Monday

10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

One web id — Untuk mendapatkan minyak zaitun, caranya adalah buah zaitun perlu di ekstrak terlebih dahulu. Minyak ini umum digunakan sebagai salah satu bahan masakan. Dan telah sejak lama minyak zaitun dikenal oleh warga dunia sebagai pengobatan dan kecantikan. Berbagai khasiat dan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Tak tanggung-tanggung, bahkan beberapa literasi menyebutkan bahwa minyak zaitun merupakan rahasia kecantikan dari Cleopatra. Ratu Mesir kuno yang terkenal ke berbagai penjuru dunia berkat kecantikannya.
10 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan Anda

Diketahui bahwa minyak zaitun mengandung senyawa seperti fenol, tokoferol, sterol, pigmen, dan squalene, yang memegang peran penting bagi kesehatan. Selain minyaknya, buah zaitun juga acap kali dikonsumsi karena kaya akan kandungan vitamin dan mineralnya. Tidak harus menunggu lebih lama, langsung saja simak berbagai manfaat minyak zaitun berikut ini.

1. Kesehatan jantung
Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang paling sehat sebab mengandung lemak tak jenuh. Minyak ini mampu mengontrol kolesterol jahat di dalam tubuh serta meningkatkan kolesterol baik. Sehingga bermanfaat untuk kesehatan jantung.

2. Mencegah kanker
Hampir  semua jenis kanker dapat di minimal risikonya dengan mengkonsumsi minyak  zaitun secara rutin. Kunci dari khasiat minyak zaitun terhadap pencegahan timbulnya kanker adalah kemampuannya yang dapat menurunkan lemak jahat.

3. Mencegah nyeri sendi
Minyak zaitun mendorong produksi zat prostaglandin, yang merupakan suatu zat pencegah pembengkakan dan nyeri.

4. Menangkal osteoporosis
Selain bermanfaat untuk mencegah kanker, minyak zaitun juga dapat membantu mencegah osteoporosis, meskipun tidak memulihkan berat tulang yang hilang seluruhnya.

5. Menurunkan kadar gula darah
Oleh karena dapat memangkas kolesterol jahat, maka secara otomatis akan membantu menurunkan risiko berkembangnya penyakit gula dan menurunkan tingkat gula dalam darah.

6. Menangkal radikal bebas
Minyak zaitun mengandung aktioksidan-polifenol. Zat ini dapat membantu tubuh dalam detoksifitkasi molekul yang tidak seimbang sehingga ampuh dalam menangkal radikal bebas.

7. Mempercantik dan melangsingkan tubuh
Penggunaan minyak zaitun untuk menggantikan minyak jenuh selama empat minggu, tanpa mengubah pola makan, maka dapat mengurangi berat badan hingga 2 atau 3 kilogram. Selain itu, minyak zaitun juga dapat memecah sel adiposit penyebab obesitas. Extra virgin olive oil sangat baik untuk menggantikan diet minyak lemak jenuh yang sering dikonsumsi.

8. Menjaga kesehatan kulit
Selain sebagai antikanker, ternyata minyak zaitun juga mengandung banyak vitamin E yang tentunya sangat berguna untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, maka secara tidak langsung kulit akan terasa lebih kencang, halus, dan sehat.

9. Mengatasi Ketombe
Khususnya bagi anda yang memiliki masalah dengan rambut berketombe, cobalah untuk mencampurkan minyak zaitun dengan sampo anda. Hal ini akan lebih efektif untuk menghilangkan ketombe anda dibandingkan jika anda hanya memakai sampo anti ketombe saja.

10. Kesehatan pencernaan
Telah sejak lama minyak zaitun diketahui dapat meningkatkan kesehatan pencernaan secara alami. Untuk itu, sesering mungkin mengkonsumsi minyak zaitun agar terhindar dari masalah pencernaan.

Sebetulnya masih banyak lagi manfaat minyak zaitun yang bisa diungkap. Akan tetapi apa yang telah dijelaskan diatas sepertinya jauh dari cukup untuk mulai menggunakan minyak zaitun ini. Memang tak dapat dipungkiri jika minyak zaitun dikenal sebagai minyak ajaib yang dapat meningkatkan kesehatan Anda mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Tidak ada salahnya apabila Anda selalu menyediakan minyak zaitun di rumah sebagai perawatan.



No comments:

Mobile version