Friday

7 Jenis Gadget yang Keberadaannya Tergerus oleh Kehadiran Ponsel

One web id — Dari hari ke hari seperti saat ini, tampaknya telepon selular atau telepon genggam telah menjadi barang "wajib" yang melekat pada diri kita. Akan tetapi, sadarkah Anda kalau ternyata beberapa perangkat mobile ini telah mengambil alih fungsi berbagai jenis barang yang dulu sering digunakan.
7 Jenis Gadget yang Keberadaannya Tergerus oleh Kehadiran Ponsel
Personal Digital Assistant (PDA)
Lantas apa saja jenis-jenis barang yang tergusur oleh kecanggihan ponsel? Penasaran, berikut ada tujuh macam gadget yang keberadaannya mulai tergerus karena kehadiran ponsel.

1. Personal Digital Assistant (PDA)
Pembantu digital pribadi (PDA) adalah jenis alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana-mana. PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain itu, dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Tak tanggung-tanggung, bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau jaringan wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh. PDA adalah perangkat cerdas yang mulai populer pada 2001. Saat itu, PDA dikenal sebagai Pocket PC karena di situ Anda bisa menulis berbagai catatan, menyimpan ribuan nomor telepon, dan sebagainya. Namun, sekarang PDA mulai meredup karena ponsel dapat menggantikan seluruh fungsi yang ada di sana.

2. MP3 Player
Sebuah ponsel digital media player (M-DMP), portable media player (PMP), atau pemutar audio digital (DAP), adalah perangkat digital elektronik portabel konsumen yang mampu menyimpan dan memainkan media digital seperti audio, gambar, dan file video. Data biasanya disimpan pada memori flash, micro drive atau hard drive. Sebaliknya, pemutar audio portabel analog memutar musik dari media non-digital seperti kaset, atau catatan. Pemutar audio digital sering dipasarkan dan dijual sebagai "portable MP3 player", bahkan jika mereka juga mendukung format file lain dan jenis media. Kapan terakhir kali Anda membawa pemutar musik digital ini? Ketika Apple memperkenalkan iPhone pada tahun 2007, era MP3 Player mulai meredup. Kendati Apple juga memproduksi iPod yang juga bisa digunakan sebagai alat pemutar musik, tapi penjualannya mulai menurun selama beberapa waktu.

3. Perangkat Navigasi GPS
Navigasi atau pandu arah adalah penentuan kedudukan (position) dan arah perjalanan baik di medan sebenarnya atau di peta, dan oleh sebab itulah pengetahuan tentang pedoman arah (compass) dan peta serta teknik penggunaannya haruslah bisa dipahami. Mengapa harus membeli perangkat GPS terpisah untuk dipasang pada mobil jika ponsel Anda dapat melakukan tugas yang sama? Berbagai perusahaan, seperti Garmin, Magellan, dan TomTom selama ini telah menyediakan perangkat navigasi GPS. Sekarang, mereka harus beralih dengan cara menawarkan aplikasi seperti Garmin StreetPilot, yang memberikan arah untuk pengguna smartphone.

4. Portable Game Console
Portable Game Console adalah perangkat elektronik portabel ringan dengan layar built-in, kontrol permainan, dan speaker. Permainan konsol genggam lebih kecil dari konsol video game rumah yang mengandung konsol, layar, speaker, dan kontrol dalam satu Unit, yang memungkinkan orang untuk membawa dan memainkannya di setiap waktu atau tempat. Konsol game mulai ditinggalkan ketika orang dapat nge-game di ponsel. Apalagi Sony baru-baru ini meluncurkan ponsel khusus game dengan nama Sony Ericsson Xperia Play dan ada ribuan game yang tersedia di Android Market dan iTunes App Store. Tapi, setidaknya, masih ada para pecinta game yang tetap setia pada portable game consol.

5. Alat Perekam Suara
Perekam suara adalah sebuah media penyimpanan suara analog yang terdiri dari piringan pipih dengan alur spiral tertulis dan termodulasi. Media untuk merekam musik terus berkembang dari masa ke masa. Perkembangannya mulai dari piringan hitam, kaset, cakram padat (CD), sampai mp3. Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi, ponsel juga dilengkapi fitur perekam suara. Meskipun kapasitas suara yang direkam tergantung pada jenis ponselnya, namun layanan ini diperkirakan mampu menggerus pasar alat perekam.

6. Kamera
Kamera merupakan alat paling populer dalam aktivitas fotografi. Usut punya usut, rupanya nama ini didapat dari camera obscura, bahasa Latin untuk "ruang gelap", mekanisme awal untuk memproyeksikan tampilan di mana suatu ruangan berfungsi seperti cara kerja kamera fotografis yang modern, kecuali tidak ada cara pada waktu itu untuk mencatat tampilan gambarnya selain secara manual mengikuti jejaknya. Dalam dunia fotografi, kamera merupakan suatu peranti untuk membentuk dan merekam suatu bayangan potret pada lembaran film. Di dunia ini dikenal banyak jenis kamera potret. Saat ini tampaknya tak perlu lagi menenteng kamera untuk mengabadikan gambar. Pasalnya, berbagai ponsel sudah dilengkapi fitur kamera dengan resolusi yang tak kalah jika dibanding kamera saku.

7. Video Player
Pemutar video adalah jenis media player untuk memutar ulang data video digital dari media seperti cakram optik (misalnya, DVD, VCD), serta dari file format yang sesuai seperti MPEG, AVI, Real Video, dan QuickTime. Banyak pemutar video juga mendukung pemutaran sederhana audio digital dan 3D pemutaran 2D video. Soal kemampuan memutar video, saat ini vendor ponsel sudah berlomba-lomba menghadirkan telepon yang dapat memutar video dengan mulus, layar yang lebih cerah dan tajam. Ada pula ponsel yang memiliki layanan untuk merekam video dan langsung dapat diunggah ke internet.



No comments:

Mobile version