Monday

Fakta Mengejutkan Tentang Astronot yang Sama Sekali Belum Anda Ketahui

Fakta Mengejutkan Tentang Astronot yang Sama Sekali Belum Anda Ketahui
one web id — Selama ini apakah anda mengira sudah mengetahui semua fakta-fakta tentang astronot yang belum orang lain ketahui? Ada baiknya anda harus menyimak fakta terbaru yang begitu mengejutkan tentang astronot ini, setelah itu anda boleh beranggapan bahwa anda sudah mengetahui fakta-fakta tentang astronot.
Fakta Mengejutkan Tentang Astronot yang Sama Sekali Belum Anda Ketahui
NASA / fotosdahora.com.br
Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa astronot adalah cita-cita yang cukup sulit dicapai, terlebih lagi bagi mereka kaum wanita. Akan tetapi apakah Anda mengetahui bahwa ada banyak fakta dan misteri astronot yang belum diketahui oleh banyak orang. Sebagaimana dilansir oleh brighthub.com, ini dia fakta unik dan menarik sekaligus menggemparkan tentang astronot. Bisa jadi besar fakta ini pasti belum Anda ketahui sepenuhnya.

1. Astronot Bisa Berada di Luar Angkasa Cukup Lama
Pekerjaan sebagai astronot dalam film sering tampak terburu-buru, menyelesaikan misi beberapa jam lalu kembali ke Bumi. Akan tetapi pada kenyataannya justru jauh berbeda, karena ada astronot yang tercatat tinggal di luar angkasa selama 2 tahun 73 hari. Seperti di dalam penjara saja ya.

2. Tidur Harus Memakai Sabuk Pengaman
Ketika tidur, rupanya astronot tidak bisa tidur sembarangan. Bukan tanpa alasan, mereka tidak akan bisa membaringkan tubuh, karena tubuh mereka pasti melayang. Oleh karena itulah para astronot tidur sambil diikat dengan sabuk pengaman khusus.

3. Astronot dan Kosmonot Memiliki Makna yang Sama
Pada umumnya istilah astronot dikenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Akan tetapi sebaiknya anda jangan bingung ketika ada yang menamai mereka kosmonot, sebab istilah itu biasa digunakan oleh astronot di Rusia dan negara pecahan Uni Soviet.

4. Bagaimana Caranya Astronot Buang Air?
Ini merupakan salah satu pertanyaan terbesar sepanjang masa. Bagaimana cara astronot buang air kecil atau besar selama di luar angkasa. Bisa jadi kotoran mereka akan melayang-layang karena tidak ada gaya gravitasi. Tahukah anda, ternyata astronot buang air langsung di dalam pakaian antariksa mereka. Bukan berarti mereka jorok, sebab pakaian mereka itu dirancang juga untuk menampung hasil buang air hingga 2 liter.

5. Calon Astronot Harus Terbang Setidaknya 1.000 Jam
Sebagai seorang astronot, mereka diharuskan (wajib) memiliki daya juang hebat. Mereka juga harus memiliki jam terbang selama 1.000 jam sebagai pilot jet.

6. Bagaimana Cara Astronot Makan?
Sebenarnya banyak yang beranggapan bahwa astronot hanya makan pil selama bertugas. Akan tetapi rupanya ada 70 jenis makanan yang bisa dipilih astronot selama bertugas. Beberapa diantaranya adalah brownies, daging, pasta, buah dan minuman ringan. Pokoknya makanan tidak boleh cepat basi dan beremah (misal roti atau cookies) Yang menarik, makanan-makanan ini nantinya melayang ketika akan dimakan.

7. Ketika Berada di Bulan, Tubuh Astronot Dapat Bertambah Tinggi
Ini merupakan fakta yang belum banyak diketahui. Ketika seorang astronot berada di luar angkasa, maka secara tidak langsung akan terjadi pertumbuhan tinggi badan. PMenurut perkiraan, pertambahan tinggi ini mencapai 5 cm. Hal utama yang menjadi penyebabnya adalah kurangnya atau tidak adanya gravitasi, akibatnya tulang belakang mereka mengalami peregangan sehingga terjadinya pertambahan tinggi badan.

Bagaimana menurut anda, teramat unik dan mengejutkan ya fakta-fakta tentang para astronot ini. Semoga saja artikel singkat padat dan jelas ini dapat memberi pengetahuan dan manfaat bagi Anda.



No comments:

Mobile version