Friday

7 Landasan Pacu Pesawat Terekstrim Di Segenap Penjuru Dunia

7 Landasan Pacu Pesawat Terekstrim Di Segenap Penjuru Dunia
One web id — Bertamasya keliling dunia merupakan salah satu aktivitas yang menarik. Selain mendapatkan suasana dan pengalaman baru, tentunya juga mendapatkan pengalaman menakjubkan dan indah. Hal ini bisa menjadi pengalaman paling mendebarkan seandainya menggunakan pesawat dan mendarat di beberapa landasan terbang yang terekstrim ataupun menantang. Bagi seorang Pilot untuk menghadapi keadaan ini, tentu sangat dibutuhkan keahlian khusus yang akan membuatnya jadi lebih terbiasa. Menurut sebagian besar pilot, lepas landas dan mendarat merupakan aspek yang paling penting dari penerbangan. Akan tetapi, beberapa kondisi lebih berisiko apabila ditambah landasan pacu yang tidak biasa, memberikan sebuah tantangan bagi seorang Pilot. Hal semacam ini biasa akan terjadi tatkala bandar udara dibangun di tempat-tempat dengan keadaan geografis yang sulit untuk dihindari. Berikut ini tujuh bandar udara dengan landasan pacu pesawat terbang yang terekstrim di segenap penjuru dunia.

1. Ice Runway, Antartika
A C-5B Galaxy aircraft lands on the ice runway near McMurdo Station during Operation Deep Freeze '90 DF-ST-90-10232
By Master Sgt. Jose Lopez Jr. [Public domain], via Wikimedia Commons
Ice Runway atau yang lazim kita sebut Landasan Terbang Es dimiliki oleh Amerika Serikat dan merupakan landasan utama untuk program Antartika antar negara selama musim panas. Ada beberapa landasan pacu lain di daerah itu, yaitu Williams Field dan Pegasus Field. Pilot mengatakan bahwa permukaan stabil seperti semen saat mendarat, namun kemungkinan hal ekstrim bisa terjadi ketika pesawat datang untuk mendarat seperti dapat tenggelam dalam es, meskipun dalam ukuran inci. Karena rendahnya koefisien gesekan dengan es yang licin, pesawat cenderung diperlambat dengan daya dorong sebaliknya, sebagai cara lain untuk pengereman roda, sehingga landasan pacu dibuat beberapa mil panjangnya.

2. Bandar Udara Internasional Princess Juliana, Belanda
Princess juliana international airport approach
By Lawrence Lansing (Own work: picasaweb.google.com/fuzzynerd/), via Wikimedia Commons
Princess Juliana International Airport atau Bandar Udara Internasional Princess Juliana, juga dikenal sebagai Bandar Udara Internasional Sint Maarten adalah sebuah bandar udara yang berada di bagian Belanda dari pulau Saint Martin. Pada tahun 2007, bandar udara ini menangani 1,647,824 penumpang dan 103,650 pergerakan pesawat. Tempat ini dinamai Juliana dari Belanda, mahkota putri yang mendarat di sini pada tahun 1944, tahun setelah bandara dibuka. Bandara ini paling dikenal karena flyover / ketinggian pendekatan pendaratan sangat rendah, dimana salah satu ujung landasan pacu sangat dekat dengan pantai, Maho Beach.Pendekatan yang mendebarkan dan kemudahan akses untuk mengambil gambar spektakuler, membuat bandara ini menjadi salah satu tempat favorit dunia di antara lalu lintas pesawat. Meskipun terkenal dengan kesulitannya dalam pendekatan, tidak ada catatan insiden besar di bandara.

3. Bandar Udara Juancho E. Yrausquin, Pulau Saba - Belanda
The (very short) runway of Saba Airport
Juancho E. Yrausquin Airport adalah bandara yang terletak di pulau Karibia Saba, di Antilles Belanda. Ini mencakup sebagian relatif besar pulau kecil Saba. Terlepas dari kenyataan bahwa tidak ada tragedi besar yang pernah terjadi di sini. Masih beberapa ahli penerbangan berpikir bahwa bandara ini adalah salah satu yang paling berbahaya di dunia. Apa yang membuat bandara ini berbahaya adalah landasan pacu yang memiliki panjang hanya sekitar 400 meter dan berakhir dengan penurunan tebing ke laut. Bukit yang tinggi juga mengapit salah satu sisi landasan. Hal ini sangat berbahaya dan telah resmi dinyatakan ditutup untuk lalu lintas, meskipun Otoritas Penerbangan Sipil Antilla Belanda memberikan beberapa pengecualian sebagai keringanan.

