Friday

7 Lajur Perlintasan Kereta Api Paling Indah Seantero Dunia

7 Lajur Perlintasan Kereta Api Paling Indah Seantero Dunia
One web id — Kereta api jika ingin diartikan maknanya adalah sarana transportasi berupa kendaraan dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan kendaraan lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di rel. Kereta api merupakan alat transportasi massal yang umumnya terdiri dari lokomotif (kendaraan dengan tenaga gerak yang berjalan sendiri) dan rangkaian kereta atau gerbong (dirangkaikan dengan kendaraan lainnya). 

Rangkaian kereta atau gerbong tersebut berukuran relatif luas sehingga mampu memuat penumpang atau barang dalam skala yang besar. Karena sifatnya sebagai angkutan massal efektif, beberapa negara berusaha memanfaatkannya secara maksimal sebagai alat transportasi utama angkutan darat baik di dalam kota, antarkota, maupun antarnegara.

Saat ini kereta api menjadi salah satu moda transportasi massal yang dipilih masyarakat setelah harga BBM melambung. Selain itu, naik kereta api juga menjadi salah satu cara asyik untuk menikmati liburan. Rute yang ditempuh oleh kereta api juga menawarkan pemandangan hijau nan asri, yang menjadi salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih memilih naik kereta ketimbang moda transportasi lainnya. Berikut ini ada tujuh lajur perlintasan kereta api yang paling indah seantero dunia.

1. Bergen Railway, Norwegia
funzbite.blogspot.com
Bergen Railway merupakan jalur ataupun lajur perlintasan kereta api tertinggi di Eropa Utara. Selama tujuh jam perjalanan, kereta ini melintasi pegunungan tinggi di antara Oslo dan Bergen, kemudian melalui dataran tinggi pegunungan,Hardangervidda, daerah padang gurun terbesar yang dilindungi di Eropa. Kemudian kereta api ini turun melalui lembah-lembah yang subur ke kota Bergen.

2. Semmering Railway, Austria
weloveyatours.blogspot.com
Berangkat dari Gloggnitz sampai ke Muerzzuschlag, jalur kereta ini melintasi Pegunungan Alpen di Austria. Bukan cuma itu, kereta api ini juga melewati lebih dari 16 viaduk (merupakan sebuah jembatan yang terdiri dari kolom/tiang yang berjarak pendek) dan melalui 14 terowongan. Semmering Railway sendiri telah berusia lebih dari 150 tahun. Dibuka pada tahun 1854, Semmering Railway menjadi kereta api gunung pertama di dunia dan juga dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1998.

3. Douro Line, Portugal
chateaumarie.blogspot.com
Kereta uap dari abad ke-19 ini ditarik oleh lokomotif diesel, Jalur kereta ini melewati jurang berbatu di sepanjang Sungai Douro di Portugal dan memakan waktu perjalanan hingga satu jam setengah. Jalur kereta ini menawarkan pemandangan terkenal dari Sungai Douro, perkebunan anggur, desa-desa yang menawan, dan kebun zaitun.

4. Darjeeling Himalayan Railway, India
abhijithshastry.blogspot.com
Rute perjalanan romantis ini dpat Anda tempuh selama delapan jam. Dengan menumpang sebuah Toy Train dari Siliguri, di kaki bukit Himalaya Timur, Anda akan dibawa menuju stasiun bukit Darjeeling. Rute ini menawarkan pemandangan puncak Himalaya, panorama hutan lebat, lembah hijau, kebun teh, dan hutan maple. Anda juga akan dibawa melewati kebun-kebun yang ditumbuhi pohon-pohon kenari, pir, dan ceri.

5. El ChePe, Meksiko
ingenieriaycomputacion.blogspot.com
Sebetulnya lajur perlintasan kereta yang satu ini juga dikenal dengan sebutan Ferrocarril Chihuahua al Pacifico. El ChePe merupakan jalur rel utama di barat laut Meksiko, yang menghubungkan Kota Chihuahua, Los Mochis, Sinaloa dan pelabuhan Topolobampo. Jalur kereta api ini melewati dinding-dinding ngarai, air terjun, dataran tinggi gurun, dan pemandangan menakjubkan dari Sierra Tarahumara. Jika Anda berminat untuk mencoba jalur El ChePe, suhu paling nyaman ada pada bulan Oktober sampai Maret.

6. Rocky Mountaineer, Kanada
melbourneblogger.blogspot.com
Rute Rocky Mountaineer dimulai dari Vancouver sampai ke Calgary, mengikuti jalur Canadian Pacific tahun 1885 yang melewati Kanada Barat dan Canadian Rockies. Jalur ini menawarkan panorama tebing-tebing hijau, lembah, danau glasial, sungai, kawanan domba yang sedang merumput. Bila Anda beruntung, Anda kemungkinan bisa melihat penampakan seekor beruang hitam atau grizzly.

7. West Highland Line, Inggris
Glenfinnan Viaduct
By de:Benutzer:Nicolas17 (Self-photographed), via Wikimedia Commons
West Highland Line dianggap sebagai jalur kereta api paling indah di Inggris, yang menghubungkan pelabuhan Mallaig dan Oban di pantai barat Skotlandia. Sementara, Glenfinnan Viaduct adalah jembatan kereta api di West Highland Saluran Glenfinnan, Lochaber, Highland, Skotlandia. Dibangun antara Juli 1897 dan Oktober 1898 dengan biaya £ 18.904. Terletak di bagian atas Loch Shiel di dataran tinggi barat Skotlandia, jembatan menghadap Monumen Glenfinnan dan perairan Loch Shiel. Bukan cuma itu. Pada tahun 2009, para pembaca majalah perjalanan independen Wanderlust menyebutnya sebagai jalur kereta api terbaik di dunia. Bagi Anda pecinta film Harry Potter, jalur kereta ini juga melintasi Glenfinnan Viaduct, yang menjadi salah satu lokasi syuting untuk Hogwarts Express. 



No comments:

Mobile version