Monday

Manfaat dan Pengobatan Menggunakan Daun Sirsak Terlengkap dan Murah

One web id — Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.
Manfaat dan Pengobatan Menggunakan Daun Sirsak Terlengkap dan Murah

Tanaman ini ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat, paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiei berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Tanaman ini ditanam secara komersial atau sambilan untuk diambil buahnya. Pohon sirsak bisa mencapai tinggi 9 meter. Di Indonesia sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 m dari permukaan laut.

Dari sekian banyak penelitian yang telah dilakukan di berbagai penjuru dunia, diketahui bahwa daun sirsak memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Beberapa diantaranya akan langsung kita kupas hingga tuntas. Tanpa harus menunggu lebih lama, langsung simak penjelasan manfaat dan pengobatan menggunakan daun sirsak seperti berikut. 

Manfaat daun sirsak untuk kanker berikut ini merupakan salah satu manfaat daun sirsak yang sangat dahsyat. Karena setelah diteliti lebih lanjut ternyata khasiat daun sirak dapat melawan kanker secara aman dan efektif. Dari penelitian para ahli bahwa kandungan daun sirsak dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu pengobatan menggunakan daun sirsak juga memiliki beberapa kelebihan diantaranya melindungi sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan, tidak menyebabkan rasa mual yang ekstrim, kehilangan berat badan atau rambut rontok dan pasien merasa sehat selama pengobatan.

Adapun beberapa penyakit kanker yang dapat diatasi menggunakan daun sirsak adalah kanker prostat, kanker paru-paru dan 12 jenis kanker lainnya. Dengan menggunakan bahan alami tentu saja lebih aman karena tidak berisiko seperti pengobatan kemoterapi kanker pada umumnya.

Jika pengobatan menggunakan kemoterapi kanker, sel-sel kanker memang dapat dimatikan namun juga mematikan sel-sel sehat lainnya sehingga dapat menyebabkan kerontokan rambut, masalah reproduksi dan sebagainya. Namun berbeda dengan pengobatan menggunakan daun sirsak, pengobatan ini hanya menyerang sel kanker saja dan tidak membahayakan sel-sel sehat. Berikut ini ramuan yang bisa Anda berikan:

Siapkan:
  • 10 lembar daun sirsak tua
  •  3 gelas air
Caranya:
Ambil 10 lembar daun sirsak tua, lalu rebuslah dengan 3 gelas air. 
Tunggu sampai tersisa 1 gelas air saja kemudian minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu.

Alam memang menyediakan bahan-bahan alami terbaik untuk kita manfaatkan secara maksimal. Saatnya kita kembali ke alam. Selain sebagai obat untuk kolesterol, Anda juga bisa melihat manfaat daun sirsak untuk kista.

Manfaat daun sirsak untuk kolesterol merupakan satu dari sekian banyak manfaat daun sirsak untuk mengatasi bebagai macam penyakit dalam tubuh kita. Dari berbagai macam penelitian yang telah dilakukan, kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun sirsak dapat menurunkan kolesterol secara alami. Kandungan lain yang terdapat dalam daun sirsak antara lain tanin, alkaloid, acetogenins, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic acid caclourine, linoleic acid, gigantetronin dan muricapentocin. Berbagai macam kandungan tersebut sangat baik untuk tubuh sebagai obat maupun untuk meningkatkan system kekebalan tubuh.

Untuk dapat menurunkan kolesterol memang dapat dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dilakukan secara medis dengan bantuan obat-obatan penurun kolesterol maupun secara alami salah satunya dengan menggunakan manfaat dan khasiat daun sirsak. Namun dengan menggunakan daun sirsak, kita terbebas dari efek samping seperti penggunaan obat-obatan bahan kimia. Oleh sebab itu lebih aman jika kita menggunakan bahan alami seperti daun sirsak.

Apa itu kolesterol? Kolesterol merupakan zat yang dalam kadar tertentu merupakan zat yang dibutuhkan oleh tubuh karena jika tanpa adanya kolesterol maka tubuh tidak akan sehat. Namun jika kolesterol tidak dikontrol dan cenderung berlebihan maka kolesterol dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti darah tinggi, penyakit jantung, stroke, batu empedu, dan gagal ginjal.

