur atau sleep paralysis yaitu suatu keadaan dimana manusia tidak mampu bergerak ketika sedang tidur ataupun ketika bangun tidur. Biasanya seseorang yang mengalami kelumpuhan tidur akan mengalami masalah untuk menggerakkan anggota badan, tidak bisa mengeluarkan suara dan sebagainya. Selain itu, kelumpuhan tidur juga disertai dengan halusinasi seram atau mimpi buruk. Selama tidur, aktivitas dan otot-otot tubuh menjadi tidak bergerak. Ini kelumpuhan sementara, meskipun kadang-kadang kelumpuhan tetap ada bahkan setelah orang terbangun. Orang yang mengalami kelumpuhan tidur merasa ditindih dan tercekik.

5. Gangguan Mimpi Buruk
Pada umumnya orang dengan gangguan mimpi buruk sering terbangun dengan keringat dingin dan kenangan buruk dalam mimpi yang mengerikan. Hal ini juga akan mengganggu kualitas hidupnya. Karena sebagian dari mereka mungkin takut untuk tidur. Stres dan kurang tidur adalah pemicu utama mimpi buruk. Menurut American Sleep Association (ASA) beberapa obat juga dapat memicu mimpi buruk. Pada kasus yang berat, konseling atau obat penenang mungkin diperlukan untuk meredakan kecemasan yang mendasari mimpi buruk.

6. Perilaku Gangguan REM
Selama tidur REM, seseorang biasanya lumpuh saat bermimpi. Dalam rapid-eye-movement atau gangguan perilaku REM, seseorang tidak lumpuh sehingga dia bertindak menuruti mimpinya. Hal ini dapat mencelakakan diri atau pasangan tidurnya. Gangguan perilaku tidur REM terjadi paling sering pada orang dewasa yang lebih tua, dan merupakan gejala penyakit Parkinson, yaitu gangguan neurologis degeneratif.

7. Halusinasi Mengantuk
Biasanya di dalam mimpi kita sering melihat hal-hal aneh. Namun bagaimana jika kita melihatnya saat sedang tidak bermimpi? Ini disebut dengan hypnagogic hallucination yang terjadi selama transisi dari bangun tidur. Pada umumnya orang yang mengalami hypnagogic hallucination akan mendengar suara-suara atau melihat hal-hal aneh di kamar mereka.

Gua-Gua Warisan Dunia yang Memukau dan Kaya akan Sejarah

One web id — Di berbagai belahan dunia ini, tersebar situs-situs warisan dunia UNESCO yang mungkin akan membuat Anda kagum saat mengunjunginya. Bukan tanpa sebab, karena situ-situs ini begitu unik dan tak mungkin bisa dijumpai ditempat yang berbeda. 
Gua-Gua Warisan Dunia yang Memukau dan Kaya akan Sejarah
By Cacon, Wikimedia Commons
Masih mengenai situs warisan dunia UNESCO, kali ini ada beberapa gua yang sanggup membuat Anda takjub tentang bagaimana kelihaian orang-orang tempo dulu dalam menciptakan karya-karya besar mereka. Sebut saja diantaranya yaitu Al-Hijr di Arab Saudi, Petra di Yordania, Sassi di Matera yang ada di Italia dan masih banyak lagi lainnya. Jika Anda penasaran, ada baiknya untuk segera menyimak tujuh gua dari situs warisan dunia UNESCO paling memukau dan kaya akan sejarah seperti berikut ini.

1. Al-Hijr, Arab Saudi
Thamudi
By Cacon (Own work), via Wikimedia Commons
Pada tahun 2008, UNESCO memasukkan Median Shaleh ke dalam daftar Situs Warisan Dunia, dan merupakan Situs Warisan Dunia pertama di Arab Saudi. Sejarah panjang dari tempat tersebut dan banyaknya budaya yang menduduki situs tersebut telah menyebabkan beberapa nama yang masih digunakan untuk merujuk ke daerah tersebut. Tempat itu saat ini dikenal sebagai Mada'in Saleh, bahasa Arab untuk "Kota Saleh," yang dicetuskan oleh wisatawan Andalusia pada tahun 1336. Ini merupakan situs dengan arsitektur paling terkenal di Arab Saudi. Bagian depan tempat tinggal di Al Hijr telah diukir di gunung batu pasir kadang-kadang di milenium kedua SM. Al Hijr, yang berarti 'tempat berbatu' diyakini telah dihuni oleh Nabataeans dan Tsamud. Ini fitur sumur air, makam monumental awet, prasasti dan gambar gua.

