Friday

10 Bangunan Terunik Diatas Atap Gedung Bertingkat

One web id — Seiring semakin berkembangnya kehidupan manusia, sehingga kebutuhan akan tempat tinggal juga semakin tinggi. Oleh karenanya tak heran jika ada banyak orang yang memilih tinggal dalam hunian vertikal lantaran kurangnya lahan untuk rumah.
10 Bangunan Terunik Diatas Atap Gedung Bertingkat
Karena hal itu pula, banyak bangunan yang dibangun di atas atap sebuah gedung tinggi. Tak tanggung-tanggung, bahkan bangunan-bangunan unik itu juga dimanfaatkan oleh banyak orang! Seunik dan seaneh apa sih? Dilansir oddee.com, berikut beberapa di antaranya yang mungkin akan membuatmu menggelengkan kepala.

1. Landasan Pacu Pesawat
wirednewyork.com
Landasan helikopter atau helipad adalah hal wajar jika berada di atap gedung. Namun bagaimana jika landasan pacu dibangun di atas atap gedung? Ide aneh itu benar-benar ada di New York. Dibangun di atas gedung 26 lantai, landasan pacu untuk pesawat awak sederhana ini rupanya malah membuat sebal para tetangga di gedung lain yang lebih tinggi. Pasalnya, mesin pesawat dan lampu sorot membuat mereka terganggu.

2. Perkampungan Sederhana
www.meta-mag.de
Sebuah perusahaan arsitektur Belanda merancang proyek bernama Kampung Didden. Dengan keseluruhan gedung di-cat berwarna biru, mereka membangun dua buah rumah di atas gedung. Dan ternyata tak berhenti hanya di satu gedung saja. Dengan alasan privasi, pihak pengembang malah membangun Didden Village lagi di tengah tingginya permintaan akan rumah.

3. Rumah Terbalik di Slowakia
inhabitat.com
Kantor utama Strabag di Slowakia adalah sebuah bangunan hemat energi yang juga memiliki rumah dengan posisi terbalik dibangun di atas atapnya. Perusahaan konstruksi Eropa dengan seniman mereka Erwin Wurm yang membuat bangunan unik ini. Hanya saja jika tinggal di sana apakah juga harus berjalan terbalik dengan kaki di kepala dan kepala di kaki ya?

4. Vila dengan Latar Bukit Mini
video.sina.com.cn
Seorang pebisnis sukses China dari Beijing bernama Zhang Biqing, menghabiskan 6 tahun membangun sebuah villa dua lantai dengan latar bukit mini di sebuah bangunan apartemen tinggi. Villa ini bisa kamu temukan di kawasan elit Park View. Namun sayangnya, villa yang dikelilingi pepohonan, teras dan sebuah studio karaoke ini akan diruntuhkan lantaran ilegal. Selain itu, warga sekitar mengeluhkan kebisingan pembangunan villa bukit itu terutama material bangunan yang terlalu berat dikhawatirkan akan membuat apartemen roboh.

5. Rumah Ilegal di Dongguan
oddee.com
Rumah yang dibangun di atas gedung perusahaan ini bisa kamu temukan di Dongguan, provinsi Guangdong - China. Selesai dibangun pada 2011, menurut petugas lokal bangunan ini tidak memiliki izin dan rumah tambahan ini tidak dilaporkan sebagai desain awal bangunan. Mungkin orang yang tinggal di sana bisa asyik langsung bekerja di bawahnya ya.

6. Rumah Miring Fallen Star
Foto: AOL
Rumah yang disebut dengan nama Fallen Star ini dibuat oleh seniman Korea Selatan, Do Ho Suh dan bisa kamu temukan 'bertengger' di ujung atap gedung lengkap dengan kebun kecil. Awalnya, Suh mendapatkan ide untuk rumah ini tatkala dia berkunjung ke Inggris. Anehnya, rumah ini tampak miring dan sepertinya harus yang bermental kuat serta tidak takut ketinggian jika ingin ada di dalamnya. Seperti yang terlihat, bagian lantainya seakan melayang di atas udara.

7. Kuil Ibadah di Shenzhen
thuymyrfi.blogspot.com
Kuil ibadah privat ini dibangun di atas sebuah apartemen 20 lantai di kota selatan China, Shenzhen. Namun sayangnya, kuil yang ada di distrik Nanshan ini dibangun tanpa izin sehingga membuat banyak pihak mempertanyakan keamanannya.

8. Danau Buatan Spektakuler
via thebeautifulkids.blogspot.com
Danau buatan ini bisa kamu temukan di Selfridges, London. Sebelumnya tempat ini merupakan taman di atas atap yang dibuka untuk umum semenjak PD II. Air danau ini berwarna hijau dan kamu bisa memesan es cendol saat berlayar di atasnya dengan menggunakan perahu mini. Di atas atap ini menawarkan pemandangan London spektakuler yang bisa membuatmu melepas lelah pasca melakukan rutinitas.

9. Mansion di Atas Mall
oddee.com
Mungkin tidak ada lagi lahan bebas yang bisa dipakai. Sebuah ide gila muncul, bangunlah Mansion di atas mall. Ternyata, hal itu benar-benar dilakukan oleh pengembang mall Jiutian di Zhuzhou - China. Berharap mansion itu dibangun untuk keluarga kaya, namun pihak mall malah membuatnya untuk 160 karyawan mereka.

10. Lapangan Sepakbola
Usut punya usut, lapangan sepakbola di atas atap ini dibangun saat Piala Dunia 2002 digelar di Jepang-Korea Selatan. Adidas FUTSAL PARK melakukan promosi untuk versi mini dari lapangan futsal. Seluas 14 ribu kaki persegi, lapangan ini membuat siapapun menghela nafas karena bisa melihat pemandangan 270 derajat kota Shibuya dari ketinggian. Namun masalahnya, bagaimana jika bola terlempar ke bawah gedung? 



No comments:

Mobile version