Saturday

7 Makhluk Legenda Paling Aneh yang Ada Dalam Mitologi Dunia

One web id — Makhluk mitologi atau kadang-kadang disebut juga sebagai makhluk legenda adalah makhluk-makhluk yang dianggap keberadaannya ada oleh orang-orang dahulu kala (mitos). Pada umumnya, cerita ini didapatkan secara turun-temurun ke anak cucu mereka hingga sekarang. Tak tanggung-tanggung karena dianggap keberadaannya ada, bahkan beberapa ilmuwan saat ini sedang mencoba untuk mengungkap keberadaan mereka yang sebenarnya. Meski terkadang makhluk-makhluk legenda ini sosoknya ada yang menyeramkan, namun tak menyurutkan niat ilmuwan untuk mengungkapnya. Seperti apa sajakah makhluk legenda yang dimaksud? Mari kita simak makhluk legenda paling aneh yang ada di berbagai belahan dunia seperti berikut ini.

1. Qilin
7 Makhluk Legenda Paling Aneh yang Ada Dalam Mitologi Dunia
Qilin
Kirin atau Qilin adalah mahkluk mitologis yang terdapat dalam legenda-legenda di berbagai negara di Asia Timur (Tiongkok, Jepang, Korea, Vietnam, dan sebagainya) dan dikisahkan selalu muncul bersamaan dengan datangnya seorang bijak. Konon, Qilin merupakan sebuah pertanda baik yang menghadirkan rui yaitu ketenangan atau kemakmuran. Ia seringkali digambarkan dengan api yang menutupi seluruh tubuhnya. Di Tiongkok dan Jepang, rakyat percaya bahwa Qilin adalah hewan suci, pelindung negeri dari bencana. Menurut kepercayaan mereka, Qilin adalah pelindung sebelah barat dan dilambangkan dengan kekuatan petir. Qilin digambarkan berwujud menyerupai kura bersisik berkepala singa bertanduk rusa dan lambang bagi pelindung anak-anak. Dalam mitologi China, Qilin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, namun kirin bisa menjadi hewan yang buas dan mengerikan saat terancam. Konon Qilin hanya muncul di tempat-tempat yang dikuasai oleh penguasa yang baik dan bijaksana.

2. Pegasus
7 Makhluk Legenda Paling Aneh yang Ada Dalam Mitologi Dunia
Pegasus
Pegasus merupakan seekor kuda jantan yang memiliki sayap putih lebar. Dalam mitologi Yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Selain itu disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Konon, Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Sebetulnya, Pegasus adalah anak dari Medusa dan Poseidon yang lahir dari Medusa ketika kepalanya dipotong oleh Perseus. Dijinakkan oleh Bellerophon dan melayani ia di gunung selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimaera. Tatkala Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Namun kala itu Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Jadi disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

3. Putri Duyung
7 Makhluk Legenda Paling Aneh yang Ada Dalam Mitologi Dunia
Putri Duyung
Mermaid atau yang lazim kita sebut Putri duyung adalah makhluk legendaris air dengan tubuh bagian atas manusia perempuan dan ekor ikan. Mermaids muncul dalam cerita rakyat dari berbagai budaya di seluruh penjuru dunia, termasuk Timur Dekat, Eropa, Afrika dan Asia. Cerita-cerita pertama kali muncul di Asyur kuno, di mana dewi Atargatis mengubah diri menjadi putri duyung karena malu untuk sengaja membunuh kekasih manusianya. Dalam cerita dongeng Inggris Mermaids kadang-kadang dikaitkan dengan peristiwa berbahaya seperti banjir, badai, bangkai kapal dan tenggelam. Dalam tradisi kaum yang lain (atau kadang-kadang dalam tradisi yang sama), mereka dapat hati atau dermawan, melimpahkan anugerah atau jatuh cinta dengan manusia. Mermaid (atau Merman untuk laki-laki) telah dibicarakan sejak 5000 SM. Tak tanggung-tanggung, bahkan dulunya Christopher Columbus mengatakan bahwa pernah melihat putri duyung dalam perjalanannya.

