Wednesday

Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia

Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia
One web id — Sebagaimana yang kita tau bahwa sarana transportasi udara tak hanya pesawat terbang saja. Orang-orang bisa naik kereta gantung yang belakangan ini kian marak jadi salah satu wahana di taman bermain. Dengan menaiki kereta gantung kita dapat berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain sambil menikmati panorama alam yang ada disekitarnya. Wah, kira-kira seperti apa rasanya ya? Apalagi jika kereta gantung itu jauh tinggi dari atas tanah, dan medannya begitu mengerikan. Lantas seunik apa saja bentuk kereta gantung dari berbagai penjuru dunia, dan bagaimana pula ekstrim-nya? Dilansir oddee.com, mari kita delik berbagai kereta gantung yang paling unik dan teramat ekstrim seperti yang berikut.

1. Kharkiv Lift (Ukraina)
Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia
oddee.com
Lift Kharkiv mulai dioperasikan pada tahun 1971. Kereta gantung ini berjalan dari Central Park of Culture dan Lesopark menuju lapangan distrik Paul. Setelah pembukaannya, tidak hanya digunakan sebagai kereta dorong, akan tetapi juga dipakai sebagai alat transportasi. Menurut kabar, para siswa sangat tertarik untuk menggunakan kabel mobil Kharkov ini. Mereka berangkat dari asrama menuju lapangan Paul untuk sampai ke sekolahan yang letaknya di jantung kota. 

Sebetulnya rute ini tidak hanya menyenangkan, namun juga murah. Dari ketinggian 26 meter ini, kabel mobil Kharkov menawarkan pemandangan yang indah. Ada 18 menara dari berbagai ketinggian, naik dan turun 8-26 meter, dan memiliki 124 kabin penumpang ganda. 

2. Skyway Disneyland (Amerika Serikat)
Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia
oddee.com
Dapat dipastikan bahwa para pengunjung Disneyland yang pernah datang sebelum pertengahan tahun 90an akan ingat objek wisata ini, walau mereka tidak pernah mencobanya. Ketika menaiki kereta gantung yang melewati Matterhorn memang sesuatu yang tak terlupakan. Awalnya, jalur ini dibangun pada tahun 1956 silam. Dari sekian banyak wahana serupa yang ada di taman bermain di seluruh Amerika, saat itu kereta gantung Disneyland ini merupakan yang pertama.

Menurut catatan sejarah, Skyway ini dibangun sebelum Matterhorn. Dan petualangan yang sangat populer untuk melihat seluruh taman dari atas ini akhirnya ditutup pada 1994 sebab baterai yang mendukung Matterhorn mulai retak.

3. Bis Gantung, Oregon (Amerika Serikat)
Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia
highlyobsessed.com / Des 2006
Yang satu ini merupakan bis gantung yang digunakan sebagai sarana transportasi di Gunung Hood, Oregon yang menghubungkan Government Camp dengan Timberline Lodge. Awalnya, jalur ini dibangun pada 1956 silam. Pada masa itu, jalur ini merupakan jalur bis gantung terpanjang di dunia. 

Menurut catatan sejarah, jalur ini dibangun dengan menggunakan kabel sistem dan bis kota yang sudah tua. Beroperasi sejak 3 Februari 1956, jalur bis gantung ini hanya bertahan dalam beberapa musim sebelum krisis ekonomi melanda. Kemudian pada 1961 jalur kabel sistem ini akhirnya dipindahkan.

4. Mobil Kabel Gunung Hua (China)
Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia
oddee.com
Gunung Hua merupakan gunung yang dipakai para Taoist sebagai tempat pemujaan. Gunung yang terletak di Propinsi Shaanxi, China ini termasuk salah satu dari Five Great Mountains. Dengan tinggi yang mencapai hingga 1997 meter, julukan "most precipitous mountain under heaven" memang sangat cocok untuk gunung ini. Telah bertahun-tahun lamanya, orang-orang menggunakan cara tradisional yang efektif untuk mendaki gunung ini.

Mobil kabel yang bergelantungan ini memungkinkan orang-orang untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain di sekitar gunung tersebut. Melalui rute ini, tentunya para pengunjung di daerah tersebut akan mendapatkan pengalaman yang menarik. Tak hanya karena keindahan alamnya yang memanjakan mata dan perjalanan yang ditempuh dengan mobil kabel ini berbahaya, namun juga karena lokasinya yang begitu sakral.

5. The Cabrio (Switzerland)
Ini 5 Kereta Gantung Paling Unik dan Teramat Ekstrim di Seluruh Penjuru Dunia
oddee.com
Saat menaiki mobil kabel yang berada 1900 meter di atas Pegunungan Alpen, Swiss tentu saja tidak cocok bagi mereka yang takut akan ketinggian. Akan tetapi setidaknya, ketika berada di dalam kaca mobil kabel ini dapat menawarkan kenyamanan bagi penumpang yang khawatir akan keselamatan mereka. Tapi bagaimana dengan mereka yang naik di bagian atas yang terbuka itu? Tentu harus mereka yang mempunyai nyali besar yang berani naik di bagian itu, mengingat ketinggian mobil kabel ini mencapai 1,2 kilometer di atas permukaan laut.

Dalam satu kali perjalanan, mobil kabel ini dapat menampung 60 penumpang pada satu waktu. Apakah Anda berani untuk menaiki mobil kabel yang terbuka ini? Pasti cukup menantang ya, karena dapat menguji adrenalin Anda. Khususnya bagi Anda yang berjiwa pemberani, tentu tak ada salahnya jika ingin mencoba.



No comments:

Mobile version