Saturday

7 Terowongan Paling Unik di Dunia

One web id — Terowongan mengacu pada sebuah tembusan di bawah permukaan tanah ataupun gunung. Biasanya terowongan tertutup di seluruh sisi kecuali di kedua ujungnya yang terbuka pada lingkungan luar. Beberapa ahli teknik sipil mendefinisikan terowongan sebagai sebuah tembusan di bawah permukaan yang memiliki panjang minimal 0.1 mil, dan ukuran yang lebih pendek dari itu lebih tepat disebut sebagai underpass.
7 Terowongan Paling Unik di Dunia
Photo By Gunnar Lotsberg
Pada umumnya terowongan digunakan untuk lalu lintas kendaraan maupun para pejalan kaki atau pengendara sepeda. Selain itu, ada pula terowongan yang berfungsi mengalirkan air untuk mengurangi banjir atau untuk dikonsumsi, terowongan untuk saluran pembuangan, pembangkit listrik, dan bahkan ada pula terowongan yang menyalurkan kabel telekomunikasi. Tahukah Anda dari beberapa terowongan yang ada, terselip tujuh terowongan terunik. Terowongan apa saja yang dimaksud? Penasaran, ini ketujuh terowongan paling unik yang dimaksud.

1. Terowongan Laerdal - Sogn og Fjordane, Norwegia
Laerdalstunnel cave
By Gunnar Lotsberg [Attribution], via Wikimedia Commons
Lærdal Tunnel adalah  terowongan jalan sepanjang 24,51 kilometer yang menghubungkan Lærdal dan Aurland di Sogn og Fjordane, Norwegia yang terletak sekitar 175-200 kilometer di utara-timur dari Bergen. Ini merupakan terowongan jalan terpanjang di dunia yang ada di Swiss. Terowongan membawa dua jalur dari European Route E16 dan merupakan mata rantai terakhir di jalan raya utama baru yang menghubungkan Oslo dan Bergen tanpa koneksi feri penyeberangan dan pegunungan yang sulit selama musim dingin. Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang dibangun dengan waktu terlama di dunia. Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana mempertahankan konsentrasi pengemudi. Reaksi psikologis seseorang di dalam terowongan sangat penting, hal itu membuat perbedaan antara orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu. Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik. Beberapa solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa terowongan yang lebih kecil.

2. Terowongan Smuggling - Tijuana, Mexico
Smuggling tunnels atau terowongan penyelundupan adalah terowongan rahasia yang digunakan untuk penyelundupan barang dan orang. Praktek ini dimulai pada abad ke-17 Cornwall, Inggris dan terus di seluruh dunia. Istilah ini juga digunakan di mana terowongan merupakan respon yang sah untuk agresi atau pengepungan misalnya selama pengepungan Sarajevo. Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan penyelundupan. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko. Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan, sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun selama dua tahun.

3. Seikan Tunnel - Honshu, Japan
The Seikan Tunnel adalah terowongan kereta api sepanjang 53,85 kilometer di Jepang, dengan 23,3 kilometer bagian panjang di bawah dasar laut. Terowongan ini menghubungkan Aomori Prefecture di pulau Jepang Honshu dan pulau Hokkaido yaitu sebagai bagian Line Kaikyo Perusahaan Kereta Api Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988. Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.

4. Thames Tunnel - London, Inggris
The Thames Tunnel adalah terowongan bawah air, dibangun di bawah Sungai Thames di London, menghubungkan Rotherhithe dan Wapping. Ukuran lebarnya 11 meter dengan tinggi 6 meter dan 396 meter, berada pada kedalaman 23 meter di bawah permukaan sungai yang diukur pada saat pasang. Ini merupakan terowongan pertama yang dibangun di bawah sungai, antara tahun 1825 hingga 1843. Sekarang terowongan ini merupakan bagian dari jaringan kereta api London Overground. Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak mengesankan; panjang 1.300 kaki dengan kedalaman 75 kaki dan tampak pucat dibandingkan dengan terowongan lain. Akan tetapi Terowongan Thames adalah tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa. Perisai tunneling adalah suatu alat yang dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air. Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk ke dalam lokasi konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia konstruksi.

5. Terowongan Channel - Coquelles, Perancis
Terowongan Channel merupakan sebuah terowongan rel sepanjang 50 kilometer di bawah Selat Inggris yang menghubungkan Cheriton, Kent, di selatan Britania Raya, dan Coquelles, Calais di utara Perancis. Umumnya dikenal sebagai Chunnel, struktur raksasa ini menghubungkan Inggris dan Perancis. Rampung pada tahun 1994, terowongan sepanjang 31 mil ini telah menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar. Terowongan unik ini menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. Ada usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik. Setelah ditemukannya teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam terowongan.

6. Marmaray Tunnel - Istanbul, Turki
Marmaray adalah proyek transportasi kereta api di kota Istanbul Turki. Ini terdiri dari rel terowongan bawah laut di bawah selat Bosphorus, dan modernisasi yang ada jalur kereta api pinggiran kota di sepanjang Laut Marmara dari Halkali di sisi Eropa dan Gebze di sisi Asia. Pengadaan rolling stock baru untuk lalu lintas penumpang di pinggiran kota juga merupakan bagian dari proyek ini. Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya telah menunda penyelesaiannya. Tahap pertama proyek ini dibuka pada tanggal 29 Oktober 2013. Adapun keunikannya tak lain tak bukan adalah terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan kedalaman maksimum 180 meter.

7. Terowongan Zion-Mount Carmel - Zion Canyon, Utah
Awalnya, Zion - Jalan Raya Mount Carmel diusulkan oleh Perusahaan Taman Utah, yang dikelola oleh konsesi wisata di Zion National Park, sebagai sarana untuk menghubungkan Sion dengan Grand Canyon National Park dan atraksi lainnya di Arizona utara. Jalan membentang dari pintu masuk ke Sion ke arah timur ke Gunung Carmel Junction dengan US 89 sebagai bagian dari Utah State Route 9. Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park. Uniknya, serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai sarana pengemudi menikmati pemandangan. Ketika Anda meninggalkan Sion menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan cantik. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir, yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan selama 24 jam.

No comments:

Post a Comment