Wednesday

10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Italia yang Perlu Anda Ketahui

One web id — Sebagai negara yang sangat dikenal dengan menara Eiffel ini memiliki banyak fakta unik dan menarik yang patut untuk disimak lebih dalam lagi. Di sebelah utara, negara yang berada di Eropa Selatan ini berbatasan langsung dengan Prancis, Swiss, Austria, dan Slovenia.
10 Fakta Unik dan Menarik Tentang Italia yang Perlu Anda Ketahui

Dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 60 juta, Italia merupakan negara terpadat ke-5 di Eropa. Selain itu, jumlah situs-situs Warisan Dunia UNESCO yang ada di Italia tak bisa ditandingi oleh negara manapun di dunia ini. Lantas, apa saja fakta unik dan menarik dari negeri pizza ini? Berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang Italia yang perlu untuk Anda ketahui diantaranya.

1. Monte Bianco
Puncak tertinggi di Eropa di Italia. Mont Blanc atau Monte Bianco (lazimnya disebut Gunung Putih) memiliki ketinggian mencapai 4.810 meter, dan merupakan bagian dari Pegunungan Alpen. Kadang-kadang gunung ini juga dikenal sebagai La Dame blanche (dalam bahasa Prancis berarti White Lady atau Nyonya Putih) atau Il Bianco (dalam bahasa Italia untuk White One atau Si Putih). Selain itu, gunung ini juga populer di kalangan para pendaki dan orang yang gemar hiking, ski, dan bahkan snowboarding.

2. Keju
Keju Parmesan atau Parmigiano Reggiano berasal dari daerah di sekitar Parma, Reggio Emilia, Modena, Bologna, dan Mantova, Italia. Menurut peraturan di Italia, hanya keju yang diproduksi di provinsi tersebut dapat diberi label Parmigiano Reggiano. Parmigiano sendiri merupakan bahasa Italia untuk Parma, sedangkan Reggiano adalah bahasa Italia untuk Reggio Emilia. Selain Parmesan, Italia juga menciptakan banyak jenis keju lainnya, termasuk diantaranya adalah ricotta, gorgonzola, mozzarella dan provolone.

3. Geografis
Sebetulnya nama Italia berasal dari kata italia, yang jika diartikan bermakna calf land atau tanah anak sapi. Itu mungkin dikarenakan banteng adalah simbol dari suku-suku Italia Selatan. Luas wilayah Italia mencakup 116.400 mil persegi (termasuk Sisilia dan Sardinia), yang sedikit lebih besar dari Arizona. Dan hampir empat perlima wilayah Italia adalah pegunungan dan perbukitan. Nama resmi dari Italia adalah Republik Italia (Repubblica Italiana). Negara yang dikenal dengan hidangan pizzanya ini juga termasuk salah satu negara yang paling padat di Eropa. Populasinya diperkirakan mencapai 60,92 juta pada tahun 2012, menurut data World Bank.

4. Museum Vatikan
Museum Vatikan merupakan kompleks museum besar dengan lebih dari 1 museum dan galeri seperti Galeri permadani dan Museum Etruscan dan Mesir yang penuh dengan karya yang dikumpulkan oleh para paus berturut-turut. Ini adalah kompleks museum terbesar di dunia.

5. Basilika Santo Petrus
Basilika Santo Petrus merupakan sebuah struktur yang berdiri selama hampir 1300 tahun sampai mendekati runtuh dan dibangun kembali oleh Paus Julius II. Ini adalah struktur besar yang menampilkan karya dari beberapa seniman Italia terbesar seperti Raphael Michelangelo dan Maderno. Awalnya, Basilika Santo Petrus dibangun atas perintah Kaisar Kristen pertama Konstantin I, pada tahun 326 di tempat Santo Petrus menjadi martir. Seribu tiga ratus tahun kemudian bangunan ini mulai runtuh perlahan-lahan, dan oleh karena itu Paus Nikolas V memerintahkan agar dibangun sebuah basilika yang baru. Tetapi pembangunannya baru dimulai pada tahun 1506 pada masa jabatan Paus Julius II.

6. Roma
Roma adalah ibukota Italia yang juga dikenal dengan sebutan Kota Abadi, dan telah berusia hampir 3.000 tahun. Roma sudah menjadi ibukota Italia sejak tahun 1871 dan merupakan rumah bagi Kubah St Petrus, Kapel Sistina, Coliseum, dan air mancur Trevi yang terkenal. Kuat dugaan, asal-usul kata Roma berasal dari kata Etruscan Rhome, yang berarti kekuatan atau sungai. Kata Roma juga sering dikaitkan dengan cerita serigala yang menyusui si kembar Romulus dan Remus. Sementara teori lain mengatakan bahwa Roma adalah putri dari Aeneas, seorang pahlawan Trojan, yang merupakan anak dari pangeran Anchises dan dewi Aphrodite (Venus).

7. Universitas Roma
Universitas Roma adalah salah satu universitas tertua di dunia dan didirikan oleh Gereja Katolik pada tahun 1303. Sering disebut La Sapienza (pengetahuan), Universitas Roma juga merupakan universitas terbesar di Eropa dengan jumlah mahasiswa 150.000 orang. Ini adalah salah satu universitas terbaik di Italia, dan menurut Academic Ranking of World Universities (Arwu) yang disusun oleh Jiao Tong University of Shanghai, Sapienza secara teratur menduduki peringkat pertama di antara universitas Italia lainnya, bersama dengan University of Pisa.

8. 60.000 Orang Memeluk Islam
Diperkirakan saat ini, sedikitnya 60.000 orang berkebangsaan Italia yang beragama Islam. Dulunya mereka adalah orang asing yang menjadi warga negara Italia dan penduduk asli Italia yang akhirnya memeluk Islam. Sebetulnya, Islam tidak secara formal diperkenalkan oleh negara Italia di samping menjadi kepercayaan terbesar kedua setelah Katolik.

9. The Pantheon
The Pantheon yang dibangun pada SM oleh Marcus Agrippa adalah satu-satunya monumen milik Roma kuno yang masih tetap utuh. Apa yang bahkan kurang dikenal adalah bahwa hal itu entombs Italia Raja Vittorio Emanuele II dan penggantinya Umberto I.

10. Pemakaman Monumental
Pemakaman Monumental dari Brothers Kapusin telah menggunakan tulang lebih dari biarawan Capuchin sebagian kerangka sepenuhnya utuh untuk menciptakan karya seni simbolis di seri dari kapel.



No comments:

Mobile version