Thursday

10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis

One web id — Masakan Perancis sangat beragam, dan hampir menyamai variasi masakan Cina. Hal ini disebabkan oleh kegemaran rakyat Perancis menyantap masakan yang lezat serta menyajikannya dengan cara yang menarik. Keragaman ini juga disebabkan oleh keadaan geografi dan iklim yang memengaruhi produksi berbagai jenis bahan makanan, serta juga sejarah Perancis yang panjang. Dikatakan bahwa dengan mempelajari masakan Perancis berarti juga memahami Perancis itu sendiri. Kuliner Prancis terkenal karena rasanya yang kaya dan penyajiannya yang indah. Makanan dari negara ini dianggap salah satu khasanah kuliner kontinental yang paling lezat. Karena itu di berbagai negara menjamur restoran-restoran yang menyajikan masakan Prancis. Akan tetapi negara ini juga menyimpan warisan kuliner ekstrem. Ada beberapa makanan Prancis yang cukup unik hingga mungkin hanya disukai oleh para pecinta kuliner ekstrem. Ingin tahu selengkapnya? Berikut ini ada beberapa kuliner terunik dan terekstrim di Prancis. Mari kita simak bersama-sama!

1. Boudin Noir
10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis
Boudin Noir
Sosis darah atau sosis hitam adalah sosis berukuran besar dari usus hewan yang diisi darah dan lemak. Terbuat dari cincangan daging babi dan darah babi yang dimasak hingga kering dan berubah warna menjadi hitam. Hampir tiap daerah atau kota memiliki resep sosis darah tersendiri, tapi pada umumnya, sosis ini terdiri dari darah, lemak, dan (terkadang) daging cacah. Yang jelas, semua jenis sosis darah adalah makanan khas, dan pada umumnya, para pecinta makanan ini menyukainya karena rasa darah yang kuat dari sosis ini. Makanan ini dianggap sangat mudah rusak dan sangat halus. Meski dibekukan, setelah beberapa hari sosis ini sudah dianggap tidak layak lagi dikonsumsi. Dalam pembuatannya, sosis ini dimatangkan dengan cara direbus hingga isinya mengeras. Selain memakai darah babi, sosis bisa dibuat dari darah hewan lain seperti sapi, anak sapi, atau domba, namun hasilnya kurang baik. Makanan ini adalah salah satu varian sosis darah atau puding hitam khas Prancis. Biasanya Boudin Noir disajikan dengan potongan kentang, bawang bombay, dan irisan apel.

2. Foie Gras
Foie gras IMGP2349
Di Nikodem Nijaki (Opera propria), attraverso Wikimedia Commons
Foie gras adalah makanan khas Perancis yang terbuat dari hati angsa. Nama foie gras disini memang tak begitu populer. Namun, hidangan ini di benak orang Eropa boleh dibilang begitu lekat. Terutama di Perancis, Bulgaria dan Hongaria. Olahan dari hati angsa ini tergolong makanan paling tua di Eropa. Diperkirakan, orang Bulgaria telah membuatnya sejak 2000 tahun lalu. Namun, sajian ini pertama kali muncul di Mesir. Yang menjadikan makanan ini kontroversial bagi sebagian orang adalah cara pembuatannya terkesan menyiksa hewan. Untuk mendapatkan hati angsa berukuran besar, angsa dipaksa makan banyak-banyak hingga hati dan saluran cernanya membengkak. Setelah angsa mati kekenyangan kemudian hatinya diambil dan dijadikan masakan. Makanan ini disukai oleh orang Prancis karena rasanya yang lembut dan kaya seperti mentega. Tetapi karena proses pembuatannya yang kejam beberapa negara mengeluarkan undang-undang yang melarang perdagangan makanan ini.

3. Cuisses de grenouille
10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis
Cuisses de grenouille
Cuisses de grenouille, Frog legs atau yang lazim kita sebut Kaki katak merupakan salah satu hidangan yang lebih terkenal dari masakan Perancis dan Kanton. Mereka juga dimakan di wilayah lain, seperti Kerala - India, Thailand, Vietnam, Indonesia, wilayah Alentejo di Portugal, Spanyol, Slovenia, barat laut Yunani, dan Italia Utara, serta daerah selatan Amerika Serikat. Saat ini eksportir terbesar katak di dunia adalah Indonesia, juga merupakan konsumen besar. Di daerah-daerah seperti Brazil, Meksiko dan Karibia banyak katak masih tertangkap liar. Jenis katak yang paling sering digunakan untuk hidangan ini yaitu katak yang bisa dimakan. Kaki katak kaya protein, asam lemak omega - 3, vitamin A dan kalium. Mereka sering dikatakan rasa seperti ayam karena rasa ringan mereka, dengan tekstur yang paling mirip dengan sayap ayam. Rasa dan tekstur daging katak adalah sekitar antara ayam dan ikan. Katak dibesarkan secara komersial di negara-negara tertentu, misalnya Vietnam. Di Prancis kaki kodok disebut Cuisses de grenouille. Makanan ini populer dalam kuliner Cajun. Biasanya disajikan dengan cara digoreng. Kemudian disajikan dengan saus atau dengan taburan rempah daun.

