Thursday

10 Kisah Seram Hantu Penunggu Lawang Sewu Gentayangan

One web id — Besar kemungkinan, bagi kamu yang tinggal atau pernah berkunjung ke Semarang tentunya tahu yang namanya gedung Lawang Sewu. Usut punya usut, ternyata gedung yang dibangun pada tahun 1904 itu terletak di bundaran Tugu Muda yang saat masa penjajahan arena itu disebut Wilhelminaplein. Dijuluki sebagai Lawang Sewu atau dalam bahasa Indonesia yaitu Seribu Pintu, karena bangunan ini benar-benar memiliki pintu yang sangat banyak.
10 Kisah Seram Hantu Penunggu Lawang Sewu Gentayangan

Diperkirakan telah 110 tahun lamanya Lawang Sewu berdiri dan menjadi saksi sejarah sekaligus kehidupan rakyat Semarang sehingga membuat Lawang Sewu memiliki banyak sekali kisah. Di mulai dari kisah heroik, bahagia dan menyedihkan. Tak tanggung-tanggung bahkan hingga kisah mengerikan juga ada. Seperti apakah kisah-kisah seram yang ada di Lawang Sewu? Sebagaimana yang kami pantau langsung dari kapanlagi.com, ini dia ulasannya yang akan membuatmu merinding tatkala membacanya!

1. Hantu Wanita Berambut Panjang
Ada salah satu cerita penampakan yang paling dikenal di Lawang Sewu adalah sosok wanita berambut panjang. Tak hanya sebatas itu, bahkan dalam beberapa acara uji nyali di stasiun TV swasta di Indonesia, sosok itu acap kali muncul di kamera. Namun hingga saat ini tak ada yang tahu misteri sosok hantu wanita itu. Hanya saja, penampakan makhluk astral wanita berambut panjang itu sering kali terlihat di lorong-lorong sepanjang gedung Lawang Sewu. Mereka yang pernah menjadi saksi mata, menyadari wanita itu berjalan seakan mencari sesuatu dengan tatapan kosong dan aura mengerikan. Apakah kamu percaya?

2. Aroma Aneh Penjara Berdiri
Di ruang bawah tanah Lawang Sewu terdapat penjara berdiri. Kala itu sebanyak 5 sampai 6 orang tahanan dijejalkan ke dalam kotak yang hanya berdiameter sekitar 60 cm x 1 meter, para tahanan itu berdiri berdesakan kemudian ditutup pintu besi hingga mereka semua mati. Seandainya masih ada yang hidup, maka kepala mereka akan dipenggal dan mayatnya akan dibuang ke sungai kecil di samping Lawang Sewu. Konon karena aksi penyiksaan di penjara berdiri itu, hingga saat ini aroma-aroma aneh dan misterius mulai dari bau anyir darah masih bisa tercium

3. Lorong Hantu Bawah Tanah
Di bagian bawah tanah Lawang Sewu yang juga terdapat penjara serta bunker ternyata juga memiliki sebuah lorong yang dianggap sebagai lorong hantu. Konon, jika seseorang berjongkok dan diam di lorong itu maka dia akan mendapatkan kejutan yang menarik.
Kejutan itu adalah sebuah sosok bayangan berbentuk seperti manusia yang tergantung di atas dengan mata hijau menyala. Bayangan itu akan berjalan merangkak dari atas berusaha mendekati siapa saja yang berhasil melihat sosoknya, persis seperti bayi tetapi merangkak di atas langit. Apakah kamu sanggup melihatnya?

4. Penampakan Bayangan di Langit Lantai Tiga
Sebagai lokasi wisata budaya, sejarah, dan beberapa mistis, Lawang Sewu memang menyimpan banyak kisah misterius. Kamu perlu merogoh uang untuk bisa berkeliling Lawang Sewu bersama seorang tour guide. Menurut kabar, ada seorang juru kunci Lawang Sewu yang bisa memperlihatkan keangkeran Lawang Sewu. Hal itu bisa dilihat di sebuah ruangan di lantai tiga Lawang Sewu. Konon juru kunci itu bisa memanggil sang 'penunggu' yang muncul dalam sosok bayangan yang menggantung di langit-langit. Tapi masalahnya, tak semua pengunjung bisa diajak melihat kesempatan istimewa tersebut. 

5. Ada Sosok Yang Memperhatikan
Selain dua penjara di bagian bawah tanah Lawang, ada sebuah ruang penyiksaan oleh tentara Jepang di lantai tiga gedung yang cukup mengerikan. Di ruang itu ada tempat pemasungan kepala dan perantai badan. Bahkan alat untuk memasung dan merantai para tahanan masih ada di sana dengan kondisi berkarat. Lebih seramnya lagi, jika kamu memasuki ruangan ini maka suasana menyiksa yang secara misterius akan kamu rasakan. Ada yang bilang tiba-tiba sekujur tubuh menjadi merinding dan seakan ada sosok yang terus memperhatikan dari kejauhan yang wujudnya tak kasat mata.

