Sunday

10 Desain Stasiun Kereta Api Bawah Tanah Paling Menakjubkan di Dunia

10 Desain Stasiun Kereta Api Bawah Tanah Paling Menakjubkan di Dunia
One web id — Di dunia ini, desain stasiun kereta api bawah tanah yang ada memang beraneka ragam. Meski begitu sepuluh stasiun berikut memiliki keunikan tersendiri dan dibangun dengan arsitektur berbeda. Arsitektur-arsitektur tersebut menampilkan karya-karya cantik dan membuat orang yang berada di dalam stasiun akan langsung terpukau. Selain itu, tidak monoton seperti lokasi pemberhentian kereta api bawah tanah yang kaku, sebab stasiun-stasiun berikut dibangun dengan sentuhan karya seni dan kemegahan tersendiri. Mulai dari penampilan zaman Renaissance bahkan hingga konsep modern yang dibangun dengan baik. Tak percaya? Mari kita simak selengkapnya seperti berikut ini!

1. The stations of the Line A, Praha, (Republik Ceko)
The stations of the Line A, Praha, (Republik Ceko)
loadedpizza.blogspot.com
The Prague Metro adalah rapid transit jaringan Praha, Republik Ceko. Didirikan pada tahun 1974, Metro Praha sekarang terdiri dari tiga jalur, melayani 57 stasiun, dan terdiri dari jaringan transit sepanjang 57,4 kilometer (35,7 mil). Praha dikenal dengan arsitekturnya yang indah. Tidak mengherankan jika stasiun bawah tanahnya juga yang paling indah. Stasiun tersebut memiliki pattern yang cantik. Meski telah sejak lama dibangun, namun stasiun bawah tanah ini memiliki desain yang modern.

2. O'Hare Station, Chicago, Illinois (Amerika)
CTA blue line O'Hare
Stasiun bawah tanah ini berada di Chicago, Illinois. Ini merupakan salah satu stasiun bawah tanah paling cantik di Amerika. Berada di O'Hare International Airport, tembok stasiun ini terbuat dari kaca-kaca yang dibuat menjadi batu bata.

3. Zoloti Vorota Station, Kiev (Ukraina)
Zoloti Vorota Metro Station Cental Hall
By alex roshuk (originally posted to Flickr as Kyiv Metro), via Wikimedia Commons
Stasiun bawah tanah yang impresive ini dibuka pada tanggal 30 Desember 1989. Banyak yang berkomentar bahwa stasiun ini mirip dengan katedral ortodok. Stasiun ini memang lebih mirip tempat untuk beribadah daripada pemberhentian kereta api.

4. Elektrozavodskaya Station, Moscow (Rusia)
Moscow. Metro station Elektrozavodskaya.
Cukup sulit untuk mengucapkan Elektrozavodskaya. Namun stasiun ini terlihat seperti galeri seni yang amat mewah. Apabila stasiun bawah tanah acap kali dibayangkan dengan kondisi kotor dan tidak terawat, maka sangat jauh berbeda dengan stasiun ini.

5. Rådhuset, Stockholm (Swedia)
Rådhuset metro station 2
By kallerna, via Wikimedia Commons
Stasiun yang menakjubkan ini berada di Stockholm ini dibangun pada tahun 1975. Ini merupakan salah satu contoh arsitektur organic paling keren di dunia. Orang-orang yang menggunakan stasiun ini seolah masuk ke dalam gua bawah tanah yang indah.

6. Formosa Boulevard Station (Taiwan)
Glassart in Formosa Boulevard Station
By Howard61313 (自行拍攝 ), via Wikimedia Commons
Stasiun bawah tanah ini berada di Kaohsiung, Taiwan. Tatkala kita memasukinya, kita berada di ruang besar dengan warna-warna yang indah. Banyak orang takjub dengan desain stasiun ini. Bahkan lokasi ini menjadi objeck wisata.

7. Stadium Station, Stockholm (Swedia)
Stadium Station, Stockholm (Swedia)
world.lib.ru
Stadium Station yang berada di Stockholm di dekorasi dengan mural cat pelangi. Foto yang diambil ini membuat stasiun ini mirip dengan gua es dan ini adalah ide yang amat keren untuk mendekorasi stasiun seperti ini.

8. Kiyevskaya Station - Koltsevaya Line Hall, Moscow (Rusia)
Kievskaya KL 2010
Kiyevskaya Station merupakan stasiun lain di Moscow yang didesain seperti galeri Renaissance. Jika saja semua stasiun seperti ini, pasti banyak orang yang akan betah berlama-lama di dalamnya. Namun yang paling cantik tentu penggunaan warna emas yang terlihat begitu mewah dan juga lukisan-lukisan cantik yang terpampang.

9. Puhŭng, Pyongyang (Korea Utara)
Pyongyang Metro
Pyongyang Metro merupakan kereta dengan stasiun yang berada paling dalam di belahan bumi. Kereta tersebut berada 110 meter di bawah tanah. Stasiun yang berada di Korea Utara ini dibuka tahun 1987, dan sejak saat itu menjadi harta karun tersembunyi. Stasiun ini memiliki desain yang cantik dan dipenuhi banyak ornamen dan mural.

10. Centralen Station, Stockholm (Swedia)
veniaporelcamino.blogspot.com
T-Centralen Station di Stockholm, Swedia, juga masuk dalam list ini. Stasiun tersebut didesain dengan sangat kreatif dan tidak konvensional. Tembok tersebut berisi gambar-gambar orang yang sedang bekerja dan membangun konstruksi.



No comments:

Mobile version