Friday

7 Binatang dengan Kemampuan Berjalan Paling Lambat di Dunia

One web id — Kelompok organisme yang diklasifikasikan dalam kerajaan Animalia atau metazoa, hewan atau disebut juga dengan binatang adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Di dalam dunia fauna dan margasatwa, ternyata ada beberapa diantaranya yang berjalan sangat lambat. Tak tanggung-tanggung, bahkan saking lambatnya kecepatan maksimum mereka hanya sekitar 0,03 mph. Lantas, hewan-hewan apa sajakah yang jalannya sangat lambat tersebut? Ini ketujuh binatang dengan Kemampuan berjalan paling lambat di dunia. Mari kita simak bersama-sama.

1. Slug
7 Binatang dengan Kemampuan Berjalan Paling Lambat di Dunia
Slug
Kata "siput" juga sering digunakan sebagai bagian dari nama umum dari setiap moluska gastropoda yang tidak memiliki cangkang, memiliki cangkang yang sangat berkurang, atau hanya memiliki shell internal kecil. Siput ada di darat dan di laut, dan bahkan ada salah satu genus dari siput air tawar, Acochlidium. Fakta, siput menjadi binatang paling lambat di dunia. Dia hanya memiliki kecepatan maksimum 0,03 mph. Membuat mereka mudah untuk ditangkap sejak zaman prasejarah. Tubuh lunak berlendir siput rentan terhadap pengeringan, sehingga siput hidup terbatas pada lingkungan lembab dan harus mundur ke tempat persembunyian ketika cuaca basah ke kering.

2. Giant Tortoise
7 Binatang dengan Kemampuan Berjalan Paling Lambat di Dunia
By David Adam Kess (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Giant Tortoise atau Kura-kura raksasa sering mencapai ukuran besar yang beratnya dapat mencapai 300 kilogram dan panjangnya dapat tumbuh menjadi 1,3 meter. Hewan ini merupakan ciri khas dari pulau tropis tertentu. Mereka adalah salah satu hewan di dunia yang paling lama hidup, dengan usia rata-rata 100 tahun atau lebih. Penyu memiliki kecepatan bervariasi menurut spesies. Kura-kura paling lambat di dunia telah dihitung memiliki kecepatan 0,13 hingga 0,30 mph. Namun, ketika mereka berenang, kecepatan nya bisa mencapai 22 mph.

3. Three-Toed Sloth
Brown-throated three-toed sloth female
By Charlesjsharp (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Mamalia dari Amerika Selatan dan Tengah yang hidup di pohon ini adalah satu-satunya anggota dari genus Bradypus dan keluarga Bradypodidae. Hewan ini terkenal lambat bergerak, selain itu mereka juga tergolong binatang yang malas. Mereka berjalan pada kecepatan puncak 0,15 mph. Three-Toed Sloth seukuran dengan anjing kecil, dengan kepala dan tubuh memiliki gabungan tinggi sekitar 60 sentimeter, dan diperkirakan hewan itu beratnya hanya 3,5 hingga 4,5 kilogram.

4. Starfish
7 Binatang dengan Kemampuan Berjalan Paling Lambat di Dunia
Starfish
Starfish atau yang lazim kita sebut Bintang laut ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut adalah hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Pada umumnya Bintang laut ditemukan dengan lima lengan yang menempel pada cakram pusat. Bintang laut tidak tergantung pada kerangka, bergerak dengan kecepatan 8 mph dan beriringan menggunakan kelima jari (walaupun bintang laut masih dilindungi oleh kerangka mereka), namun memiliki sistem vaskular air hidrolik yang membantu bintang laut bergerak.

5. Manatee
7 Binatang dengan Kemampuan Berjalan Paling Lambat di Dunia
Manatee
Ini adalah mamalia air besar dari famili Trichechidae. Lembu laut atau sapi laut berbeda dengan Dugongidae dari segi bentuk tengkorak dan bentuk ekor. Ekor sapi laut berbentuk pendayung, sementara ekor Dugong bercabang. Manate mempunyai berat rata-rata lebih dari 500 kilogram dan dapat tumbuh lebih dari 4,5 meter. Diperkirakan kecepatan mereka hanya sekitar 13 mph. Meskipun memiliki ukuran besar mereka bisa bertahan hidup hingga 70 tahun. Manatee menghabiskan sebagian besar waktu mereka pada tanaman dalam keadaan hangat, perairan dangkal yang kurang lebih dua meter. Manatee adalah herbivora dan karena itu hanya benar-benar memakan tanaman air seperti rumput laut dan ganggang.

6. Monster Gila
Heloderma suspectum -Arizona-Sonora Desert Museum-8c
By SearchNet Media (originally posted to Flickr as Gila Monster), via Wikimedia Commons
Ini adalah jenis kadal dari keluarga varan. Heloderma suspectum atau Monster gila memiliki kulit tebal, ekornya pendek, dan tubuhnya gemuk. Ekor mereka yang gemuk dan berisi lemak merupakan cadangan makanan. Mereka adalah spesies kadal besar, awalnya ditemukan di Amerika Serikat dan Meksiko utara selatan. Monster ini memiliki kaki kuat dan cakar panjang yang digunakan untuk menggali. Ia menghabiskan sebagian besar waktu mereka di liang bawah tanah. Mereka biasanya makan tikus, kelinci bayi, dan telur burung burung yang ditemukan di dalam tanah. Diperkirakan kecepatan Monster gila hanya 15 mph.

7. Koala
7 Binatang dengan Kemampuan Berjalan Paling Lambat di Dunia
By Koala soph (Koala soph), Wikimedia Commons
Mereka adalah salah satu binatang berkantung khas dari Australia dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae. Pada umumnya, banyak dikatakan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala merupakan mamalia marsupial yang bergerak perlahan-lahan dan binatang malam. Tangan dan kaki yang khusus disesuaikan untuk memanjat pohon. Di siang hari biasanya koala tidur di pohon-pohon kayu putih. Koala adalah salah satu spesies yang dilindungi, tetapi terancam oleh hilangnya habitat. Diperkirakan kecepatan Koala hanya 25 mph.



No comments:

Mobile version