4. Bandar Udara Internasional Gibraltar, Gibraltar - Inggris
Gibraltar Airport Main Highway
By Andrew Griffith, via Wikimedia Commons
Bandara Internasional Gibraltar adalah bandara sipil di wilayah Inggris, Gibraltar. Landasan pacu bandara bersimpangan dengan jalan raya utama Winston Churchill Avenue menuju perbatasan dengan Spanyol. Oleh karena itu, lalu lintas jalan raya harus dihentikan setiap kali pesawat mendarat atau berangkat. Terminal ini memiliki pemandangan Rock of Gibraltar di latar belakangnya. Bandara juga banyak digunakan oleh orang-orang pergi dan datang dari daerah terdekat di Spanyol. Pada tahun 2004 bandar udara ini menangani 314,375 penumpang dan 380 ton kargo. Bandar udara Gibraltar adalah salah satu dari sedikit Bandar Udara Kelas A di dunia. Jalan Winston Churchill (jalan utamanya berhadapan dengan perbatasan Spanyol) berpotongan dengan jalur landasan bandar udara ini, sehingga lalu lintas jalan harus dihalangi setiap ada akan pesawat yang mendarat atau terbang. Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya sebagai bandar udara paling berbahaya di dunia di tempat kelima dan paling berbahaya di Eropa.

5. Gustaf III Airport, Saint-Barthelemy
ffffff
youtube.com
Dikenal sebagai Bandar Udara Saint Barthélemy atau Bandar Udara St. Jean. Bandar Udara Gustaf III adalah bandar udara untuk umum yang berlokasi di desa St. Jean di sebuah pulau karibia bernama Saint-Barthélemy. Bandara ini memiliki landasan terbang pendek dan biasanya menampung hanya pesawat kecil kurang dari 20 penumpang. Landasan pacu terletak di dasar lereng yang berakhir di pantai. Pilot benar-benar harus berhati-hati selama pendekatan karena lalu lintas dekat puncak bukit. Pesawat yang lepas landas harus melakukannya dengan tepat di atas kepala orang-orang yang berjemur di pantai. Pada tahun 1984, Menteri komunikasi Swedia, Hans Gustafsson, meresmukan bangunan terminal dari Bandar Udara Gustaf III. Penduduk lokal St. Barthians dapat datang dan meninggalkan pulau mulai pukul 8:00 pagi hari hingga hari gelap pada pukul 18:00, saat bandara ditutup. St. Barthians mengalami masalah karena adanya kekurangan pencahayaan bandara untuk keperluan darurat. Risiko ini dikhawatirkan meningkat sebab lalu lintas penerbangan menuju pulau yang semakin berkembang dari masa ke masa.

6. Tenzing Hillary Airport, Nepal
Lukla airport 2010
By Superikonoskop, via Wikimedia Commons
Tenzing Hillary Airport juga dikenal sebagai Lukla Airport. Landasan ini terletak di tempat di mana pendaki mulai mendaki mereka ke base camp di Gunung Everest. Daearah ini terkadang dilanda oleh angin kencang dan awan, membuat visibilitas tak terduga. Landasan terbang ini hanya sekitar 460 meter dan hanya bisa menampung pesawat kecil serta helikopter. Ada penerbangan harian antara Lukla dan Kathmandu pada siang hari dalam cuaca yang baik. Meskipun jarak terbang pendek, hujan biasanya terjadi di Lukla sementara matahari bersinar terang di Kathmandu. Pada Januari 2008, bandar udara ini diganti namanya untuk menghormati Sir Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay, orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest dan juga menandakan usaha mereka dalam pembangunan bandar udara ini. Daratan yang mengelilinginya, udara yang tipis, udara yang dapat berubah-ubah, dan landasan pacu yang pendek dan miring membuat pendaratan di bandar udara ini menjadi salah satu pendaratan yang paling menantang di dunia. Program History Channel, Most Extreme Airports menempatkannya sebagai bandar udara "paling ekstrem" di dunia.

7. Bandar Udara Courchevel, Perancis
Courchevel aeroport
By Hugues Mitton (Hugovoyages), via Wikimedia Commons
Courchevel Airport atau yang lazim disebut Bandar Udara Courchevel merupakan sebuah bandar udara milik Perancis yang melayani Courchevel, sebuah wilayah ski. Bandar udara ini memiliki landasan pacu yang sangat pendek, yaitu hanya sepanjang 525 meter (1.722 kaki) dengan gradien sebesar 18.5 persen. Tidak ada prosedur berputar-putar di bandar udara ini. De Havilland Twin Otter dan Dash 7 telah melayani bandar udara ini, namun saat ini kebanyakan adalah Cessna dan helikopter yang melayaninya. Bandar udara ini terbilang berbahaya, pasalnya memiliki pendekatan yang sulit, landasan pacu yang menukik, dan sebuah bukit dengan kegiatan ski. Bandar udara ini berada pada ketinggian 2,008 meter (6.588 kaki). Program Most Extreme Airports dari History Channel menempatkannya pada posisi ketujuh sebagai bandar udara paling berbahaya yang ada di segenap penjuru dunia.



No comments:

Mobile version