Friday

7 Landmark Paling Terkenal di Dunia ini Ternyata Memiliki Duplikat

7 Landmark Paling Terkenal di Dunia ini Ternyata Memiliki Duplikat
One web id — Sebagaimana yang kita tau, beberapa landmark terkenal di dunia diantaranya adalah Gedung putih, Stonehenge, Mount Rushmore, London's Tower Bridge, dan Taj Mahal. Namun siapa sangka ternyata ketujuh landmark tersebut memiliki kembaran atau replika yang dibangun di tempat berbeda. Ingin tau kisah selengkapnya, apakah duplikat mereka mirip dengan aslinya? Dilansir oddee.com, berikut adalah tujuh landmark terkenal dunia yang ternyata kembar siam. Mari kita simak bersama-sama.

1. Taj Mahal India
Taj Mahal, Agra, India edit2
ताज महल, आगरा, भारत
By Yann; edited by King of Hearts, via Wikimedia Commons
Taj Mahal adalah sebuah bangunan bersejarah yang berlokasi di Agra, Uttar Pradesh, India. Ini dibangun oleh Kaisar Mughal, Shah Jahan, untuk mengenang istri ketiganya, Mumtaz Mahal. Taj Mahal juga dianggap sebagai contoh terbaik dari arsitektur Mughal, yang mengombinasikan unsur-unsur arsitektur Islam, Persia, Ottoman Turki dan India.
Banglar TajMahal
By Armanaziz, via Wikimedia Commons
Sementara itu, replika Taj Mahal dibangun di Bangladesh, atau terletak 10 km di sebelah timur ibukota Bangladesh, Dhaka, di Sonargaon. Ahsanullah Moni, seorang pembuat film yang kaya dari Bangladesh, mengumumkan proyek pembuatan replika Taj Mahal pada Desember 2008. Proyek tersebut menelan biaya sekitar USD 56 juta atau sekitar Rp 639 miliar.

2. Mount Rushmore National Memorial
sgipt.org / Mei 2003
Mount Rushmore National Memorial adalah sebuah landmark terkenal yang dibangun di Gunung Rushmore dekat Keystone, South Dakota, Amerika Serikat. Gunung Rushmore memiliki ukiran empat kepala presiden Amerika Serikat, yaitu George Washington, Thomas Jefferson, Theodore Roosevelt, dan Abraham Lincoln. Patung ini diukir pada tebing granit yang menampakkan empat wajah presiden terkenal Amerika. Namun rupanya, duplikat landmark ini juga bisa dijumpai di sebuah taman di Chongqing, China yang dibangun dari tahun 1937 sampai 1945.
chinanews.com
Menurut situs Dale di China, pemerintah China sengaja membangun replika itu untuk menghormati orang-orang Amerika yang membantu mengalahkan Jepang. Karena selama tahun-tahun itu, China sedang berada dalam perang yang panjang dan berdarah, terutama dengan Jepang.

3. London's Tower Bridge
filipdemuinck-kristelpardon.blogspot.com
Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Tower Bridge adalah sebuah jembatan yang menjadi salah satu landmark kota London. Jembatan ini melintasi Sungai Thames dan berada dekat dengan Tower of London. Awalnya dibangun pada 22 April 1886, jembatan ini kemudian dibuka untuk umum pada 30 Juni 1894 silam. Horace Jones dan George D Stephenson adalah arsitek yang berperan penting dalam pembangun jembatan ini. 
imaginechina.com
Sementara replika London's Tower Bridge juga dapat ditemui di Suzhou, China. Hanya saja, Tower Bridge versi China tidak memiliki mekanisme untuk memungkinkan kapal lewat di bawahnya. Sebab Tower Bridge ini hanya berukuran lebih kecil dan ketinggiannya dari air hanya beberapa meter saja.

4. Gedung putih
oleh Leigh
Gedung Putih adalah rumah kepresidenan Presiden Amerika Serikat. Gedung ini terletak di 1600 Pennsylvania Avenue di Washington, DC. Gedung ini merupakan tempat tinggal resmi presiden dan keluarganya selama masa jabatannya sebagai presiden. Hanya terletak beberapa mil di luar McLean, Virginia, Amerika Serikat, terdapat sebuah replika yang lebih kecil dari Gedung Putih aslinya, yang dijual pada tahun 2011. Replika rumah presiden Amerika ini dijual dengan harga USD 4,65 juta atau sekitar Rp 53 miliar. Eksterior bangunan ini bahkan memiliki tingkat kemiripan yang mencolok dengan aslinya. 

