Wednesday

7 Manfaat Ajaib Buah Semangka untuk Kesehatan Anda

One web id — Tembikai atau yang populer dengan sebutan semangka merupakan jenis tanaman merambat yang awalnya berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Usut punya usut, tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan, melon dan mentimun. Umumnya, semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan secara langsung atau dijadikan jus.
7 Manfaat Ajaib Buah Semangka untuk Kesehatan Anda

Buah semangka merupakan salah satu buah yang sangat mudah ditemukan dan sering kita konsumsi sehari-hari. Di seluruh penjuru dunia, ada beberapa jenis buah semangka seperti semangka kuning dan merah. Akan tetapi cita rasa dari kedua jenis ini tidak jauh berbeda. Buah semangka yang ajaib ini memiliki kandungan air cukup tinggi sehingga menjadikannya sebagai buah yang begitu favorit terutama di daerah tropis. 

Buah semangka, selain memiliki rasa yang manis dan segar, ternyata memiliki manfaat lain terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Anda ingin tau manfaat apa saja yang terkandung pada buah semangka? Ini dia tujuh manfaat semangka yang patut untuk diketahui diantaranya:

1. Menjaga kesehatan ginjal
Kandungan kalium yang tinggi pada buah semangka sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Nantinya, kalium ini akan membantu untuk membersihkan sisa-sisa racun yang terdapat pada ginjal. Disamping itu, ternyata buah semangka juga mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah sehingga mengurangi resiko kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.

2. Kesehatan mata
Ini disebabkan oleh kandungan betakaroten pada buah semangka nantinya akan di ubah menjadi vitamin A setelah Anda konsumsi. Sebagaimana yang kita tau bahwa, vitamin A merupakan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh mata.

3. Perlindungan terhadap radikal bebas
Berbagai asap dari kendaraan bermotor atau pabrik serta udara kotor yang terhirup oleh kita dapat memicu radikal bebas yang nantinya akan mengancam kesehatan tubuh. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas.

4. Memperkuat tulang
Peran ini tentunya tak terlepas dari tingginya kandungan kalium pada buah semangka. Nantinya, kalium ini akan berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi akan lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

5. Mencegah dehidrasi
Semangka mempunyai tingkat hidrasi yang tinggi, sekitar 92 persen air. Selain itu, semangka juga mengandung nutrisi beta karoten (nutrisi yang akan menjadi vitamin A), likopen, dan vitamin C. Selain itu, semangka juga kaya elektrolit natrium dan kalium sehingga dapat dijadikan pengganti cairan tubuh yang hilang.

6. Antioksidan
Tingginya kandungan likopen pada buah semangka sehingga dapat berfungsi sebagai antioksidan. Likopen merupakan senyawa antioksidan yang berpotensi untuk mencegah radikal bebas.

7. Mencegah hipertensi 
Sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi karena memiliki kandungan air dan kalium cukup tinggi yang dapat menetralisir tekanan darah di dalam tubuh kita.

Selain yang telah dijelaskan, ternyata semangka juga dapat menemani program diet anda karena buah semangka ini merupakan salah satu buah yang tidak mengandung lemak dan juga mempunyai kombinasi kadar gula terbatas dan kandungan airnya yang sangat banyak.



No comments:

Mobile version