Thursday

10 Destinasi Wisata Gunung Berapi Terpopuler di Jagat Raya

10 Destinasi Wisata Gunung Berapi Terpopuler di Jagat Raya
One web id — Sebagaimana yang kita tau bahwa gunung berapi memang cukup berbahaya, letusannya mematikan. Akan tetapi, apa yang ada di sekitar gunung tersebut serta cerita di baliknya begitu menarik sebagai destinasi wisata. Kadang-kadang fenomena gunung berapi memang terdengar begitu menakutkan, tapi juga banyak yang menganggapnya menarik. Tak tanggung-tanggung bahkan, gunung berapi acap kali menjadi destinasi wisata menarik. Mari kita simak bersama-sama destinasi wisata gunung berapi populer berikut ini.

1. Gunung Kilauea, Hawaii
National Geographics
Kilauea adalah salah satu Gunung yang berada di Big Island, Hawaii, ini diklaim sebagai gunung berapi teraktif di dunia. Dulunya pernah meletus pada tahun 1983. Salah satu letusan paling terbesar dan terbaru adalah pada bulan November 2005. Anda bisa berwisata mendekat ke gunung ini untuk melihat lelehan lava dari puncak gunung yang turun ke samudra. 

2. Gunung Krakatau, Indonesia
sekanji.blogspot.com
Tercatat, ledakan paling dahsyat hingga saat ini di jagat raya adalah ledakan Gunung Vesuvius di Italia pada 1979 silam yang meluluhlantakan Pompeii. Selain itu, Indonesia ternyata juga punya 'Vesuvius' sendiri, yaitu Gunung Krakatau yang meletus pada 1883. Tak tanggung-tanggung bahkan letusan Krakatau terdengar hingga ribuan kilometer, dan asapnya menutupi hampir seluruh permukaan Bumi. Letusan itu kini menghasilkan Gunung Anak Krakatau, yang masih aktif dan menjadi tempat wisata. 

3. Yellowstone Caldera, Amerika Serikat
Bing Wallpaper
Kaldera Yellowstone merupakan kaldera vulkanik dan Supervulkan yang terletak di Taman Nasional Yellowstone di Amerika Serikat, terkadang disebut pula sebagai Supervolcano Yellowstone. Kaldera ini berada di Wyoming barat laut. Yellowstone Caldera disebut gunung berapi super, namun untungnya hanya meletus selama tiga kali dalam dua juta tahun terakhir. Sebetulnya aktivitas gunung ini cukup mengancam, meskipun begitu menghasilkan pemandangan yang begitu cantik di Taman Nasional Yellowstone.

4. Gunung Bromo, Indonesia
kibagusx.blogspot.com
Gunung Bromo, merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Selain itu, Gunung Bromo juga ternyata adalah salah satu gunung berapi populer di dunia. Gunung yang masih aktif ini berada di dekat gunung-gunung berapi lainnya, dan seringkali aktivitasnya meningkat bila gunung berapi di dekatnya mengalami erupsi. Namun, hal tersebut tak menghentikan ribuan orang mengunjungi Bromo.

5. Gunung Popocatepetl, Meksiko
Popocatépetl e Iztaccíhuatl
oleh Aleksu, di Flickr
Popocatépetl adalah salah satu gunung berapi aktif, dengan ketinggian 5.426 meter merupakan gunung tertinggi kedua di Meksiko setelah Pico de Orizaba. Selain itu, Popocatepetl juga dianggap sebagai gunung berapi yang cukup membuat cemas warga Meksiko City, kota terdekat dari gunung ini. Benar saja, asap dan debu panas dimuntahkan Gunung Berapi Popocatepetl di Santiago Xalizintla, pada 7 Juli 2013. Debu dan asap yang dikeluarkan gunung tersebut selama beberapa hari dan mencapai radius 3 km.

6. Gunung Fuji, Jepang
Mount Fuji
oleh Andreas Jensen, di Flickr
Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi di Jepang, berada di perbatasan Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di sebelah barat Tokyo. Letak Gunung Fuji dekat pesisir Pasifik di pusat Honshu. Gunung Fuji adalah salah satu puncak terpopuler di dunia, dan merupakan ikon Jepang. Meski aktif, Gunung Fuji tidak mengalami erupsi sejak 1708, jadi bagi Anda yang gemar melakukan travelling tampaknya masih cukup aman untuk dikunjungi.

7. Soufriere Hills, Montserrat
oleh Gianni Draghi, di Youtube
Usut punya usut, di tengah keindahannya ternyata pulau tropis Monsterrat menyimpan 'bom waktu', yaitu kubah lava Soufriere Hills. Sejak meletus pada 1995 dan pada tanggal 5 Februari 2010, ledakan vulcanian terjadi bersamaan turunnya aliran piroklastik di beberapa sisi gunung, dan pada tanggal 11 Februari 2010, runtuhnya sebagian dari kubah lava mengirim awan abu besar ke beberapa pulau di dekatnya termasuk Guadeloupe dan Antigua. Sehingga membuat Montserrat tak bisa lagi ditinggali.

8. Piton de la Fournaise, Reunion
Cratères-sommet-Piton-Fournaise
By Jennifer_greatoutdoors (Flickr), via Wikimedia Commons
Piton de la Fournaise merupakan salah satu dari lima gunung berapi teraktif di dunia, yang dalam delapan tahun terakhir mengalami empat kali erupsi. Salah satu letusan baru-baru ini berlangsung selama hampir 6 bulan dari Agustus 2006 sampai Januari 2007. Letusan berikutnya diamati pada Februari 2007, September 2008, dan yang paling baru terjadi pada 12 Januari 2010. Piton de la Fournaise terhubung ke dengan jalan raya berkualitas tinggi yang membuat tempat ini terkenal dengan atraksi yang tersedia bagi para pengunjung. Gunung berapi ini berada di Pulau Reunion, Samudra Hindia, yang saking cantiknya Piton de la Fournaise digambarkan pada bendera resmi dari Kepulauan Reunion. 

9. Gunung Etna, Italia
spiegel.de
Gunung Etna merupakan gunung berapi aktif di pesisir timur Sisilia, dekat Messina dan Catania. Etna adalah gunung berapi terbesar di Eropa, dengan ketinggian sekitar 3.320 meter dan keliling dasar sepanjang 140 kilometer, membuatnya menjadi gunung tertinggi di Italia di selatan Alpen. Meski dianggap sebagai gunung berapi yang paling aktif di Eropa, tapi banyak menarik wisatawan. Turis bisa dengan mudah menelusuri padang lava di sekitar Gunung Etna, serta memasuki gua-gua volkaniknya. Tapi awas, jangan terlalu dekat dengan puncak gunung!

10. Gunung Shishaldin, Alaska
Shishaldin Isanotski
By Fernando Araya, NOAA Ship MILLER FREEMAN, via Wikimedia Commons
Gunung Berapi Shishaldin atau nama Inggerisnya (Mount Shishaldin) merupakan sebuah gunung berapi yang terletak di Alaska, Amerika Syarikat. Gunung berapi ini memiliki tinggi 6.000 kaki. Uniknya, meski disebut gunung berapi seluruh bagian puncaknya malah ditutupi salju tebal. 



No comments:

Mobile version