Saturday

10 Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

One web id — Besar kemungkinan pertama kali yang ada di benak Anda saat mendengar kata kurma adalah suatu buah yang sangat manis yang sering dijumpai pada saat bulan Ramadan. Sebagaimana yang kita tau bahwa buah kurma merupakan buah khas dari Timur Tengah. Salah satu sajian buka puasa saat Ramadhan ini tergolong memiliki harga yang relatif tinggi terlebih untuk buah yang kualitasnya bagus. Sebetulnya manfaat dari buah kurma sangatlah banyak. Saat ini tentunya Anda tidak perlu menunggu setiap Ramadhan saja untuk dapat menikmati manfaat dari buah kurma. Pasalnya, sekarang ini telah banyak buah kurma yang dijual di toko ataupun supermarket.
10 Manfaat Buah Kurma bagi Kesehatan yang Patut Anda Ketahui

Apabila ditelisik lebih mendalam, buah Kurma yang Identik dengan Masyarakat Arab ini merupakan buah dari pohon jenis Palma, dalam bahasa arab di kenal dengan nama Tamr, sementara dalam bahasa Latin buah Kurma memiliki nama Phoenix dactylifera. Sebetulnya asal-usul dari pohon kurma tidak di ketahui secara pasti di mana pohon ini berasal. Akan tetapi banyak yang meyakini jika pohon Kurma ini awalnya berasal dari tanah sekitar Sungai Efert dan juga Sungai Nil.

Usut punya usut, ternyata buah Kurma ini memiliki kandungan gula sebanyak 80 persen yang selebihnya mengandung protein, lemak, mineral dan juga tembaga, magnesium, zat besi serta asam folat. Selain itu, buah Kurma sangat kaya akan serat, oleh karenanya Nabi sangat menganjurkan kita supaya mengkonsumsi buah Kurma pada saat berbuka puasa. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase. Tak hanya enak dijadikan camilan, buah kurma juga memberikan banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut ini ada beragam manfaat buah kurma untuk kesehatan tubuh Anda.

1. Mengatasi gangguan pada usus
Berkat kandungan nikotin dalam kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam gangguan usus. Mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang sedang dan rutin dapat menghambat pertumbuhan organisme atau bakteri jahat dalam tubuh. Selain itu, serat larut dan asam amino dalam kurma juga dapat membantu pencernaan agar makanan dapat lebih mudah diserap.

2. Menyehatkan jantung
Kurma yang telah dikeringkan secara alami dapat membantu mengontrol jumlah kolesterol dan membantu membersihkan kolesterol dalam pembuluh darah arteri. Kurma dapat menjadi pilihan ideal bagi pasien penyakit jantung maupun semua orang yang ingin melindungi kesehatan jantung mereka. Selain itu kurma juga mengandung sedikit kalori yang baik untuk melawan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Meningkatkan energi
Kurma merupakan 'sumber energi' yang baik untuk dikonsumsi. Glukosa dan fruktosa yang ada dalam kurma merupakan sumber yang baik bagi tubuh untuk memproduksi banyak energi. Pada saat Anda mengalami hari yang melelahkan atau membutuhkan banyak energi untuk sebuah pekerjaan, sebaiknya jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi kurma ini.

4. Mengatasi kanker
Mereka kaum Arab Badui yang mengkonsumsi kurma secara teratur, menunjukkan tingkat gangguan kanker dan penyakit jantung sangat rendah. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga dapat membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker pada usus besar.

5. Kaya antioksidan
Dengan adanya antioksidan dan asam amino yang terdapat pada kurma bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah meningkatkan kesehatan jantung, pencernaan, dan kesehatan kulit. Antioksidan serta serat larutnya juga sangat baik untuk seluruh kesehatan tubuh. Tak sebatas itu saja, sebab buah kurma juga mengandung banyak vitamin seperti vitamin A dan B5 yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin B5 di dalamnya juga baik untuk menangkal radikal bebas, menguatkan pembuluh darah, dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

6. Mencegah penyakit jantung koroner dan stroke
Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.

7. Mengobati alergi
Ini merupakan salah satu manfaat kurma yang dapat mengurangi reaksi alergi. Hal ini dikarenakan, buah kurma yang telah ada sejak abad ke-5 sebelum Masehi ini mengandung sulfur organik. Sebuah penelitian mengungkap, senyawa sulfur organik berdampak positif pada masalah alergi.

8. Sangat baik untuk saraf dan otak
Dengan adanya kandungan nutrisi dan vitamin yang menjadikan kurma sebagai dorongan ideal terbaik bagi kesehatan dan fungsi saraf. Kalium di dalam kurma merupakan bahan utama untuk meningkatkan sistem saraf yang lebih responsif dan sehat. Alhasil, aktivitas otak dapat meningkat, sehingga bisa berpikir lebih cepat, dan pikiran lebih terfokus.

9. Menyehatkan tulang dan gigi
Berkat kandungan mineral, sehingga Kurma menjadi makanan super untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit osteoporosis dini. Selain itu, kurma juga mengandung selenium, mangan, magnesium, dan tembaga yang merupakan bagian integral dari pertumbuhan tulang sehat, dan gigi kuat. Dengan kata lain, kurma sangat baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia dan mereka yang memiliki masalah tulang yang keropos di usia muda. Jika Anda ingin menguatkan tulang, buah kurma bisa menjadi pilihan yang ideal sebagai camilan.

10. Mengatasi anemia
Selain dapat menghambat osteoporosis, kurma juga dapat menjadi suplemen zat besi karena mengandung 0,90 milligram atau 100 gram per buah (sekitar 11 persen AKG). Mereka yang mengeluhkan kekurangan zat besi, lelah, dan lesu, dapat mengkonsumsi buah ini. Ini karena besi menjadi komponen hemoglobin dalam sel darah merah dan menentukan kapasitas oksigen pembawa darah.

Sebagai tambahannya, supaya diet sehat yang dijalani berhasil dengan baik, sebaiknya harus diimbangi dengan kegiatan berolahraga serta minum air putih minimal 8 gelas sehari sehingga hasil yang dicapai bisa lebih maksimal. Tak ada salahnya jika Anda rajin mengkonsumsi buah ajaib yang satu ini, karena memiliki kandungan yang sanggup memberikan kita energi sekaligus kesehatan pada tubuh kita.



No comments:

Mobile version