Wednesday

10 Lokasi Terindah dan Menakjubkan untuk Menyelam di Indonesia

One web id — Indonesia merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara, dan dilintasi oleh garis khatulistiwa serta berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. 
10 Lokasi Terindah dan Menakjubkan untuk Menyelam di Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau. Selain itu, Indonesia memiliki keindahan alam luar biasa yang terkenal ke seluruh penjuru dunia. Wilayah Indonesia terdiri dari 2/3 wilayah laut. Sangat banyak pantai dan tempat menyelam yang indah. Ini adalah 10 tempat terbaik untuk menyelam versi New 7 Wonders.

1. Kepulauan Karimunjawa
Karimunjawa terletak di Laut Jawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Kepulauan Karimunjawa terdiri dari 27 pulau, hanya 5 pulau yang dihuni oleh penduduk. Terdapat 30 lokasi menyelam di Kepulauan Karimunjawa dengan terumbu karang yang indah dan biota laut seperti ikan damsel, ikan napoleon, dan lain-lain. Penyelam bisa menikmati keindahan alam bawah laut di sini pada kedalaman 5 sampai 40 meter, jarak pandang 5 hingga 25 meter. Kepulauan Karimunjawa menjadi tujuan wisata yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas akomodasi mulai dari homestay hingga resort mewah. Untuk menuju Kepulauan Karimunjawa, bisa melalui Dermaga di Pantai Kartini atau dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Juga ada penerbangan dari Semarang ke Kepulauan ini.

2. Alor
Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 meter. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. Banyak wisatawan asing yang pernah ke Alor terkagum-kagum. Sebab, selain dimanjakan keindahan taman lautnya, mereka juga menemukan fenomena taman laut tersebut langka dan sangat menarik. Karenanya, wajar jika wisata bahari Alor dengan panorama bawah laut yang spefisik di Selat Pantar menjadi primadona dan pemikat bagi para diver kelas dunia dari Amerika, Australia, Austria, Inggris, Belgia, Belanda, Jerman, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa negara di Asia. Terdapat 26 titik lokasi menyelam terindah berkelas dunia di sekitar Pulau Alor. Para penyelam akan dimanjakan dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Di sini anda dapat menemukan hiu karang abu-abu, ikan barakuda, berbagai jenis gurita, serta beragam jenis karang, anemon penghuni khas lautan. Alor sendiri adalah sebuah pulau kecil di bagian timur Nusa Tenggara.

3. Pulau Komodo
Pulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Inilah pulau yang jadi buah bibir paling hangat di tahun 2011 silam, terkait dengan tampilnya pulau ini sebagai “New 7 Wonder” Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara mempunyai lokasi diving yang paling di bagus di Indonesia Indonesia. Di sini terdapat ikan pelagis yang melimpah, terumbu karang dengan warna-warna yang mempesona. Dan Tak ketinggalan: pesona keanekaragaman hayati yang luar biasa.

4. Laut Banda
Kepulauan Banda terletak di tenggara Pulau Ambon yang terdiri dari 10 pulau kecil yang meliputi luas keseluruhan 55 km². Tiga pulau terbesar di kawasan ini adalah Pulau Neira, Pulau Banda Besar dan Pulau Gunung Api. Kawasan perairan di kepulauan ini memiliki kehidupan bawah air yang sangat mengagumkan, bisa dibilang surga bagi penyelam bawah air. Disini, wisatawan juga dapat melakukan snorkeling di kawasan terumbu karang yang sangat indah. Di Laut Banda terdapat ikan cakalang, scorpionfish asli Ambon, lumba-lumba, ikan tuna, ikan napoleon (ikan kerang purba yang dilindungi) dan masih banyak lagi. Kepulauan Banda terletak dalam wilayah Provinsi Maluku memiliki lokasi-lokasi menyelam terindah di Indonesia. Jika itu belum cukup, tersedia Gunung Api untuk didaki.

5. Bunaken
Bunaken adalah lokasi diving terindah di Indonesia yang legendaris. Pulau Bunaken yang terletak tak jauh dari Manado, di Manado, Sulawesi Utara, adalah kawasan taman laut nasional Yang memiliki keanekaragaman hayati paling Ada 20 spot diving di sekitar Pulau Bunaken, namun hanya 12 titik yang paling sering dikunjungi oleh para diver dan pecinta wisata bawah laut. Jadi, dua belas titik penyelaman inilah yang paling sering dikunjungi oleh penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut. Sebagian besar dari 12 titik penyelaman di Pulau Bunaken berjajar dari bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah inilah terdapat underwater great walls, yang disebut juga hanging walls, atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Dinding karang ini juga menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.