Kolesterol tidak sama dengan lemak, memang keduanya memiliki kemiripan namun berbeda. Dari struktur kimianya, kolesterol dapat digolongkan ke dalam keluarga lemak. Namun, lemak sendiri tidak hanya berupa kolesterol namun terdiri atas banyak komponen misalnya, lemak yang berasal dari tumbuhan atau lemak nabati bukanlah kolesterol melainkan fitosterol.

Dalam sirsak terdapat kalsium yang diperlukan dalam pembekuan darah, penstabil berbagai fungsi tubuh. Selain itu, manfaat lain dari kalsium adalah dapat berperan dalam meringankan insomnia, mengatur ritme detak jantung, sebagai transmisi impuls syaraf, membantu menurunkan kadar kolesterol, pertumbuhan otot, mencegah terjadinya kram otot, dan pembekuan darah secara normal, juga membantu mengurangi risiko serangan kanker usus besar.

Selain dapat kita gunakan untuk mengatasi kolesterol, Anda juga bisa mendapatkan manfaat daun sirsak untuk sakit pinggang.

Manfaat daun sirsak untuk sakit pinggang merupakan solusi alternatif menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba. Manfaat daun sirsak bisa Anda maksimalkan untuk mengatasi permasalahan sakit pinggang tersebut. Penggunaan daun sirsak sangat sederhana dan murah meriah karena daun sirsak banyak ditemukan disekitar kita. Biasanya tanaman ini banyak ditanam di area pekarangan rumah.

Sakit pinggang memang sangat menyiksa, apalagi ketika kita bangun tidur pinggang terasa sakit. Membuat aktivitas kita menjadi terganggu karena harus merasakan nyeri pada bagian pinggang. Penyebab sakit pinggang masih belum diketahui secara pasti, namun karena terlalu banyak memikul beban pekerjaan yang berat dapat menyebabkan sakit pinggang karena membebani tulang, sendi dan oto sekitar pinggang.

Untuk mengatasi penyakit pinggang tersebut, Anda dapat menggunakan daun sirsak sebagai ramuan alternatif yang dapat Anda minum secara rutin. Caranya, ambil 20 lembar daun sirsak kemudian rebus dengan 5 gelas air. Tunggu sampai mendidih sampai tersisa kira-kira 3 gelas air. Minum satu kali sehari 3/4 gelas.

Selain untuk sakit pinggang, daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk penyakit lain. Salah satunya adalah asam urat yang bisa menjadi pilihan pengobatan murah meriah dari alam.

Manfaat daun sirsak untuk asam urat dibawah ini bisa Anda coba dirumah. Manfaat daun sirsak memiliki kelebihan karena merupakan bahan alami sehingga lebih aman untuk digunakan. Tidak hanya untuk asam urat, ternyata daun sirsak juga sangat baik untuk kesehatan dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Sebenarnya tidak hanya daun sirsak yang dapat kita manfaatkan, hampir seluruh bagian tanaman sirsak dapat kita ambil manfaatnya mulai dari buah, daun dan pohonnya. Dari sebuah penelitian terungkap fakta bahwa hanya dengan menggunakan ekstrak daun sirsak, dapat kita gunakan untuk mengatasi asam urat.

Tanaman sirsak memang banyak ditemukan disekitar kita. Tidak sulit untuk menemukan tanaman ini. Hampir diseluruh wilayah Indonesia terdapat tanaman sirsak. Jadi tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk melakukan pengobatan menggunakan daun sirsak.

Untuk mengobati asam urat, cara membuat ramuan menggunakan daun sirsak sangat mudah. Ambil daun sirsak 6-10 lembar kemudian bersihkan menggunakan air yang mengalir. Potong-potong daun sirsak tersebut menjadi beberapa bagian agar sari-sari yang terdapat didalamnya dapat bercampur dengan air secara maksimal. Setelah itu ambil dua gelas air dan rebus dengan daun sirsak yang telah dibersihkan. Tunggu sampai tersisa satu gelas air saja, kemudian minum secara teratur dua kali sehari pada pagi dan malam.

Selain untuk mengobati asam urat, ternyata daun sirsak juga sedang diteliti oleh para ahli untuk penyakit diabetes. Manfaat daun sirsak untuk diabetes menjadi kabar yang baik bagi penderita penyakit tersebut. Semoga saja segera bisa dicoba sebagai bahan alami alternatif yang sangat berkhasiat.