4. Phoenix
7 Makhluk Legenda Paling Aneh yang Ada Dalam Mitologi Dunia
Phoenix
Dalam mitologi Yunani, phoenix atau phenix adalah burung berumur panjang yang siklis regenerasi atau dilahirkan kembali. Terkait dengan matahari, phoenix memperoleh kehidupan baru dengan yang timbul dari abu pendahulunya. Phoenix ini kemudian diadopsi sebagai simbol dalam kekristenan awal. Sementara legenda, phoenix biasanya mati oleh api di sebagian besar, ada versi kurang populer dari mitos di mana burung mitos meninggal dan hanya terurai sebelum dilahirkan kembali. Dalam mitologi Mesir kuno Phoenix adalah burung legenda yang mirip seekor elang tapi memiliki warna merah menyala seperti api yang terbang di angkasa. Phoenix disebut berasal dari matahari. Tak jauh berbeda dengan mitologi Yunani, Phoenix digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Air mata Phoenix diyakini bisa menyembuhkan luka.

5. Naga
Ninedragonwallpic1
By splitbrain (Nine Dragons Wall detail in Behei Park), via Wikimedia Commons
Naga atau Dragon adalah makhluk legendaris, biasanya dengan ciri-ciri seperti ular atau reptil. Naga merupakan mitos di banyak budaya. Ada dua tradisi yang berbeda budaya naga: naga Eropa, yang berasal dari tradisi rakyat Eropa dan pada akhirnya terkait dengan mitologi Yunani dan Timur Tengah, dan naga Cina, dengan rekan-rekan di Jepang (yaitu naga Jepang), Korea dan negara-negara Asia Timur lainnya. Kedua tradisi mungkin telah berevolusi secara terpisah, tetapi telah mempengaruhi satu sama lain sampai batas tertentu, terutama dengan kontak lintas-budaya abad terakhir. Kata Inggris "naga" berasal dari bahasa Yunani, "naga, ular ukuran besar, air-ular". Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api. Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik. Selain itu, Naga juga disebut-sebut sebagai dewa oleh beberapa suku.

6. Unikorn
DomenichinounicornPalFarnese
Domenichino [Public domain], via Wikimedia Commons
Unikorn merupakan makhluk mitologis yang berwujud kuda dengan sebuah tanduk di dahiUnikorn sangat maskulin tetapi juga sangat feminim. Unicorn juga menjadi simbol kesucian dan hubungan spiritual. Unikorn memiliki tubuh yang besar, lebih besar dari ukuran kuda biasa. Unikorn adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai makhluk yang halus. Diceritakan sangat tidak mungkin untuk menangkap Unikorn. Tanduknya dikatakan dapat menetralkan racun. Unikorn pertama kali diketahui ketika masa peradaban lembah Indus (3300-1700SM).

7. Troll
Cave troll as corporate bully
By Kevin Dooley, via Wikimedia Commons
Troll merupakan makhluk buas sejenis raksasa dalam cerita-cerita rakyat Skandinavia. Konon, mereka hidup di gua-gua yang dalam dan gelap, atau di dalam tanah. Sebagaimana yang dikisahkan, ukuran mereka lebih besar daripada manusia dan memiliki tenaga yang besar pula. Karakter Troll mirip dengan Ogre dalam cerita rakyat Inggris. Troll berasal dari legenda scandinavia yang menyebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup dalam goa didalam pegunungan. Saat malam tiba mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak-anak.Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa dan dwarf yang berukuran kecil. Di dalam kisah-kisah fiksi fantasi atau permainan, karakter Troll sering dipinjam sebagai karakter pendukung. Dalam kisah The Lord of The Rings, Troll digunakan sebagai tenaga pengangkut beban yang berat atau sebagai pasukan penghancur dari kerajaan kegelapan Mordor. Bersama para Orc, Troll menyerbu kerajaan Gondor.



No comments:

Mobile version