Tuesday

Kota-Kota Kuno yang Hingga Kini Masih Menyimpan Misteri

Kota-Kota Kuno yang Hingga Kini Masih Menyimpan Misteri
One web id — Di sepanjang sejarah dunia, tentunya menyimpan banyak kisah menakjubkan yang layak untuk dijelajahi lebih dalam. Entah mengapa, beberapa kota kuno tersebut masih saja menyimpan banyak misteri yang belum bisa terpecahkan sepenuhnya oleh para arkeolog di seluruh penjuru dunia. Pelbagai kota kuno yang paling menarik dalam sejarah dunia ini tentunya akan kita bahas. Anda penasaran? Mari kita delik ulasan menariknya seperti berikut.

1. Tikal, Guatemala
joelenguatemala.blogspot.com
Tikal merupakan sebuah kota Maya kuno yang terletak jauh di jantung Guatemala, hutan El Peten. Tikal adalah salah satu situs Maya kuno terbesar di dunia, dan merupakan taman nasional yang dilindungi sebagai tempat perlindungan, tidak hanya untuk monumen arkeologi, tetapi juga untuk satwa yang terancam punah seperti: ocelots, peccaries, monyet, toucans, burung beo, dan jaguar. Di sebelah timur dan barat dari pusat kota Tikal, terdapat daerah subur untuk pertanian. 

2. Palmyra, Suriah
benedante.blogspot.com
Pada zaman dahulu kala, Palmyra merupakan sebuah kota penting di Suriah tengah. Ini telah lama menjadi kota penting bagi para kafilah yang melintasi padang pasir Suriah dan dikenal sebagai Bride of the Desert. Pada? pertengahan abad pertama, Palmyra menjadi sebuah kota yang kaya, yang terletak di sepanjang rute kafilah yang menghubungkan Persia dengan pelabuhan Mediterania, yang saat itu berada di bawah kendali Romawi. Palmyra atau juga dikenal sebagai Tadmor, disebutkan dalam Alkitab Ibrani (Second Book of Tawarikh 8:4) sebagai kota gurun yang dibangun oleh Raja Salomo Yudea, anak Daud.

3. Ephesus, Turki
thebiblicalworld.blogspot.com
Ephesus merupakan sebuah kota Yunani kuno yang berada di pantai Ionia, 3 km sebelah barat daya Selcuk, Provinsi Izmir, Turki. Dibangun pada abad ke-10 SM di situs bekas ibukota Arzawan oleh Attic dan kolonis Yunani Ionian, Ephesus berkembang setelah berada di bawah kendali Romawi pada 129 SM. Kota kuno ini diperkirakan dihuni oleh 33.600 sampai 56.000 penduduk pada masa Romawi, dan juga menjadi situs kuburan besar bagi para Gladiator.

4. Petra, Yordania
almusafertravel.blogspot.com
Petra merupakan kota bersejarah dan arkeologi di selatan Yordania, yang terkenal dengan arsitektur dan sistem saluran airnya. Didirikan sekitar 312 SM sebagai ibu kota Nabataeans, Petra menjadi simbol Yordania dan merupakan tempat yang paling sering dikunjungi oleh para turis. Petra terletak di lereng Gunung Hor dan telah menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1985.

5. Vijayanagar, India
e-funmania.blogspot.com
Vijayanagar merupakan salah satu ibukota kerajaan Hindu terbesar yang pernah ada di dunia. Kota ini didirikan oleh pembesar dinasti Sangama, Harihara dan Bukka pada tahun 1336. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya ketika berada di bawah kepemimpinan Krishnadevaraya (1509-1529). Ia berhasil menguasai hampir seluruh semenanjung selatan Krishna dan sungai Tungabhadra. Kekayaan Vijayanagar berasal dari perdagangan rempah-rempah dan kapas.

Kekaisaran ini runtuh setelah pertempuran Talikota pada tahun 1565, ketika kekuasaan kota ini diambil alih oleh konfederasi sultan Deccan (Bidar, Bijapur, Golconda, Ahmednagar dan Berar). Mereka membuka akses ke India selatan untuk masa penaklukan Muslim.

