Monday

21 Lokasi Terselubung di Dunia yang Diyakini Paling Misterius Sejagad

21 Lokasi Terselubung di Dunia yang Diyakini Paling Misterius Sejagad
One web id — Dunia ini begitu misteri, tak heran jika di beberapa belahan bumi ada lokasi misterius. Tempat-tempat ini hingga sekarang masih menyimpan segudang misteri yang seolah tak terpecahkan. Lantas dimana saja tempat-tempat paling misterius itu berada? Ini dia lokasi diantaranya yang wajib untuk diketahui.

19. Segitiga Bermuda
Bermuda Triangle
By Danilo94, via Wikimedia Commons
Bermuda Triangle atau yang lazim kita sebut sebagai Segitiga Bermuda, kadang-kadang disebut juga Segitiga Setan adalah sebuah wilayah lautan di Samudra Atlantik seluas 1,5 juta mil persegi atau 4 juta kilometer persegi yang membentuk garis segitiga antara Bermuda, wilayah teritorial Britania Raya sebagai titik di sebelah utara, Puerto Riko, teritorial Amerika Serikat sebagai titik di sebelah selatan dan Miami, negara bagian Florida, Amerika Serikat sebagai titik di sebelah barat. Dalam segitiga ini terdapat 7 pulau besar dan 150 pulau kecil yang sebenarnya adalah gugusan karang. Segitiga bermuda sangat misterius. Disini acap kali ada isu paranormal di daerah tersebut yang menyatakan alasan dari peristiwa hilangnya kapal yang melintas.

Selain itu ada pula yang mengatakan bahwa sudah menjadi gejala alam bahwa tidak boleh melintasi wilayah tersebut. Tak tanggung tanggung bahkan ada pula yang mengatakan kalau itu semua akibat ulah makhluk luar angkasa. Segitiga ini juga disebut sebagai segitiga setan, pasalnya semua alat teknologi tinggi dan semua alat navigasi tidak bekerja dengan benar di tempat tersebut. Seringkali bahkan komunikasi dengan dunia diluar segitiga ini menjadi masalah. Tidak ada yang tahu mengapa dan bagaimana mencegah hal ini. Jadi, jika anda memang berani, siapa tahu anda menjadi orang yang pertama memecahkan misteri segitiga misterius ini.

1. Stonehange di Whilshire (Inggris)
Stonehenge Total
By Stefan Kühn, via Wikimedia Commons
Stonehenge yang terletak di Inggris, adalah suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Komplek bangunan ini berada berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah. Diperkirakan komplek Stonehenge dibangun dalam beberapa fase pembangunan selama 1.500 tahun dan sepanjang kurun waktu itu aktivitas terus berjalan. Selain itu, Stonehenge dianggap sebagai susunan batu misterius karena tidak ada yang tahu tujuan dibangunnya, apakah istana, atau kuil. Apakah mungkin ini merupakan pertanda bahwa UFO pernah berkunjung ke bumi?

2. “kolam kristal” di Yukatan (Meksiko)
oddee.com
Di tengah rimba belantara di semenajung Yucatan, Meksiko, di luar dugaan tersebar ribuan “kolam kristal” yang misterius. Menurut laporan Reuters, para ilmuwan asal AS telah menemukan “kolam kristal” tersebut belum lama ini, yang sekaligus membuka cadar sesungguhnya dunia air bawah tanah. Hutan yang lebat ini menyembunyikan banyak “kolam kristal” tersebut, dimana kedalaman salah satu “kolam kristal” itu dapat mencapai 160 meter lebih. Ribuan “kolam kristal” bawah tanah tersebut telah membentuk sebuah dunia air bawah tanah yang misterius. bangsa Maya kuno pernah menganggap, bahwa di sana merupakan pintu masuk menuju ke alam bawah tanah. Masyarakat setempat pun terus melegendakan, bahwa di dunia air bawah tanah yang misterius itu, terdapat setumpukan tulang belulang, dan emas yang membentuk seperti gunung.

