Sunday

Taman Nasional Paling Indah di Dunia

One web id — Taman nasional adalah tanah yang dilindungi, biasanya oleh pemerintah pusat, dari perkembangan manusia dan polusi. Selain itu taman nasional juga merupakan kawasan yang dilindungi oleh World Conservation Union Kategori II. Untuk pertama kalinya gagasan dari sebuah taman nasional muncul pada awal abad ke sembilan belas.
Taman Nasional Paling Indah di Dunia
By Nmnogueira at en.wikipedia, Wikimedia Commons
Dari semua taman nasional yang ada di muka bumi, tercatat ada tujuh taman nasional dengan panorama indah. Dimanakah taman-taman nasional yang dimaksud? Ini taman nasional paling indah di dunia yang mungkin belum Anda ketahui. Mari kita simak bersama!

1. Sagarmatha National Park, Nepal
Tengboche
By Nmnogueira at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
The Sagarmatha National Park atau Sagaramāthā Rastriya Nikunja adalah kawasan hutan lindung di Himalaya Nepal timur yang didominasi oleh Gunung Everest. Area ini luasnya meliputi 1.148 kilometer persegi di Kabupaten Solukhumbu dan berkisar di ketinggian antara 2.845 meter dan 8.848 meter di puncak Gunung Everest. Di utara, berbatasan langsung dengan Qomolangma National Nature Preserve Tibet dan meluas ke sungai Dudh Koshi di selatan. Berdekatan dengan timur adalah Makalu Barun National Park. Sagarmatha adalah kata yang berasal dari Nepal sagar yang berarti "langit" dan matha bermakna "kepala". Kawasan lindung ini telah diidentifikasi sebagai wilayah perlindungan burung oleh BirdLife International dan termasuk dalam Sacred Himalaya Landscape. Taman Nasional ini awalnya didirikan pada tahun 1976 silam.

2. Snowdonia National Park, Wales, Britania Raya
Llyn Llydaw from Crib Goch 2
Photograph by Mike Peel ( www.mikepeel.net ), via Wikimedia Commons
Snowdonia adalah sebuah daerah di utara Wales dan taman nasional dari 2.130 kilometer persegi di daerah. Snowdonia National Park didirikan pada tahun 1951 sebagai Taman Nasional yang ketiga di Inggris, mengikuti Peak District dan Lake District. Ini mencakup area seluas 2.140 kilometer persegi (827 mil persegi), dan memiliki panjang 60 km (37 mil) dari garis pantai. Taman ini diatur oleh Snowdonia National Park Authority, yang terdiri dari pemerintah daerah dan perwakilan Welsh, dan kantor utamanya adalah di Penrhyndeudraeth. Tidak seperti taman nasional di negara-negara lain dan taman lain seperti di Inggris, sebab Snowdonia terdiri dari kedua tanah publik dan swasta di bawah otoritas perencanaan pusat. Taman nasional ini terletak di ketinggian 1,085 meter di Gunung Snowdon. Perlu diketahui, Snowdon adalah gunung tertinggi di inggris. Taman Nasional ini mempunyai pemandangan yang sangat indah, dan memberikan kesan "damai" kepada para pengunjungnya.

3. Iguazu National Park, Argentina
Iguazu National Park Falls
By Tomfriedel (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Taman Nasional ini melindungi salah satu pemandangan paling spektakuler di Argentina dan Brazil, Air Terjun Iguazu dan Hutan Sub tropis. Dibuat oleh pemerintah federal Keputusan nr. 1035 10 Januari 1939, terdiri dari Taman seluas 185,262.5 hektar dan panjang sekitar 420 kilometer, 300 kilometer di antaranya adalah batas alam dengan badan air dan sisi Brasil dan Argentina bersama-sama terdiri sekitar 225 ribu hektar. Air terjun di Taman Iguazú National Park di Argentina ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia dan paling mengesankan, membentang sejauh 2.700 meter. Ini adalah rumah bagi banyak spesies langka flora dan fauna yang terancam punah, di antaranya berang-berang raksasa dan trenggiling raksasa. Awan semprot yang dihasilkan oleh air terjun yang kondusif untuk pertumbuhan vegetasi subur. Situs ini dijadikan World Heritage Sites oleh UNESCO pada tahun 1984. Salah satu pengalaman yang akan didapatkan di Taman Nasional ini adalah sensasi menaiki sekoci disekitar "ratusan air terjun kecil"

