Tuesday

10 Pemakaman Terunik yang Sangat Tak Biasa

10 Pemakaman Terunik yang Sangat Tak Biasa
Di dunia ini banyak orang bercerita jika rumah masa depan bagi tubuh manusia adalah pemakaman. Ya, itu memang benar. Sebab setelah meninggal, siapapun itu orangnya maka akan bersemayam kembali di tanah dalam sebuah pemakaman.

Akan tetapi, apakah kamu tahu jika ternyata di dunia ini ada saja bentuk pemakaman yang unik dan tak biasa. Sebagai contohnya pemakaman yang dibangun di dalam air, atau hanya digantungkan saja. Namun yang jelas pemakaman-pemakaman unik dan aneh ini akan semakin dikenang oleh mereka yang ditinggalkan.

Walau terdengar tak masuk akal, bentuk pemakaman-pemakaman seperti itu memang benar adanya dan nyata di dunia ini. Seandainya kamu masih tak percaya, coba lihat dulu beberapa pemakaman berikut ini yang sangat unik dan aneh.

1. Pemakaman Khusus Wanita Single - Inggris
pavanmickey.blogspot.com
Pemakaman Cross Bones merupakan salah satu dari pemakaman tak biasa yang berlokasi di Inggris. Pada awalnya kuburan ini diperuntukkan untuk para wanita lajang yang merupakan sindiran bagi mereka pelacur di Inggris. Akan tetapi semenjak tahun 1769, akhirnya pemakaman ini menjadi area kuburan bagi orang miskin dan hingga saat ini dilaporkan sudah lebih dari 15.000 jenazah yang telah dimakamkan di sana.

2. Pemakaman di Desa Adat Trunyan Bali - Indonesia
itsallaboutina.blogspot.com
Desa adat Trunyan berlokasi di sebuah pulau di tengah Danau Batur, Kintamani-Bali. Ritual pemakaman di sini sangat unik, yaitu jenazah hanya diletakkan begitu saja di atas batu besar. Seandainya meninggal secara wajar, maka jenazah akan ditutupi kain putih dan kemudian diletakkan tanpa dikubur di bawah pohon besar yang bernama Taru Menyan. Namun apbila kematian yang tidak wajar, maka akan dimakamkan di lokasi yang bernama Sema Bantas. Meskipun diletakkan begitu saja, namun mayat-mayat di sini tidak akan bau busuk lantaran efek dari phon Taru Menyan yang bisa menetralisir bau busuk.

3. Pemakaman Kuno di Gurun - China
nosinmicamara.blogspot.com
Pemakaman unik ini berada di tengah gurun pasir yang menakutkan di kawasan Tibet. Disini seorang arkeolog China telah menemukan hal luar biasa. Di mana makam itu menyimpan jenazah orang meninggal hampir 4.000 tahun lalu. Uniknya, tubuh mayat terjaga baik lantaran udara gurun yang kering. Jasad itu dimakamkan di perahu yang terbalik dengan batu nisan berdiri yang diduga sang korban meminta ampun kepada dewa di akhirat. 

4. Pemakaman di Kota Kematian - Ossetia Utara
pavanmickey.blogspot.com
Bangunan gereja-gereja Kristen, lahan pertanian yang membentang sampai pemakaman kuno yang berjajar megah membuat Kota Kematian ini menarik perhatian wisatawan untuk menuju Rusia. Di tempat ada ada sekitar 100 makam kuno yang berisi jenazah orang-orang beserta barang mereka. Sehingga di lereng-lereng lembah ini memang dipenuhi oleh jenazah kuno.

5. Pemakaman di Lemari Besi - Bolivia
pavanmickey.blogspot.com
Di Bolivia ada pemakaman umum yang bernama Sucre. Di mana keluarga yang meninggal menyewa lemari besi untuk tempat jenazah keluarga mereka dan dikenakan biaya sebesar USD 10 ribu (Rp 97,1 juta) untuk tujuh tahun. Kemudian setelah itu jenazah akan di pindah ke dalam tanah selama 20 tahun dan kemudian dihilangkan begitu saja. Oleh karena harganya yang begitu mahal, ada beberapa orang yang memasukkan dua mayat dalam satu lemari besi.

6. Pemakaman di Dasar Laut - Amerika Serikat
Neptune Reef
By Elkman (Own work), via Wikimedia Commons
The Neptune Memorial Reef yang juga dikenal sebagai The Atlantis Memorial Reef ini merupakan makam bawah laut yang sengaja dibuat oleh manusia. Pemakaman ini memiliki luas 56.000 m². Pemakaman ini awalnya dibangun untuk 850 jenazah, yang kini mampu menampung lebih dari 125 ribu jenazah. Cara pemakaman di sini adalah jenazah dikremasi yang kemudian dimakamkan di dasar laut.

7. Pemakaman Dengan Lukisan Pada Nisan - Rumania
pillowsforthepeople.blogspot.com
Pada awalnya pemakaman ini bernama Cimitirul Vesel yang berarti Pemakaman Merry. Pada pertengahan tahun 1930-an, seorang seniman lokal yang bernama Stan loan Patras membuat batu nisan berwarna-warni yang memang menjadi salah satu keahliannya dalam hal melukis. Patras menggambar dalam batu nisan mengenai adegan-adegan terakhir seseorang menjelang kematiannya. Dan itu rupanya terjadi sampai saat ini. 

8. Pemakaman Kuno Newgrange - Irlandia
pavanmickey.blogspot.com
Newgrange yang berada di County Meath, Irlandia diperkirakan telah dibangun lebih dari 5.000 tahun lalu (sekitar 3.200 SM) yang membuatnya lebih tua daripada Stonehenge di Inggris atau Piramida Giza di Mesir. Makam megalitikum ini meliputi area seluas lebih dari 1 hektar. Diperkirakan bahwa pemakaman kuno ini menggunakan 300 budak pekerja yang diselesaikan dalam waktu 20 tahun. Sungguh peninggalan budaya jaman lampau.

9. Pemakaman Wadi-us-Salaam - Irak
liveeternity.blogspot.com
Wadi-us-Salaam yang berarti Lembah Kedamaian merupakan pemakaman Islam terbesar dan menjadi salah satu area pemakaman terbesar di dunia. Terletak di kota Najaf, Irak, pemakaman ini menjadi rumah terakhir banyak utusan agama Islam serta dekat dengan Makam Suci Imam Ali bin Abi Thalib. Dengan luas sekitar 6 km², makam ini menampung sekitar 5 juta jenazah. Sungguh sangat luar biasa ya.

10. Pemakaman Gantung - Filipina
new-pict.blogspot.com

Sekitar 6 jam menggunakan bis dari ibukota Banaue, pulau Luzon, utara Manila ada penduduk Sagada yang memiliki ritual pemakaman unik. Disini jenazah akan diletakkan di peti mati yang kemudian digantung. Jenazah tersebut dimasukkan ke peti mati dan digantung di tebing yang bergabung dengan peti mati para leluhur lainnya. Ritual ini sudah berlangsung selama lebih dari 2.000 tahun yang lalu.



No comments:

Mobile version