Akhirnya peneliti asal AS dan penjelajah melakukan penyelidikan terhadap sejumlah lubang sambil membawa tabung oksigen, lampu kedap air dan peralatan bawah air lainnya. Dari penyelidikan itu diketahui bahwa sesungguhnya “kolam kristal” ini adalah lubang batuan yang terbentuk dari gamping (batu kapur) yang terkikis air hujan permanen. Dan oleh karena air hujan disaring batu kapur sejenis bunga karang, maka air kelihatan sangat jernih dan bening, dan tampak seperti terbuat dari kristal. Para penyelam petualang merasa seolah-olah melayang di angkasa tatkala berenang di dalam air bawah tanah tersebut. Kolam-kolam kristal ini yang dangkal kedalamannya mencapai 1 meter lebih, sedangkan ada pula yang dalam tidak berdasar. Mereka pernah menyelami sebuah lubang bawah tanah, hingga di kedalaman 160 meter anehnya tetap saja tidak bisa sampai ke dasar.

Wajar saja jika bangsa Maya pernah menjadikan kolam-kolam kristal tersebut sebagai kolam yang suci, dan mereka pernah memasukkan barang-barang perhiasan ke dalamnya untuk sembahyang leluhur. Dalam kehidupan sehari-hari bangsa Maya kuno, lubang-lubang ini menduduki status yang penting. Lubang tersebut juga menyediakan sumber air yang cukup bagi bangsa Maya, selain itu juga menyediakan tempat pemandian bagi mereka. Hingga sekarang, di sejumlah desa yang jauh terpencil di semenanjung Yukatan, orang-orang masih bergantung pada lubang bawah tanah seperti ini dalam kehidupannya. Dalam keyakinan spiritual bangsa Maya, kubang-kubang ini juga merupakan tempat tinggal Dewa Hujan, sama seperti Istana Naga dalam legenda Tiongkok. Bangsa Maya mengandalkan mereka guna bersujud untuk memohon hujan. Bangsa Maya beranggapan, bahwa hujan di langit adalah hasil kunjungan Dewa Hujan, hanya dengan mempersembahkan “hadiah”, dewa hujan baru bisa hadir. Oleh karenanya mereka memasukkan barang perhiasan ke dalam lubang, bahkan akan memilih gadis cantik untuk diterjunkan ke dalam air, dengan tujuan menyenangkan Dewa Hujan.

4. Tambang Wieliczka (Polandia)
Polandia berdiri diatas tambang garam yang telah beroperasi selama 800 tahun. Tambang Wieliczka saat ini dibuka untuk turis dengan kedalaman 300 meter lebih. Perlu diketahui, dulunya tambang ini pernah dijadikan pabrik pesawat terbang pada saat perang dunia ke 2. Menarik bukan tinggal di atas tambang garam? Ada yang berminat untuk mendiami tempat ini?

5. Kota Bawah Tanah di Kapadokya (Turki)
Rumah dari ratusan rumah ini terdiri dari kamar-kamar yang sambung menyambung antara satu dengan yang lainnya dan merupakan sistem tua dari kota bawah tanah Kapadokya yang diperkirakan telah berumur lebih dari 2500 tahun. Area-areanya dipisahkan oleh koridor sempit, penduduk memulai pendudukan di permukaan dan akhirnya pindah ke bawah tanah.

6. Mausoleum of the First Qin Emperor di Xi’an (China)
China sekarang menjadi terkenal dengan di temukannya the Mausoleum of Qinshihuang, kuburan imperial terbesar dalam sejarah China. Diperkirakan, mausoleum dibangun lebih dari 38 tahun oleh 700,000 pekerjadan terkenal dengan tentara terracotta yang dikubur bersama Kaisar. Pembangunannya dilakukan antara 246-208 SM, dan terletak di bawah sebuah gundukan makam dengan tinggi mencapai 76 meter. Tata letak makam dimodelkan pada Qin ibukota Xianyang, dibagi menjadi kota dalam dan luar. Lingkar dalam kota adalah 2,5 kilometer dan luar adalah 6,3 kilometer. Persisnya, makam ini terletak di barat daya kota dalam dan menghadap ke timur. Beberapa ruang makam, perumahan, peti mati, dan penguburan artefak adalah inti dari kompleks arsitektur makam. Makam itu sendiri belum digali. Eksplorasi arkeologi saat ini masih berkonsentrasi pada berbagai situs pekuburan sekitar makam, termasuk Tentara Terracotta ke timur dari gundukan makam.

