Saturday

10 Manfaat Jeruk Nipis dalam Menjaga Kesehatan Anda

One web id — Selama ini apakah Anda menyadari bahwa begitu banyak manfaat jeruk nipis dan daunnya. Tahukah Anda? Buah kecil berwarna hijau dan berbentuk oval ini kaya akan nutrisi. Umumnya, anggota jeruk dimanfaatkan sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Diketahui bahwa jeruk nipis memiliki kandungan vitamin B, vitamin C, asam sitrat, karbohidrat, serat makanan dan sejumlah kecil protein. Jeruk nipis dikenal sebagai antibakteri, anti-virus dan antiseptik.
10 Manfaat Jeruk Nipis dalam Menjaga Kesehatan Anda

Tak hanya itu saja, rupanya jeruk nipis juga memiliki antioksidan yang dapat menjaga kesehatan, dalam maupun luar tubuh. Apabila Anda ingin tahu lebih banyak tentang manfaat mengejutkan dari jeruk nipis, mari simak ulasan yang berikut:

1. Cooling Agent
Jeruk nipis juga penting bagi orang-orang yang mengalami demam dan luka. Jeruk nipis dapat membantu mengurangi rasa panas pada orang yang terkena luka bakar. Jeruk nipis bahkan dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

2. Sakit tenggorokan
kebanyakan orang yang terserang flu atau pilek akan mengalami sakit tenggorokan. Perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu dapat meredakan sakit tenggorokan.

3. Menurunkan Berat Badan
Jeruk nipis berfungsi sebagai pembersih hati. Lemon juga dapat membantu organ pencernaan yang dalam memecah makanan. Ketika hati dibersihkan dan saluran  pencernaan berfungsi dengan baik, maka tubuh akan memproses makanan dengan lebih baik. Dengan begitu kemungkinan penimbunan lemak akan berkurang.

4. Mencegah Rambut Rontok atau Ketombe
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

5. Ambeien
Sebanyak 10 gram akar pohon jeruk nipis dicuci bersih, lalu direbus dengan air 1 liter selama 1/2 jam, lalu saring. Diminum hangat-hangat 3 kali sehari.

6. Amandel
Kulit 3 jeruk nipis dicuci, dipotong-potong, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa 3/4, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3 hingga 4 kali sehari.

7. Anyang-anyangan
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.

8. Batuk Disertai Influenza
Potong sebuah jeruk nipis masak dan mengandung air yang cukup banyak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan 1/2 sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

9. Batu Ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

10. Difteri
Dua jeruk nipis dicuci, diperas airnya. Seduh dengan 1 gelas air panas ditambah 1 sendok makan madu. Gunakan untuk berkumur selama dua menit saat masih hangat, lalu diminum. Lakukan 3 kali sehari.

Bagaimana menurut anda, sangat banyak sekali ya manfaat jeruk nipis ini. Berminat mencoba?



No comments:

Mobile version