Sunday

7 Tempat Terunik dan Menakjubkan di Dunia

One web id — Bumi yang menjadi tempat kita berpijak ini memang penuh dengan misteri. Tak dapat dipungkiri jika di berbagai penjuru yang berbeda, terdapat tempat-tempat yang menakjubkan, namun juga penuh dengan keanehan dan segudang misteri terselubung yang sulit terpecahkan.
7 Tempat Terunik dan Menakjubkan di Dunia
By NSF/Josh Landis, employee 1999-2001, Wikimedia Commons
Tak tanggung-tanggung, bahkan isi didalamnya juga terkadang aneh untuk san sulit untuk dinalar. Beberapa tempat ini mungkin akan membuat Anda berdecak kagum saat mengetahuinya. Berikut ini tujuh tempat unik dan menakjubkan di berbagai penjuru dunia.

1. Iceberg B-15, Antartika
Research on Iceberg B-15A by Josh Landis, National Science Foundation (Image 4) (NSF)
By NSF/Josh Landis, employee 1999-2001 [Public domain], via Wikimedia Commons
Iceberg B-15 adalah gunung es terbesar yang tercatat dunia. Diperkirakan panjang sekitar 295 kilometer dan lebar mencapai 37 kilometer, dengan luas permukaan 11.000 kilometer persegi (4.200 mil persegi) lebih besar dari pulau Jamaika. Pada Maret 2000, Iceberg B-15 pecah menjadi gunung es yang lebih kecil, yang terbesar bernama Iceberg B-15A. Pada tahun 2003, B-15A hanyut dari Ross Island ke Laut Ross dan menuju utara, akhirnya putus menjadi beberapa gunung es yang lebih kecil pada bulan Oktober 2005. Setelah hampir satu dekade, bagian dari B-15 masih belum mencair. Para ilmuwan percaya bahwa potongan besar es yang memisahkan diri adalah sebagai bagian dari siklus alami jangka panjang, yang terjadi setiap lima puluh sampai seratus tahun. Pada tahun 2000, 2002, dan 2003, Iceberg B-15 pecah menjadi beberapa bagian, yang terbesar, B-15A, ditutupi 6.400 kilometer persegi (2.500 mil persegi) dari permukaan laut. Hampir satu dasawarsa berlalu, bagian-bagian gunung es itu masih belum cair seluruhnya, bagian yang terbesar masih dianggap sebagaii B-15a, dengan luas bidang mencapai 1.700 kilometer. Gambar di atas merupakan gunung es yang disebut B-15a sesudah terhanyut ke dalam Drygalski Glacier (terbawah), akhirnya pecah menjadi beberapa bagian.

2. Socotra, Republik Yaman
Socotra -Nawjad01
By Email4mobile (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Socotra, juga dieja Soqotra, adalah kepulauan kecil dari empat pulau di Samudera Hindia. Socotra tempat paling aneh sekaligus paling unik di dunia. Hampir semua yang ada di sana tampak aneh, mulai dari bentuk pohon maupun lingkungannya, tak heran jika banyak yang menyebut Socotra yang berada di Republik Yemen sebagai salah satu sarang alien di dunia. Tempatnya sangat terisolir, iklimnya kering lain daripada yang lain. Keanehan ini bisa jadi menyebabkan kehidupan tanaman maupun benda apapun di sana tumbuh dengan aneh. Sebut saja tanaman terkenal seperti Dragon's Blood Tree yang aneh, bentuknya sangat tidak umum, terlihat mirip payung. Pohon ini memproduksi getah berwarna merah. Di sana juga terdapat binatang-binatang asli, seperti burung, laba-laba dan binatang asli lainnya. Belum lagi bebatuan juga karang, yang bentuknya tidak umum dan hanya ada di pulau itu. Dengan segala keanehan isi pulau itu, tak heran kalau Socotra, pulau yang berada di laut arab, masuk dalam Warisan Peninggalan Dunia.

3. Rotorua, New Zealand
RotoruaHotSpringNZ
By Tomwsulcer (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Rotorua adalah sebuah kota di tepi selatan Danau Rotorua di region Bay of Plenty di Pulau Utara di Selandia Baru, dan Distrik Rotorua mencakup daerah otoritas lokal. Diperkirakan, kota ini memiliki jumlah penduduk 56,200 pada Juni 2011, di distrik 68,900 Taksiran Juni 2011. Terletak 60 kilometer di selatan Tauranga, 105 kilometer di tenggara Hamilton dan 82 kilometer di timurlaut Taupo. Distrik ini terbagi antara Bay of Plenty dan Waikato. Rotorua terkenal karena aktivitas geotermalnya. Terdapat sejumlah geyser, yang terkenal geyser Pohutu di Whakarewarewa, dan kolam lumpur panas di kota ini, yang berasal dari kaldera Rotorua. Berkat keunikannya sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