4. Grand Canyon National Park, Arizona
Grand Canyon, altitude
By Nicolas Halftermeyer (Karya sendiri), via Wikimedia Commons
Taman Nasional Grand Canyon merupakan sebuah Taman Nasional yang terletak di utara Arizona, Amerika serikat, Taman Nasional ini merupakan Taman Nasional pertama di Amerika Serikat. Grand Canyon adalah sebuah jurang tebing-terjal, diukir oleh Sungai Colorado, di utara Arizona. Jurang ini merupakan satu dari Tujuh Keajaiban Dunia dan sebagian besar berada di Taman Nasional Grand Canyon; salah satu taman nasional pertama di Amerika Serikat. Jurang yang terbentuk sepanjang 446 kilometer dan mempunyai lebar 6 hingga 29 kilometer dengan kedalaman yang mencapai 1.600 meter. Grand Canyon pertama kali dilihat oleh orang Eropa pada 1540, García López de Cárdenas dari Spanyol.

5. Deosai National Park, Pakistan
Deosai Plateau 2
By Kashiff at en.wikipedia [Public domain], from Wikimedia Commons
The Deosai National Park berlokasi di Distrik Skardu provinsi Gilgit Baltistan, di utara Pakistan. Deosai berarti 'tanah Giants'. Taman ini terletak di Deosai Plains wilayah geografis Gilgit Baltistan. Deosai merupakan objek wisata dan banyak wisatawan yang berkunjung ke Baltistan dan juga ke Deosai. Deosai Plateau yang merupakan dataran tertinggi kedua di dunia setelah Chang Tang di Tibet. Dalam bahasa Balti lokal, Deosai disebut Byarsa, yang berarti 'tempat musim panas'. Dataran tinggi ini terletak pada batas dari Karakorum dan Himalaya di sebelah barat. Lebih tepatnya, Taman Nasional ini terletak di lembah Deosai (4,114 dpl), yang berada diantara dataran tertinggi dunia. Deosai terkenal dengan musim semi ketika itu ditutupi oleh hamparan jutaan bunga dan beraneka macam kupu-kupu.

6. Kakadu National Park, Northern Territory, Australia
Taman Nasional Paling Indah di Dunia
Kakadu National Park
Taman Nasional Kakadu merupakan taman nasional yang terletak di Australia Utara, 171 kilometer disebelah timur Darwin. Lebih tepatnya, Taman Nasional Kakadu terletak di daerah sungai Alligator di Australia Utara. Merupakan Salah satu Situs Warisan Dunia, Taman nasional ini di kelola secara bersama-sama oleh Suku Aborigin dan Pemerintah Australia. Kakandu mempunyai pemandangan yang indah, air terjun besar dan seni batuan suku Aborigin. Selain itu, Kakandu juga merupakan habitat asli Buaya air asin.

7. Kruger National Park, Afrika Selatan
Kruger Park Elephants
By freestock.ca, via Wikimedia Commons
Taman Nasional Kruger adalah salah satu taman cadangan terbesar di Afrika. Area ini luasnya mencakup 19.633 kilometer persegi di propinsi Limpopo dan Mpumalanga di timur laut Afrika Selatan, dan meluas 360 kilometer dari utara ke selatan dan 65 kilometer dari timur ke barat. Kantor pusat administrasi di Skukuza. Area taman pertama dilindungi oleh pemerintah Republik Afrika Selatan pada tahun 1898, dan itu menjadi taman nasional pertama di Afrika Selatan pada tahun 1926. Disini para pengunjung mendapatkan kesempatan untuk melihat Mamalia dan Burung khas afrika dalam jumlah yang besar. Taman nasional ini juga terkenal dengan video "Battle at Kruger", sebuah video amatir berdurasi 8 menit yang menggambarkan pertarungan antara sekawanan Buffalo beberapa Singa dan Buaya.



No comments:

Mobile version