6. Teriakan Misteri di Sumur
Apabila suatu saat nanti kamu berkesempatan ke Lawang Sewu maka di salah satu bagian depan halaman gedung akan ada sebuah sumur tua yang setiap harinya selalu dikunci dan tak pernah dibuka. Sumur tua itu berbentuk tembok meninggi dengan bagian dasar tanah dan bagian atapnya adalah genting warna merah. Menurut rumor yang beredar, di malam-malam hari nan sepi acap kali terdengar suara teriakan kesakitan, tangisan dan ketakutan dari tentara Belanda. Sejarah menyebutkan di tempat itulah banyak tentara Belanda yang tewas dengan cara disembelih oleh para tentara Jepang sehingga kabarnya arwah mereka bergentayangan dan ingin menuntut balas atas kematian mereka yang tak wajar.

7. Penampakan di Ruang Utama
Untuk masuk ke Lawang Sewu kamu harus melewati sebuah pintu gerbang besar sebelum menuju ruangan utama. Beberapa orang yang melintasi area ini memiliki banyak sekali pengalaman penampakan hantu. Yang petama adalah penampakan tangan hitam besar yang menutupi jendela. Lalu di bagian sudut langit-langit ruang utama, pernah ada cerita seseorang yang tak sengaja menyenter di malam hari dan melihat sosok mirip pocong berwajah rusak. Seakan kurang, pernah juga ada yang mengaku melihat bayangan putih yang berlari menembus tembok. Seandainya kamu masih tak percaya, mungkin kamu harus menyempatkan waktu untuk menapakan kaki di Lawang Sewu saat malam hari.

8. Serdadu Belanda Penjaga Pintu
Menurut salah seorang penjaga gedung Lawang Sewu, salah satu titik di mana sosok makhluk kasat mata itu acap kali memperlihatkan diri adalah bagian pintu depan paling barat atau paling timur. Konon, dipercaya sosok penjaga di pintu dengan arah berlawanan itu adalah para serdadu tentara Belanda lengkap dengan senjata laras panjang. Apabila ada seseorang yang menyadari serdadu hantu itu, maka akan diawali dengan hembusan angin agak kencang ataupun semilir yang dibarengi oleh bau-bau misterius mulai dari wangi kemenyan hingga bau anyir darah yang membusuk. Bagaimana menurutmu apakah ini mengada-ada?

9. Kesurupan di Penjara Jongkok
Selain penjara berdiri, ada penjara jongkok pula di bagian bawah tanah Lawang Sewu yang tak kalah sadisnya. Dulu sekitar 5 sampai 9 tahanan dimasukkan ke dalam kotak berukuran 1,5 meter persegi dengan tinggi 60 sentimeter. Para tahanan saling jongkok berdesakan di dalam sana dan kotak itu lalu diisi air seleher dan ditutup dengan teralis besi sampai semua tahanan mati. Hingga saat ini, kondisi penjara jongkok sangat gelap dan penuh air semata kaki. Konon apabila kamu ke penjara jongkok ini sebaiknya jangan melamun, sebab mereka yang pikirannya kosong akan dengan mudah kesurupan. Selain itu, suasana di penjara jongkok sangat pengap dan gelap sehingga dipasang lampu temaram. 

10. Suara Jeritan Noni Belanda yang Ketakutan 
Selain hantu tentara Belanda dan Jepang, hantu perempuan tidak kalah seram di tempat tersebut. Dari dalam gedung tersebut sering kali terdengar jeritan-jeritan suara perempuan yang diperkirakan jeritan itu bersumber dari jerit noni-noni Belanda. Bahkan, setiap muncul jeritan pasti disusul suara derap sepatu laras tentara Belanda dan Jepang. Tampaknya arwah mereka kompak, akan tetapi suara jeritan itu diperkirakan adalah jeritan noni Belanda yang ketakutan tatkala melihat aksi pembantaian Jepang terhadap tentara Belanda. Konon, dulunya banyak tentara Belanda yang tewas disembelih oleh tentara Jepang. Sehingga suara jeritan itu kadang disusul jeritan tentara Belanda yang kesakitan. Namun, dari sekian banyaknya makhluk halus yang menjaga gedung Lawang Sewu tersebut, menurut beberapa paranormal asal Semarang tidak akan mengganggu masyarakat jika mereka nekat masuk ke dalam gedung. 



No comments:

Mobile version