Wednesday

7 Pemakaman Teraneh di Segenap Penjuru Dunia

7 Pemakaman Teraneh di Segenap Penjuru Dunia
One web id — Lazimnya kuburan atau pemakaman, merupakan sebidang tanah yang disediakan untuk kuburan. Pemakaman bisa bersifat umum yaitu semua orang boleh dimakamkan di sana, maupun khusus, sebagai contohnya adalah pemakaman menurut agama, pemakaman pribadi milik keluarga, Taman Makam Pahlawan, dan lain sebagainya. Namun, di segenap penjuru dunia ini ada beberapa pemakan yang terbilang unik dan aneh. Jika demikian, pemakaman mana sajakah yang dimaksud? Anda penasaran, mari kita delik yang berikut ini.

1. Giza Necropolis
All Gizah Pyramids
By Ricardo Liberato (All Gizah Pyramids), via Wikimedia Commons
Giza Necropolis atau yang lazim kita sebut sebagai kompleks piramida Giza adalah kompleks piramida yang berada di Giza, di luar Kairo, Mesir. Monumen kuno ini terletak sekitar delapan kilometer ke padang pasir dari kota tua Giza di Nil, sekitar 25 kilometer sebelah barat laut pusat kota Kairo. Piramida ini merupakan monumen yang tersisa dari Tujuh Keajaiban Dunia. Tak ada satupun yang dapat menandingi kompleks pemakaman yang paling megah, besar, luas, bahkan paling misterius di dunia selain Giza Necropolis. Kompleks pemakaman raja Mesir ini terdiri dari Piramida besar Giza, Piramida Khafre, Piramida Menkaure, Patung Sphinx, serta beberapa piramida-piramida kecil lain yang mengelilinginya. Salah satu keajaiban dari pemakaman berbentuk segitiga unik ini adalah setelah diukur dengan benar oleh sejumlah ahli, maka piramida itu hanya memiliki margin error sebesar 58 milimeter saja.

2. Tentara Terracotta
Pasukan terakota atau Tentara terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin ,Qin Shi Huang. Awalnya, tokoh prajurit itu ditemukan pada tahun 1974 di Lintong District, Xi`an, Provinsi Shaanxi oleh para petani lokal. Diperkirakan, Terakota dibangun tahun 210 SM–209 SM sebagai bentuk seni pemakaman dengan maksud untuk melindungi Kaisar Qin sesudah kematiannya. Pada tahun 1987 Bangunan ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Mungkin temuan tentang keberadaan patung tentara China yang ini hingga saat ini masih belum tuntas penggaliannya. Pasukan terracotta yang menakjubkan itu sempat terkubur dan dilupakan oleh sejarah, dan baru ditemukan kembali pada tahun 1974. Penemunya sendiri adalah Yang Peiyan dan beberapa petani yang sedang menggarap lahan. Alhasil, temuan ini membuka tabir misteri keberadaan makam kaisar Qin Shihuang yang merupakan kaisar pertama di China yang mempersatukan dataran China. Tentara Terracotta Cina ini berkekuatan 8.000 pasukan. Hal yang paling unik, ternyata setiap patung dibuat satu per satu sehingga tidak ada gambar wajah patung yang sama. Pasukan itu dibuat untuk melindungi kaisar di alam baka.

3. Pekuburan Newgrage
Newgrange ireland 750px
By Uploaded by Popsracer, via Wikimedia Commons
Pekuburan yang letaknya di negara Irlandia ini merupakan salah satu bangunan atau monumen pra sejarah yang paling impresif dan megah di dunia. Diperkirakan, bangunan ini dibangun sekitar tahun 3300 hingga 2900 sebelum masehi, makam misterius ini termasuk sangat besar. Luas bangunan berbentuk bulat seperti bungker ini memiliki luas 4046 meter persegi dengan tinggi 12 meter. Usut punya usut, ternyata bangunan ini terdiri dari susunan batu-batu yang sangat rapi dan terdapat sejumlah peninggalan batu berukir megalitikum. Ini menunjukkan bahwa bangunan kokoh ini memang memiliki umur yang sangat tua. Tak tanggung-tanggung, bahkan diperkirakan lebih tua dari piramida Giza dan Stonehenge.

