Monday

10 Penjelasan Neraka dari Berbagai Agama dan Kepercayaan di Seluruh Dunia

10 Penjelasan Neraka dari Berbagai Agama dan Kepercayaan di Seluruh Dunia
One web id — Di dunia ini, tak memandang apapun agama dan dari mana asal usulmu, pasti memahami apa yang dimaksud dengan kematian. Dapat dipastikan pula suatu saat nanti kematian akan datang kepada setiap manusia. Nantinya, setelah kematian baru manusia akan pergi ke akhirat.

Kemudian di akhirat sana atau bukan dunia bumi ini, manusia akan dipisahkan ke surga untuk yang baik dan neraka untuk mereka yang buruk. Oleh karena banyaknya agama dan budaya di seluruh penjuru dunia, maka penjelasan tentang neraka pun beragam. Sebagaimana yang dilansir listverse.com, mari segera kita simak di antaranya yang paling menarik berikut ini.

1. Gehenna (Kaum Ibrani)
Gehenna
Usut punya usut, nama Gehenna merujuk kepada sebuah lembah di Yerusalem di mana pengikut Dewa Moloch mengorbankan anak-anak mereka ke dalam api besar. Hal itu menjadi penafsiran neraka oleh kaum Ibrani dengan orang-orang jahat yang dikirim untuk membayar dosa mereka ke sana. Gehenna tak ubah dengan neraka versi Kristen yang digambarkan sebagai tempat dengan api yang turun dari langit seperti hujan dan 60 kali lebih panas daripada api di bumi dengan gas belerang yang ada di sekitarnya.

2. Niflheim (Budaya Norse dan Jerman)
markowsky.blogspot.com
Niflheim merupakan bentuk neraka yang digambarkan oleh budaya Norse dan Jerman. Tidak panas seperti lainnya, sebab Niflheim adalah tempat paling beku dan teramat dingin yang diperintah oleh Hel dan berada di dekat Shore of Corpses di mana ada Nidhogg. Nidhogg adalah ular raksasa yang memakan mayat. Ada 9 dunia dalam mitos Norse dan Niflheim disebutkan sebuah dunia paling gelap dan paling dalam. Konon, sosok Hel merupakan Pemimpin Kematian yang diusir dari Asgard dan dia adalah putri Loki, saudara tiri Thor, putra Odin.

3. Dante's Hell (Kristen)
griffin-ator.blogspot.com
Dante's Hell merupakan konsep neraka bagi umat Kristen. Yang paling populer dan diyakini secara turun temurun dijelaskan bahwa Dante's Hell terdiri dari 9 lingkaran yang dikelilingi oleh sungai bernama Acheron. Bagian pertama lingkarang itu adalah Limbo yaitu menampung orang-orang non-Kristen yang tidak berdosa. Sementara delapan sisa lainnya termasuk mereka yang melakukan 7 dosa mematikan dan kejahatan lain serta dihukum oleh para setan sehingga abadi di sana.

4. Tartaros (Yunani dan Romawi)
Tartaros
Tartaros ada di dalam mitologi Yunani Kuno yang diasosiasikan sebagai suatu tempat jauh di bawah tanah yang kelam dan kejam. Selain itu ada juga yang menyebutkannya sebagai neraka penuh dengan penyiksaan dan penderitaan. Mitologi Yunani menyebutkan bahwa Tartaros adalah penjara abadi bagi mereka pendosa di dunia. Jiwa orang yang sudah mati dikirim ke Tartaros setelah dinilai oleh Rhadamanthus

Tartaros dipakai oleh dewa Zeus untuk mengurung sekaligus menghukum para perusak dan penjahat, seperti Titan, Tantalos dan lainnya. Disebutkan juga bahwa Tartaros terletak sama jauhnya dibawah Dunia bawah seperti bumi dibawah surga. Selain sebagai sebuah tempat, Tartaros juga adalah perwujudan dewa dalam lubang, salah satunya protogenoi, yaitu anak-anak Khaos. Sementara dalam mitologi Romawi, Tartaros dikelilingi tiga dinding dan sungai api Phlegethon yang konon katanya dijaga oleh monster berkepala 9, Hydra.

