Saturday

10 Arsitektur Masjid yang Teramat Indah dan Megah Serta Paling Menakjubkan di Dunia

10 Arsitektur Masjid yang Teramat Indah dan Megah Serta Paling Menakjubkan di Dunia
One web id — Khususnya bagi umat Muslim, masjid dianggap sebagai sebuah tempat ibadah yang sangat suci dan begitu dihormati. Di seluruh dunia tersebar ribuan masjid. Tetapi hanya segelintir masjid saja yang dibangun dengan arsitektur yang benar-benar dipertimbangkan.

Seperti dikenal karena arsitektur-nya yang indah, nilai sejarah hingga estetika pembangunan yang dapat dibilang teramat luar biasa atau mungkin bentuk lebar dan panjangnya yang begitu istimewa. Akan tetapi sebesar apapun masjid dengan arsitektur yang unik, tanpa adanya ibadah di dalamnya adalah hal yang sia-sia.

Tanpa harus menunggu lebih lama, mari kita telusuri lagi rumah-rumah suci yang dianggap memiliki arsitektur teramat indah dan megah serta paling menakjubkan dari seluruh penjuru dunia.

1. Masjidil Haram (Arab Saudi)
al-masjid-al-haram.blogspot.com
Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa, Masjidil Haram yang berlokasi di Mekkah ini merupakan masjid terbesar dan tersuci di dunia. Sebab masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah, pusat kiblat umat Muslim sedunia. Masjid besar ini memiliki 9 menara. Kini masjidil Haram yang menjadi tujuan ibadah Haji ini memiliki luas 356.800 meter persegi. Pada tahun 2007 lalu, pemerintah Arab Saudi telah memperluas pembangunannya untuk meningkatkan kapasitas masjid sampai 2 juta jamaah setidaknya rampung hingga tahun 2020 mendatang. Arsitekturnya yang elegan membuat Masjidil Haram menjadi semakin indah dan begitu menakjubkan. 

2. Masjid Hassan II (Maroko)
whichcountry.blogspot.com
Masjid Hassan II yang terletak di Casablanca, Maroko ini memiliki menara paling tinggi di dunia mencapai 210 meter. Dibangun menjorok ke samudera Atlantik membuatnya terlihat seakan berada di tengah laut layaknya masjid terapung. Uniknya, untuk pencahayaan dan pemanas lantai saat di malam hari, masjid ini menggunakan teknologi cahaya laser. Sementara, atap masjid bisa dibuka tutup dan beberapa lantai memakai kaca super tebal yang bisa membuat jamaah melihat samudera Atlantik di bawah masjid. 

3. Masjid Imam (Iran)
tea-and-carpets.blogspot.com
Tahukah anda, Masjid Imam ini dianggap sebagai salah satu bangunan paling megah di kota Isfahan, Iran. Masjid Imam memiliki empat menara menjulang setinggi 160 kaki dan sebagian besar dibangun dari bahan keramik serta batu piruz. Keindahan dan kemegahannya semakin sempurna dengan sebuah kolam besar di tengah pelataran masjid. Hampir seluruh dinding ditutupi oleh keramik mozaik dengan perpaduan tujuh macam warna serta kaligrafi prasasti. Disamping itu, Masjid ini dianggap sebagai salah satu arsitektur Persia yang terbaik.

4. Masjid Faisal (Pakistan)
thewallpapers4u.blogspot.com
Masjid ini diberi nama masjid Faisal untuk menghormati Raja Faisal bin Abdul Aziz yang mendanai proyek pembangunannya. Masjid Faisal ini tak seperti kebanyakan masjid di Asia yakni tak memiliki kubah atau lengkungan. Inspirasi bentuknya yang tidak biasa berasal dari tenda suku Arab Badui. Sementara ruang doa utama berbentuk segitiga besar dan menaranya berbentuk struktur tinggi seperti pensil. Masjid Faisal merupakan salah satu contoh terbaik arsitektur Islam kontemporer.