4. Catacomb of Paris
Catacombs of Paris 03
Sebetulnya sulit untuk menjabarkan apa arti dari catacomb, namun ini bisa dimaknai sebagai lorong-lorong bawah tanah, kadang memiliki ruangan-ruangan tergantung kebutuhan untuk apa ruangan tersebut dibuat. Catacomb yang paling tersohor adalah yang berada di kota Paris, Perancis. Pada tahun 1700-an, kala itu kota Paris menderita semacam penyakit yang diakibatkan oleh pemakaman massal yang kurang tepat di pemakaman umum. Akhirnya, penguasa kota memutuskan untuk memindahkan semua tulang belulang itu ke dalam sejumlah lorong-lorong di kota Paris yang tidak terpakai. Sehingga, jadilah tulang belulang beserta tengkorak tersebut diletakkan di sana dan disusun sedemikian rupa di dalam lorong-lorong tersebut. Hal yang menjadi luar biasa adalah lorong bawah tanah yang digunakan untuk menyusun tulang belulang itu hingga mencapai panjang 300 kilometer. Untuk menjaga keaslian ruangan yang penuh tulang belulang itu, pemerintah kota hanya mengizinkan membuka sedikit akses ke dalam Catacomb of Paris ini.

5. Tana Toraja
Burial Site 2
By Peter Ruckstuhl (Deutsch Wikipedia [1]), via Wikimedia Commons
Ini adalah salah satu warisan kebudayaan asli milik Indonesia yang amat terkenal hingga ke mancanegara. Tana Toraja memiliki ritual pemakaman yang dianggap paling rumit di dunia. Upacara pemakaman itu disebut dengan Rambu Solo. Rambu Solo merupakan sebuah upacara pemakaman secara adat yang mewajibkan keluarga yang almarhum membuat sebuah pesta sebagai tanda penghormatan terakhir pada mendiang yang telah pergi. Salah satu hal yang menjadikannya rumit adalah bahwa upacara Rambu Solo memiliki sejumlah tingkatan, tergantung pada stratifikasi sosial si mendiang dan keluarganya. Sementara hal yang paling menarik adalah ketika tahap terakhir upacara Rambu Solo dimana jenazah dibawa ke sebuah tebing khusus untuk dimakamkan. Pada umumnya, jenazah disertai dengan patung simbolisasi penggambaran diri mendiang yang disebut dengan nama Tau-tau. Anehnya, mayat-mayat yang disimpan di tebing tersebut hanya diletakkan begitu saja dan secara ajaib mayat tersebut tidak pernah mengeluarkan aroma bau busuk.

6. Lembah Para Raja
Lembah Para Raja
Topeng Emas Raja Tut
Lembah Para Raja adalah sebuah lembah di Mesir di mana kuburan para Firaun dibangun. Lembah Para Raja terletak di tepi barat Sungai Nil di sekitar kota Thebe atau Luxor. Lembah Raja-Raja yang berada di Mesir menjadi sangat tersohor tatkala pada tahun 1922 silam, seorang ahli kebudayaan Mesir Howard Carter menemukan dan membuka makam Tutankhamen. Di sinilah merebak ’kutukan’ bagi mereka yang membuka makam tersebut. Sehingga satu per satu dari para penemu makam kuno itu mati dengan berbagai akibat. Karena ’kutukan’ itulah akhirnya Lembah Raja-Raja menjadi sangat terkenal disamping juga penemuan yang didapat di sana sangat luar biasa, seperti topeng emas Raja Tut.

7. Westminster Abbey
Westminster Abbey - Thomas Hosmer Shepherd
Thomas H. Shepherd [Public domain], via Wikimedia Commons
Westminster Abbey merupakan sebuah gereja gothic yang amat terkenal di London. Secara bangunan gereja tersebut memang tak seheboh dan semegah bangunan-bangunan kuno yang lainnya. Awalnya, bangunan ini dibangun oleh Pendeta Benedictine pada abad ke-10. Kira-kira siapa saja yang dimakamkan di sana? Usut punya usut, ternyata Westminster Abbey adalah tempat pemakaman para raja-raja Inggris dan bangsawan lainnya. Pada perkembangannya, makam tersebut menjadi tempat terakhir bagi orang-orang besar Inggris lainnya seperti Geoffrey Chaucer, Charles Dickens, Thomas Hardy, Rudyard Kipling, Alfred Tennyson, Sir Isaac Newton, Charles Darwin, and Ernest Rutherford.



No comments:

Mobile version