2. Petra, Yordania
Petra-Theater
By Douglas Perkins (Petra), via Wikimedia Commons
Petra merupakan sebuah situs arkeologi yang penting di Yordania, sekaligus sebagai ibukota kerajaan kuno Nabataean. Nama Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti batu, dan namanya sangat cocok. Petra bukanlah kota yang dibangun dari batu, melainkan secara harfiah diukir dan dipahat di batu. Kota Petra di Yordania dikenal sebagai setting dari film, Indiana Jones dan Perang Salib Terakhir. Ini juga salah satu dari 7 keajaiban dunia yang baru, dan sangat mudah untuk melihat mengapa arsitektur termasuk yang paling canggih yang pernah dilihat. Dibangun ke dalam lereng Gunung Hor, Petra berkembang selama zaman Romawi, tetapi tidak diketahui oleh dunia barat sampai 1812 ketika ditemukan oleh penjelajah Swiss, Johann Ludwig Burckhardt. Lebih dari 800 monumen individu dapat dilihat di Petra, termasuk makam, tempat mandi, ruang pemakaman dan kuil. Situs ini tidak pernah diketemukan oleh dunia barat hingga 1812, ketika pengelana dari Swiss, Johann Ludwig Burckhardt menemukannya untuk pertama kalinya. Situs ini digambarkan seperti "sebuah kota mawar merah yang antik" dalam salah satu puisi yang menang dalam lomba Newdigate Prize, karya dari John William Burgon. Sedangkan UNESCO menyatakannya sebagai "salah satu peninggalan kultural yang paling penting dalam peradaban manusia" dan masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 6 Desember 1985.

3. Sassi di Matera, Italia
Sassi di Matera aprile06 07
By Marcok di it:wikipedia (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Sassi di Matera yang berarti "batu dari Matera" adalah gua kuno yang dijadikan sebagai tempat tinggal di kota Matera, Basilicata, Italia. Terletak di kota tua, yang terdiri dari Sasso Caveoso dan kemudian Sasso Barisano. Sassi merupakan rumah yang digali ke dalam batu calcarenitic, yang merupakan karakteristik dari Basilicata dan Puglia, dan secara lokal disebut "Tufo". Banyak dari "rumah" yang benar-benar hanya seperti gua, dan jalan-jalan di beberapa bagian Sassi sering berada di atap rumah-rumah lainnya. Kota kuno ini terletak di ketinggian salah satu lereng jurang yang dibuat oleh sebuah sungai. Oleh penduduk sekitar jurang tersebut dikenal sebagai "la Gravina". Sassi di Matera merupakan rumah pertama dari penduduk Neolitik di wilayah tersebut. Gua menciptakan labirin rumah, dan itu hampir mustahil untuk membedakan formasi batuan alam dari arsitektur kuno. Rumah-rumah tampaknya tumbuh dari batu dengan cara organik, menciptakan sedikit dari objek wisata dari apa yang pada pertengahan abad ke-20 sebuah kota hantu.

4. Goa Gajah, Elephant Cave Temple, Bali
Pintu Masuk Goa Gajah
By Cakhairia (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Goa Gajah merupakan gua buatan yang berfungsi seperti tempat ibadah. Gua ini terletak di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatu, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak kurang lebih 27 kilometer dari Denpasar. UNESCO mencatat goa ini sebagai warisan dunia dalam daftar tentatif pada tanggal 19 Oktober 1995 dalam bidang kebudayaan, yaitu masih menunggu kepastian. Goa ini adalah salah satu situs Bali yang paling historis signifikan. Gua tampaknya sebagian hancur oleh bencana alam lama, dan tidak terdeteksi selama berabad-abad sampai sebuah tim arkeolog Belanda menemukannya pada tahun 1923. Pemikiran telah dibangun pada abad ke 11, Goa Gojah fitur patung dipengaruhi oleh Hindu dan Budha dan berisi ruang meditasi rahasia bagi para imam atau pertapa. Dua kolam renang mandi tradisional di luar gua mengandung air dikatakan memiliki sifat magis.

