Saturday

7 Pesulap Ternama dari Mancanegara yang Paling Berpengaruh di Dunia

One web id — Sulap adalah seni pertunjukan yang diminati sebagian besar masyarakat di segenap penjuru dunia. Pasalnya, penyajiannya sulap dapat membuat heran bercampur takjub penontonnya akan rahasia-rahasia terselubung di balik penyajiannya. Sejatinya sulap merupakan suatu gabungan dari berbagai seni yang ada, sebagai contohnya seni tari, seni musik, seni rupa, dan sebagainya yang merupakan penerapan dari gabungan berbagai disiplin ilmu yang ada. Semisalnya ilmu biologi, fisika, kimia, psikologi, dan lain-lain.
7 Pesulap Ternama dari Mancanegara yang Paling Berpengaruh di Dunia

Sebetulnya, seni sulap bukanlah suatu keterampilan yang berbau klenik ataupun supranatural seperti yang disangkakan oleh banyak orang, sebab setiap trik sulap dapat dijelaskan. Sulap semata-mata hanyalah permainan "kelihaian" tangan, manipulasi, hasil kerja dari suatu peralatan ataupun efek yang muncul dari suatu reaksi kimia dan yang telah dilatih sebaik mungkin oleh seorang pesulap sebelum dipertontonkan kepada orang lain. Karenanya sulap dapat dipelajari oleh semua orang, asalkan orang tersebut mau berlatih dengan tekun. Usut punya usut, dari seluruh pesulap mancanegara terselip tujuh orang yang paling berpengaruh di dunia. Siapa sajakah pesulap yang dimaksud? Mari kita simak pesulap-pesulap tersohor berikut ini.

1. David Copperfield
David Copperfield lahir di Metuchen, New Jersey, Amerika Serikat, pada 16 September 1956. Ia merupakan pesulap dan ilusionis yang telah 21 kali memenangkan Penghargaan Emmy. Saat magician lain masih melakukan trik menghilangkan asisten di atas panggung, Copperfield justru telah menghilangkan berbagai objek yang luar biasa besar. Salah satu yang paling terkenal adalah show-nya saat menghilangkan Patung Liberty di tahun 1976. Selain itu, ia juga menghilangkan pesawat Jet Orient, terbang di Grand Canyon, dan berjalan menembus tembok Cina. Tak tanggung-tanggung karena saking hebatnya, banyak orang yang berasumsi bahwa Copperfield bekerja sama dengan jin atau setan, padahal yang ia lakukan adalah memanfaatkan teknologi modern semaksimal mungkin. Copperfield mulai bermain sulap sejak berusia 12 tahun, dan menjadi pesulap termuda yang diterima sebagai anggota Society of American Magicians Sewaktu berusia 16, Universitas New York sudah mengundangnya untuk mengajar kursus sulap. Nama "David Copperfield" diambilnya dari tokoh fiksi bernama David Copperfield yang muncul dalam novel berjudul sama, David Copperfield karya Charles Dickens. Pada usia 19 tahun, Copperfield sudah mengadakan pertunjukan besar di Hotel Pagoda, Honolulu, Hawaii. 

2. Jean Eugène Robert-Houdin
Jean Eugène Robert-Houdin lahir di Blois, Perancis, pada 6 Desember 1805 adalah seorang pesulap Perancis. Robert-Houdin dikenal bapak pesulap modern. Houdin menanggalkan busana Merlin khas pesulap dan diganti jas. Salah satu pertunjukan paling memukai yakni menangkap peluru di Algeria. Dia melakukan itu untuk membuktikan sulap modern Eropa lebih baik dari trik kuno Afrika. Robert-Houdin lahir di Prancis dan membawa sebuah aliran magic baru yang disebut “salon-magic”. Magic yang dibawanya adalah gabungan antara ilusi dan alat-alat berat yang canggih untuk melakukan magic trik, digabungkan dengan teknik kecepatan tangan yang brilian. Selain itu, ia termasuk magician yang revolusioner, karena pertama kali memperkenalkan kostum “jas formal” di atas panggung. Sebelumnya, magician selalu identik dengan jubah panjang khas “Merlin” dan kotak peralatan yang besar dan berat.