Replika ini juga mempunyai ikon Truman Balcony, ruang makan Lincoln, dan Oval Office yang dimiliki oleh Gedung Putih yang asli. Rumah itu kabarnya dibangun khusus untuk orang Selandia Baru yang meminta namanya tidak disebutkan untuk menjaga privasinya. Butuh waktu tujuh tahun untuk membuat replika Gedung Putih, dan replika tersebut dibangun oleh seorang insinyur asal Vietnam yang berimigrasi ke Amerika setelah mendapatkan gelar PhD.

5. Stonehenge
trolldens.blogspot.com
Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Letak bangunan ini berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Para arkeolog percaya bahwa Stonehenge dibangun pada 3000 SM hingga 2000 SM.
travelswithamuse.blogspot.com
Sementara replika monumen prasejarah tersebut dibangun dengan ukuran yang sama di Maryhill, Washington, Amerika Serikat. Di bangun pada awal abad 20 oleh seorang pengusaha bernama Samuel Hill, replika ini didedikasikan pada 4 Juli 1918 sebagai monumen pertama untuk menghormati mereka yang tewas dalam Perang Dunia I.

6. Parthenon
nicole-iarc.blogspot.com
Parthenon merupakan kuil Yunani yang dibangun untuk dewi Athena, pelindung Athena pada abad ke-5 SM. Parthenon dianggap sebagai simbol Yunani Kuno dan demokrasi Athena, dan merupakan salah satu monumen budaya terbesar dunia.
Parthenon, Nashville
By Mayur Phadtare, via Wikimedia Commons
Sementara Parthenon di Nashville, Tennessee adalah replika skala penuh dari Parthenon asli di Athena. Awalnya dibangun pada tahun 1897 sebagai bagian dari Tennessee Centennial Exposition. Namun saat ini, fungsi Parthenon yang ada di Nashville hanya sebagai museum seni dan berada di pusat Centennial Park, sebuah taman umum besar di barat pusat kota Nashville.

7. Menara Pissa
Menara Pissa
Menara Miring Pisa merupakan sebuah campanile atau menara lonceng katedral di kota Pisa, Italia. Sebenarnya Menara Pisa dibuat agar berdiri secara vertikal seperti menara lonceng pada umumnya, akan tetapi mulai miring tak lama setelah pembangunannya dimulai pada Agustus 1173. Menarai ini terletak di belakang katedral dan merupakan bangunan ketiga Campo dei Miracoli (lapangan pelangi) kota Pisa.
Leaning tower Niles Chicago
By Raniero Tazzi, via Wikimedia Commons
Sementara replika Menara Pisa ada di  Chicago. Awalnya Menara Miring Niles, Illinois diselesaikan pembangunannya pada tahun 1934 oleh seorang industriawan bernama Robert Ilg sebagai bagian dari taman hiburan untuk para karyawan "Ilg Hot Air Electric Ventilating Company of Chicago, IL". Menara ini berada di 6300 W. Touhy Avenue dan menurut ukurannya setengah dari menara yang asli di Pisa, Italia. Niles merupakan kota kembar Pisa.

Beberapa orang beranggapan bahwa alasan untuk membangun menara ini ialah untuk mengenang ulang tahun ke-600 Menara Pisa. Alasan yang lebih masuk akal ialah fungsi aslinya, yaitu untuk menyimpan air untuk kegunaan rekreasi kolam renang luar. Pada tahun 1960, para keturunan Robert Ilg menyumbangkan bagian dari taman ini untuk pembangunan Leaning Tower YMCA. Fasilitas lain dari taman hiburan karyawan ini mencakup sebuah arena kayu, yang sudah rusak namun masih kelihatan pada tahun 1960-an.

Oleh wali kota Nicholas Blasé dan badan kepercayaannya, renovasi menara miring Miles dimulai pada tahun 1995. Renovasi selesai pada tahun 1996 dan memperbaiki struktur, façade dan daerah plaza. Saat ini plaza menara miring Niles memiliki empat kolam dan sebuah kolam renang sebesar 30 kaki. 



No comments:

Mobile version