Thursday

Perayaan Natal Paling Aneh di Berbagai Penjuru Dunia

Perayaan Natal Paling Aneh di Berbagai Penjuru Dunia
Jika Natal tiba tentunya akan menjadi momen kebahagiaan, kedamaian serta cinta untuk semua orang. Di banyak negara, sebab Natal membawa semangat tersendiri. Ketika Natal tiba, coba perhatikan sekelilingmu! Pastilah ada banyak pohon Natal dan juga busana serba merah putih hijau menghias banyak tempat.

Meskipun begitu, di beberapa negara di dunia, Natal dilangsungkan secara berbeda dan bahkan aneh. Kamu pasti akan menggeleng-gelengkan kepala ketika melihatnya. Beberapa diantaranya mulai dari penyihir, laba-laba dan makhluk aneh lain yang dipercaya sebagai hal wajib penghias natal. Seandainya tak percaya, coba lihat yang berikut ini sebagai buktinya! 

1. Ukiran Dari Lobak
oddee.com
Begitu kreatif meskipun tampak aneh, tradisi Natal satu ini hanya ada di Oaxaca, Meksiko dan telah ada selama 116 tahun. La Noche de Rabanos, atau Malam Lobak adalah perayaan di mana umat kristiani mengukir lobak dan memajangnya sebagai hiasan Natal.

2. Natal bersama makhluk mengerikan
oddee.com
Kalau Santa Claus memberi hadiah pada anak-anak yang berkelakukan baik sepanjang tahun, namun di beberapa negara seperti Austria, Jerman, Hungaria, dan negara tetangganya, ada hantu bertanduk yang dinamakan Krampus. Kemunculannya di hari Natal tak lain untuk memberi hukuman kepada anak-anak yang berkelakuan buruk.

Krampus ini dipercaya datang untuk menculik anak-anak nakal dan membawa mereka kembali ke neraka. Waduh... seram. Meskipun Krampus berasal dari budaya Pagan, namun ia sudah sejak tahun 1600 disandingkan dengan Santa Klaus dalam perayaan Natal di beberapa negara. 

3. Le Befana, Penyihir Natal
oddee.com
Rupanya selain sosok Santa Klaus, penduduk Italia juga punya sosok lain yang identik dengan hari Natal, yaitu penyihir Le Befana. Penyihir yang satu ini datang setiap hari Natal untuk memberi hadiah tambahan kepada anak-anak yang bertabiat baik. Ia pun dipercaya masuk ke rumah-rumah lewat cerobong asap, sama seperti Santa Klaus. Kini setiap hari Natal, sosok Le Befana bisa dilihat sebagai hiasan pohon Natal. Le Befana sendiri berasal dari kepercayaan Pagan yang berkembang di Eropa sebelum akhirnya diadaptasi oleh kaum Kristiani.

4. Boneka kayu yang buang air besar
oddee.com
Di Catalan, Spanyol ada boneka kayu yang khusus dibuat tepat di hari Natal, namanya Caga Tio. Jika diartikan nama tersebut berarti "kayu yang bisa buang air". Bentuknya sendiri seperti balok kayu dengan gambar wajah sedang tersenyum.

Pemilihan nama tersebut bukanlah tanpa alasan, karena mengingat boneka tersebut dibuat untuk "berak" hadiah bagi anak-anak yang memukul-mukulnya. Boneka ini diletakkan di dekat perapian dan diselimuti. Anak-anak di Spanyol merawatnya seperti layaknya merawat binatang peliharaan. Mereka memberi makan kayu tersebut dengan buah, kacang atau cokelat. 

Tepat di hari Natal, para anak tersebut menyanyikan lagu khusus sembari memukul-mukul kayunya. Kemudian setelah lagu selesai dinyanyikan, maka hadiah akan keluar dari boneka tersebut.

5. Festival mengejar Santa
oddee.com
Ada satu lagi hal unik dari negara Swiss. Rupanya penduduk mengadaptasi festival mengusir setan dalam kepercayaan Pagan menjadi perayaan Klausjagan di hari Natal. Secara harafiah, acara satu ini adalah kontes mengejar santa klaus. Peserta kontes membawa cambuk dan berlarian mengejar dan mencambuk santa. 

Sembari 200 orang mengejar sang santa, sekitar 1000 penduduk yang menyaksikan kontes tersebut membunyikan lonceng sapi untuk menyemarakkan acara.

6. Berfoto bersama Santa Klaus dan pistolnya
oddee.com
Sementara di negara bagian Arizona punya reputasi sangat toleran terhadap penggunaan senjata. Jadi bukanlah masalah bagai klub senjata api Scottsville Gun di sana untuk mengadakan sebuah perayaan natal ala mereka sendiri. 

Dalam acara yang berjudul"Santa and Machine Guns" tersebut para keluarga ,termasuk bayi dan anak kecil mereka, berfoto bersama Santa Klaus yang punya persenjataan lengkap seperti pistol, shotguns, AK-47, granat dan and machine gun. Bahkan saking populernya, acara ini diminati banyak keluarga. Mereka rela mengantri hanya untuk dapat berfoto bersama Santa bersenjata tersebut. 

7. Kontes seru-seruan memakai kostum Santa Klaus
oddee.com / youtube.com
Di sebuah kota kecil Samnaun, Swiss, ada kompetisi aneh yang bernama ClauWau. Dalam kontes ini para ria dengan mengenakan kostum santa klaus saling berlomba dalam kontes paling seru di akhir tahun. 

Adapun lombanya sangat beragam mulai dari ski bakiak, panjang tembok, hingga menghias kue gingerbread. Semua dilakukan untuk mencari tim Santa Klaus mana yang paling tangguh.



No comments:

Mobile version