5. Abu Simbel Nubian Monuments, Mesir
Nefertari Temple Abu Simbel May 30 2007
By Than217 at en.wikipedia (Photo by Than217), from Wikimedia Commons
Abu Simbel adalah sebuah situs arkeologi yang terdiri dari dua kuil batu di selatan Mesir tepatnya di ujung Danau Nasser atau sejauh 290 kilometer baratdaya kota Aswan. Kompleks ini merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO yang dikenal sebagai "Monumen Nubia," yang dijalankan dari Abu Simbel ke hilir Philae (dekat Aswan). Candi kembar awalnya dipahat dari gunung pada masa pemerintahan Firaun Ramses II di abad ke-13 SM, sebagai monumen abadi untuk dirinya dan ratunya Nefertari, untuk memperingati kemenangan mereka di Pertempuran Kades. Namun, kompleks dipindahkan secara keseluruhan pada tahun 1968, di bukit buatan yang terbuat dari struktur kubah tinggi di atas waduk Aswan High Dam. Empat kolosal patung kuno Mesir Firaun Ramses II penjaga pintu Abu Simbel, sebuah candi dipotong dari tebing batu pasir di atas Sungai Nil. Ditugaskan oleh Ramses sendiri, candi menghadap ke timur sehingga dua kali setahun, sinar matahari mencapai ke dalam tempat kudus terdalam, menerangi patung Ptah, Amun-Re, Ramses II dan Re-Horakhty.

6. Cappadocia Cave Houses, Turki
Babayan panaromik kar
By Sanjorgedecappadocia (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Cappadocia merupakan wilayah bersejarah di Central Anatolia, terutama di Provinsi Nevşehir, di Turki. Pada masa Herodotus, Kapadokian dikabarkan menduduki seluruh wilayah dari Gunung Taurus ke sekitar dari Euxine (Laut Hitam). Di selatan Cappadocia dibatasi oleh rantai Pegunungan Taurus yang memisahkannya dari Kilikia, ke timur oleh Efrat atas dan Armenia Highland, di utara oleh Pontus, dan di barat oleh Likaonia dan timur Galatia. Nama ini telah sejak lama digunakan dalam sumber-sumber Kristen sepanjang sejarah dan masih banyak digunakan sebagai suatu konsep pariwisata internasional untuk mendefinisikan wilayah keajaiban alam yang luar biasa, khususnya ditandai dengan cerobong asap peri yaitu warisan sejarah dan budaya yang unik. Cappadocia memiliki salah satu pemandangan paling aneh dan menarik di dunia. Tanah, batu kerdil fitur formasi batuan tufa 'vulkanik aneh disebut sebagai' Fairy Chimneys 'serta kota-kota bawah tanah kompleks dan bangunan dipotong dari' tufa 'lembut. Banyak dari mereka adalah gereja, dengan kolom dan lengkungan menghiasi wajah batu dari sepotong dinyatakan alami dari batu.

7. Rock-Hewn Churches of Lalibela, Etiopia
Church Window, Lalibela, Ethiopia (3256526962)
By A. Davey from Where I Live Now: Pacific Northwest, via Wikimedia Commons
Gereja Ethiopia secara administratif bagian dari Gereja Ortodoks Koptik sampai tahun 1959, ketika itu diberikan sendiri oleh Patriark Ortodoks Koptik Paus Alexandria dan Patriarkh All Africa, Cyril VI. Gereja ini menjadi sebuah gereja non-Chalcedon, tidak dalam persekutuan dengan Gereja Katolik Ethiopia, yaitu merupakan gereja Chalcedon. Struktur paling menakjubkan diukir dari batu adalah gereja-gereja Lalibela, Ethiopia. Ada 11 batu dipahat gereja masing-masing telah diukir dari satu blok granit dengan atap yang di permukaan tanah. Abad ke-12 Raja Lalibela ditugaskan gereja-gereja dengan tujuan menciptakan Yerusalem Baru bagi mereka yang tidak bisa membuat ziarah ke kota aslinya. Setiap gereja diciptakan oleh mengukir parit lebar di keempat sisi batu dan kemudian dengan susah payah memahat keluar interior. Yang terbesar di antara mereka berdiri setinggi 40 meter.

Sunday

Ini 10 Makhluk Mitologi Populer dari Indonesia

One web id — Makhluk-makhluk dalam legenda merupakan makhluk mitologi yang hidup dalam cerita rakyat. Mungkin beberapa makhluk, seperti misalnya naga, memiliki asal usul dari mitologi tradisional, dan dipercaya sebagai makhluk yang benar-benar ada. Beberapa di antaranya berdasarkan kenyataan, atau mungkin sebuah fakta yang diputarbalikkan oleh orang-orang terdahulu. 
Ini 10 Makhluk Mitologi Populer dari Indonesia

Begitu pula sebaliknya, seperti halnya cumi-cumi raksasa yang ternyata benar-benar ada di alam nyata. Mitologi telah menghasilkan berbagai macam makhluk atau monster terkenal dan ternama seperti garuda dan naga. Meski mereka sangat populer dalam beberapa mitologi dan kisah-kisah literatur di Indonesia, tapi sayang nama mereka justru kurang diketahui oleh dunia. Berikut, ada beberapa mahkluk mitologi dari Indonesia yang mungkin belum Anda ketahui.