6. Pulau Bangka
Pulau Bangka adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah timur Sumatra, Indonesia dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Populasinya pada 2004 berjumlah 789.809 jiwa. Luas pulau Bangka ialah 11.693.54 km². Disini terdapat lebih dari 25 lokasi penyelaman dengan terumbu karang yang menakjubkan. Anda dapat menjumpai redtooth triggerfish, kakap biru bergaris, frogfish dan lainnya. Itulah kenapa Pulau Bangka menjadi tempat menyelam terindah di Indonesia karena memiliki kekayaan laut yang memukau.

7. Wakatobi
Kabupaten Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Wangi-Wangi, dibentuk berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2003, tanggal 18 Desember 2003. Wakatobi juga merupakan nama kawasan taman nasional yang ditetapkan pada tahun 1996, dengan luas keseluruhan 1,39 juta hektare, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Wakatobi adalah lokasi wajib bagi para pecinta diving yang terletak di Sulawesi Tenggara. Di Wakatobi terdapat 750 spesies koral dan biota laut dari 850 spesies yang telah ada di dunia. Wakatobi adalah singkatan atau akronim dari empat pulau besar yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

8. Tulamben
Tulamben sudah sangat terkenal di kalangan penyelam domestik maupun mancanegara. Apa yang membuat Tulamben begitu terkenal? Tak lain adalah kemudahan dan kekayaan biota laut yang ditawarkan oleh situs penyelaman ini. Ditambah dengan bangkai Kapal USS Liberty yang sangat mudah diakses dan menyajikan berbagai mahluk bawah laut mulai dari yang kecil seperti siput laut, kepiting dan udang, ghost pipefish dan pygmy seahorse sampai yang besar seperti hiu, ikan Mola mola, dan lain lain. Tulamben menawarkan situs penyelaman yang sesuai untuk kursus penyelaman, penyelaman santai (fun dive) dan fotografi bawah air.

9. Selat Lembeh
Selat Lembeh adalah perairan sempit (selat) yang memisahkan daratan utama Pulau Sulawesi dengan Pulau Lembeh. Kota Bitung terletak di salah satu sisi selat ini. Selat ini dikenal memiliki kekayaan keanekaragaman hayati laut yang sangat tinggi dan menjadi salah satu objek wisata selam utama di Sulawesi Utara. Selat Lembeh atau biasa disebut Lembeh Strait merupakan tempat wisata favorit bagi para penggemar wisata bawah laut. Berbagai flora dan fauna seperti terumbu karang beraneka warna dan fauna laut yang mempesona pasti mengundang decak kagum bagi setiap orang yang melihatnya. Untuk informasi Anda, Perairan Selat Lembeh termasuk dalam wilayah Kecamatan Bitung Selatan, Kotamadya Bitung, Propinsi Sulawesi Utara. Perairan yang mempesona ini terkenal dengan keanekaragaman invertebrata terutama dari kelompok Echinodermata. Meski hanya sebuah selat, namun Selat Lembeh memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Daya tarik Selat Lembeh adalah biota lautnya. Anda dapat menemukan frogfish, udang Harlequin, wonderpush, gurita, dan cumi-cumi.

10. Raja Ampat
Mutiara yang terpendam, begitulah orang yang pernah ke Raja Ampat bilang. Raja Ampat terletak di Provinsi Papua Barat Raja Ampat terdiri dari 1.500 pulau yang tersebar di barat laut Papua. Disini terdapat 1.500an jenis species ikan, 700an jenis moluska, 500an lebih jenis karang dengan luas wilayah 4,6 juta hektar. Kabupaten Raja Ampat adalah salah satu kabupaten di provinsi Papua Barat, Indonesia. Ibukota kabupaten ini terletak di Waisai. Sebagai daerah kepulauan, satu-satunya transportasi antar pulau dan penunjang kegiatan masyarakat Raja Ampat adalah angkutan laut. Demikian juga untuk menjangkau Waisai, ibu kota kabupaten. Bila menggunakan pesawat udara, lebih dulu menuju Kota Sorong. Setelah itu, dari Sorong perjalanan ke Waisai dilanjutkan dengan transportasi laut. Sarana yang tersedia adalah kapal cepat berkapasitas 10, 15 atau 30 orang. Dengan biaya sekitar Rp. 2 juta, Waisai dapat ditempuh dalam waktu 1,5 hingga 2 jam.



No comments:

Mobile version