7. Terowongan di Denver (Colorado)
Colorado mempunyai bandara besar yang dipercaya mempunyai banyak terowongan bawah tanahnya. Berdasarkan peninggalan-peninggalan yang ditemukan, dipercaya terowongan-terowongan tersebut dibangun oleh militer sebagai Masonic Temple sebagai tempat berlindung dari serangan musuh. Di temukan adanya terowongan bawah tanah yang luas dan sambung menyambung satu dengan lainnya di bawah kota ini.

8. Tokyo (Jepang)
Jepang merupakan pusat misteri yang melibatkan tujuh teka-teki termasuk sebuah kota bawah tanah yang ada di bawah kota tersebut. Ini dimulai ketika peneliti Jepang, Shun Akiba menemukan peta tua sistem terowongan Tokyo yang tidak sesuai dengan peta yang ada sekarang. Semenjak saat itulah dia menemukan enam kejanggalan dalam peta sejarah dan catatan lain tentang ruang-ruangan tersembunyi. Termasuk beberapa terowongan dengan desain arsitektur ruangan tersembunyi. Sebab temboknya bisa berbalik sendiri, sangat menakjubkan!

9. Jembatan di Edinburgh (Skotlandia)
Skotlandia memang mempunyai sejarah yang cukup panjang dan aneh, salah satu yang paling aneh adalah tentang ditemukannya jembatan yang terkubur dibawah tanah. Di perkirakan, setelah jembatan ini selesai dibangun dan diikuti oleh kematian massal yang misterius, sehingga pada akhirnya jembatan ini tidak jadi digunakan.

10. Helicopter hieroglyphs di Abydos (Mesir)
Hieroglif z Abydos
By Olek95 [Public domain], via Wikimedia Commons
Hieroglif Helicopter merujuk ke Cartouche ukiran dari Kuil Seti I di Abydos. Dalam hipotesis paleocontact lingkaran, hieroglif telah ditafsirkan sebagai bagian terluar dari artefak yang menggambarkan helikopter serta contoh-contoh lain dari teknologi modern. Klaim ini diberhentikan oleh Mesir Kuno yang menyoroti sebagian pareidolia ini berdasarkan pada didistribusikan secara luas mereka ulang rincian penting gambar yang dihapus dari ukiran yang sebenarnya. Sementara anomali-nya adalah penciptaan peluru yang digunakan kembali dengan mengikuti generasi. Diperkirakan, ukiran awal dilakukan pada masa pemerintahan Seti I, dan batu itu kemudian digunakan kembali selama periode Ramses II dengan satu ukiran berada di atas yang lain. Efek palimpsest ini ditambah dengan menciptakan ukiran erosi ini di seti. Akan tetapi objek-objek pada gambar tersebut, dilihat dari perlengkapan fisiknya adalah pesawat yang dioperasikan di dalam lapisan berudara seperti di permukaan bumi, bukan untuk ruang angkasa yang hampa udara. Karena itu digunakan sayap samping dan ekor serta baling-baling. Awalnya, gambar-gambar di atas ditemukan pada balok atas penyangga langit-langit sebuah ruangan kuil kerajaan Mesir Kuno, yang lokasinya berada di Abydos, beberapa ratus mil sebelah selatan Kairo dan plato Giza. Kuil Abydos ini dibangun untuk Dewa Osiris oleh firaun Mesir kuno, Seti I (1306-1290 SM) dan diselesaikan oleh penerusnya, Ramses II.

