Sunday

10 Desain Gedung Paling Unik dan Aneh di Eropa Timur

10 Desain Gedung Paling Unik dan Aneh di Eropa Timur
One web id — Di Eropa Timur, ada beberapa gedung yang dibangun dengan desain arsitektur cukup aneh. Bentuknya yang unik dan desain tidak biasa ditampilkan dalam bangunan yang sebenarnya berupa monumen, teater atau bahkan gedung radio. Selain itu beberapa gedung dibangun sudah cukup lama, akan tetapi memiliki desain yang modern dan masih cocok dengan kondisi saat ini. Lantas seradikal apa arsitek di Eropa timur membuat masterpiece mereka lewat bangunan yang unik dan aneh? Ini dia diantaranya.

1. Monument Perang Bash-Aparan, Arnemia
maviboncuk.blogspot.com
Monumen yang cukup menarik untuk memperingati perang Bash-Aparan ini dibangun pada tahun 1978 menggunakan desain yang tidak biasa. Monumen ini guna mengingat kembali peperangan antara tentara Armenia dan Turki di tahun 1918.

2. Embassy Soviet di Havana, Kuba
inosmi.ru
Embassy Russia ini dibangun di Havana, Cuba dan banyak orang menganggap bangunan ini seperti alat suntik atau pedang. Awalnya, gedung ini mulai dibangun pada tahun 1978 dan baru selesai pada tahun 1987.

3. Western City Gate di Belgrade, Serbia
fashionfoodiefreedomfighter.blogspot.com
Seperti apa keanehan yang ditampilkan di Western City Gate di Belgrade Serbia? Bangunan pencakar langit dengan 35 lantai ini didesain pada tahun 1977 oleh Mihajlo Mitrović. Di puncak bangunan tersebut ada restoran. Awalnya gedung ini dibangun untuk menyapa orang yang datang ke kota dari Barat.

4. Praha Nova Scena di Praha, Republik Ceko
dumazahrada.cz
Desain arsitektur bangunan Theatre Nasioal di Praha ini mengundang perhatian. Bentuk dari bangunan yang sangat tidak biasa membuat nuansa teater ini begitu unik dan benar-benar menarik.

5. Slovenský Rozhlas, Slovakia
missigorota.blogspot.com
Mungkin orang akan berpikir jika ini adalah piramida terbalik. Bangunan Slovenský Rozhlas ini merupakan kantor untuk broadcast radio nasional Slovakia. Gedung berbentuk aneh ini sekaligus menjadi markas besar perusahaan.

6. Buzludzha Monument, Gulgaria
ijperen.blogspot.com
Monumen impresif ini dibangun oleh rezim komunis Bulgaria di gunung Buzludzha untuk memperingati terbentuknya organisasi sosialist di Bulgaria. Bentuk bangunan bundar ini terlihat begitu unik.

7. The House Of Soviets, Rusia
failedarchitecture.com
Bangunan ini dibangun di teritori Königsberg Castle. Akan tetapi anehnya justru sama sekali tidak seperti kastil. Ini adalah salah satu bentuk arsitektur yang cukup aneh. Dibangun pada tahun 1950 hingga pertengahan 1970, bangunan ini telah mirip konsep bangunan modern.

8. Embassy Ceko di Berlin, Jerman
Berlin, Mitte, Wilhelmstrasse, Tschechische Botschaft 01
Embassy Ceko berada di Thälmannplatz, Berlin. Awalnya di desain oleh arsitek Vera macho Nina, Vladimir Machonin dan Klaus Pätzmann. Bangunan ini dibangun pada tahun 1974 dan rampung pada 1978. Hingga saat ini bentuknya yang aneh tetap menjadi perbincangan. Meski dibangun dengan bentuk yang sangat tidak biasa dan terkesan brutal, namun banyak yang menganggap bangunan ini terlihat membosankan dan membuat depresi.

9. Lokasi Konser di Vilnius, Lithuania
truelithuania.com
Bangunanan ini mirip area skateboard raksasa. Meski demikian gedung ini digunakan untuk konser dan olahraga di Vilnius. Bangunan ini pertama dibuka pada tahun 1971 dan awalnya dipakai untuk menggelar pertandingan basket dan volley. Kapasitas bangunan ini dapat mencapai 4.400 orang.

10. Druzhba Sanatorium, Yalta
oleh Frederic Chaubin
Bentuk Druzhba Sanatorium ini begitu aneh. Ini sekaligus menjadi masterpiece dari arsitek Igor Vasilievsky dan insinyur Yurij Stefanchuk. Druzhba sanatorium dibangun mulai tahun 1983 hingga 1985 dan bahkan di dalamnya terdapat kolam renang dengan air pantai.



No comments:

Mobile version