Monday

Ini 7 Kota di China yang Memiliki Jumlah Penduduk Paling Banyak

One web id — Seperti yang kita tahu, bahwa China merupakan salah satu negara besar di dunia yang memiliki jumlah penduduk terbesar di dunia. Diperkirakan jumlah penduduk China per 2004 adalah sekitar 1.298.847.624 jiwa dengan tingkat kepadatan 140 kilometer persegi. Namun pada tahun 2010 silam, jumlah penduduk china sudah bertambah 40 juta jiwa (berdasarkan perkiraan presentasi kenaikan penduduk pada sensus tahun 2000 dengan didasari oleh presentasi kenaikan selama 4 tahun). Dengan jumlah penduduk yang sedemikian besar, tak heran bila China disebut sebagai gudangnya sumber daya manusia.
Ini 7 Kota di China yang Memiliki Jumlah Penduduk Paling Banyak

Jumlah penduduk sebanyak itu tersebar di seluruh penjuru China dan dunia. Sementara untuk di China sendiri, jumlah penduduk China terkonsentrasi di kota-kota besar yang identik dengan kota industri. Karenanya di China banyak sekali kota-kota yang padat penduduk. Berikut ini tujuh kota di China dengan jumlah penduduk terbanyak. Penasaran, mari kita simak bersama-sama.

1. Hong Kong
Sebetulnya kota yang identik dengan dunia perfilman ini adalah kota yang dulu sempat menjadi negara sendiri. Namun, Hongkong kembali menjadi kota di China pada tahun 1997. Hongkong yang kini menjadi pusat industri finansial utama di China mempunyai jumlah penduduk sebesar yang mencapai 7.0000.000 jiwa.

2. Wuhan
Wuhan merupakan ibu kota provinsi Hubei, Tiongkok yang berlokasi di wilayah timur daratan China. Kota ini termasuk kota terpadat penduduknya di bagian pusat Tiongkok. Diperkirakan penduduknya berjumlah 9.100.000 jiwa. Kota yang diapit sungai Han dan Yangtse ini mempunyai jumlah penduduk sebesar 7.542.000. Ia juga telah memiliki jalur metro yang menghubungkan beberapa tempat di wilayah kota Hankou.

3. Tianjin
Tianjin merupakan salah satu dari empat munisipalitas Republik Rakyat Tiongkok. Sebagai sebuah munisipalitas, Tianjin memiliki status setingkat provinsi dan ditangani langsung oleh pemerintah pusat. Kota yang terletak di provinsi Hubei ini mempunyai penduduk sebesar 7.468.000 jiwa.

4. Shenzhen
Shenzhen adalah nama kota di RRT. Letaknya di bagian tenggara, lebih tepatnya di provinsi Guangdong. Pada tahun 2004, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6 juta jiwa dengan memiliki luas wilayah 2.020 kilometer persegi. Kota tersibuk kedua di China ini adalah kota besar. terletak di bagian utara hong kong. Diperkirakan jumlah penduduk kota Shenzhen mencapai 8.114.000 jiwa.

5. Guangzhou
Guangzhou merupakan kota terbesar di Cina selatan dan ibukota Provinsi Guangdong, sekaligus sebagai kota terbesar di dunia di awal abad ke-19. Kota yang juga disebut dengan sebutan Kwangchow ini adalah kota terbesar ketiga di China, jumlah penduduk di kota industri ini mencapai 9.447.000 jiwa.

6. Beijing
Meski berstatus ibukota negara Republik rakyat china, tapi jumlah penduduk kota ini bukanlah yang terbesar, kota metropolis yang terletak di bagian utara China ini mempunyai jumlah penduduk sebesar 11.106.000.

7. Shanghai
Shanghai merupakan kota terbesar di China dan juga kota metropoiltan paling besar di China. Berlokasi di dekat Delta sungai Yangtse, jumlah penduduk kota Shanghai termasuk dengan para imigran yang datang mencapai 15.789.000 jiwa.

No comments:

Post a Comment