1. Leak
Leak muncul dalam mitologi Bali, konon mereka adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak berarti jahat. Konon, Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang nantinya akan ia gunakan untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau bahkan mengubahnya seperti Rangda. Selain itu, ia juga dapat mengambil organ-organ tubuh dari orang yang masih hidup.

2. Orang Pendek
Orang Pendek merupakan nama yang paling umum diberikan untuk kryptid yang pernah dilaporkan hidup di hutan-hutan pulau Sumatera. Binatang ini telah dilihat dan didokumentasikan selama 100 tahun oleh penghuni hutan, penduduk desa, kolonis Belanda, ilmuwan, dan pengelana Barat. Menurut beberapa saksi mata mengatakan, binatang ini merupakan sejenis primata bergerak yang hidup di tanah dan memiliki tinggi sekitar 80 sentimeter hingga 150 sentimeter.

3. Warak Ngendog
Warak Ngendog merupakan hewan mitologi yang digambarkan sebagai seekor badak membawa telur di punggungnya. Menurut warga semarang, bagian-bagian tubuhnya terdiri dari Naga (Cina), Buraq (Arab) dan Kambing (Jawa). Biasanya dijadikan maskot dalam acara Dugderan yang dilaksanakan beberapa hari sebelum bulan puasa.

4. Lembuswana
Lembuswana merupakan hewan dalam mitologi rakyat kutai yang hidup sejak zaman Kerajaan kutai. Lembuswana menjadi lambang Kerajaan Kutai hingga Kesultanan Kutai Kertanegara. Konon, hewan ini memiliki semboyan Tapak Leman Ganggayaksa. Lembuswana digambarkan memiliki kepala singa dan bermahkota serta memiliki belalai seperti gajah. Selain itu, ia juga memiliki sayap seperti garuda, dan bersisik seperti halnya ikan. Masih menurut mitos penduduk sekitar sungai Mahakam, Lembuswana merupakan penguasa sungai Mahakam yang tinggal dan bernaung di dasar sungai Mahakam di Kalimantan Timur.

5. Ebu Gogo
Konon Ebu Gogo adalah makhluk kerdil seperti manusia yang muncul pada mitologi penduduk pulau Flores, Indonesia, yang memiliki bentuk mirip dengan leprechaun atau peri. Orang kecil tersebut dikatakan memiliki tinggi hanya satu meter, tubuhnya ditutupi rambut, periuk-berperut, dan dengan telinga yang menjulur. Mereka berjalan agak kikuk dan sering “berbisik-bisik” yang dikatakan pula sebagai bahasa mereka. Penduduk pulau juga berkata bahwa Ebu Gogo dapat mengulangi apa yang mereka katakan.

6. Orang Bati
Orang Bati adalah hewan yang berada di legenda Pulau Seram. Konon hewan ini memiliki tubuh seperti manusia dan bersayap seperti kelelawar. Sebagaimana yang diceritakan dari mulut ke mulut bahwa ia tinggal di gunung Kairatu dan suka menculik anak kecil untuk disantapnya.

7. Veo
Veo adalah hewan kriptid asal pulau Rinca dan digambarkan oleh Carl Shuker dalam buku The Beasts That Hide from Man: Seeking the World's Last Undiscovered Animals mirip Teringgiling namun ukurannya sebesar kuda. Tapi ada pula Trenggiling modern yang ukuran mendekati yaitu pernah dijumpai di pulau-pulau terdekat dari Jawa dan Kalimantan, kala itu trenggiling besar hingga 8 kaki memang pernah ditemukan.

8. Naga Besukih
Sebagaimana yang diceritakan Naga Besukih adalah naga yang ada dalam asal-usul selat Bali. Dalam cerita, Naga ini dapat dipanggil menggunakan genta pemujaan milik Begawan Sidi Mantra. Selain itu diceritakan pula bahwa ia dapat mengeluarkan emas dan permata dari dalam sisiknya.