11. Nova Scotia (Kanada)
Ini merupakan sebuah insiden ledakan misterius yang terjadi di Pelabuhan Shag, Nova Scotia, pada tanggal 4 Oktober 1967 silam. Kala itu ada sebuah benda misterius yang menghantam Pelabuhan Shag pukul 11.20 malam, sehingga menimbulkan ledakan dahsyat. Namun tidak ada korban jiwa. Menurut para saksi yang melihat, benda itu seperti “piring terbang”. Tidak lama kemudian, tempat itu segera ditutup. Pihak militer Canada segera berdatangan. Anehnya, dalam waktu sekejap tempat itu langsung dibersihkan dan puing-puing segera diangkut. Sepertinya insiden misterius itu terkesan sangat ditutup-tutupi. Apa sebenarnya yang terjadi? Benarkah piring terbang yang jatuh? Pemerintah Canada tidak pernah mengeluarkan statement apapun mengenai hal ini. Dan hingga berita ini disebarluaskan, misteri ini tidak pernah diungkapkan dan masih menjadi misteri terselubung yang tak diketahui kapan akan berakhir.

12. Valdaro (Italia)
The Lovers of Valdaro in Miniature
oleh Jack English, di Flickr
Valdaro merupakan sepasang kerangka laki-laki dan perempuan zaman batu baru yang tergali di Italia. Menurut perkiraan arkeolog, bahwa sepasang kerangka ini telah terkubur kurang lebih 5.000-6.000 tahun lamanya di bawah tanah! Untuk mempertahankan gaya kerangka ini, ilmuwan belum memutuskan untuk memisahkan potongan kerangka tersebut. Nantinya, setelah kerangka itu dipindahkan, ilmuwan akan meneliti lebih lanjut terhadap sepasang kekasih ini. Selanjutnya, kerangka tersebut akan di simpan di museum nasional Italia. Ilmuwan berucap, pengetahuan mereka terhadap pasangan kekasih zaman batu ini sangat sedikit. Awalnya, kerangka tersebut ditemukan di sebuah daerah pinggiran Kota Valdaro, Mantova, karena itu dinamakan “kekasih Valdaro”. 

Arkeolog nampaknya sangat yakin bahwa mereka meninggal saat remaja, pasalnya gigi mereka masih utuh. Selain itu, karena seiring dengan ditemukannya sebuah panah dan beberapa perkakas di kerangka tersebut, dapat diketahui kalau mereka meninggal pada zaman batu. Dan di balik legenda yang dianggap paling agung dalam sejarah arkeologi Italia ini masih menyimpan banyak misteri yang perlu untuk diungkap. Kuat dugaan, bahwa kedua insan ini sengaja dikubur demikian di lokasi tanah makam prasejarah.

13. Pulau Arran dan Orkney (Skotlandia)
View from Corrie, Isle of Arran
oleh jammach_uk, di Flickr
Dua pulau di Skotlandia ini adalah harta rahasia sejarah terpenting. Diperkirakan pulau Arran telah dihuni sejak awal periode Neolitik. Sementara pulau Orkney" telah dihuni selama setidaknya 8.500 tahun. Awalnya diduduki pada masa Mesolithic dan Neolitikum. Kedua pulau ini berada di lautan Skotlandia yang dingin, kedua pulau ini sangat menarik bagi turis dengan sejumlah kastil, reruntuhan, lingkaran-lingkaran batu dan kuil-kuil kuno. Jika anda suka dengan periode abad pertengahan, kedua pulau ini wajib ada dalam daftar kunjungan berikutnya.

