Friday

5 Pasar Terunik yang Ada di Berbagai Daerah di Indonesia

One web id — Umumnya, pasar merupakan sebuah tempat yang identik dengan wanita dengan kegiatan belanja dan memenuhi kebutuhan pokok keluarga. Bicara soal pasar, Indonesia termasuk negeri yang amat kaya dengan ragam wisata yang dihidangkan. Tak tanggung-tanggung, bahkan pasar tradisional dapat disuguhkan sebagai lokasi wisata untuk turis mancanegara maupun domestik.
5 Pasar Terunik yang Ada di Berbagai Daerah di Indonesia

Sebagai contohnya adalah pasar terapung di Banjarmasin yang sangat terkenal itu. Setiap hari berlalu lalang di atas perahu, para wanita yang menjajakan dagangannya. Ada sayur mayur, buah-buahan, lauk, bahkan hingga bumbu-bumbu dapur. Mari kita simak eksotika keunikan pasar-pasar yang ada di Indonesia.

1. Pasar Jajanan Mobil di Bandung
Kota wisata ini terkenal dengan aneka menu kuliner yang memanjakan lidah. Dan di sana, mudah sekali ditemui orang-orang yang menjajakan kue-kue dengan menggunakan mobil. Di dalam mobil, sudah ditata berkotak-kotak kue yang siap dijajakan.

2. Pasar Tomohon di Manado
Di pasar Tomohon ini, Anda akan melihat orang-orang yang menjual hewan tak biasa, seperti ular, tikus, anjing, babi, dan kelelawar untuk dimakan. Bahan-bahan tersebut akan digunakan untuk menu masakan seperti Paniki (dari kelelawar), RW (dari anjing), dan menu-menu lain yang membuat Anda berjingkat ngeri sebelum memakannya.

3. Pasar Bolu di Toraja
Ini merupakan pasar yang berlokasi di Toraja, pasar Bolu adalah pasar yang dibuka hanya 1 kali dalam seminggu. Di sini dijual aneka ragam kebutuhan masyarakat. Di sini, khususnya babi dijual dengan cara diikat di bambu dan ditidurkan. Pengunjung bisa memilih babi berkualitas yang akan dibelinya dengan lebih mudah.

4. Pasar Makale di Toraja 
Pasar ini lokasinya hanya seluas 50x20 meter. Di sana dijual aneka ternak seperti kerbau dan babi. Karena masih menganut animisme, orang-orang Toraja percaya bahwa kerbau dan babi adalah hewan yang harus dihormati. Menurut kepercayaan orang Toraja, kerbau adalah hewan yang akan dikendarai saat naik ke Surga nanti.

5. Pasar Terapung Muara Kuin
Pasar Terapung Muara Kuin atau Pasar Terapung Sungai Barito adalah pasar terapung tradisional yang berada di atas sungai Barito di muara sungai Kuin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar Terapung Muara Kuin merupakan pusaka saujana Kota Banjarmasin. Para pedagang dan pembeli menggunakan jukung, yaitu sebutan perahu dalam bahasa Banjar. Biasanya, pasar ini mulai setelah salat Subuh sampai selepas pukul tujuh pagi. Matahari terbit memantulkan cahaya di antara transaksi sayur-mayur dan hasil kebun dari kampung-kampung sepanjang aliran sungai Barito dan anak-anak sungainya. Pasar ini memikat hati turis karena keunikan dan sajian pemandangan yang memanjakan mata.



No comments:

Mobile version