9. Ahool
Ahool merupakan sejenis kriptid terbang, diduga pula sebagai kelelawar raksasa, atau oleh laporan lainnya yaitu pterosaurus hidup atau mungkin primata terbang yang tinggal di hutan di Pulau Jawa. Seperti makhluk yang belum diketahui untuk ilmu pengetahuan dan tidak ada bukti objektif atas keberadaannya yang diklaim. Beberapa informasi mengatakan bahwa Ahool memiliki panjang sayap mencapai 3 meter. Makhluk ini pertama kali terlihat di gunung Salak.

10. Garuda
Garuda adalah raja dari semua jenis burung yang dengan kecepatan terbangnya ia dapat menertawakan angin dan merupakan tunggangan dari Dewa Wisnu yaitu Dewa Pemelihara dalam ajaran agama Hindu. Menurut legenda, Phoenix dikatakan merupakan perwakilan dari Garuda dimana dari bulu Garuda lahir enam ras burung yang pada akhirnya muncul burung-burung yang kita kenal saat ini. Konon garuda digambarkan sebagai makhluk yang memiliki kepala, sayap, cakar dan paruh dari seekor elang namun juga  memiliki tubuh dan tangan seperti seorang manusia. Berwajah putih, bersayap merah dan berbadan emas. Pada saat Garuda lahir ia sangatlah bercahaya sehingga ia disalah artikan sebagai Dewa Api. Sebetulnya garuda terlahir dengan rasa benci yang besar akan kejahatan dimana ia akan mengembara dan menelan semua kejahatan di muka bumi.

Taman Nasional Paling Indah di Dunia

One web id — Taman nasional adalah tanah yang dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Selain itu taman nasional juga merupakan kawasan yang dilindungi oleh World Conservation Union Kategori II. Untuk pertama kalinya gagasan dari sebuah taman nasional muncul pada awal abad ke sembilan belas.
Taman Nasional Paling Indah di Dunia
By Nmnogueira at en.wikipedia, Wikimedia Commons
Dari semua taman nasional yang ada di muka bumi, tercatat ada tujuh taman nasional dengan panorama indah. Dimanakah taman-taman nasional yang dimaksud? Ini taman nasional paling indah di dunia yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak bersama!

1. Sagarmatha National Park, Nepal
Tengboche
By Nmnogueira at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
The Sagarmatha National Park atau Sagaramāthā Rastriya Nikunja adalah kawasan hutan lindung di Himalaya Nepal timur yang didominasi oleh Gunung Everest. Area ini luasnya meliputi 1.148 kilometer persegi di Kabupaten Solukhumbu dan berkisar di ketinggian antara 2.845 meter dan 8.848 meter di puncak Gunung Everest. Di utara, berbatasan langsung dengan Qomolangma National Nature Preserve Tibet dan meluas ke sungai Dudh Koshi di selatan. Berdekatan dengan timur adalah Makalu Barun National Park. Sagarmatha adalah kata yang berasal dari Nepal sagar yang berarti "langit" dan matha bermakna "kepala". Kawasan lindung ini telah diidentifikasi sebagai wilayah perlindungan burung oleh BirdLife International dan termasuk dalam Sacred Himalaya Landscape. Taman Nasional ini awalnya didirikan pada tahun 1976 silam.

2. Snowdonia National Park, Wales, Britania Raya
Llyn Llydaw from Crib Goch 2
Photograph by Mike Peel ( www.mikepeel.net ), via Wikimedia Commons
Snowdonia adalah sebuah daerah di utara Wales dan taman nasional dari 2.130 kilometer persegi di daerah. Snowdonia National Park didirikan pada tahun 1951 sebagai Taman Nasional yang ketiga di Inggris, mengikuti Peak District dan Lake District. Ini mencakup area seluas 2.140 kilometer persegi (827 mil persegi), dan memiliki panjang 60 km (37 mil) dari garis pantai. Taman ini diatur oleh Snowdonia National Park Authority, yang terdiri dari pemerintah daerah dan perwakilan Welsh, dan kantor utamanya adalah di Penrhyndeudraeth. Tidak seperti taman nasional di negara-negara lain dan taman lain seperti di Inggris, sebab Snowdonia terdiri dari kedua tanah publik dan swasta di bawah otoritas perencanaan pusat. Taman nasional ini terletak di ketinggian 1,085 meter di Gunung Snowdon. Perlu diketahui, Snowdon adalah gunung tertinggi di inggris. Taman Nasional ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, dan memberikan kesan "damai" kepada para pengunjungnya.