4. Ortolan
10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis
Ortolan
Masakan yang terbuat dari burung memang tidak aneh. Tetapi lain ceritanya kalau yang dimakan adalah burung langka. Burung nocturnal yang bersuara merdu ini dilindungi oleh pemerintah Prancis. Spesies burung ortolan sudah jarang ditemukan di Prancis karena maraknya perburuan terhadap hewan tersebut. Biasanya, burung ini dimasak dengan cara dipanggang. Untuk menyiapkannya, terlebih dahulu burung ortolan dikurung di kandang tanpa cahaya sedikit pun. Dengan demikian burung ortolan jadi tidak mengetahui waktu dan akhirnya pola makan mereka ikut kacau. Akibatnya burung ini jadi makan sepanjang waktu sampai tubuhnya mengalami obesitas, membesar hingga dua atau tiga kali lipat dari ukuran semula. Jika sudah begitu burung ortolan langsung ditenggelamkan di dalam minuman hingga mati, kemudian baru dipanggang. Proses memasak yang cukup kejam sekali, ya?

5. Vieux-Boulogne
10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis
Vieux-Boulogne
Vieux-Boulogne adalah keju tidak dipasteurisasi yang terbuat dari susu sapi dan diproses di sekitar kota Boulogne-sur-Mer di Perancis. Keju artisanal ini berbentuk persegi sekitar 11 cm yang tingginya 4 cm, dan berat hingga 500 gram. Vieux-Boulogne terkenal karena bau yang kuat. Saking baunya, orang-orang pun dilarang untuk membawa keju ini dengan angkutan umum di seluruh Perancis.

6. Haute cuisine
10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis
Haute cuisine
Haute cuisine atau Grande cuisine ("masakan agung") adalah jenis masakan klasik yang disajikan dengan cara yang unik dan ekstrem. Ciri khasnya adalah elegan, ramai, mewah, cenderung berat dikarenakan penggunaan krim yang banyak. Tampilan hidangan pun diperhatikan dengan cermat, misalnya sayuran harus dipotong dengan ukuran yang tepat dan seragam. Bahan-bahan yang dipergunakan merupakan yang berkualitas terbaik. Masakan jenis ini dikenal dengan harganya yang mahal.

7. Canard a la Rouennaise
Concour du Canard à la Rouennaise
By Valois77 (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Canard a la Rouennaise, Pressed duck atau Menekan bebek ataupun darah bebek adalah hidangan tradisional Perancis. Hidangan kompleks WS Dikembangkan di abad ke-19. Cara pembuatan masakan ini cukup mudah. Seekor bebek dipanggang hingga setengah matang, kemudian dagingnya diiris dan disajikan di atas piring. Tubuh bebek yang tersisa tadi kemudian diletakkan di alat pres kemudian diperas hingga semua darah dan cairan tubuhnya keluar. Jadilah saus darah yang kental. Kemudian saus tadi disiramkan ke daging bebek yang sudah disiapkan. Masakan ini tergolong hidangan eksklusif di Prancis. Di restoran-restoran harganya bisa mencapai 1.000 dolar. Namun banyak turis asing yang kesulitan untuk menyantapnya karena rasanya yang sangat tajam.

8. Tete de Veau
Tetes de veaux
By Myrabella (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Tete de Veau atau yang lazim kita sebut Kepala anak sapi adalah hidangan tradisional yang merupakan persiapan khusus dari kepala anak sapi. Kuliner ini dikonsumsi di Eropa, terutama di Perancis, Belgia, Jerman, dan Italia, di mana itu adalah makanan tradisional NatalHidangan ini memang dibuat dari kepala anak sapi utuh. Kepala sapi yang sudah dibersihkan direbus dengan rempah-rempah hingga lunak. Begitu sudah matang diiris-iris seukuran satu suapan kemudian disajikan dengan hidangan pelengkap berupa setup sayuran dan saus. Biasanya disajikan bersama roti Prancis. Tekstur daging anak sapi yang disajikan lembut dan sedikit kenyal dengan warna putih, seperti jelly.

9. Escargot
Escargot de Bourgogne 02
By User:Arnaud 25 (Karya sendiri) [Public domain], via Wikimedia Commons
Tak hanya di Jepang, sebab di Perancis pun ada yang namanya Escargot. Warisan kuliner Prancis ini mungkin sudah Anda kenal. Escargot ini terbuat dari sejenis siput yang dimasak bersama saus kehijauan. Sebelum dimasak, biasanya cangkang siput terlebih dahulu diisi dengan rempah dan mentega. Pada umumnya, hidangan ini disajikan sebagai makanan pembuka di restoran-restoran Prancis. Selain itu, biasanya juga disertai dengan roti yang bisa digunakan untuk memakan sisa saus di piring. 

10. Cotriade
10 Kuliner Terunik dan Terekstrim di Perancis
Cotriade
Cotriade adalah sup tradisional ikan dari Brittany di Perancis. Makanan ini terbuat dari berbagai jenis ikan, dan juga kentang. Namanya berasal dari Breton kaoteriad menunjuk pada isi kuali atau panci. Tidak seperti bouillabaisse, makanan Perancis lainnya, sebab di dalam makanan ini tidak terdapat kerang. Secara tradisional, makanan ini disantap dengan menuangkannya ke roti Perancis.



No comments:

Mobile version