5. Xibalba (Suku Maya)
historiadelarte11.blogspot.com
Xibalba juga disebut sebagai Tempat Ketakutan dan menjadi neraka dalam mitos suku Maya. Disebutkan Xibalba dipimpil oleh Dewa Kematian Maya dan para asistennya. Beberapa orang percaya kalau Xibalba benar-benar ada dan menjadi gua di sekitar Coban, Guatemala. Selain itu, jalan menuju Xibalba juga dipercaya dapat terlihat di gugusan bintang Bima Sakti.

6. Rumah Kebohongan (Zoroaster)
Iranian Engraving
Dinding dari ibukota Persepolis Darius I (Kaisar Persia) oleh Vivek Venkatesan di flickr
Menurut agama Zoroaster, setelah meninggal maka jiwa seseorang akan menuju Jembatan Chinavat yang menjadi pemisah antara kehidupan dan kematian. Konon katanya, jembatan itu digambarkan lebih tipis daripada rambut, dan lebih tajam daripada pisau serta dijaga ketat oleh dua anjing bermata empat yang akan menilai perbuatan manusia saat hidup. Seandainya jiwa seseorang banyak berbuat jahat maka dia akan diseret oleh Iblis Vizaresh ke Rumah Kebohongan yang digambarkan sebagai tempat kotor menjijikkan dan dipenuhi setan.

7. Naraka (Hindu, Sikh, Jain, dan Buddha)
downtheroad.org / Okt 2005
Naraka atau yang disebut juga sebagai Niraya merupakan konsep neraka yang ada dalam Hindu, Sikh, Jain, dan Buddha yang digambarkan sebagai tempat hukuman bagi jiwa-jiwa yang melakukan dosa. Di naraka nantinya mereka akan menerima karma yang begitu mengerikan. Mereka percaya bahwa orang yang telah mati hanya melewati neraka untuk sementara dan suatu saat nanti akan terlahir kembali ke dunia. Tapi menurut kepercayaan Buddha sedikit berbeda penafsiran, jiwa yang telah mati akan dikirim ke neraka untuk dibersihkan dan tidak dihakimi hingga akhirnya mereka akan terlahir kembali.

8. Tuonela (Finlandia)
mountain river storm cloud grey fog moody gloomy black brown green menacing spleen
Ilustrasi Tuonela oleh Jean-Julien Pous di flickr
Tatkala umat sebelum Kristen masuk di Finlandia percaya bahwa jiwa orang mati akan tiba di tepian sungai Tuoni dan dibawa ke Tuonela oleh Asisten Kematian, Tytti. Sepertinya cukup beralasan karena sungai Tuoni memang sangat mengerikan dengan banyaknya ular berbisa sehingga dianggap sebagai muara orang-orang jahat yang akan mengarungi kehidupan setelah kematian.

9. Diyu (Mitologi China Kuno)
thegioivohinh.com / Okt 2007
Diyu merupakan neraka versi budaya China Kuno dan mirip dengan penggambaran Naraka dengan memiliki tingkatan mulai dari 4 hingga 18. Di dalam Diyu, tingkatan neraka paling buruk dikenal sebagai Avici dengan jiwa-jiwa yang tiba di sana akan berakhir selamanya dan tak ada harapan untuk dilahirkan kembali ke dunia.

10. Duat (Mitologi Mesir Kuno)
miscelanea-genesis.blogspot.com
Menurut penjelasan yang terdapat dalam teks Mesir Kuno, akhirat adalah tempat bernama Duat yang diperintah oleh Osiris, Dewa Kematian. Sebuah buku menggambarkan jika Duat mirip dengan bumi akan tetapi mengandung unsur mistis seperti lautan api dan dinding besi. Ketika melewati Duat, jiwa orang yang sudah mati harus melewati gerbang yang dijaga manusia setengah dewa dan dinilai baik buruk mereka melalui berat jantungnya. 

No comments:

Post a Comment