3. Iguazu National Park, Argentina
Iguazu National Park Falls
By Tomfriedel (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Taman Nasional ini melindungi salah satu pemandangan paling spektakuler di Argentina dan Brazil, Air Terjun Iguazu dan Hutan Sub tropis. Dibuat oleh pemerintah federal Keputusan nr. 1035 10 Januari 1939, terdiri dari Taman seluas 185,262.5 hektar dan panjang sekitar 420 kilometer, 300 kilometer di antaranya adalah batas alam dengan badan air dan sisi Brasil dan Argentina bersama-sama terdiri sekitar 225 ribu hektar. Air terjun di Taman Iguazú National Park di Argentina ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia dan paling mengesankan, membentang sejauh 2.700 meter. Ini adalah rumah bagi banyak spesies langka flora dan fauna yang terancam punah, di antaranya berang-berang raksasa dan trenggiling raksasa. Awan semprot yang dihasilkan oleh air terjun yang kondusif untuk pertumbuhan vegetasi subur. Situs ini dijadikan World Heritage Sites oleh UNESCO pada tahun 1984. Salah satu pengalaman yang akan didapatkan di Taman Nasional ini adalah sensasi menaiki sekoci disekitar "ratusan air terjun kecil"

4. Grand Canyon National Park, Arizona
Grand Canyon, altitude
By Nicolas Halftermeyer (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Taman Nasional Grand Canyon merupakan sebuah Taman Nasional yang terletak di utara Arizona, Amerika serikat, Taman Nasional ini merupakan Taman Nasional pertama di Amerika Serikat. Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Jurang yang terbentuk sepanjang 446 kilometer dan mempunyai lebar 6 hingga 29 kilometer dengan kedalaman yang mencapai 1.600 meter. Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol.

5. Deosai National Park, Pakistan
Deosai Plateau 2
By Kashiff at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
The Deosai National Park berlokasi di Distrik Skardu provinsi Gilgit Baltistan, di utara Pakistan. Deosai berarti 'tanah Giants'. Taman ini terletak di Deosai Plains wilayah geografis Gilgit Baltistan. Deosai merupakan objek wisata dan banyak wisatawan yang berkunjung ke Baltistan dan juga ke Deosai. Deosai Plateau yang merupakan dataran tertinggi kedua di dunia setelah Chang Tang di Tibet. Dalam bahasa Balti lokal, Deosai disebut Byarsa, yang berarti 'tempat musim panas'. Dataran tinggi ini terletak pada batas dari Karakorum dan Himalaya di sebelah barat. Lebih tepatnya, Taman Nasional ini terletak di lembah Deosai (4,114 dpl), yang berada diantara dataran tertinggi dunia. Deosai terkenal dengan musim semi ketika itu ditutupi oleh hamparan jutaan bunga dan beraneka macam kupu-kupu.

6. Kakadu National Park, Northern Territory, Australia
Taman Nasional Paling Indah di Dunia
Kakadu National Park
Taman Nasional Kakadu merupakan taman nasional yang terletak di Australia Utara, 171 kilometer disebelah timur Darwin. Lebih tepatnya, Taman Nasional Kakadu terletak di daerah sungai Alligator di Australia Utara. Merupakan Salah satu Situs Warisan Dunia, Taman nasional ini di kelola secara bersama-sama oleh Suku Aborigin dan Pemerintah Australia. Kakandu mempunyai pemandangan yang indah, air terjun besar dan seni batuan suku Aborigin. Selain itu, Kakandu juga merupakan habitat asli Buaya air asin.

7. Kruger National Park, Afrika Selatan
Kruger Park Elephants
By freestock.ca, via Wikimedia Commons
Taman Nasional Kruger adalah salah satu taman cadangan terbesar di Afrika. Area ini luasnya mencakup 19.633 kilometer persegi di propinsi Limpopo dan Mpumalanga di timur laut Afrika Selatan, dan meluas 360 kilometer dari utara ke selatan dan 65 kilometer dari timur ke barat. Kantor pusat administrasi di Skukuza. Area taman pertama dilindungi oleh pemerintah Republik Afrika Selatan pada tahun 1898, dan itu menjadi taman nasional pertama di Afrika Selatan pada tahun 1926. Disini para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk melihat Mamalia dan Burung khas afrika dalam jumlah yang besar. Taman nasional ini juga terkenal dengan video "Battle at Kruger", sebuah video amatir berdurasi 8 menit yang menggambarkan pertarungan antara sekawanan Buffalo beberapa Singa dan Buaya.