4. The Great Dune of Pyla, Perancis
Dune du Pyla - 33
By Hagen de Merak (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
The Great Dune of Pyla atau The Dune of Pilat juga disebut Grande Dune du Pilat adalah gundukan pasir tertinggi di Eropa. Terletak di La Teste-de-Buch di daerah Teluk Arcachon, Prancis, 60 kilometer dari Bordeaux. Gundukan pasir ini memiliki volume sekitar 60.000.000 meter kubik, yang lebarnya sekitar 500 meter dari timur ke barat dan panjangnya mencapai 2,7 kilometer dari utara ke selatan. Tingginya saat ini 110 meter di atas permukaan laut. Dune ini merupakan tujuan wisata yang terkenal dengan lebih dari satu juta pengunjung per tahun. Dune dianggap foredune, yang berarti gundukan yang berjalan sejajar dengan garis pantai, di belakang garis pasang tinggi pantai. Dune telah terpantau bergerak secara perlahan-lahan. Bukit pasir ini sangat curam sebagian menghadap ke hutan.

5. Don Juan Pond, Antartika
Don Juan Pond juga disebut sebagai Danau Don Juan, adalah danau hypersaline kecil dan sangat dangkal di ujung barat dari Wright Valley (South Fork), Victoria Land, Antartika, 9 kilometer di sebelah barat dari Danau Vanda. Danau ini diapit oleh Asgard di sebelah selatan dan Dais di utara. Di ujung barat ada anak sungai kecil dan sebuah fitur yang telah digambarkan sebagai gletser rock. Dengan tingkat salinitas lebih dari 40 persen, Don Juan Pond dikenal sebagai air terasin di bumi. Awalnya, kolam Don Juan ditemukan pada tahun 1961 oleh dua pilot helikopter, Lt Don Roe dan Lt John Hickey. Nama Don Juan Pond juga diberi oleh kedua peneliti tentara ini, mungkin penggabungan nama keduanya. Suhu di kolam itu seperti umumnya di kawasan Antartika, cukup rendah, dengan titik terendah bisa mencapai hingga -30 drajat Celcius. Namun tidak pernah sampai membeku seperti tempat lain di Antartika. Perbandingannya jika disandingkan dengan laut pada umumnya, Don Juan Pond 18 kali lebih asin daripada air laut biasa, jika dibandingkan dengan Laut Mati, Don Juan Pond 8 kali lebih asin.

6. 83-42, Greenland
83-42 merupakan nama untuk sebuah tumpukan kecil dari batu, di atas permukaan laut, terletak di Samudra Arktik, yang jika dikonfirmasi mungkin menjadi titik permanen paling utara di daratan Bumi. Ini juga kadang-kadang disebut sebagai Pulau Schmitt, setelah penemunya. Ditemukan pada tahun 1998, tingginya mencapai 4 meter, dan lumut lichen ditemukan tumbuh di atasnya, menunjukkan bahwa itu bukan salah satu bar kerikil sementara yang umumnya ditemukan di wilayah tersebut. Aneh dan unik. Tapi 83-42 dipercaya merupakan satu-satunya bidang tanah yang ada di bagian utara. Memang hanya "secuil" jika dilihat dari atas, ibarat hanya setitik tanah yang dikelilingi oleh pecahan-pecahan es. Uniknya, ketika kutub utara tertutup oleh es, tapi tanah ini justru tak tertutup es.

7. Guaíra Falls, Antara Brazil dan Paraguay
Guaíra Falls merupakan serangkaian air terjun besar di Sungai Paraná sepanjang perbatasan antara Brasil dan Paraguay. Laju aliran Guaira merupakan salah satu yang terbesar yang pernah ada di Bumi. Terjangan airnya mulai dari 470.000 kaki kubik (13.000 m3) per detik untuk 1.750.000 kaki kubik (50.000 m3) per detik. Total ketinggian air terjun ini sekitar 114 meter. Deru air terjun bisa terdengar hingga 32 kilometer jauhnya. Sumber Guaira Falls yang terletak di perbatasasn Brasil-Paraguay, adalah sungai Parana. Tahun 1982, pada air terjun Guaira ini dibangun bendungan untuk pembangkit listrik dengan nama Itaipu Dam yang sekarang menjadi bendungan terbesar kedua penghasil listrik terbesar di dunia setelah Gorges Dam. Itaipu Dam menyuplai 90 persen listrik ke Paraguay, dan 19 persen ke Brasil, juga Rio de Janeiro dan Sao Paulo.



No comments:

Mobile version