Thursday

Penampakan Fenomena Alam Paling Keren dan Menakjubkan di Dunia

Penampakan Fenomena Alam Paling Keren dan Menakjubkan di Dunia
Bumi yang menjadi tempat tinggal bagi kita semua ini memang penuh dengan berbagai kejadian alam yang sangat memukau dan begitu mempesona. Maka tak heran apabila banyak sekali fenomena di bumi ini yang bisa mempesona manusia.

Beberapa dari fenomena tersebut bahkan acap kali tak masuk logika. Jika sudah demikian, sebagai manusia kamu hanya perlu mengucapkan syukur dan takjub atas Tuhan Yang Maha Esa. Walau kerap terlihat unik, ada pula fenomena-fenomena alam yang terlihat konyol tapi tetap saja terlihat keren. Wah, kira-kira seperti apa? Mari kita delik gambar menakjubkan yang berikut ini.

1. Fenomena Hujan Petir Gunung Berapi
listverse.com
Apabila ada seseorang yang bertanya padamu, sebutkan fenomena alam yang keren mungkin kamu akan menjawab lava gunung berapi atau petir. Namun rupanya kedua hal menakjubkan itu bisa terjadi dalam satu kesempatan. Pernah ada hujan petir yang terjadi di tengah-tengah letusan gunung merapi. Meski belum diketahui pasti penyebabnya, banyak ilmuwan menduga bahwa ini akibat kegiatan elektronisasi di alam dan tentunya sangat keren. 

2. Fenomena Pelangi Terbakar
listverse.com
Kumpulan pelangi penuh warna di langit ini bisa kamu lihat selama musim panas di sebagian besar Amerika Serikat. Sebetulnya apa yang terlihat adalah pembiasan cahaya langsung di awan dan tak ada hubungan dengan pelangi yang terbakar. Hanya motifnya yang mengkristal membuat tampilannya seakan terbakar dan sangat memukau. 

3. Penampakan Supercells
listverse.com
Sebetulnya Supercell merupakan kumpulan tornado yang lebih dari sekedar sel badai biasa dan begitu menyeramkan. Benda ini cenderung berputar dengan sangat cepat dan sangat besar. Beruntung fenomena alam mengerikan ini sangat langka dan cenderung hanya bisa ditemukan di kawasan Amerika Serikat saat musim semi.

4. Brinicles (Stalaktit Es)
listverse.com
Pada saat permukaan laut membeku seperti di Kutub Utara dan Selatan, biasanya akan ada air asin dan air tawar yang berkumpul di bawah lapisan es. Sudah pasti lapisan garam akan lebih padat daripada air laut sehingga membuatnya cenderung tenggelam ke dasar. Oleh karena terlalu dingin, maka secara tidak langsung kumpulan air garam itu akan membeku dan hal semacam ini disebut dengan nama stalaktit es atau memiliki julukan keren brinicles.

5. Donat Salju Alami
listverse.com
Selama ini pernahkah kamu memiliki impian saat kecil ingin menggulirkan bola salju di bukit? Itu sangat menyenangkan. Akan tetapi tahukah kamu bahwa memang ada bola salju alami yang berbentuk donat dan itu terbentuk lantaran kondisi suhu yang sempurna. Ingin menggelindingkan donat bola salju?

6. Columnar Basalt
By Zinneke (Own work), via Wikimedia Commons
Sebenarnya Columnar Basalt adalah formasi semacam bebatuan dengan bentuk persegi sempurna yang ada di pinggiran lautan. Dalam hal ini, tidak ada yang tahu bagaimana basalt ini bisa terbentuk. Menjadi salah satu hal yang begitu misterius, kamu hanya perlu diam menikmati keindahan Illahi.

7. Penitentes
Penitentes Upper Rio Blanco Argentine
Ini merupakan formasi lapisan es yang juga keren dan biasanya terdapat di kawasan pegunungan. Bidang-bidang es yang runcing ini memiliki julukan penitentes dan biasanya dapat mencapai ketinggian hingga 4 meter. Penitentes ini dapat kamu temukan di kawasan pegunungan Andes yang terlihat seperti jarum-jarum es di hamparan pegunungan.

8. Pusaran Air Langit (Waterspouts)
listverse.com
Waterspouts merupakan suatu fenomena alam yang bisa disebut sebagai tornado atau pusaran air yang membumbung tinggi hingga ke langit. Umumnya badai ini terbentuk di atas air dan sangat berbahaya sebab dapat mencapai kecepatan hingga 305 km/jam. Bisa kamu bayangkan cepatnya? Pusaran air ini dianggap sebagai salah satu penyebab banyaknya kapal atau pesawat tenggelam di Segitiga Bermuda dengan 400-500 pusaran/tahun. 

9. Fenomena Bunga Es
listverse.com
Sederhananya bunga es adalah bunga yang terbuat dari es. Benda itu terbentuk dari penumpukan partikel es di sekitar pangkal tanaman tertentu atau pepohonan. Pada saat suhu di luar tanaman membeku dan di dalamnya tidak, maka akan terjadi proses pembekuan. Dan lihatlah hasilnya, sebuah ciptaan cantik yang sangat mempesona ya.

10. Fenomena Sun Dogs
By Gopherboy6956 (Own work) [Public domain], via Wikimedia Commons

Ini merupakan bentuk fenomena alam lainnya yang berkaitan dengan kristal es di atmosfer. Hampir sama seperti 'pelangi yang terbakar', hanya saja fenomena halo matahari ini terlihat seperti ada dua titik terang menyerupai matahari di langit sehingga tampak ada 3 matahari di langit. Apakah kamu pernah melihat fenomena unik seperti ini?



No comments:

Mobile version