Wednesday

Surat-Surat Dalam Botol ini Mengalami Perjalanan Panjang

Surat-Surat Dalam Botol ini Mengalami Perjalanan Panjang
Mirip kisah dongeng, surat dalam botol yang dibalas oleh penemunya. Di dunia nyata sepertinya hal itu mustahil terjadi, namun benar terjadi. Ada beberapa surat yang telah puluhan tahun mengapung di lautan, yang akhirnya berhasil ditemukan dan penemunya membalas pesan yang tertulis di dalamnya.

Wah, bagaimana kisah surat dalam botol yang berhasil ditemukan? Lantas berapa lama perjalanan yang ditempuh sebelum mendapatkan balasan dari penemunya? Jika penasaran, mari kita simak penjelasan-penjelasannya berikut ini.

1. Dibuang ke Laut, Dapat Balasan di Facebook
oddee.com
Oliver Vandevalle telah membuang botol yang berisi pesan ke lautan 30 tahun yang lalu, dan ia mendapatkan balasan untuk pesannya melalui Facebook!

Ketika berusia 14 tahun Vandevalle menuliskan pesan dalam sebuah botol wine dan membuangnya ke laut Inggris. 30 tahun kemudian botol tersebut sampai di Belgia dan ditemukan oleh seseorang bernama Lorraine Yates.

Alih-alih ingin membalas surat tersebut lewat pos ke alamat yang tertulis di botol, namun Lorraine justru memilih untuk mencari pemilik botol lewat jejaring sosial, yaitu Facebook. Akhirnya Lorraine berhasil menemukan Vandevalle dan kemudian ia mengirim pesan balasan untuk Vandevalle lewat Facebook.

2. Berhasil Kembali Setelah 76 Tahun Kemudian
oddee.com
Sebuah pesan dalam botol ditemukan di Selandia Baru dan dikembalikan ke keluarga pengirim setelah mengapung di lautan selama 76 tahun. Botol tersebut ditemukan oleh Geoff Flood pada bulan November 2012, dan ia menemukan fakta bahwa penulis surat tersebut telah meninggal dunia pada tahun 1940 silam.

Ternyata pesan dalam surat tersebut bertanggal 17 Maret 1936 dan mencantumkan nama Herbert Ernest Hillbrick. Herbert menyertakan alamat rumahnya dalam surat tersebut dan Geoff mengirimkannya kembali ke Australia, asal botol tersebut.

3. Mengapung Selama 97 Tahun
oddee.com
Pesan dalam botol ini masuk dalam buku rekor dunia, Guiness World Record, sebab surat ini baru ditemukan setelah 97 tahun ia berada di atas lautan. Awalnya botol ini ditemukan di sebuah pantai di kawasan Shetland, Skotlandia.

Adalah seorang pria bernama Andrew Leaper yang menemukan botol berisi surat tersebut. Adapun pesan dalam surat itu berbunyi, 'Barang siapa menemukan surat dalam botol tersebut dan mengembalikannya ke pemiliknya, akan mendapatkan imbalan sebanyak 6 ribu rupiah,". 

4. Perjalanan Panjang Dari Kanada ke Kroasia
oddee.com
Botol berisi pesan ini dibuang di Nova Scotia, Kanada. Kemudian 28 tahun berlalu akhirnya botol ini terdampar di pantai Kroasia ketika beberapa orang peselancar sedang membersihkan pantai.

"Mary, kamu adalah orang yang benar-benar hebat. Kuharap kita bisa terus berhubungan lewat surat. Aku bilang aku akan menulis untukmu. Temanmu selalu, Jonathan. Nova Scotia '85" tulis pesan dalam botol tersebut.

Pesan dalam botol tersebut telah mengarungi samudera Atlantik, melewati Gibraltar, mengelilingi laut Mediterania dan memasuki laut Adriatic sebelum terdampar di pantai Kroasia. Perjalanan itu menempuh jarak sepanjang 4000 kilometer. 

5. Dibalas Setelah 24 Tahun Kemudian
oddee.com
Seorang anak laki-laki berkebangsaan Rusia yang berusia 13 tahun bernama Daniil Korotkikh, sedang berjalan - jalan di sebuah pantai saat ia melihat botol berisi pesan dan kemudian mengambilnya.

Pesan dalam botol tersebut berbunyi "Halo, aku Frank dan aku berusia 5 tahun. Aku dan ayahku tengah dalam perjalanan dengan sebuah kapal menuju Denmark. Kalau kamu menemukan surat ini, tolong balas pesannya dan aku akan membalas pesanmu,". Surat tersebut ditulis pada tahun 1987 dan Frank menyertakan alamat rumah di dalamnya. 

Kemudian 24 tahun berlalu, Daniil Korotkikh telah menemukannya dan mengirim balasan surat tersebut ke alamat yang dituliskan Frank. Syukurlah orang tua Frank masih tinggal di alamat yang sama dan memberitahukan hal itu kepada Frank yang sudah berusia 29 tahun. Akhirnya mereka berdua bertatap muka lewat video call beberapa waktu lalu dan Korotikh menunjukkan surat yang ditemukannya kepada Frank, Korotikh masih menyimpan surat tersebut dan membingkainya untuk kenang-kenangan.

6. Berhasil Selamat Dari Bajak Laut
oddee.com
Seorang kru dari sebuah kapal yang tengah dibajak di tengah laut menuliskan pesan dalam sebuah botol dan melemparkannya ke lautan pada tahun 2011. Beruntunglah kapal NATO yang menemukan botol berisi pesan tersebut dan melakukan penyelamatan yang akhirnya berhasil membebaskan mereka dari bajak laut.

Adapun pesan dalam botol tersebut bertuliskan bahwa mereka baik-baik saja dan aman, namun mereka tengah dalam masa tegang karena kapal mereka dibajak oleh perompak. Kemudian setelah kapal NATO datang, semua kru diselamatkan dan mereka tidak mengalami luka sedikitpun. 



No comments:

Mobile version