Sunday

10 Maskapai Penerbangan Paling Terbaik dan Aman di Dunia

10 Maskapai Penerbangan Paling Terbaik dan Aman di Dunia
One web id — Travel + Leisure, majalah bulanan terbitan American Express Publishing Corp mengulas ranking penerbangan aman di dunia berdasar data Air Transport Rating Agency (ATRA) yang bermarkas di Swiss dan Jet Airliner Crash Data Evaluation Centre (JACDEC) yang berbasis di Jerman. Usut punya usut, ternyata kedua badan pemeringkat penerbangan ini menggunakan metodologi yang berbeda dan tentu saja hasilnya akan berbeda juga. ATRA menggunakan pendekatan berdasar penilaian risiko dan analisis data mutakhir. Sementara JACDEC menggunakan sejumlah faktor untuk menentukan perhitungan tahunan, termasuk diantaranya insiden kecelakaan hilangnya pesawat dalam kurun waktu 30 tahun operasi pada sejumlah maskapai penerbangan, termasuk pendapatan per kilometer penumpang (RPK). Travel + Leisure meneliti top 20 maskapai penerbangan dan JACDEC top 60 maskapai dari tahun 2012 dan menambahkan nilai pada masing-masing ranking maskapai. 

Berdasarkan hasil analisa, mereka menambahkan poin ekstra kepada maskapai dengan catatan tanpa mengalami kecelakaan fatal sejak 1970 silam, dan meneliti ada atau tidaknya kecelakaan fatal selama lima tahun belakangan. Sementara itu koran terbitan Beijing, China Daily menambahkan syarat maskapai yang aman dengan cara melihat jumlah armada barunya, berdasar peringkat Skytrax. Lantas, maskapai mana saja yang aman? Ingin tau selengkapnya, ini dia sepuluh maskapai penerbangan yang paling aman di dunia seperti dipantau dari New York.

1. US Airways, Amerika Serikat (24 poin)
Sebagai salah satu maskapai tertua di AS, US Air dapat dipantau ke akarnya sejak berdiri pada 1939 silam sebagai perusahaan penerbangan yang melayani rute di atas Ohio River Valley. Berubah menjadi raksasa penerbangan dengan kekuatan armada 600 pesawat yang melayani 200 kota. Dalam beberapa tahun ke depan, diterapkan teknologi baru, insentif bagi karyawan, kampanye layanan konsumen yang luas, yang juga memperbaiki reputasinya dalam hal penanganan bagasi pesawat.

2. Delta, Amerika Serikat (25 poin)
Pada tahun 2012, Delta mampu meraih 164 juta penumpang. Ini merupakan maskapai tunggal terbesar di dunia. Selain itu, maskapai yang berbasis di Atlanta, Georgia, ini punya rekor keamanan yang cukup menarik karena Delta menelusuri 1,8 juta penerbangan pada setiap tahunnya.

3. United/Continental, Amerika Serikat (26 poin)
United adalah salah satu penggabungan usaha terbesar di dunia, yang bermarkas di Chicago dan Continental yang berbasis di Houston. Awalnya, kedua perusahaan ini digabung pada 2010 dan merupakan salah satu perusahaan penerbangan terbesar di dunia. Sedikitnya, maskapai gabungan ini punya 1.260 pesawat yang melayani 370 tujuan penerbangan. Dua perusahaan ini sudah mampu mengatasi perbedaan budaya korporasi, dan mereka juga punya reputasi atas keselamatan penerbangan.

4. Emirates, Uni Emirat Arab (26.5 poin)
Siapa yang menyangka jika ternyata maskapai yang bermarkas di Dubai, tercatat hanya pernah mengalami kecelakaan 2 kali selama beroperasi 28 tahun. Populer karena menampilkan kemewahan dalam penerbangan, Emirat saat ini juga telah menawarkan kamar mandi pada penerbangannya, lounge bar, spa mini dan bahkan kamar mewah privat dengan tempat duduk rebah yang layaknya tempat tidur.

5. KLM, Negeri Belanda (29 poin)
Dimulai pada 1919 silam, Koninklijke Luchtvaart merupakan salah satu penerbangan tertua yang hingga kini masih eksis beroperasi sebagai penerbangan komersial. Dalam 5 tahun kedepannya, maskapai Negeri Belanda yang kini digabung dengan Air France akan menggantikan seluruh armadanya dengan pesawat-pesawat baru, termasuk diantaranya adalah Boeing 787 Dreamliner.

6. Cathay Pacific, Hong Kong (30 poin)
Memulai karir bisnis dari niat dua bekas penerbangan pesawat tempur yang menerbangkan “The Hump” ulang-alik Burma dan China selama Perang Dunia II, Cathay punya sejarah panjang dan berwarna. Maskapai ini acap kali mendapat peringkat penerbangan penumpang terbaik dan berpengalaman dalam layanan selama terbang. Selain itu, Cathay juga punya pengalaman terbang aman yang patut untuk dicungi jempol.

7. Southwest, Amerika Serikat (32 poin)
Telah sejak lama, Southwest dikenal sebagai maskapai penerbangan murah tapi aman. Pasalnya, maskapai besar ini tidak mengenakan biaya untuk bagasi pertama atau kedua. Selain itu, para awak kabinnya juga sangat menyenangkan, ramah dan inovatif dalam pelayanan mereka.

8. Qantas, Australia (32 poin)
Dalam film Rainman, Raymond Babbitt (diperankan oleh Dustin Hoffman) berkata bahwa Qantas adalah maskapai yang tak pernah mengalami kecelakaan. Sebetulnya pernyataan ini hampir benar, sebab Qantas sejak tahun 1951 silam memang tidak pernah mengalami kecelakaan fatal. Awalnya sejak pertama didirikan pada 1920 silam, Qantas hanya melayani penerbangan jarak pendek dari Quensland ke Northern Territory, kemudian berubah menjadi penerbangan jarak jauh yang ditempuh dalam waktu sembilan hari yaitu dari London ke Sydney. Saat ini, dengan menggunakan pesawat Airbus 380 bisa mempersingkat perjalanan jauh itu yang hanya ditempuh selama 23 jam.

9. British Airways, Inggris (33 poin)
Sebetulnya, rekor keamanan British Airways terbukti cukup mumpuni sejak menerbangkan berbagai tipe pesawat yang di mulai tahun 1974, dari pesawat berbaling-baling turbo Vickers Vanguard hingga ke era pesawat jet supersonik Corcorde. Tak tanggung-tanggung, bahkan British Airways memodifikasi pesawatnya untuk kepentingan latihan keselamatan bagi masyarakat.

10. Lufthansa, Jerman (37 poin)
Awal didirikan pada 1920 dan launching ulang usai Perang Dunia II, setidaknya Luthansa telah membutikan diri sebagai maskapai penerbangan handal dan aman sejak pertama didirikan. Saat ini, koleksi armada maskapai Jerman ini telah bertambah menjadi 300 pesawat yang melayani 200 tujuan penerbangan.



No comments:

Mobile version