6. Memphis, Mesir
bdbyte.blogspot.com
Memphis merupakan ibukota kuno dari Mesir Hilir, dan Kerajaan Lama Mesir yang berdirinya sampai sekitar 2200 SM. Kota hilang ini juga pernah menjadi pusat administrasi sepanjang sejarah kuno dan nama Mesir kuno untuk kota ini adalah Its Ineb Hedj atau The White Walls. Menurut Herodotus, kota ini didirikan sekitar 3100 SM oleh Menes, yang saat itu menyatukan dua kerajaan Mesir. Memphis mencapai puncak kejayaannya di bawah Dinasti ke-6 Mesirm yakni sebagai pusat kultus Ptah - dewa penciptaan, seni, dan kesuburan.

7. Palenque, Meksiko
mynudi.blogspot.com
Palenque merupakan sebuah kota Maya kuno yang berada dekat Sungai Usumacinta di Negara Bagian Chiapas, Meksiko. Kota kuno ini masih memiliki arsitektur, patung, sisir atap dan ukiran relief Maya yang mengagumkan. 

Kota yang tersembunyi selama berabad-abad ini berhasil ditemukan oleh tim arkeolog internasional di hutan hujan sebelah timur Meksiko. Kota ini berjuluk Chactun yang berarti Batu Merah atau Batu Besar. Kota ini memasuki kejayaannya saat dipimpin oleh Pakal, raja yang memerintah dari 615-683 SM.

8. Angkor wat, Kamboja
wonderfulworldreview.blogspot.com
Angkor wat menjadi pusat dari kerajaan Khmer yang berkembang dari sekitar abad ke-9 sampai abad ke-15 Masehi. Reruntuhan Angkor kini berada di tengah hutan dan lahan pertanian di sebelah utara Danau Besar (Tonle Sap) dan selatan Kulen Hill, dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. 

Angkor memiliki lebih dari seribu candi, dan dikatakan sebagai monumen keagamaan terbesar di dunia. Banyak candi-candi di Angkor telah dipulihkan. Kini, jumlah kota kuno ini mendekati satu juta per tahun.

9. Pompeii, Italia
ismstudentsenglish.blogspot.com
Pompeii merupakan sebuah kota Romawi kuno yang berada di dekat Naples, Campania, Italia. Pompeii bersama dengan Herculaneum dan banyak desa di sekitarnya hancur dan terkubur di bawah 4 sampai 6 meter abu vulkanik dan batu apung dalam letusan Gunung Vesuvius pada 79 SM. Kini, Pompeii menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Italia dan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Para peneliti percaya bahwa kota ini didirikan pada abad 7 atau 6 SM, dan kemudian berada di bawah kendali Romawi pada tahun 80 SM. Para ilmuwan memperkirakan bahwa kota ini mungkin memiliki sekitar 20.000 penduduk. Situs ini sempat hilang selama 1.500 tahun, sampai akhrinya ditemukan kembali pada awal tahun 1599. Penggalian lebih luas dilakukan 150 tahun kemudian oleh insinyur Spanyol, Rocque Joaquin de Alcubierre, pada tahun 1748.

10. Machu Picchu, Peru
raafay-awan.blogspot.com
Machu Picchu merupakan sebuah lokasi reruntuhan kerajaan Inka dan merupakan simbol kerajaan yang paling terkenal di dunia. Machu Picchu dibangun sekitar tahun 1450 pada puncak kejayaan kekaisaran Inka, dan ditinggal saat kekaisaran Inka runtuh di bawah penaklukan Spanyol. 

Situs ini menjadi salah satu warisan dunia yang terancam punah, karena jumlah kunjungan wisatawan yang merajalela. Para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa reruntuhan kerajaan Inka ini terletak langsung pada Patahan Tambomachay. Jadi, kerusakan lain dapat diciptakan oleh gempa bumi.

Jadi itulah seantero kota kuno paling menakjubkan di dunia. Hingga detik ini, para ilmuwan masih terus menggali dan membaca peninggalan kuno di kota-kota ini, supaya nantinya dapat mengungkap tabir misteri yang menyelimuti peradaban di situs kuno tersebut. Apakah anda dapat membantu?



No comments:

Mobile version