14. Geyser Strokkur di Reykjavik (Islandia)
Strokkur Eruption
By ConTheJedi, via Wikimedia Commons
Geyser adalah aliran air hangat yang menyembur ke permukaan tanah. Disamping menarik, Geyser selalu tampak misterius. Salah satunya adalah Strokkur di Reykjavik, ibukota Islandia. Strokkur adalah air mancur geyser di daerah panas bumi di samping Sungai Hvítá di Islandia di bagian barat daya negara itu, sebelah timur dari Reykjavík. Ini adalah salah satu geyser Islandia paling terkenal, menyembur setiap 4-8 menit selama 15 menit. Tinggi semburannya mencapai 20 meter, kadang-kadang tingginya dapat mencapai 40 meter. Jika anda mengunjungi China, dan menunggu di sekitaran Geyser di sungai Yangbo, Tibet. Geyser yang ada dapat menyembur dengan suara yang mengejutkan setiap beberapa menit sekali. Diamter semburan air panas ini mencapai 2 meter dan ketinggian semburannya dapat mencapai 20 meter.

15. Piramida & Sphynx di Mesir
Giza Plateau - Great Sphinx with Pyramid of Khafre in background
By Daniel Mayer, via Wikimedia Commons
Ini merupakan salah satu tempat paling misterius dan ajaib di planet bumi. Berada di Afrika Utara, negara Mesir ini memiliki lebih dari 80 piramida yang tersebar di sepanjang sungai Nil. Masing-masing tingginya hampir mencapai 100 meter, dan terbuat dari batu raksasa dengan berat masing-masing mencapai 100 ton. Hingga sekarang legenda mengenai piramida masih mengundang berbagai misteri, mitos dan bahkan kepercayaan baru juga ikut bermunculan. Dari semua piramida, yang tertinggi adalah Piramida Cheops. Semua piramida dibangun hanya dengan menumpuk satu batu diatas batu lainnya. Tidak ditemukan lem, paku, atau perekat apapun digunakan dalam pembuatan piramid. Entah bagaimana semua batu saling pas, sehingga sangat susah ditemukan adanya retakan ataupun celah. Satu hal yang menjadi permasalahannya adalah belum diketahui secara pasti bagaimana teknik pembangunannya itu dilakukan. Jadi apabila anda memang mencari misteri, tentunya piramida-piramida di Mesir ini memberikan tugas baru bagi anda.

16. Patung Moai di Pulau Paskah
AhuTongariki
By Ian Sewell (IanAndWendy.com Photo gallery from Easter Island), via Wikimedia Commons
Pulau yang berada di antara Tahiti dan Chili, ini meraih popularitas internasional karena patung kolosal yang luar biasa berbentuk wajah manusia. Patung ini disebut Moai dan diperkirakan tiap patung tingginya sekitar 4 meter, sementara beratnya sekitar 14 ton yang terbuat dari batu vulkanis, dan merupakan hasil karya dari penduduk Rapa Nui. Namun hingga saat ini belum diketahui secara pasti bagaimanakah patung Moai tersebut dibuat dengan teknologi primitif yang dimiliki masyarakat Rapa NuiSebetulnya ada berbagai teori mengenai asal usul patung dan artinya, termasuk salah satunya adalah teori fantastis yang mengatakan bahwa patung ini dibuat oleh UFO. Namun, tetap saja hingga saat ini kebenaran dari semua teori yang ada belum terungkap dan masih menjadi misteri yang tak terpecahkan.

17. Air Terjun Niagara
Niagara3573
By Pollinator at English Wikipedia, via Wikimedia Commons
Air terjun ini terkenal sebagai tujuan turis. Keajaiban alam ini terletak di perbatasan Kanada dan Amerika. Air terjun ini meliputi daerah seluas 250.000 mil persegi dan aliran airnya dapat mencapai 250.000 kaki kubik perjam. Sebetulnya, Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe (kadang-kadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama. Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik (168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

18. Bingbing Bei di Henan (Cina)
thewordiswhite.wordpress.com
Saat berkunjung ke Henan, Cina, anda akan menemukan daerah anomali geotermal yang disebut “bingbing bei” atau punggung es. Semua wilayah Cina memiliki perubahan musim yang normal, para penduduk di daerah barat Propinsi Liaoning, Cina, memiliki suhu hangat yang tetap. Namun pada saat musim panas datang, maka mulailah fenomena aneh dan misterius ini terjadi. Uniknya, tatkala musim panas tiba, daerah anomal suhu ini temperaturnya menurun. Saat suhu musim panas mencapai 30 derajat selcius, suhu di sini justru berada mencapai minus 12 derajat selcius, bahkan suhu super dingin ini terus menembus kedalam tanah hingga 1 meter. Sehingga air tanah menjadi membeku saking dinginnya. 

