Sunday

7 Manfaat Menakjubkan Buah Belimbing bagi Kesehatan Anda

One web id — Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Namun saat ini, belimbing telah tersebar ke segala penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Selain mempunyai nama latin Averrhoa, buah belimbing dijuluki sebagai star fruit, pasalnya bentuk dari buah tersebut setelah dipotong-potong kecil akan menyerupai bentuk bintang.
7 Manfaat Menakjubkan Buah Belimbing bagi Kesehatan Anda

Khususnya di Indonesia, belimbing ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Pasalnya, belimbing tidak memerlukan banyak air untuk bisa hidup sehingga sangat cocok untuk dikembangkan di negara yang beriklim tropis. Selain rasanya yang enak ternyata buah belimbing sangatlah baik bagi tubuh, terlebih lagi jika dikonsumsi secara rutin. Berbagai Macam Manfaat Buah Belimbing.

1. Mencegah kanker
Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan vitamin C dari buah belimbing. Vitamin C berfungsi untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh
Kandungan buah belimbing mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Buah belimbing sangat kaya akan vitamin A dan C. Selain kedua vitamin tersebut, buah belimbing juga mengandung zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan segala penyakit.

3. Melancarkan sistem pencernaan
Tak hanya buah melon yang kaya akan serat, sebab buah belimbing juga kaya serat. Sebagaimana yang kita tau, serat sangat baik dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Selain itu, serat juga berfungsi untuk melancarkan proses pencernaan didalam tubuh.

4. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
Berkat kandungan zat pektin yang dikandung oleh belimbing sangat melimpah, sehingga dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol Anda.

5. Meningkatkan nafsu makan pada anak
Bagi orang tua yang memiliki masalah susah makan pada anaknya, dapat mencoba belimbing sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan pada anak. Karena kandungan retinol dan vitamin A yang terdapat pada belimbing dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

6. Mencegah hipertensi
Kandungan kadar kalium yang tinggi serta rendah kalsium pada buah belimbing sangat berkhasiat untuk mengobati penyakit hipertensi. Terapi hipertensi dengan mengkonsumsi buah belimbing sudah terbukti ampuh untuk mempercepat menurunkan tensi darah. 

7. Menu diet
Sangat baik jika dikonsumsi ketika diet, karena pectin yang terkandung didalam buah belimbing dapat membantu menghancurkan kolesterol.

Sebagai tambahan, bagi Anda yang bermasalah pada ginjal sebaiknya harus menghindari konsumsi buah ini sebab belimbing mengandung asam oxalat. Jus yang terbuat dari belimbing lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya yang lebih tinggi. Selain itu, penderita diabetes dan kolesterol tinggi juga harus menghindari buah ini, karena kandungan gulanya yang cukup tinggi sehingga dapat memperburuk masalah kesehatan.



No comments:

Mobile version