Monday

7 Hal Luar Biasa dari Keunikan Tubuh yang Belum Anda Ketahui

One web id — Pada tiap-tiap makhluk hidup, tubuh atau yang kita sebut badan ialah bagian fisik materi manusia ataupun hewan, yang dapat dikontraskan dengan roh, sifat, dan tingkah laku. Gampangnya, tubuh yaitu keseluruhan jasad manusia atau binatang yang terlihat dari bagian ujung kaki hingga ujung rambut.
7 Hal Luar Biasa dari Keunikan Tubuh yang Belum Anda Ketahui

Namun tahukah Anda, dari anggota tubuh kita terselip hal-hal menakjubkan yang barang kali belum Anda ketahui. Berikut ini adalah fakta-fakta luar biasa dan menakjubkan dari tubuh yang perlu untuk diketahui. Mari kita simak bersama-sama.

1. Keunikan paru-paru, tulang dan kuku
Keunikan yang pertama, paru-paru kalian berisi pembuluh darah kecil yang disebut kapiler. Dalam paru-paru terdapat tiga ratus juta kapiler, yang jika kita ambil semua kapiler tersebut, dan kita bentangkan dari ujung ke ujung, maka akan menghasilkan panjang sekitar 1500 mil. Selanjutnya yang kedua, kalian dapat mematahkan tulang, tetapi sebenarnya tulang itu cukup kuat. Sebagai gambarannya, satu blok tulang sebesar korek api dapat menahan berat hingga 9 ton. Dan yang terakhir yang ketiga, kuku kalian terus berkembang secara konstan dan ketika kehilangan kuku tangan atau kaki, akan membutuhkan waktu selama setengah tahun agar kuku tersebut dapat tumbuh dari pangkal ke ujung kuku.

2. Waspadai kekuatan asam lambung
Perut juga merupakan salah satu bagian terkuat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam perut terdapat asam lambung yang sangat kuat, sehingga dapat melarutkan zat seng. Anda mungkin berpikir, dengan asam lambung yang begitu kuatnya, mungkin dapat membuat perut kita bolong, namun hal ini tidak terjadi sebab lapisan di dalam perut kita dapat segera memperbaharui dirinya sendiri. Sehingga bisa dengan cepat untuk mencegah asam lambung merusak perut kita. Jika bukan karena kapasitas memperbaharui dengan cepat ini, mungkin semua manusia memiliki perut yang bolong.

3. Kematian massal ratusan juta sel setiap hari
Setiap menit, tubuh kita sekarat, ini merupakan sebuah fakta. Setiap 60 detik berlalu, tubuh kita kehilangan 300 juta sel. Ini adalah jumlah sel yang sangat banyak. Bisa jadi ada diantara kalian yang berpikir, jumlah sel yang mati sangatlah banyak, kenapa tubuh manusia tidak juga membusuk? Sebetulnya hal ini terjadi karena jumlah sel yang lahir lebih banyak ketimbang jumlah sel yang mati. Setiap hari, diperkirakan 10 hingga 50 triliun sel digantikan di dalam tubuh kita.

4. Tumbuhmu akan selalu tumbuh setiap malam
Disetiap malamnya, tubuh kalian tumbuh sedikit. Menurut perkiraan, tubuh akan tumbuh sekitar sepertiga inci saat tertidur sebab cakram tulang rawan tertekan oleh gravitasi ketika kalian duduk atau berdiri. Namun, ketika Anda mulai bangun dan berjalan, maka tinggi badan akan menyusut ke tinggi semula.

5. Rambutmu adalah 'Superman' tubuhmu
Rambutmu merupakan 'superman' tubuhmu, hal ini berarti bahwa rambut merupakan salah satu bagian pada tubuh kita yang sulit dihancurkan. Sebetulnya kerusakan rambut berjalan pada tingkat yang sangat lambat dan ini bermakna bahwa rambut dapat bertahan lebih lama ketimbang bagian lain dari tubuh. Sebagai buktinya, mumi yang telah dimakamkan ratusan bahkan ribuan tahun lamanya masih memiliki rambut di kepalanya. Perubahan iklim, kelembaban, suhu, atau akibat zat asam dan kimia, tidak dapat merusak rambut kita semua. Satu-satunya kelemahan utama dari rambut ialah api, sebab struktur pembentuk rambut terdiri dari bahan karbon.

6. Filter alami
Sebagaimana yang kita tau bahwa ginjal berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh. Hal yang menakjubkan disini ialah kapasitas filter dari ginjal. Diketahui bahwa setiap ginjal mengandung satu juta filter. Hal ini berarti di dalam tubuh mengandung dua juta filter, yang menyaring 1,3 liter darah per menit dan mengeluarkan urin 1,4 liter per hari. Tanpa fungsi filter ini, maka racun akan menumpuk di dalam tubuh kita dan kita akan sering sakit dan dekat dengan kematian. Karenanya orang-orang yang mengalami gagal ginjal, perlu rutin untuk melakukan pencucian darah.

7. Manusia masih bisa hidup meski kehilangan banyak organ dalam
Besar kemungkinan banyak diantara kita yang berpikiran, jika kita kehilangan salah satu organ internal, maka kita akan segera mati, meski hal ini berlaku untuk organ hati dan jantung, akan tetapi tidak berlaku bagi organ-organ internal lainnya. Faktanya, meski kita kehilangan limpa, 1 ginjal, 1 paru-paru, 75 persen bagian hati, 80 persen bagian usus, dan organ lainnya yang terletak di daerah pinggul dan pangkal paha, kita semua masih dapat hidup. Walaupun fungsi-fungsi organ yang ada tidak dapat berjalan dengan baik dan Anda tidak dapat hidup selama yang diinginkan. Setidaknya Anda masih dapat hidup tanpa organ-organ tersebut, bukan?



No comments:

Mobile version