Manfaat daun sirsak untuk wasir merupakan satu dari sekian banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan Anda. Daun sirsak memang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Salah satu penyakit yang bisa diatasi adalah penyakit wasir. 

Wasir sering juga disebut dengan ambeien, sedangkan dalam bahasa inggris disebut dengan hemorrhoid. Wasir merupakan penyakit dimana bibir anus mengalami gangguan dengan terjadinya pembengkakan yang kadang-kadang disertai dengan pendarahan. Penyakit wasir ini bisa digolongkan kedalam stadium ringan sampai dengan berat.

Penyakit wasir biasanya disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
  • Terjadi kesalahan dalam melakukan gerakan olahraga tertentu seperti olahraga angkat beban atau olahraga pernapasan.
  • Sering duduk atau terlalu banyak berdiri.
  • Faktor keturunan atau genetika.
  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar dan bisa juga terjadi pada wanita hamil.
Namun secara umum, penyebab penyakit wasir lebih sering disebabkan karena mengejan terlalu keras saat buang air besar dan sering duduk atau terlalu banyak berdiri. Jika Anda mengalami masalah tersebut, bisa mencoba pengobatan alternatif menggunakan sirsak. 

Caranya:
Ambil buah sirsak matang, kemudian ambil airnya dengan cara diperas. Minum dua kali sehari satu cangkir pada pagi dan sore.

Sirsak memang dapat dimanfaatkan mulai dari daun, buah bahkan pohonnya. Selain untuk mengatasi wasir, ternyata kita juga bisa memakai manfaat daun sirsak untuk hipertensi.

Manfaat daun sirsak untuk hipertensi merupakan salah satu manfaat daun sirsak yang bisa Anda manfaatkan di rumah. Daun sirsak memang lebih populer sebagai obat herbal yang dapat mencegah sel kanker karena hanya membunuh sel kanker yang membahayakan saja sehingga sel sehat aman tidak ikut mati. Selain untuk mengatasi masalah kanker tersebut, daun sirsak ternyata dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat kita manfaatkan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau yang biasa kita sebut dengan hipertensi.

Hipertensi adalah kondisi dimana cairan darah yang terdapat didalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat sehingga menyebabkan masalah pada kesehatan seperti penyakit jantung. Untuk menghitung tekanan darah, dapat dihitung dari banyaknya jumlah darah yang dipompa oleh jantung dengan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri. Semakin banyak darah yang dipompa dan arteri Anda menyempit maka tekanan darah Anda semakin meningkat.

Gejala atau tanda-tanda terjadinya hipertensi kebanyakan tidak muncul atau tidak terlihat pada orang yang memiliki tingkat hipertensi meskipun dengan tingkat hipertensi yang tinggi sampai mengancam nyawa mereka. Namun beberapa orang akan mengalami pusing dan mimisan pada tahap hipertensi yang sangat tinggi. Berikut ini gejala umum tanda-tanda terjadinya hipertensi.
  • Sakit kepala
  • Perdarahan dari hidung
  • Pusing
  • Wajah kemerahan
  • Kelelahan
Daun sirsak memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sama halnya dengan bahan alami lainnya, antioksidan ini dapat melenturkan dan melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Berikut ini cara mengobati hipertensi menggunakan daun sirsak.
  • Siapkan beberapa daun sirsak, pilih daun yang berwarna hijau tua atau daun yang sudah matang.
  • Bersihkan daun sirsak tersebut kemudian rebus dengan air.
  • Anda dapat meminum rebusan daun sirsak tersebut dua atau tiga kali sehari.
Untuk menjaga kesehatan, Anda dapat meminum air rebusan daun sirsak setidaknya seminggu dua atau tiga kali. Point yang paling penting adalah menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin, menjaga pola makan, membiasakan gaya hidup sehat dan selalu check up atau mengontrol kesehatan Anda agar dapat segera mengetahui penyakit yang sedang Anda derita.

Selain untuk hipertensi, Anda juga bisa membaca ulasan tentang manfaat daun sirsak untuk anyang-anyangen untuk menjaga hal-hal yang tidak kita inginkan.

