Wednesday

10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia

10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
One web id — Kereta api merupakan alat transportasi istimewa sebab mereka memiliki jalur tersendiri yang hanya dapat dilewati oleh satu rangkaian gerbong saja di waktu bersamaan. Bahkan saking istimewanya, banyak kendaraan lain yang harus mengalah tatkala kereta api lewat. Tahukah kamu kalau ternyata di seluruh penjuru dunia ini ada jalur-jalur perlintasan kereta api yang teramat unik dan luar biasa. Dibilang unik sebab mereka melintasi kawasan yang sangat menakjubkan dan tak pernah terpikirkan oleh kita. Seperti apa sajakah jalur perlintasan yang dimaksud? Sebagaimana dilansir oddee.com, ini dia diantaranya yang pasti akan membuatmu takjub. 

1. Di Bawah Pohon Ceri (Korea Selatan)
Gyeonghwa Station, Jinhae Cherry Blossom Festival, South Korea
By Raphael
Korea Selatan memiliki banyak sekali lokasi cantik yang tentunya membuat salah satu dari kamu begitu ingin berada di sana. Salah satunya adalah jalur kereta api yang melewati jajaran 340 ribu pohon ceri di kawasan Jinhae. Ketika musim semi, jalur ini akan dipenuhi kelopak bunga dan dedaunan cantik yang jatuh sangat lembut. Stasiun Gyeonghwa, di mana jalur berada adalah obyek wisata populer.

2 . Di Antara Pegunungan (Amerika Serikat)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
kivultagasabb.postr.hu
The Georgetown Loop Railroad adalah salah satu obyek wisata Colorado semenjak 1884. Kota-kota pertambangan Georgetown dan Silver Plume terpisahkan oleh lembah curam dan tebing sempit sejauh 2 mil. Sehingga dibangun begitu susah sampai titik tertinggi mencapai 600 kaki. Tentunya menjadi salah satu lokasi paling mengerikan juga ya.

3. Melewati Pasar (Thailand)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
hotelclub.com
Pasar makanan di Maeklong, Thailand berada di atas rel kereta api. Bahkan beberapa kali sehari para pemilik toko dengan cepat mengemasi barang mereka dan bergerak minggir saat kereta lewat. Setelah kereta lewat, mereka mengembalikan makanan dan barang dagangan ke tempat semula. Sungguh melelahkan.

4. Jalur ke Awan (Argentina)
The Tren a las Nubes
The Tren a las Nubes (bisa diterjemahkan kereta ke/dari awan) adalah sebuah pelayanan kereta wisata di provinsi Salta, Argentina.  Jalur ini menghubungkan bagian barat laut Argentina dengan perbatasan Chile di pegunungan Andes. Dengan ketinggian 4.220 meter di atas permukaan laut, ini adalah jalur kereta tertinggi nomor 3 di dunia. Kamu akan diajak melintasi 29 jembatan, 21 terowongan, 13 viaduk, 2 jalur spiral dan 2 jalur zig zag yang dirancang melewati lokasi curam menegangkan.

5. Terowongan Cinta (Ukraina)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
fomos.kr
Terowongan cinta merupakan sebuah obyek indah yang bisa kamu temukan di Klevan, Ukraina. Jalur kereta api ini ada sepanjang 3 kilometer yang menuju pabrik papan fibre. Kereta melintasi jalur ini tiga kali sehari dan mengirimkan kayu ke pabrik. Dominasi warna hijau di terowongan ini disebabkan oleh pepohonan yang dianggap sebagai lokasi romantis bagi para fotografer dan pasangan kekasih. Mitos turun-temurun yang beredar disini mengatakan bahwa pasangan kekasih yang berkunjung ke terowongan cinta dan membuat permohonan, itu akan terwujud. Mengenai benar-tidaknya, bisa Anda buktikan sendiri jika berkunjung kesana suatu saat nanti ya :D

6. Melintasi 16 Jembatan Dan 14 Terowongan (Austria)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
mondointasca.org
Berangkat dari Gloggnitz, perjalanan Semmering akan menempuh waktu satu jam untuk melintasi pegunungan Alpen menuju Murzzuschlag. Rute ini selesai dibangun pada 1854 – sebelum era dinamit dan mesin pembuat terowongan. Anda akan dibawa melewati 16 jembatan dan 14 terowongan yang semuanya buatan tangan. Ini merupakan salah satu karya agung dari ilmu teknik sipil dari masa-masa awal kereta api. Di Murzzuchlag Anda bisa mengunjungi museum kereta Sudbahn untuk mengetahui lebih banyak soal sejarah rute ini.

7. Melintasi Bandara (Selandia Baru)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
tusigt.blogspot.com
Jalur kereta api dari Napier ke Gisborne sangatlah unik sebab melewati jalur lepas landas utama di bandara Gisborne. Kereta yang akan lewat harus meminta ijin ke menara kontrol bandara jika akan melewati landasan pacu dan melewati jalur lepas landas pesawat terbang. Saat kamu mendarat di bandara ini, kamu akan melihat ada kereta api yang tiba-tiba melintas dan bukan hal yang aneh.

8. Jalur Paling Terpanjang (Rusia)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
leightravelclub.com
Kereta api Trans-Siberia merupakan jalur kereta api yang menghubungkan Moskow dengan kawasan timur jauh Rusia dan laut Jepang. Jalur ini adalah jalur kereta api paling panjang di dunia yang menghubungkan Mongolia, China hingga Korea Utara. 

9. Menembus Pegunungan (Swiss)
RhB Ge 4-4 III UNESCO Weltkulturerbe auf Landwasserviadukt
By Kabelleger / David Gubler (www.bahnbilder.ch), via Wikimedia Commons
Sebagaimana yang kita tau bahwa area terbesar dari dataran Swiss adalah pegunungan. Sebelum abad ke-19, jalur transportasi di kawasan itu sangat sulit. Jadi para insinyur kereta api di Swiss saat itu harus inovatif, imajinatif, dan berani membangun jalur kereta api di pegunungan. Tak hanya sulit membangun jalurnya, mereka juga harus memikirkan fasilitas jembatan dan terowongan untuk menembus gunung. Hal ini membuat Swiss sebagai salah satu negara yang memiliki jalur kereta api paling efisien.

10. Jalur Kematian (Thailand)
10 Jalur Perlintasan Kereta Api Paling Luar Biasa dan Teramat Unik di Dunia
oddee.com
Jalur kereta api Burma juga disebut sebagai jalur kereta api kematian. Berjajar sepanjang 415 kilometer antara Bangkok - Thailand dan Rangoon - Myanmar. Selama pembangunan jalur ini, diperkirakan lebih dari 90 ribu pekerja dan 16 ribu tawanan perang meninggal. Selain itu julukan itu juga diberikan karena kereta berjalan di samping sisi tebing terjal dan melewati jembatan kayu reyot. 



No comments:

Mobile version