Monday

Jenis Makanan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan Gigi

One web id — Gigi memang menjadi bagian terpenting dalam mencerna makanan, coba bayangkan jika Anda tidak memiliki gigi, pastinya sangat repot bukan? Banyak yang di lakukan orang untuk memelihara kesehatan gigi dari gosok gigi rutin hingga perawatan gigi. Namun, tanpa kita sadari ternyata makanan yang dikonsumsi akan memberi dampak besar bagi kesehatan.
Jenis Makanan yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan Gigi

Usut punya usut, selain mempengaruhi kondisi tubuh terbukti bahwa makanan juga berperan penting di dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Sedikitnya ada tiga jenis makanan yang paling buruk bagi gigi. Ingin tahu selengkapnya, mari simak yang berikut ini.

1. Makanan asam
Makanan yang rasanya terlalu asam bisa mengikis enamel yang melindungi gigi. Akibatnya, gigi lebih rentan terkena lubang. Tomat dan jeruk memang menyehatkan, tetapi keduanya adalah termasuk contoh makanan yang asam. Jadi sebaiknya Anda berhati-hati saat mengkonsumsinya.

2. Makanan manis

Pada saat mengkonsumsi makanan manis, gula biasanya akan terus menempel pada gigi. Jika bercampur dengan plak, gula akan menghasilkan asam yang memicu lubang. Beberapa contoh makanan yang terlalu manis adalah permen, biskuit, kue, teh manis dan soda. Jadi setelah makan makanan manis tersebut, sebaiknya jangan lupa minum segelas air untuk membilas gula atau segera gosok gigi sampai bersih.

3. Makanan yang mengandung zat tepung

Makanan ini sifatnya menambah plak pada gigi. Contoh dari makanan yang mengandung zat tepung adalah roti, keripik kentang, kentang goreng, dan pasta. Buah kering seperti kismis juga bisa menempel pada gigi seperti makanan yang mengandung zat tepung. Untuk membersihkannya, Anda harus berkumur atau menggunakan benang gigi.

4. Minuman bersoda
Soda tidak baik untuk gigi anda dikarenaka mengandung gula dan asamnya sangat tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa gula berdampak buruk bagi kesehatan gigi. Begitu pula dengan zat asam yang terdapat pada minuman bersoda yang nantinya dapat mengikis enamel gigi. Sebisa mungkin sebaiknya hindari minuman yang mengandung soda agar gigi Anda senantiasa sehat.

Tahukah Anda masalah pada gigi sebenarnya bisa dihindari. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

- Menggosok gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang gigi sekali sehari.
- Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan.
- Batasi konsumsi teh dan kopi agar warna gigi tetap putih cemerlang.
- Hindari kebiasaan mengunyah es batu karena hal itu membahayakan enamel gigi.
- Sesering mungkin mengkonsumsi buah dan sayur untuk membersihkan gigi.
- Usahakan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman berkalsium tinggi untuk memperkuat gigi.

Jadi itulah berbagai jenis makanan yang berdampak buruk bagi gigi serta tips-tips untuk menjaga kesehatan gigi. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkannya.



No comments:

Mobile version