Saturday

Penemuan-Penemuan Penting dalam Sejarah Peradaban Manusia

One web id — Penemuan dimaknai sebagai proses, cara, perbuatan menemui atau menemukan. Banyak sekali penemuan-penemuan yang terjadi sepanjang sejarah manusia di dunia, ratusan bahkan mungkin ribuan penemuan. Sebetulnya, dalam sejarah panjang peradaban manusia di muka bumi, ada tujuh penemuan yang dianggap paling penting dalam sejarah. 
Penemuan-Penemuan Penting dalam Sejarah Peradaban Manusia

Pasalnya tanpa tujuh penemuan ini, besar kemungkinan kita masih hidup dalam peradaban yang tidak semaju seperti sekarang ini. Berikut tujuh penemuan penting dalam sejarah panjang umat manusia di dunia. Mari kita simak bersama-sama!

Api
Api adalah oksidasi cepat terhadap suatu material dalam proses pembakaran kimiawi, yang menghasilkan panas, cahaya, dan berbagai hasil reaksi kimia lainnya. Sebagaimana yang kita tau bahwa manusia purba hidup secara primitive dan belum mengenal api. Beberapa peneliti menuturkan bahwa manusia purba menemukan api secara tidak sengaja ketika petir menyambar pohon-pohon di lingkungan koloni.Sejak Api ditemukan peradaban manusia melangkah lebih maju dengan ditemukannya sistem memasak, berburu modern dan berakhir pada penerangan.

Bahasa
Bahasa adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik. Dalam sejarah panjang umat manusia, ditemukannya api secara tidak langsung menciptakan gaya hidup koloni dan berkumpul karena manusia purba yang takut gelap mendekati sumber api. Hal ini mendorong terciptanya sistem komunikasi yang kita kenal dengan bahasa. Dari sinilah kemudian peradaban manusia maju cukup pesat dan komunikasi antar manusia menyebar ke seluruh daratan di bumi.

Roda
Roda merupakan obyek berbentuk lingkaran, yang bersama dengan sumbu, dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil yang bergulir. Contoh umum ditemukan dalam penerapan dalam transportasi. Istilah roda juga sering digunakan untuk obyek-obyek berbentuk lingkaran lainnya yang berputar seperti kincir air. Dengan pesatnya sistem komunikasi,jarak kemudian menjadi masalah ketika seorang manusia ingin mengunjungi manusia lainnya.hutan dan kondisi darat yang buruk menjadi penghalang sebelum akhirnya sebuah benda bundar dengan poros tengah ditemukan. Akhirnya benda ini kita kenal dengan nama roda. Peradaban manusia kemudian berkembang lagi dengan terciptanya kereta,kendaraan pertama yang ditemukan oleh manusia.

Uang
Di dalam ilmu ekonomi tradisional, uang didefinisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang bisa diterima oleh setiap orang di masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa. Sementara dalam ilmu ekonomi modern, uang bermakna sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi pembelian barang dan jasa serta kekayaan berharga lainnya serta untuk pembayaran hutang. Beberapa ahli juga menyebutkan fungsi uang sebagai alat penunda pembayaran. Manusia adalah makhluk sosial, bahkan sejak manusia pertama diciptakan. Mereka saling membutuhkan satu sama lain, hal ini menciptakan sistem barter dalam kehidupan sosial manusia primitive. Namun sejak ditemukan uang, sistem barter menghilang dan menjadi sangat mudah. Tanpa ditemukan sistem uang, kita harus membawa seekor kuda dari Indonesia untuk ditukarkan dengan sebuah TV di China.

Listrik
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Listrik ada di alam sejak awal diciptakan bumi, namun beberapa tokoh meneliti dan sangat berjasa hingga ditemukannya listrik. Dalam hal kelistrikan, memang banyak tokoh yang telah berpartisipasi. Sebut saja de Coulomb, Alesandro Volta, Hans C. Cersted, dan Andre Marie Ampere. Mereka ini dianggap "jago-jago" terbaik di bidang listrik. Namun dari semua itu, kita tak boleh melupakan satu nama yang sangat berjasa dan dikenal sebagai perintis dalam meneliti tentang listrik dan magnet. Tak lain tak bukan adalah Michael Faraday, seorang ilmuwan asal Inggris. Mihael faraday menemukan motor listrik pertama, suatu skema pertama penggunaan arus listrik untuk membuat sesuatu benda bergerak. Meski kuno, namun penemuan Faraday ini merupakan "nenek moyang" dari semua motor listrik yang digunakan dunia sekarang ini. Sejak penemuannya yang pertama pada tahun 1821, Michael Faraday si ilmuwan autodidak ini namanya mulai terkenal. Hasil penemuannya dianggap sebagai pembuka jalan dalam bidang kelistrikan.

Telekomunikasi
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi, dari suatu tempat ke tempat lain. Dengan ditemukannya listrik, ditemukan pula sebuah penemuan yang mengubah wajah dunia dan menurunkan kesulitan berkomunikasi jarak jauh hingga mendekati nol. Adalah Antonio Santi Giuseppe Meucci, (13 April 1808 - 18 Oktober 1889) seorang penemu berkebangsaan Italia yang penemuannya. Ini merupakan alat komunikasi modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini untuk kehidupan sosial yaitu telepon. Pada umumnya penemu telepon yang lebih dikenal masyarakat adalah Alexander Graham Bell, tetapi sepertinya sejarah harus ditulis ulang sebab adalah seorang imigran dari Firenze (Florence), Italia yang bernama Antonio Meucci yang telah menciptakan telepon pada tahun 1849 dan mematenkan hasil karyanya pada tahun 1871. Selama ini, Alexander Graham Bell dikenal sebagai bapak telepon. Akan tetapi pada tanggal 11 Juni 2002 dikongres Amerika Serikat, Antonio Meucci ditetapkan sebagai penemu telepon.

Worldwide Transaction
Sebetulnya penemuan ini merupakan yang paling modern, sistem transaksi maya menciptakan sistem bisnis dan pertukaran uang yang sama sekali baru, contoh saham, investasi, dan lain sebagainya. Selain itu penemuan ini telah menghasilkan sistem pembayaran melalui kartu kredit yang menjadi terobosan sistem popular di dunia.

No comments:

Post a Comment