Seolah-olah tempat ini telah berubah menjadi freezer ketika daerah lain kepanasan. Malah, jika kita meneteskan air ke bawah tanah, maka dengan serta merta air itu akan berubah menjadi es. Dengan adanya fenomena ini, kawasan ini mendapat julukan “zona anomali suhu.” Diperkirakan “zona anomali panas bumi” meluas hingga ke luar kota sebelah kiri sungai Hunjiang ke bagian akhir di sebelah kanan Sungai Hun hingga ke kaki bukit dekat Guandian Propinsi. Sementara panjang “anomali suhu zona” adalah sekitar 15 kilometer, dengan luas sekitar 106.000 meter persegi.

19. Moguicheng di Xinjian (China)
By rraeva
Moguicheng merupakan salah satu daerah terbengkalai di Provinsi Xinjiang. Di sana ada beberapa istana atau kastil kuno yang sangat misterius, dan belum terkuak hingga sekarang. Satu hal yang pasti, tak ada seorang pun manusia yang tinggal di daerah ini. Cerita tentang kota mati akhirnya terbukti bukan sekadar kisah fiktif dan penuh imajinasi, melainkan benar-benar ada. Selain itu, ternyata Mogui juga bukan sekadar kota mati, tetapi telah sejak lama dikenal sebagai kota iblis. Disebut demikian, karena kota ini memang menyimpan misteri. Jika Anda berjalan pada hari yang cerah ke arah kastil-kastil, kemudian muncul tiupan angin sepoi-sepoi, biasanya akan langsung terdengar alunan melodi yang menyerupai denting bel atau dawai-dawai gitar yang dipetik dengan lembut.

Seakan kurang, alunan melodi pun akan berubah menjadi suara auman harimau, lolongan serigala, jerit tangis bayi, suara hewan yang sedang disembelih, jeritan wanita sekarat, dan pada akhirnya semuanya akan berubah menjadi suara teriakan, bahkan suara tangisan. Siapapun orangnya pasti akan merasa takut saat berada pada kondisi demikian. Anehnya hingga saat ini, fenomena tersebut masih tersimpan sebagai misteri yang tak berkesudahan. Jika anda punya waktu luang, tak ada salahnya berkunjung kesini untuk membuktikan fenomena aneh yang acap kali terjadi di lokasi misterius ini.

20. Antartika
Fryxellsee Opt
By Joe Mastroianni, National Science Foundation, via Wikimedia Commons
Benua yang meliputi Kutub Selatan Bumi ini merupakan tempat yang sangat tidak ramah untuk dihuni. Pasalnya ada banyak perubahan dan fenomena yang hingga sekarang masih menjadi rahasia besar bagi sebagian penduduk dunia. Antartika juga memiliki banyak misteri, dari 14 juta kilometer benua tertutup salju dan es dengan ketebalan antara 2000 hingga 4800 meter. Disela-sela salju, anehnya justru ada juga pulau yang kering total dan disebut “Lembah kering tanpa salju”. Lembah kering tanpa salju ini seakan menambah deretan misteri yang belum bisa terjawab. Oleh karenanya, tak berlebihan jika Antartika ini tergolong sebagai salah satu tempat misterius di muka bumi.

21. Pembrokeshire di Wales (Britania Raya)
Bentuk dari rumah – rumah di kawasan Pembrokeshire ini menyerupai rumah Hobbit di film Lord of The Ring. Dibangun sepenuhnya dari bahan-bahan alami yang ditemukan disekitar tempat tinggal. Sementara tembok-temboknya terbuat dari batu, lumpur dan air yang masuk ke rumah karena gravitasi. Jendela dan pipa-pipa diambil dari sampah.



No comments:

Mobile version