7 Tempat Terunik dan Menakjubkan di Dunia

One web id — Bumi yang menjadi tempat kita berpijak ini memang penuh dengan misteri. Tak dapat dipungkiri jika di berbagai penjuru yang berbeda, terdapat tempat-tempat yang menakjubkan, namun juga penuh dengan keanehan dan segudang misteri terselubung yang sulit terpecahkan.
7 Tempat Terunik dan Menakjubkan di Dunia
By NSF/Josh Landis, employee 1999-2001, Wikimedia Commons
Tak tanggung-tanggung, bahkan isi didalamnya juga terkadang aneh untuk san sulit untuk dinalar. Beberapa tempat ini mungkin akan membuat Anda berdecak kagum saat mengetahuinya. Berikut ini tujuh tempat unik dan menakjubkan di berbagai penjuru dunia.

1. Iceberg B-15, Antartika
Research on Iceberg B-15A by Josh Landis, National Science Foundation (Image 4) (NSF)
By NSF/Josh Landis, employee 1999-2001 [Public domain], via Wikimedia Commons
Iceberg B-15 adalah gunung es terbesar yang tercatat dunia. Diperkirakan panjang sekitar 295 kilometer dan lebar mencapai 37 kilometer, dengan luas permukaan 11.000 kilometer persegi (4.200 mil persegi) lebih besar dari pulau Jamaika. Pada Maret 2000, Iceberg B-15 pecah menjadi gunung es yang lebih kecil, yang terbesar bernama Iceberg B-15A. Pada tahun 2003, B-15A hanyut dari Ross Island ke Laut Ross dan menuju utara, akhirnya putus menjadi beberapa gunung es yang lebih kecil pada bulan Oktober 2005. Setelah hampir satu dekade, bagian dari B-15 masih belum mencair. Para ilmuwan percaya bahwa potongan besar es yang memisahkan diri adalah sebagai bagian dari siklus alami jangka panjang, yang terjadi setiap lima puluh sampai seratus tahun. Pada tahun 2000, 2002, dan 2003, Iceberg B-15 pecah menjadi beberapa bagian, yang terbesar, B-15A, ditutupi 6.400 kilometer persegi (2.500 mil persegi) dari permukaan laut. Hampir satu dasawarsa berlalu, bagian-bagian gunung es itu masih belum cair seluruhnya, bagian yang terbesar masih dianggap sebagaii B-15a, dengan luas bidang mencapai 1.700 kilometer. Gambar di atas merupakan gunung es yang disebut B-15a sesudah terhanyut ke dalam Drygalski Glacier (terbawah), akhirnya pecah menjadi beberapa bagian.

2. Socotra, Republik Yaman
Socotra -Nawjad01
By Email4mobile (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Socotra, juga dieja Soqotra, adalah kepulauan kecil dari empat pulau di Samudera Hindia. Socotra tempat paling aneh sekaligus paling unik di dunia. Hampir semua yang ada di sana tampak aneh, mulai dari bentuk pohon maupun lingkungannya, tak heran jika banyak yang menyebut Socotra yang berada di Republik Yemen sebagai salah satu sarang alien di dunia. Tempatnya sangat terisolir, iklimnya kering lain daripada yang lain. Keanehan ini bisa jadi menyebabkan kehidupan tanaman maupun benda apapun di sana tumbuh dengan aneh. Sebut saja tanaman terkenal seperti Dragon's Blood Tree yang aneh, bentuknya sangat tidak umum, terlihat mirip payung. Pohon ini memproduksi getah berwarna merah. Di sana juga terdapat binatang-binatang asli, seperti burung, laba-laba dan binatang asli lainnya. Belum lagi bebatuan juga karang, yang bentuknya tidak umum dan hanya ada di pulau itu. Dengan segala keanehan isi pulau itu, tak heran kalau Socotra, pulau yang berada di laut arab, masuk dalam Warisan Peninggalan Dunia.

3. Rotorua, New Zealand
RotoruaHotSpringNZ
By Tomwsulcer (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Rotorua adalah sebuah kota di tepi selatan Danau Rotorua di region Bay of Plenty di Pulau Utara di Selandia Baru, dan Distrik Rotorua mencakup daerah otoritas lokal. Diperkirakan, kota ini memiliki jumlah penduduk 56,200 pada Juni 2011, di distrik 68,900 Taksiran Juni 2011. Terletak 60 kilometer di selatan Tauranga, 105 kilometer di tenggara Hamilton dan 82 kilometer di timurlaut Taupo. Distrik ini terbagi antara Bay of Plenty dan Waikato. Rotorua terkenal karena aktivitas geotermalnya. Terdapat sejumlah geyser, yang terkenal geyser Pohutu di Whakarewarewa, dan kolam lumpur panas di kota ini, yang berasal dari kaldera Rotorua. Berkat keunikannya sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