3. Harry Houdini
Harry Houdini adalah seorang pesulap terkemuka asal Amerika Serikat. Ia lahir di Budapest, Hongaria, pada 24 Maret 1874. Pesulap dengan nama asli Enrich Weiss ini paling dikenal melalui trik-trik meloloskan diri diantara adalah melepaskan diri dari ikatan tali, borgol, rantai, dan yang paling terkenal yaitu Chinese water torture, kala itu Houdini yang tubuhnya digantung terbalik berhasil meloloskan diri dari lemari kaca yang diisi penuh dengan air. Houdini mulai menjadi pesulap pada tahun 1891. Awalnya ia hanya menekuni sulap-sulap kartu, namun kariernya menanjak sejak memfokuskan diri pada aksi-aksi meloloskan diri. Houdini membuat beberapa film, tapi berhenti bertindak ketika gagal untuk membawa uang. Dia juga seorang penerbang yang tajam, dan bertujuan untuk menjadi orang pertama yang menerbangkan pesawat di Australia. Pertunjukan terakhir Houdini berlangsung pada 24 Oktober 1926. Sehari kemudian ia masuk rumah sakit dan meninggal dunia pada 31 Oktober 1926.

4. Criss Angel
Christopher Nicholas Sarantakos lahir 19 Desember 1967, adalah seorang pesulap dan ilusionis berkebangsaan Amerika Serikat. Ia juga seorang musisi, ahli meloloskan diri, dan pemain atraksi adegan berbahaya. Ia dikenal melalui sebuah acara TV yang dibawakan olehnya, acara tersebut berjudul Criss Angel Mindfreak. Ia adalah orang Amerika Serikat keturunan Yunani. Criss Angel dibesarkan di East Meadow, Long Island, New York. Criss Angel sempat menampilkan beberapa trik sulap yang cukup menggoncangkan publik beberapa waktu yang lalu. Salah satunya adalah trik berjalan di atas air yang cukup terkenal, bahkan sempat diadaptasi oleh Deddy Corbuzier ke dalam show-nya beberapa waktu yang lalu. Sementara trik lain adalah levitasi (terbang melayang) dari satu bangunan ke bangunan lain, yang konon dikabarkan memakai bantuan jin dan ilmu hitam. Namun sebenarnya, semua hal yang dilakukan oleh Criss Angel ada trik yang sangat rasional dan logis.

5. Val Valentino
Dikenal juga sebagai “magician bertopeng atau masked magician”. Val Valentino lahir pada 14 Juni 1956, adalah seorang ilusionis yang berasal dari Amerika Serikat, yang meraih ketenaran dengan membintangi empat acara sulap, antara lain Breaking the Magician's Code: Magic's Biggest Secret Finally Revealed yang ada di saluran Fox. Selain menjadi ilusionis, ia juga menjadi aktor. Konon, Valentino saat ini masih menyembunyikan identitas aslinya, untuk menghindari para magician yang marah dan kecewa. Namun, hal-hal yang dilakukan Valentino di televisi dipercaya mampu meningkatkan apresiasi dan ketertarikan masyarakat awam pada dunia magic. Valentino selalu mengatakan, bahwa ia membuka trik magic untuk “mendorong” magician lain mencari trik baru yang benar-benar “fresh” dan berkualitas, demi kemajuan dunia magic.

6. David Blaine
David Blaine lahir pada 04 April 1973, adalah seorang pesulap Amerika, ilusionis dan artis ketahanan. David Blaine dianggap sebagai salah seorang magician yang pertama kali menyesuaikan diri dengan selera masa kini di era globalisasi. Ia tampil dengan gaya yang sangat santai dan membawa magic dari atas panggung “turun ke jalan” dengan melakukan street magic. Show yang ia bawakan tidak hanya terfokus pada sang magician semata, namun lebih kepada reaksi para penonton saat menyaksikan sebuah magic show berlangsung. Banyak orang yang mengatakan, “Blaine makes magic become ‘cool’ again”.

7. Doug Henning
Douglas James Henning lahir pada 3 Mei 1947, adalah seorang pesulap Kanada, ilusionis, ahli meloloskan diri dan politisi. Sebagai magician, Doug Henning pertama kali mengenakan kostum T-Shirt dan celana Jeans di atas panggung, meninggalkan kostum formal yang biasa dipakai magician di periode sebelumnya. Ia dikenal karena kemampuannya untuk menggabungkan magic dan seni. Di atas panggung, Henning tak hanya mempertontonkan magic, namun juga seni tari, seni musik dan komedi. Henning meninggal pada tahun 2001 karena kanker.



No comments:

Mobile version