Manfaat daun sirsak untuk anyang-anyangen berikut ini merupakan salah satu manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bisa Anda gunakan sehari-hari dirumah. Anyang-anyangen merupakan penyakit dimana kita mengalami susah buang air kecil disertai dengan rasa sakit atau seperti rasa terbakar. Terkadang air seni yang dikeluarkan sangat sedikit sekali bahkan cuma setetes saja. Namun penuh perjuangan untuk bisa mengeluarkan air seni tersebut.

Penyakit ini terjadi karena infeksi pada saluran kemih, bisa juga dikatakan sebagai gejala dari radang dan pembengkakan yang terjadi di kelenjar prostat pada laki-laki. Sedangkan pada wanita, terkadang juga mengalami penyakit ini untuk pasangan yang baru menikah.

Pasti sangat menyiksa jika mengalami penyakit tersebut. Jika sudah terlanjut mengalami anyang-anyangen, Anda dapat mengatasinya dengan buah sirsak. Caranya, ambil sirsak setengah matang, gula pasir secukupnya. Kupas sirsak kemudian rebus dengan gula dan air sebanyak 2 gelas. Setelah itu saring dan minum air tersebut.

Daun sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain untuk anyang-anyangen, salah satun manfaat lain adalah manfaat daun sirsak untuk bisul.

Manfaat daun sirsak untuk bisul berikut ini sangat sederhana dan mudah sekali. Jika Anda terkena penyakit bisul, bisa menggunakan manfaat daun sirsak untuk mengatasinya. Bisul merupakan penyakit yang terjadi karena penimbunan nanah pada permukaan kulit atau dalam kulit. Bisul ini biasanya terlihat menonjol, warnanya merah dan terasa hangat jika diraba.

Bisul terjadi bukan karena infeksi kulit, namun bisul terjadi karena bakteri. Kotoran yang seharusnya dibuang oleh tubuh lewat saluran biasa tidak mampu dikeluarkan, sehingga harus dikeluarkan lewat pori-pori kulit. Maka terjadilah bisul yang menonjol pada permukaan kulit.

Untuk mencegah terjadinya bisul sebenarnya sangat mudah sekali. Anda cukup menjaga kebersihan tubuh dengan cara mandi secara bersih menggunakan sabun dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tetap bersih. Selain itu jangan lupa perhatikan asupan gizi, karena dengan tercukupinya gizi akan membuat daya tahan tubuh semakin baik dalam menangkal berbagai macam penyakit. 

Akan tetapi jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit bisul, Anda dapat mengatasinya dengan mudah dan murah menggunakan daun sirsak. Caranya ambil daun sirsak yang masih muda, kemudian bersihkan dan tempelkan pada daerah yang terkena bisul. 

Selain bisul, Anda dapat mengambil manfaat daun sirsak untuk sakit pinggang jika mengalami masalah nyeri pada area tersebut.

Manfaat daun sirsak untuk rematik berikut ini bisa Anda coba sebagai pengobatan alternatif yang murah. Manfaat daun sirsak memang sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Tidak hanya rematik, namun berbagai penyakit lain seperti wasir, asam urat, gangguan lambung, bahkan kanker dapat diatasi menggunakan daun sirsak.

Pengobatan alternatif menggunakan daun sirsak memang terbilang murah meriah. Kita bisa dengan mudah menemukan daun sirsak disekitar kita. Biasanya sirsak memang banyak ditanam di pekarangan rumah atau halaman belakang. Namun jika Anda tidak memiliki tanaman ini, bisa membelinya di toko kesehatan yang menyediakan tanaman herbal.

Rematik merupakan penyakit kelainan pada sendi sehingga menimbulkan rasa nyeri dan kaku. Gejala umum yang sering terjadi pada penderita rematik adalah bengkak pada tiga atau lebih sendi pada waktu yang bersamaan, bengkak dan nyeri biasanya sering terjadi pada sendi dan bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris terasa nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh dengan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan. Jika Anda mengalami masalah tersebut, bisa mencoba cara alternatif menggunakan daun sirsak.

Caranya:
  • Ambillah sebagian daun sirsak
  • Kemudian tumbuk hingga halus
  • Tempelkan tumbukan daun sirsak tersebut pada bagian tubuh yang sakit
Tidak heran jika daun sirsak banyak dicari karena memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain untuk rematik, kita juga bisa mengambil manfaat daun sirsak untuk diabetes sebagai pengobatan alternatif menggunakan bahan alami.