5. Masjid Istiqlal (Indonesia)
Photo by Anthony Cramp flickr ), via outravel.blogspot.com
Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, sangat mustahil apabila Indonesia tidak memiliki masjid nasional. Dan julukan itu dimiliki oleh Istiqlal yang dibangun pada 1978. Dalam bahasa Arab, Istiqlal memiliki makna yaitu kemerdekaan. Dengan tema tradisional Jawa, Istiqlal memiliki ruang sholat utama berbentuk persegi panjang dengan 12 tiang penopang besar yang menjadi penyangga kubah dengan diameter 45 meter. Lebih istimewanya lagi, arsitek Istiqlal adalah Frederick Silaban, yaitu seorang penganut Kristen yang taat sehingga Istiqlal dianggap sebagai simbol kebebasan dan toleransi beragama di Indonesia. 

6. Masjid Sultan Ahmet (Turki)
islamic-holly-places.blogspot.com
Masjid Sultan Ahmet yang terletak di kota Istanbul, Turki ini dibangun oleh sang Sultan di atas situs lampau Hippodrome yang pernah menjadi pusat sosial Konstantinopel saat menjadi ibukota Kekaisaran Bizantium. Masjid ini bernama masjid Biru lantaran di malam hari puncak-puncak menara yang berjumlah 6 buah memiliki rona kebiruan. Sebetulnya warna itu berasal dari ubin biru yang menjadi interiornya. Masjid ini juga memiliki serangkaian kubah yang berjajar mulai dari puncak sampai menurun dengan halaman yang besar. 

7. Masjid Badshahi (Pakistan)
karachivslahore.blogspot.com
Awalnya, Masjid Badshahi atau Masjid Kaisar dibangun oleh raja ke-6 Kesultanan Mughal yakni Raja Aurangzeb pada tahun 1671 di kota Lahore, Pakistan. Masjid ini memiliki empat menara di empat penjuru luar masjid dengan tinggi 53,75 meter. Sementara pondasi dan struktur bangunannya dibangun memakai batu bata dan tanah lempung yang dipadatkan sampai akhirnya dibalur dengan lempengan batu pasir merah dengan bagian kubah yang berlapis pualam putih. 

8. Masjid Hassanal Bolkiah (Brunei Darusallam)
www.danielenasie.fr / scarysoul-quest.blogspot.com
Tadinya, Masjid Jami Hassanal Bolkiah ini dibangun ketika Sultan Hassanal Bolkiah memerintah dan dibuka untuk umum pada 1994 silam. Masjid ini memiliki lingkungan yang sangat subur dengan banyak taman indah dan air mancur yang membuatnya semakin cantik. Yang mencolok adalah adanya kubah emas yang dilapisi emas 24 karat. Ditambah lagi dengan interior menara yang sangat tebal dan berhiaskan ornamen-ornamen mewah.

9. Masjid Sheikh Zayed (Uni Emirat Arab)
comatosewithbraindamage.blogspot.com
Masjid Agung Sheikh Zayed memiliki 82 kubah bergaya Maroko yang semuanya dihiasi oleh batu pualam putih. Diperkirakan kubah utama masjid ini berdiameter 32,8 meter dengan tinggi 55 meter. Ukuran masjid ini setara dengan 5 lapangan sepakbola. Tak hanya itu, masjid ini juga memiliki lebih dari 1.000 pilar di area luar yang dilapisi lebih dari 20 ribu lembar pualam. Sementara di sekeliling masjid ada rangkaian kolam yang dibangun dari bahan keramik lantai berwarna gelap yang dapat memantulkan keindahannya ketika malam hari.

10. Masjid Nabawi (Arab Saudi)
dilchaspp.blogspot.com
Masjid Nabawi merupakan salah satu masjid terpenting bagi umat Islam sebab awalnya masjid ini dibangun oleh nabi Muhammad saw dan menjadi makam beliau serta para sahabatnya. Pada awalnya pembangunan dilakukan sangat sederhana yaitu dengan menggunakan tiang batang kurma dan tanpa atap, namun kini Kerajaan Arab Saudi telah membuatnya menjadi modern dengan luas mencapai 100 ribu meter persegi dan lantai atas mencapai 67 ribu meter persegi. Saat ini Masjid Nabawi bisa menampung hampir setengah juta jamaah.



No comments:

Mobile version