Monday

Ini Hiu-Hiu Raksasa di Segenap Penjuru Lautan

One web id — Di segenap penjuru lautan, diperkirakan terdapat 360 spesies yang terbagi dari 8 kelas ikan hiu. Beberapa jenis ikan-ikan hiu merupakan pemangsa atau predators dan ada juga yang benar-benar jinak. Sementara dari bentuknya juga berwariasi, ada yang besar dan ada pula yang kecil. Di lihat dari ukurannya, berikut ini 7 spesies hiu raksasa yang berhasil dikumpulkan dari Wikipedia.

1. Tiger Shark
Ini Hiu-Hiu Raksasa di Segenap Penjuru Lautan
Hiu harimau
Hiu harimau merupakan satu dari hiu terbesar, dan satu-satunya anggota genus Galeocerdo. Tiger Shark, Galeocerdo Cuvier merupakan salah satu dari hiu terbesar di dunia dengan panjang hingga mencapai 24.3 kaki. Hiu raksasa ini mampu hidup sehingga 907,18 kilogram (2000 lbs) dan sangat terkenal dengan kekejamannya. Tidak hanya memakan semua jenis kehidupan laut, namun hiu jenis ini juga terkenal dengan menyerang perenang. Sesuai namanya, hiu ini sangat mirip dengan corak harimau, mereka biasanya hidup di daerah perairan khatulistiwa dunia namun lebih cenderung di sekitar perairan Pacific.

2. Pacific Sleeper Shark
Somniosus pacificus noaa2
By AFSC/NOAA [Public domain], via Wikimedia Commons
Hiu Pacific Sleeper, Somniosus pacificus, adalah hiu berat lainnya yang dapat hidup sepanjang 23 kaki dan berat hingga 362,87 kilogram (800 lbs). Satu hal yang membuat hiu jenis ini menarik adalah mereka merupakan salah satu dari sedikit jenis hiu yang dapat di temukan di daerah bertemperatur rendah (daerah menghadap kutub). Hal lainnya adalah mereka biasanya hidup di laut dalam, dengan kedalaman hingga 6500 kaki di bawah permukaan laut.

3. Greenland Shark
Somniosus microcephalus okeanos
By NOAA Okeanos Explorer Program [Public domain], via Wikimedia Commons
Greenland shark atau yang memiliki nama ilmiah Somniosus microcephalus, juga dikenal sebagai hiu Gurry atau hiu abu-abu, atau dengan nama Inuit Eqalussuaq, merupakan jenis hiu besar keluarga Somniosidae (tidur hiu) yang berasal dari perairan Samudera Atlantik Utara seluruh Kanada, Greenland, dan Iceland. Diperkirakan, hiu ini dapat tumbuh hingga sepanjang 21 kaki dan hidup selama 200 tahun. Hiu Greenland terkenal dengan binatang bertulang punggung yang pernah hidup terlama. Mereka terkait erat dengan hiu tidur Pasifik. Ini spesies hiu memegang rekor dunia untuk menjadi yang paling beracun di jenisnya. Greenland cenderung hidup di kedalaman 6600 kaki di bawah permukaan laut, akan tetapi hiu Greenland ini pernah ditemukan di laut dangkal serendah 24 kaki.

4. Great Hammerhead Shark
Sphyrna mokarran camden
By Jim Capaldi from Springfield, USA (Hammerhead Shark), via Wikimedia Commons
Great Hammerhead merupakan spesies terbesar dari hiu martil, keluarga Sphyrnidae. Great Hammerhead dapat dibedakan dari martil lain dengan bentuk palu (cephalofoil), yang lebar dengan margin depan hampir lurus, dan oleh, sirip punggung yang tinggi berbentuk sabit pertama. Pengamatan dari spesies ini di alam liar menunjukkan bahwa fungsi cephalofoil untuk melumpuhkan ikan pari, mangsa disukai. Spesies ini memiliki modus vivipar reproduksi, bantalan liter hingga 55 ekor anak setiap dua tahun. Jenis hiu hammerhead yang dapat tumbuh hingga 20 kaki. Great Hammerheads bisa di temukan di seluruh dunia layaknya hiu-hiu yang hidup di perairan khatulistiwa. Berbeda dengan hiu lainnya, sebab hiu Great Hammerhead ini merasa manusia sebagai bahaya, jadi Great Hammerheads bersifat sedikit 'lebih pemalu' jika di banding hiu-hiu jenis lain, dan sering kali merasa menghindari manusia. Hiu Great Hammerhead terbesar yang pernah di tangkap oleh manusia adalah jenis betina dengan berat mencapai 580,59 kilogram (1280 lbs).

5. Thresher Shark
Threshershark
By Petter Lindgren (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Hiu Thresher, hiu lamniform besar keluarga Alopiidae ditemukan di semua lautan beriklim tropis dan dunia. Hiu ini ada tiga spesies, semua dalam genus Alopias. Hampir serupa dengan 'abang kecil nya, Bigeye Thresher Shark', yaitu jenis keturunan hiu besar yang dapat hidup sepanjang 18 kaki. Hiu Thresher acap kali terlihat 'ramping' namun jangan tertipu oleh muslihat nya, sebab hiu ini dapat mencapai berat hingga 498.95 kilogram (1100 lbs).

6. Bluntnose Sixgill Shark
Hexanchus griseus Gervais
By Gervais et Boulart (Les poissons Gervais, H.), via Wikimedia Commons
Hiu bluntnose sixgill, Hexanchus griseus, kadang-kadang hanya disebut hiu sapi, merupakan hiu hexanchoid terbesar. Hiu Bluntnose Sixgill adalah jenis dari family Hexanchidae; Kebanyakan jenis dari saudara hiu ini sudah punah. Warna dari jenis hiu ini pun berwariasi dari warna coklat hingga mendekati hitam. Hiu-hiu ini dapat hidup hingga sepanjang 15.8 kaki, namun hiu lebih besar dari ini pernah terlihat.

7. Bigeye Thresher Shark
Alopias superciliosus
By PIRO-NOAA Observer Program [Public domain], via Wikimedia Commons
Bigeye thresher merupakan spesies hiu perontok, keluarga Alopiidae, ditemukan di lautan beriklim sedang dan tropis di seluruh dunia. Seperti hiu perontok lainnya, hampir setengah total panjang perusahaan terdiri dari lobus atas memanjang dari sirip ekor. Nama umum yang berasal dari mata yang sangat besar, yang ditempatkan dalam soket yang berbentuk lubang kunci yang memungkinkan mereka untuk diputar ke atas. Spesies ini juga dapat dibedakan oleh sepasang alur yang mendalam pada bagian atas kepalanya, yang nama ilmiahnya berasal. Hiu jenis Bigeye Thresher dapat di temukan di kedalaman 1650 kaki di dasar laut. Hiu Bigeye Thresher mempunyai ciri khas berwarna abu keunguan dan dapat hidup sepanjang 15.1 kaki dan mencapai besar hingga 360.60 kilogram (795 lbs).



No comments:

Mobile version