Wednesday

10 Formasi Awan Paling Menakjubkan dari Berbagai Penjuru Dunia

10 Formasi Awan Paling Menakjubkan dari Berbagai Penjuru Dunia
Alam ini memang begitu menakjubkan dan tak jarang akan membuat kita terpesona ketika melihat keindahannya. Di dunia ini, sudah sepatutnya kita selalu bersyukur dapat melihat beragam lukisan tuhan yang begitu indah ini. Seperti halnya awan-awan ini yang terlihat sangat memukau. Mungkin kita bakal mengira ini hasil photoshop, akan tetapi tidak demikian. Sebab beberapa foto ini merupakan hasil proses alam yang membuat sebuah keindahan sedemikian rupa. Tanpa harus menunggu lama, mari kita delik keindahan lukisan Tuhan yang begitu menakjubkan berikut ini. 

1. Seattle, Amerika
centeredlibrarian.blogspot.com
Awan ini terlihat lembut seperti gula kapas. Berserakan namun terlihat indah di mata. Akan sangat pas menikmati awan ini sambil merebah di sebuah taman tanpa melakukan apapun.

2. Gunung Rainer, Washington
vientoindomito.blogspot.com
Ini merupakan bentuk awan lenticular klasik yang terjadi di sekitaran Gunung Rainer di Washington. Bentuk awan ini unik menyerupai UFO dan sering terjadi di gunung tersebut. 

3. Estonia
Helkivad ööpilved Kuresoo kohal
By: Martin Koitmäe, via Wikimedia Commons
Berikut adalah contoh lain dari jenis awan tertinggi pembentuk (sebanyak 50 mil di atmosfir). Di latar depan adalah Kuresoo rawa, di selatan Estonia, yang memberikan skenario refleksi yang cukup menakjubkan. Pemandangan seperti ini mirip seperti di cerita atau imajinasi kita. Ini merupakan jenis awan noctilucent. Mereka biasanya terlalu redup untuk dilihat, dan hanya terlihat ketika diterangi oleh sinar matahari dari bawah cakrawala sementara lapisan bawah atmosfer berada dalam bayang-bayang bumi. Awan noctilucent tidak sepenuhnya dipahami dan baru-baru ini ditemukan fenomena meteorologi seperti ini, serta tidak ada catatan dari pengamatan mereka sebelum 1885.

4. Quebec, Kanada
aamirazeem.blogspot.com
Awan ini terbentuk karena badai yang terjadi di wilayah tersebut. Meski terlihat ngeri namun jika dilihat terlihat menakjubkan.

5. Queensland, Australia
arquivosdoinsolito.blogspot.com
Awan ini membentuk sebuah gulungan memanjang yang terbagi menjadi 3 bagian. Fenomena awan ini sering muncul pada bulan September dan pertengahan November. 

6. Canterbury, New Zealand
cristinel-adrian.blogspot.com
Awan yang sungguh menakjubkan dan jarang terjadi di Selandia Baru. Terlihat seolah guratan lukisan di kanvas, namun ini adalah foto asli tanpa rekayasa.

7. Pantagonia, Argentina
daypic.ru
Sebuah awan yang menyerupai UFO juga terjadi di daerah pegunungan di Pantagoni, Argentina. Bentuk awan ini mirip sekali dengan pesawat milik para alien tersebut. 

8. Gunung Fuji, Jepang
cristinel-adrian.blogspot.com
Awan ini nampak seperti memayungi Gunung Fuji. Kejadian ini jarang terjadi, dan sangat beruntung jika kalian bisa melihatnya. Awan ini terbentuk karena udara lembab yang mengalir cepat atas kenaikan elevasi. Awan tersebut membuat Gunung Fuji nampak indah.

9. Altocumulus
cristinel-adrian.blogspot.com
Awan ini merupakan bagian dari kelompok tengah yang berada di ketinggian 2.000-7.000 meter. Mereka biasanya terbentuk dalam kelompok dan dapat mencapai ketebalan hingga 1 km. Mereka berisi tetesan air dan jarang kristal es. Mereka tidak memprediksi hujan, kecuali ada pagi lembab hangat.

10. Polar stratosfer, Kutub
cristinel-adrian.blogspot.com
Biasanya juga dikenal sebagai awan nacreous, awan stratosfer sering terjadi di lokasi kutub pada ketinggian 15.000-25.000 meter. Mereka terlibat dalam pembentukan lubang ozon karena konten mereka adalah asam nitrat dan / atau asam sulfat.



No comments:

Mobile version