Manfaat daun sirsak untuk diabetes berikut ini merupakan salah satu alternatif cara pengobatan secara alami yang bisa Anda coba. Manfaat daun sirsak memang sangat baik untuk kesehatan dan sangat beragam, namun kali ini kita akan membahasnya untuk masalah penyakit diabetes.

Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis merupakan penyakit dimana tubuh mengalami kenaikan gula darah disebabkan karena insulin atau hormon pengatur gula darah yang dihasilkan tidak mencukupi sehingga tidak dapat mengatur dan mengontrol dengan baik.

Penyakit diabetes dapat menyerang kepada siapa saja, namun bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga diabetes mempunyai kemungkinan lebih besar terkena penyakit tersebut. Selain faktor keluarga, masih ada beberapa faktor lain yang dapat beresiko terkena diabetes yaitu mereka yang mengalami kegemukan, mempunyai kolesterol tinggi karena pola makan yang tidak baik, hipertensi dan jarang melakukan aktifitas fisik. Apalagi bagi mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas dan memiliki masalah kegemukan, maka sangat beresiko sekali terkena diabetes. Berikut ini gejala umum yang sering terjadi pada penderita diabetes tahap awal:
  • Haus dan banyak minum
  • Lapar dan banyak makan
  • Sering kencing
  • Berat badan menurun
  • Mata kabur
  • Luka lama sembuh
  • Mudah terjadi infeksi pada kulit (seperti gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
  • Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
  • Badan terasa lemah
  • Mudah mengantuk
Apabila Anda mengalami gejala diatas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah Anda mengidap penyakit diabetes atau tidak.

Lantas apa hubungan diabetes dengan daun sirsak? Daun sirsak dipercaya mampu menjaga atau menurunkan kadar gula dalam darah pada batas normal. Hingga kini para ilmuan sedang melakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat daun sirsak tersebut karena penemuan tersebut masih terbilang baru dan belum teruji secara klinis. Lewat percobaan pada seekor tikus, peneliti menemukan bahwa ekstrak daun sirsak dapat memperbaiki fungsi sel beta pankreas yang bertugas untuk memproduksi inlusin.

Semoga saja terdapat penelitian lebih lanjut yang dapat mengatasi penyakit diabetes secara ampuh. Ini merupakan harapan besar bagi seluruh penderita diabetes diseluruh dunia. Mereka sangat mengharapkan manfaat daun sirsak untuk diabetes dapat benar-benar teruji dan dapat mengatasi penyakit tersebut secara maksimal. Selain untuk diabetes, Anda juga patut mengetahui tentang manfaat daun sirsak celup.

Manfaat daun sirsak celup bisa Anda dapatkan dengan hanya menyeduhnya. Karena banyaknya khasiat daun sirsak untuk kesehatan maka tidak ada salahnya Anda mencoba pengobatan alternatif menggunakan bahan alami ini. Fungsi utama yaitu membunuh sel-sel kanker pankreas, paru-paru, ginjal, pankreas, prostat, dan usus besar, leukemia.

Namun selain beberapa khasiat diatas, daun sirsak juga masih memiliki kegunaan lainnya yaitu dapat radikal bebas, mengeringkan sel kanker, menyembuhkan peradangan dalam tubuh misalnya radang tenggorokan, usus, pencernaan, ambeien, dan diabetes, mencegah dan menyembuhkan asam urat, menyembuhkan penyakit kadar kolesterol jahat yang tinggi serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kini ada banyak sekali produk teh daun sirsak celup yang bisa Anda dapatkan dengan mudah sehingga lebih praktis dan tidak repot. Anda tinggal menyeduh air panas kemudian memasukkan teh daun sirsak celup kedalamnya. Tinggal menunggu beberapa menit sampai air dalam gelas berubah warna. Setelah itu aduk atau goyang-goyang dan tambahkan sedikit gula atau madu. Anda dapat meminumnya setelah dingin.

Memang manfaat daun sirsak tidak hanya dikenal di Indonesia saja, namun sudah diakui oleh dunia internasional. Tunggu apalagi, berminat mencobanya? 

Artikel ini dikutip langsung dari manfaatdaunsirsaksehat.blogspot.com



1 comment:

Adisaid...

Itu sirsaknya sama gak ya khasiatnya ma daunnya?

Mobile version