4. The Great Dune of Pyla, Perancis
Dune du Pyla - 33
By Hagen de Merak (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
The Great Dune of Pyla atau The Dune of Pilat juga disebut Grande Dune du Pilat adalah gundukan pasir tertinggi di Eropa. Terletak di La Teste-de-Buch di daerah Teluk Arcachon, Prancis, 60 kilometer dari Bordeaux. Gundukan pasir ini memiliki volume sekitar 60.000.000 meter kubik, yang lebarnya sekitar 500 meter dari timur ke barat dan panjangnya mencapai 2,7 kilometer dari utara ke selatan. Tingginya saat ini 110 meter di atas permukaan laut. Dune ini merupakan tujuan wisata yang terkenal dengan lebih dari satu juta pengunjung per tahun. Dune dianggap foredune, yang berarti gundukan yang berjalan sejajar dengan garis pantai, di belakang garis pasang tinggi pantai. Dune telah terpantau bergerak secara perlahan-lahan. Bukit pasir ini sangat curam sebagian menghadap ke hutan.

5. Don Juan Pond, Antartika
Don Juan Pond juga disebut sebagai Danau Don Juan, adalah danau hypersaline kecil dan sangat dangkal di ujung barat dari Wright Valley (South Fork), Victoria Land, Antartika, 9 kilometer di sebelah barat dari Danau Vanda. Danau ini diapit oleh Asgard di sebelah selatan dan Dais di utara. Di ujung barat ada anak sungai kecil dan sebuah fitur yang telah digambarkan sebagai gletser rock. Dengan tingkat salinitas lebih dari 40 persen, Don Juan Pond dikenal sebagai air terasin di bumi. Awalnya, kolam Don Juan ditemukan pada tahun 1961 oleh dua pilot helikopter, Lt Don Roe dan Lt John Hickey. Nama Don Juan Pond juga diberi oleh kedua peneliti tentara ini, mungkin penggabungan nama keduanya. Suhu di kolam itu seperti umumnya di kawasan Antartika, cukup rendah, dengan titik terendah bisa mencapai hingga -30 drajat Celcius. Namun tidak pernah sampai membeku seperti tempat lain di Antartika. Perbandingannya jika disandingkan dengan laut pada umumnya, Don Juan Pond 18 kali lebih asin daripada air laut biasa, jika dibandingkan dengan Laut Mati, Don Juan Pond 8 kali lebih asin.

6. 83-42, Greenland
83-42 merupakan nama untuk sebuah tumpukan kecil dari batu, di atas permukaan laut, terletak di Samudra Arktik, yang jika dikonfirmasi mungkin menjadi titik permanen paling utara di daratan Bumi. Ini juga kadang-kadang disebut sebagai Pulau Schmitt, setelah penemunya. Ditemukan pada tahun 1998, tingginya mencapai 4 meter, dan lumut lichen ditemukan tumbuh di atasnya, menunjukkan bahwa itu bukan salah satu bar kerikil sementara yang umumnya ditemukan di wilayah tersebut. Aneh dan unik. Tapi 83-42 dipercaya merupakan satu-satunya bidang tanah yang ada di bagian utara. Memang hanya "secuil" jika dilihat dari atas, ibarat hanya setitik tanah yang dikelilingi oleh pecahan-pecahan es. Uniknya, ketika kutub utara tertutup oleh es, tapi tanah ini justru tak tertutup es.

7. Guaíra Falls, Antara Brazil dan Paraguay
Guaíra Falls merupakan serangkaian air terjun besar di Sungai Paraná sepanjang perbatasan antara Brasil dan Paraguay. Laju aliran Guaira merupakan salah satu yang terbesar yang pernah ada di Bumi. Terjangan airnya mulai dari 470.000 kaki kubik (13.000 m3) per detik untuk 1.750.000 kaki kubik (50.000 m3) per detik. Total ketinggian air terjun ini sekitar 114 meter. Deru air terjun bisa terdengar hingga 32 kilometer jauhnya. Sumber Guaira Falls yang terletak di perbatasasn Brasil-Paraguay, adalah sungai Parana. Tahun 1982, pada air terjun Guaira ini dibangun bendungan untuk pembangkit listrik dengan nama Itaipu Dam yang sekarang menjadi bendungan terbesar kedua penghasil listrik terbesar di dunia setelah Gorges Dam. Itaipu Dam menyuplai 90 persen listrik ke Paraguay, dan 19 persen ke Brasil, juga Rio de Janeiro dan Sao Paulo.